12 Cara Membuat CV yang Baik dan Benar Agar Dilirik oleh HRD

Isi Artikel

CV adalah salah satu berkas yang wajib kamu persiapkan ketika akan melamar pekerjaan. Pasalnya, ini menjadi hal pertama yang akan dilihat oleh recruiter dalam proses seleksi kerja. Namun, masih banyak orang bingung mengenai bagaimana cara membuat CV yang menarik agar dilirik HRD.

Kamu tak perlu khawatir ya, sebab dalam artikel berikut KitaLulus akan memberikan informasi seputar apa saja yang harus ada dalam CV lamaran kerja, lengkap dengan tips membuat dan contohnya. Simak, yuk!

Cara Membuat CV yang Baik dan Benar

CV atau curriculum vitae sangatlah penting bagi seorang pencari kerja. Karena melalui CV, rekruter dapat melihat potensi diri yang kamu miliki sehingga menjadi kesan pertama terhadap diri kamu.

Jika CV kamu menarik, baik secara isi maupun desain, tentu akan ada peluang besar rekruter mengajak kamu ke tahap selanjutnya untuk wawancara atau tes, dan akhirnya kamu bisa diterima kerja.

Nah, berikut merupakan cara membuat CV lamaran kerja yang dapat kamu ikuti.

1. Tentukan Format CV

Tahukah kamu, perekrut rata-rata hanya menghabiskan waktu 6 detik untuk membaca setiap CV. Maka dari itu, cara membuat CV yang baik adalah rapi dan terorganisir agar perekrut mau membaca CV kamu lebih lama.

Bagaimana caranya? Kamu bisa mulai dengan membuat garis besar CV menjadi beberapa bagian, seperti contoh berikut ini:

  • Header CV dengan Informasi Kontak
  • Profil Pribadi
  • Pengalaman Kerja
  • Pendidikan
  • Keterampilan
  • Bagian Tambahan

2. Pilih Font yang Jelas dan Mudah Terbaca

Cara membuat CV yang menarik berikutnya ialah gunakan font yang jelas dan mudah terbaca, seperti Arial, Tahoma, Helvetica, Times New Roman atau Bookman Old Style. Mungkin ini terdengar sepele, namun sangat penting agar CV kamu terlihat lebih profesional.

Selain itu, gunakan ukuran font 11 hingga 12 pt dan spasi tunggal. Untuk nama dan judul bagian, kamu dapat menggunakan ukuran font 14 hingga 16 pt. Ini akan memudahkan rekruter dalam membaca CV kamu dengan jelas.

3. Konsisten dengan Tata Letak CV

Cara membuat CV dengan tata letak yang baik adalah dengan menentukan margin di setiap sisinya. Kamu bisa membuat margin dengan ukuran 1 inchi.

Pastikan judul CV kamu juga dibuat seragam. Misalnya pada bagian judul, jika di awal kamu menggunakan huruf kapital dan tebal, maka semua bagian judul harus dibuat seperti itu. Selain itu, penulisan format tanggal juga harus dibuat seragam, misalnya 08-2022 atau Agustus 2022.

4. Hindari Grafik yang Berlebihan

Berikan ruang kosong di CV kamu agar terkesan tidak terlalu penuh dan tetap rapi. Perlu diketahui juga, ketika kamu mengirimkan CV, perekrut tidak langsung mencetak CV kamu, namun mereka akan membacanya di layar komputer mereka.

Nah, dengan grafik yang berlebihan, mungkin CV kamu akan jadi sulit dibaca. Untuk itu, cara membuat CV lamaran kerja satu ini tak boleh kamu abaikan, ya.

Baca juga: Jangan Sampai Tertukar! Ini 6 Perbedaan CV dan Resume yang Jobseeker Wajib Tahu

5. Jangan Lupa Masukkan Foto

Cara membuat CV yang menarik selanjutnya adalah memasukkan foto. Yup, ini penting terutama untuk beberapa jenis pekerjaan yang mencantumkan kualifikasi penampilan menarik.

Tips foto CV, pastikan kamu menggunakan foto yang terlihat profesional dan rapi, tetapi tidak kaku seperti foto kartu identitas, ya.

6. Buat CV Singkat dan Tetap Relevan

Jangan menjadi salah satu pelamar yang terjebak di tahun 90-an yang berpikir bahwa mereka harus memasukkan setiap detail tentang kehidupan mereka di CV nya, ya.

Alih-alih melakukan hal tersebut, kamu cukup memasukkan informasi yang singkat dan relevan dengan posisi yang ingin kamu lamar. Bahkan, usahakan agar CV kamu tidak lebih dari dua halaman. Maksimalkan informasi pada CV dengan menonjolkan kelebihan-kelebihan yang kamu miliki.

7. Tambahkan Informasi Kontak

Tentunya kamu ingin pihak rekruter menghubungi kamu, kan? Maka dari itu, kamu perlu memberi tahu mereka bagaimana mereka dapat menghubungi kamu. Pastikan kamu memasukan hal berikut pada bagian informasi kontak di CV:

  • Nama lengkap
  • Jabatan profesional
  • Alamat email aktif
  • Nomor telepon aktif

Untuk email, hindari memberikan alamat email yang terdengar kurang profesional ya, seperti pinkiscute@gmail.com. Sebaiknya gunakan email menggunakan nama kamu sendiri.

