Cara Membuat Slide Persentasi Menarik dengan Modal HP, Mau Tahu?

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Membuat slide persentasi jadi salah satu skill wajib kamu dalam bekerja. Di berbagai pekerjaan, ada saat-saat di mana kita harus melakukan presentasi dengan slide Power Point, baik itu kepada atasan atau juga calon klien kita. 

Membuat slide presentasi terdengar mudah, tapi faktanya masih sedikit sekali termasuk pekerja yang dapat membuat Power Point yang menarik. Apa kamu mau tahu cara membuat Power Point menarik? Yuk, simak artikel ini!


Pentingnya Skill Membuat Slide Persentasi di Dunia Kerja

Di dunia kerja, presentasi adalah bagian dari kegiatan sehari-hari.

Misalnya melakukan presentasi hasil penjualan, mempresentasikan produk pada klien, dan banyak lagi pekerjaan yang tidak bisa lepas dari slide peresentasi. Walau terlihat mudah, tapi faktanya sangat sedikit sekali para pekerja yang mampu membuat slide presentasi yang baik. 

Membuat slide presentasi yang baik dan menarik adalah skill yang perlu dikuasai di dunia kerja. Kamu harus mampu memfilter informasi apa saja yang perlu dimasukan dalam Power Point, penerjemahan data, penyajian data, menempatkan data pada slide, layouting, hingga mendesain. 

Slide presentasi yang baik membuat presentasi bisa berjalan dua arah, membuat audiens bisa fokus mendengarkan presentasi yang kita sampaikan. Orang yang mampu membuat slide presentasi yang baik akan dicari dan dibutuhkan oleh perusahaan.

Oleh karena itu, asah terus kemampuanmu melakukan presentasi dan membuat Power Point, ya!


Cara Membuat Power Point Menarik

Membuat Power Point yang menarik dibutuhkan kemampuan tersendiri. Setidaknya kamu harus memiliki kemampuan tipografi dan desain. Tanpa kedua hal ini, slide persentasi yang kamu buat akan terasa hambar.

Dengan Power Point yang menarik, kamu bisa mendapatkan fokus dari audiens. Karena faktanya, 28 persen audiens sibuk berkirim pesan saat presentasi berlangsung,  27 persen  memeriksa email, dan 17 persen lainnya tertidur.

Tentu kamu tidak ingin kan, ditinggal tidur oleh audiensmu saat presentasi? Nah, cara membuat Power Point menarik berikut ini bisa kamu coba. 


1. Hindari Terlalu Banyak Teks

Cara membuat Power Point yang menarik pertama adalah hindari slide Power Point diisi oleh terlalu banyak teks. Mungkin memang ada banyak informasi yang perlu kamu sampaikan. Tapi bukan berarti kamu perlu menuliskan semuanya dengan teks.

Selain membuat Power Point tidak menarik, terlalu banyak teks juga bisa membuat audiens mengabaikan kamu, karena berpikir semua informasi akan didapatkan dari file PPT yang akan diberikan nanti. 

Tidak hanya itu, terlalu banyak teks juga akan membuat audiens sulit fokus, karena saat mereka harus membaca slide Power Point dan mendengarkan penjelasanmu di saat bersamaan.

Lalu bagaimana untuk membuat slide presentasi kita tidak kebanyakan teks? Slide Power Point yang baik terfokus pada esensi dari informasi.  Kamu harus mampu memfilter informasi, memotong kalimat yang tidak perlu, dan buang baris yang tidak relevan. 

Seperti namanya, Power Point, isi teks yang memiliki power dalam bentuk point singkat


2. Buat Lebih Interaktif

Cara kedua membuat slide persentasi kamu lebih menarik adalah dengan melibatkan audiens. Melibatkan audiens dalam presentasi membuat penyampaian lebih menarik. Oleh karena itu, cobalah buat slide persentasi yang mendorong partisipasi audiens. 

Cara membuat Power Point menarik interaksi bisa dengan menyajikan data dalam bentuk infografis untuk mendorong diskusi dengan audiens. 

Kamu juga bisa menambahkan gambar atau chart yang dapat mendukung informasi dan membuat tampilan lebih variatif. Tapi ingat, jangan sampai gambar terlalu padat sehingga menghalangi teks ya!


3. Highlight Informasi Penting

Dalam sebuah presentasi, tidak jarang ada banyak topik yang perlu dibicarakan. Biar tidak menumpuk dan mudah dipahami, ada baiknya kamu meng-highlight informasi penting. 

Dengan meng-highlight informasi penting, audiens bisa langsung fokus dan mengerti dengan informasi yang kamu sampaikan.


4. Gunakan Rumus 1-6-6

Tahukah kamu rumus 1-6-6 dalam membuat slide persentasi? Kalau belum tahu, ssst, sini kita kasih tahu ya.

