Cara Buat Daftar Isi Otomatis Word | Wajib Dipelajari, Gampang Banget!

Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

Isi Artikel

Ketika kita mendapatkan suatu tugas untuk membuat skripsi atau makalah atau proposal atau laporan bulanan, pasti sebagai penulis kita tidak melupakan membuat daftar isi. Biasanya, daftar isi kita buat secara manual dengan mencatat setiap halaman. Padahal sebenarnya ada cara buat daftar isi otomatis Word, lho.

Microsoft Word dibuat untuk dapat membantu penggunanya dalam membuat dokumen. Tidak hanya sebatas software pengolah kata, Microsoft Word bahkan bisa digunakan untuk menghitung dan mengoreksi kata-kata yang tidak sesuai dengan ejaan bahasa yang dipilih.

Sebelum kita lebih jauh membahas mengenai cara buat daftar isi otomatis Word, pahami dulu apa saja kegunaan Microsoft Word untuk kegiatan kita sehari-hari. Simak penjelasannya di bawah ini.

Kegunaan dan Manfaat dari Microsoft Word

Sebagai software pengolah kata, Microsoft Word sangat membantu kita dalam urusan membuat tugas sekolah, tugas kuliah, makalah, skripsi, proposal, laporan bulan, bahkan dalam dunia kerja sekali pun. Setiap harinya, para pekerja baik di kantor atau bisnis di rumah, pasti membutuhkan Microsoft Word untuk membuat dokumen terkait pekerjaan. Berikut fitur Microsoft Word yang penting.

1. Membuat Surat

Jika kita ingin membuat surat, pasti aplikasi yang dibuka adalah Microsoft word. Kamu bisa membuat berbagai macam surat. Seperti surat resmi, surat tugas, surat peringatan, bahkan sampai surat lamaran pekerjaan. Selain itu, kamu juga bisa membuat kop surat, dan menambahkan file pendukung lainnya. Seperti gambar dan tanda tangan digital.

2. Membuat Dokumen

Microsoft Word sudah menjadi banyak pilihan penggunanya dalam urusan membuat dokumen. Biasanya banyak digunakan untuk membuat skripsi, makalah, proposal pekerjaan, sampai laporan bulanan tim divisi. Selain menjadi lebih mudah, fitur yang ditawarkan Microsoft Word pun beragam. Seperti membuat daftar isi makalah, membuat daftar isi skripsi, membuat daftar isi proposal, header dan footer, page number atau nomor halaman, gambar, link website, format halaman, dan masih banyak lagi.

3. Mengoreksi Kata-kata

Dalam dunia kerja, ada istilah “human error” atau yang disebut dengan “kesalahan manusia”. Hal yang paling umum dan sering terjadi adalah adanya typo atau salah pengejaan kata dalam berbagai dokumen yang dibuat. Nah, salah satu keunggulan dari Microsoft Word adalah bisa mengoreksi kata-kata menjadi benar sesuai dengan bahasa yang dipilih. Jika kamu memilih untuk menggunakan bahasa Inggris, maka Microsoft Word pun akan membenarkan semua kata-kata dalam bahasa Inggris yang salah.

4. Membuat dan Membuka File dengan Berbagai Format

Pada saat pertama kali aplikasi Microsoft Word muncul, software ini hanya bisa membuat dan membuak file dengan format .doc dan .docx. Tapi kini, seiring berjalannya waktu inovasi pun terus dikembangkan untuk kemajuan software ini. Sehingga kini, Microsoft word bisa membuka file dengan format beragam, seperti ,dot, .html, .mhtml, .pdf, .txt, .wps, dan .xps.

5. Menggabungkan Dokumen dengan Program Office Lainnya

Fitur keunggulan dari Microsoft Word selanjutnya adalah bisa terintegrasi dengan software Microsoft lainya dalam satu aplikasi. Misalnya, kamu mendapatkan tugas dari bos untuk membuat laporan keuangan yang disertai grafik. Nah, setelah membuatnya di Microsoft Excel, kamu bisa memasukkan atau memindahkan grafik tersebut di Microsoft Word.

Lalu, apa saja manfaat dari Microsoft Word dalam kegiatan sehari-hari? Aplikasi pengolah kata ini memiliki beberapa manfaat, yaitu:

1. Memudahkan Pekerjaan

Beragam fitur yang ditawarkan oleh Microsoft Word dapat sangat membantu penggunanya untuk membuat dokumen dengan mudah. Sehingga dalam membuatnya pun segalanya jadi lebih praktis dan rapih dibandingkan dengan membuat dokumen secara manual atau tulis tangan.