8. Mulailah dengan Profil Pribadi

Setelah memasukan informasi kontak, kebanyakan orang langsung menjabarkan pengalaman kerja mereka. Nah, hal tersebut sebenarnya kurang tepat.

Sebelum kamu menjabarkan pengalaman kerja, cara membuat CV yang menarik adalah mulailah dengan profil singkat kamu yang memberi tahu perekrut mengapa kamu adalah kandidat yang mereka cari.

Baca juga: 17 Contoh Deskripsi Diri yang Menarik Buat Lulusan SMA sampai Fresh Graduate

9. Cantumkan Pengalaman Kerja yang Relevan atau Prestasi

Bagian pengalaman kerja menjadi bagian terpenting dari CV karena akan menyita perhatian perekrut. Berikut cara mencantumkan pengalaman kerja saat membuat CV:

  • Fokus pada pencapaian yang terukur dan relevan, bukan hanya tugas kamu.
  • Gunakan kata kerja tindakan seperti “dibuat”, “dianalisis”, “diimplementasikan”, bukan “bertanggung jawab untuk membuat, menganalisis, dan mengimplementasikan”.
  • Sesuaikan CV dengan lowongan pekerjaan, baca deskripsi pekerjaan dengan cermat dan periksa tugas apa yang diharapkan dari kamu. Jika kamu pernah melakukannya sebelumnya, masukan itu di CV meskipun hal tersebut bukan tanggung jawab utama kamu.

10. Masukkan Bagian Pendidikan dengan Benar

Cara membuat CV lamaran kerja yang terakhir adalah masukkan bagian pendidikan dengan benar. Kamu bisa menuliskan bagian pendidikan seperti berikut:

  • Tahun kelulusan
  • Gelar (jika ada)
  • Nama sekolah atau kampus

Tetapi bagaimana jika belum memiliki pengalaman kerja, baru saja lulus, dan sedang mencari pekerjaan tetap pertama? Jika demikian, kamu harus melakukan dua hal.

Pertama-tama, tempatkan bagian pendidikan di atas pengalaman kerja. Kedua, uraikan sedikit lebih banyak tentang pengalaman akademis kamu, termasuk di antaranya:

  • Judul skripsi
  • Bidang studi favorit
  • Kursus yang relevan
  • Prestasi terbaik
  • Kegiatan akademik ekstrakurikuler

11. Tambahkan Skill yang Relevan dan Sesuai dengan Pekerjaan

Kamu mungkin punya lusinan skill, tapi kamu tidak perlu memasukan semuanya saat membuat CV. Cara membuat CV yang baik dan benar adalah kamu hanya perlu menambahkan kemampuan yang berhubungan dengan posisi yang dilamar dan bisa membuat kamu menonjol di antara kandidat lainnya.

12. Sertakan Informasi Tambahan yang Bisa Menarik Perekrut

Di dalam CV, kamu juga bisa lho menambahkan informasi lain mengenai pencapaian kamu. Tapi, hal tersebut bukan berarti kamu dapat mengarangnya, ya. Pastikan kamu menuliskan pencapaian secara jujur agar menjadi poin plus.

Menambahkan informasi ini akan membuat kamu menjadi kandidat yang dinilai lebih baik daripada kandidat lainnya yang mungkin punya latar belakang sama dengan kamu. Informasi tambahan tersebut antara lain:

  • Sertifikasi profesional
  • Publikasi
  • Pelatihan tambahan

Bila kamu seorang lulusan baru, informasi tambahan yang bisa kamu masukan ke dalam CV antara lain:

  • Pengalaman menjadi volunteer atau kepanitian
  • Hobi dan minat
  • Proyek
  • Freelance
  • Penghargaan akademik
  • Blog pribadi

Baca juga: Tips dan Cara Membuat Contoh CV Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Template CV Gratis

Buat kamu yang tidak ingin dipusingkan membuat CV dari 0, tenang saja, karena sekarang sudah ada template CV gratis yang bisa dengan mudah kamu download dan edit sesuai kebutuhan.

Kamu bisa memanfaatkan template CV gratis dari berbagai situs website di bawah ini:

  • Canva
  • Zety
  • Novoresume
  • Kickresume

Dengan situs template CV gratis tersebut, kamu hanya perlu memilih template mana yang kamu sukai dan membuatnya sesuai dengan langkah-langkah membuat CV di atas. Oh iya, setelah kamu selesai membuat CV, pastikan kamu menyimpannya dengan format file yang mudah dibuka oleh rekruter, ya!

Demikian penjelasan mengenai cara membuat CV yang menarik agar dilirik oleh HRD. Bagaimana, mudah bukan? Semoga setelah membaca artikel ini, CV kamu dapat memberikan kesan baik di mata rekruter, ya!

Sudahkah kamu mendapat pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minatmu? Yuk, coba download aplikasi KitaLulus untuk mendapat lowongan pekerjaan yang kamu idamkan.

KitaLulus adalah aplikasi yang akan memudahkan kamu mengakses 50.000+ informasi loker dari berbagai perusahaan di Indonesia. Di KitaLulus, kamu dapat melamar pekerjaan hanya dari handphone di mana pun dan kapan pun.

Proses registrasinya pun sangat mudah, kamu cukup masuk ke akun Google kamu, kemudian pilih lowongan pekerjaan yang diinginkan dengan mengetik nama posisi, nama perusahaan, atau kota tujuan. Tunggu apalagi? Segera install sekarang juga!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!