Cara Mudah Membuat Google Form di PC atau di Handphone

Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

Isi Artikel

Sebagai penikmat dan pengguna teknologi masa kini, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah Google Form. Salah satu layanan dari Google ini, banyak digunakan untuk membuat kuisioner atau survey online, mengisi data untuk pendaftaran, membangun relasi dengan pelanggan atau pengguna, dan masih banyak lagi.

Selain mudah digunakan, Google Form juga mudah untuk dibuat. Sehingga banyak sekali pengguna yang memanfaatkan fitur gratis ini untuk banyak keperluan. Termasuk dalam keperluan pekerjaan. Tidak hanya itu, fitur tambahan lainnya juga dihadirkan untuk memudahkan penggunanya dalam pembuatan formulir online.

Apa itu google form? Apa saja manfaat dari layanan gratis ini? Dan bagaimana cara buat google form yang mudah dan tidak ribet? Berikut penjelasan singkatnya.

Apa sih Google Form itu?

Google Form merupakan salah satu layanan yang diberikan Google untuk memudahkan para penggunanya dalam membuat survey atau tanya jawab dengan fitur formulir online yang disesuaikan dengan kebutuhan. Bahkan kamu bisa mendapatkan jawaban secara langsung dari orang-orang yang mengisi data pada Google Form yang kamu buat.

Google Form memiliki fitur berbeda dari google docs. Jika google docs dibuat untuk membuat dokumen, google form digunakan untuk membuat survey atau kuisioner, membuat quick count pendapat, membuat formulir pendaftaran online, dan hal-hal lainnya. Pada dasarnya, google form ini merupakan sebuah inovasi Google dari google docs.

Manfaat dan Fitur dari Google Form

Manfaat dari penggunaan Google Form adalah memudahkan penggunanya dalam membuat dan mengoleksi atau mengumpulkan data. Google Form diklaim bisa mengumpulkan data dengan lebih baik dan secara real time.

Dengan Google Form kamu bisa membuat perencaan perjalanan, mengelola daftar acara, menyiapkan jajak pendapat dengan cepat, mengumpulkan banyak alamat email, membuat kuis dadakan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kamu bisa memodifikasi Google Form sesuai yang kamu mau. Kamu bisa menggunakan foto atau logo pilihanmu dan nanti Google Form akan memilih warna atau tema yang tepat untuk formulir yang kamu bikin. Bahkan kamu juga bisa memilih tema dan warna yang sudah disediakan oleh Google.

Fitur lain yang bisa kamu nikmati dari Google Form adalah memilih banyak opsi pertanyaan, dari grafik yang naik-turun sampai skala linier. Kamu juga bisa menambahkan gambar dan video dari YouTube, dan membuat form kamu lebih canggih lagi.

Google form bisa dibuka dimana saja. Baik dari komputer atau di handphone. Selain itu formulirnya sangat responsif sehingga bisa mudah dibuat, diedit, dan ditanggapi. Nantinya, tanggapan dari survey atau hasil dari kuisioner yang kamu buat akan dikumpulkan dalam bentuk formulir secara rapi dan otomatis, disertai dengan info tanggapan real time dan dalam bentuk grafik.

Fitur lainnya dari Google Form adalah kamu bisa membuat formulir online ini secara bersama-sama. Kamu bisa menambahkan kolaborator seperti teman, rekan kerja, atau siapa saja yang membuat survey-nya. Kamu juga bisa menggabungkan Google Docs, Google Spreadsheet, dan Google Slide.

Terutama disaat pandemi seperti ini. Semua serba online dan digital untuk meminimalisir penularan covid-19. Bahkan saat ini, para pengajar di institusi pendidikan menggunakan Google Form untuk membuat soal ujian. Google Form bisa menjadi solusi terbaik untuk masalah tersebut. Bahkan, kini Google Form terus memberikan fitur baru.

Banyak sekali bukan manfaat dan fitur yang bisa kamu nikmati dari google form ini? Lalu apakah kamu sudah siap untuk membuat Google Form pertamamu? Berikut cara buat google form yang bisa kamu ikuti.

Cara Buat Google Form

Cara buat Google Form sangat mudah, lo. Kamu bisa membuatnya di laptop atau komputer dan di handphone. Pastikan kamu memiliki akun Gmail terlebih dahulu sebelum membuat Google Form.

Ada dua opsi yang disediakan untuk membuat google form. Personal dan bisnis. Kedua opsi tersebut bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan kamu. Hanya saja, pada opsi bisnis dikenakan biaya langganan dan akan diarahkan ke Google Workspace. Sementara pada opsi personal bisa diakses secara gratis, dimana saja, dan kapanpun yang kamu mau.

Berikut cara buat Google Form yang bisa kamu ikuti:

Pertama-tama, kamu bisa membuat Google Form dari Google Docs, dengan mengetikan alamat https://docs.google.com/document/u/0/. Lalu, klik ikon garis tiga yang berada di sudut kiri atas.

Lalu pilih menu formulir.

Setelah masuk ke google form, kamu bisa memilih template yang sudah disediakan oleh Google. Kamu tinggal pilih sesuai dengan jenis formulir apa yang ingin kamu buat.

Misalkan, kamu ingin membuat formulir mengenai informasi kontak para pelanggan, maka kamu bisa pilih template “Informasi Kontak”. Lalu buat pertanyaan yang ingin kamu tanyakan.

Kamu juga bisa menambahkan pertanyaan, menggunakan pertanyaan di google form sebelumnya, menambahkan judul dan deskripsi, menambahkan gambar, menambahkan video, dan menambahkan bagian pertanyaan di google form.

Nah, setelah selesai membuat google form kamu bisa klik ikon “kirim” yang berada di sudut kiri atas.

Langkah terakhir adalah, copy link yang sudah disediakan dan sebarkan ke target yang kamu tuju atau melalui aplikasi sosial media dan lainnya.

Jika kamu tidak sempat membuat Google Form melalui laptop atau komputer, kamu juga bisa membuatnya di handphone. Caranya pun sama dan mudah. Hanya saja alamat websitenya yang berbeda. Kamu bisa klik forms.google.com di browser handphone kamu dan buat Google Form sesuai yang kamu inginkan.

Cukup mudah, bukan? Dengan adanya Google Form di era digital seperti ini sebetulnya sangat memudahkan para penggunanya dalam menyortir dan mengumpulkan data tanpa harus melakukannya secara manual.

Nah, setelah menyebarkan Google Form, langkah selanjutnya adalah menanti jawaban dari para responden. Untuk mengetahui apakah formulir sudah ada banyak yang isi atau belum, kamu bisa melihat opsi tanggapan dari formulir yang kamu buat.

Bahkan kamu juga bisa menyimpan semua tanggapan menggunakan Google Spreadsheet dengan klik ikonnya. Secara otomatis, data yang sudah dikumpulkan akan tersalin ke spreadsheet dan tersimpan di dalam Google Drive.

Cari Pekerjaan Impian di Aplikasi KitaLulus

Bosan dengan pekerjaan lama kamu? Atau masih mencari-cari pekerjaan baru? Sudah cek aplikasi KitaLulus belum? Di aplikasi KitaLulus, ada banyak pekerjaan yang bisa kamu lamar dengan mudah, aman, dan cepat.

Kamu bisa download aplikasi KitaLulus di Play Store secara gratis. Tunggu apa lagi? Ratusan pekerjaan baru siap menyambut kamu di aplikasi ini. Yuk, cek sekarang juga!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!