2. Menghemat Waktu

Salah satu fitur yang berfungsi untuk mengoreksi data secara keseluruhan bisa sangat menghemat waktu penggunanya. Terutama mereka yang sedang terburu-buru dalam mebuat proposal atau tugas kuliah. Selain itu adanya fitur mail merge yang memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan e-mail ke banyak orang secara bersamaan.

3. Menghemat Kertas

Di era digital seperti ini, penggunaan kertas sudah mulai dikurangi untuk mendukung gerakan go green. Nah, dengan menggunakan Microsoft Word, artinya kita tidak memerlukan kertas untuk membuat dokumen, surat, atau hal lainnya.

Setelah kita mengetahui kegunaan dan manfaat dari aplikasi pengolah kata ini, kita sekarang membahas salah satu fitur unggulannya, yaitu cara buat daftar isi otomatis Word. Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Buat Daftar Isi Otomatis Word

Dalam membuat skripsi, proposal pekerjaan, makalah, tentu kita akan membuat daftar isi sebagai acuan pembaca saat melihat keseluruhan dokumen. Membuat daftar isi secara manual sangat memakan waktu dan tidak praktis. Begini, cara buat daftar isi otomatis word yang bisa kamu coba.

  1. Hal pertama yang kamu lakukan adalah membuat keseluruhan isi dokumen. Pastikan kamu sudah menyelesaikan skripsi, proposal pekerjaan, atau makalah sebelum membuat daftar isi otomatis ini. Lalu atur style heading pada judul dan sub-judul. Hal ini sangat penting dalam cara buat daftar isi otomatis Word, karena akan terintegrasi dengan template daftar isi yang kamu pilih.
  1. Kemudian, sisakan satu halaman kosong di paling atas untuk daftar isi. Atau kamu juga bisa menggunakan menu “INSERT”, lalu pilih submenuBlank Page” untuk memasukkan halaman kosong.
  1. Pada halaman kosong tadi, klik menu “REFERENCES” dan pilih submenu “Table of Contents”. Cara buat daftar isi otomatis word adalah dengan memilih template yang sudah disediakan. Pastikan template yang kamu pilih sesuai dengan keseluruhan isi dokumen, ya.
  1. Selanjutnya, Microsoft Word secara otomatis akan langsung membuat daftar isi dari sub-judul yang kamu buat di setiap halaman. Cara buat daftar isi otomatis Word ini bisa kamu gunakan dalam membuat daftar isi makalah, membuat daftar isi skripsi, dan membuat daftar isi proposal pekerjaan. Sangat membantu, bukan?
  1. Jika kamu ingin menambahkan atau memperbarui keseluruhan isi dokumen, pastikan kamu juga memperbarui daftar isinya, ya. Caranya pun cukup mudah, lho.

Klik menu “REFERENCES” lalu pilih sub menu “Update Table

  1. Kamu bisa memilih di antara dua opsi yang tersedia, yaitu “Update page numbers only” atau “Update entire table
  1. Jika kamu memilih untuk menggunakan opsi “Update page numbers only”, maka yang akan diperbarui adalah nomor halamannya saja tanpa merubah pada teks judul. Sementar opsi “Update entire table” berfungsi jika kamu ingin memperbarui keseluruhan daftar isi, termasuk halaman dan teks judul yang baru ditambahkan atau diubah pada dokumen.
  2. Setelah melakukan semua tahap yang disebutkan, kamu akan melihat halaman daftar isi sudah terisi lengkap dengan nomor halaman dan teks judul serta sub-judul. Tapi biasanya bentuk yang keluar masih dalam format default.
  1. Untuk menyesuaikan sesuai dengan keseluruhan isi dokumen, kamu bisa memblok semua teks di daftar isi, kemudian pilih font dan font size yang sesuai. Setelah itu, jangan lupa lakukan double check. Jika dirasa sudah tidak ada masalah, maka kamu bisa save dokumen tersebut dan siap untuk dipresentasikan.

Bagaimana? Mudah bukan? Cara buat daftar isi otomatis word ini sangat bermanfaat dan menghemat waktu. Jadi tidak ada lagi alasan dimarahi bos karena terburu-buru dan tidak rapi dalam membuat daftar isi.

Banyak Pekerjaan Menanti Lamaranmu di Aplikasi KitaLulus

Setelah mengetahui cara buat daftar isi otomatis word, kini kamu bisa lebih cepat dalam membuat proposal pekerjaan, makalah, atau skripsi sekalipun. Nah, kini saatnya kamu mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu di aplikasi KitaLulus.

Sudah download aplikasi KitaLulus di Play Store, belum? Ayo, download sekarang juga! Apllikasinya gratis, mudah digunakan, cepat, dan pastinya aman, dong! Ada beragam jenis pekerjaan yang bisa kamu lamar. Yuk, coba sekarang juga!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!