Cara membuat Power Point menarik bisa kamu terapkan dengan rumus 1-6-6. Sederhananya, di dalam 1 slide tersebut maksimal ada 6 bullet poin, dan 6 kata per bullet poin. 

Cara ini juga bisa menghindari terjadinya pembahasan yang menumpuk-numpuk. 


5. Sesuaikan Template

Salah satu keunggulan menggunakan Power Point adalah software keluaran Microsoft ini sudah menyediakan banyak template

Kamu bisa pilih yang mana menurutmu paling bagus, lalu sesuaikan layout, ukuran font, dan warna background

Untuk warna background kamu bisa memilih warna-warna gelap seperti hitam, abu-abu tua, atau biru tua. Warna-warna gelap ini dianggap bisa mengurangi ketegangan mata, sehingga membuat mata lebih rileks. Selain itu, warna teks dan background juga akan lebih kontras sehingga lebih mudah terbaca.

Untuk ukuran font, minimal gunakan size 24. Selain itu, hindari menggunakan jenis font yang terlalu banyak dalam satu slide. Pilih saja satu font yang mudah terbaca agar audiens nyaman membaca materi yang disajikan.


6. Batasi Penggunaan Transisi

Loh, bukannya menggunakan animasi transisi bisa membuat slide jadi menarik?

Anggapan ini tidaklah salah. Tapi, jika dilakukan secara berlebihan, efek transisi justru akan membuat audiens merasa bosan. 

Hindari penggunaan transisi yang terlalu banyak dan berlebihan seperti transisi terbang dan melayang. Audiens justru bisa gagal fokus ketika memperhatikan poin informasi yang kamu sampaikan. 

 

Cara Membuat Power Point Di HP

Tidak melulu menggunakan laptop atau komputer, sekarang kamu bisa membuat Power Point menggunakan HP lho. Cara membuat Power Point di HP juga tidak susah dan simple. Kamu bisa memanfaatkan berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat Power Point dengan HP. 

Berikut ini cara membuat Power Point di HP dengan menggunakan beberapa aplikasi.


1. Google Slides

Cara membuat Power Point di HP bisa dengan memanfaatkan aplikasi keluaran Google, yaitu Google Slides. Pengaplikasian Google Slides juga tidak sulit, hampir sama dengan Microsoft Power Point. 

Berikut ini untuk membuat power point dengan Google Slides.

  1. Download aplikasi Google Slides yang tersedia di Google Play.
  2. Setelah sudah selesai, kamu bisa langsung membuat slide presentasi dengan mengklik tanda plus.
  3. Selanjutnya kamu tinggal mengisi slide dengan informasi yang ingin disampaikan.
  4. Agar tampilan slide menarik, kamu juga bisa mengeditnya dengan mengubah warna background, mengganti jenis font, dan banyak lainnya.


2. Canva

Membuat Power Point di HP juga bisa menggunakan aplikasi desain Canva. Membuat Power Point di Canva juga sangat mudah dan cepat, karena kamu sudah disediakan pilihan template yang siap digunakan. Aplikasinya juga bisa kamu download secara gratis.

Langkah membuat Power Point dengan Canva.

  1. Download aplikasi Canva di HP mu.
  2. Setelah ter-install, buka bagian “Presentasi”
  3. Telusurilah template yang sesuai menurutmu. 
  4. Jika sudah memilih tema, sesuaikan slide dengan isi presentasimu.
  5. Agar menarik, tambahkan gambar atau juga elemen lainnya yang disediakan Canva.
  6. Slide presentasi pun jadi.


3. WPS Office

WPS Office bisa jadi pilihan yang tepat untuk membuat Power Point di HP karena pengaplikasiannya yang mudah. Aplikasinya juga tersedia gratis. Jika kamu ingin membuat powerpoint di HP dengan WPS Office, berikut caranya.

  1. Download aplikasi WPS Office di HP mu.
  2. Jika sudah, buka aplikasi WPS Office, kamu bisa pilih New Presentation.
  3. Pilih Blank atau template yang sudah disediakan
  4. Lalu buat Power Point sekreatif kamu. Tambahkan gambar, shape, bahkan background musik dan video. Atau juga memberikan transisi animasi.
  5. Jika sudah, kamu bisa menyimpannya di perangkatmu. PPT pun siap!


Bagaimana, apakah kamu masih menganggap presentasi itu sulit? Semoga tidak lagi ya! Selain informasi mengenai slide persentasi, KitaLulus juga punya informasi mengenai lowongan kerja yang bisa kamu lamar.

Cara melamar di KitaLulus juga mudah kok, kamu cukup download aplikasinya di Play Store. Lalu, cari lowongan kerja yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Lowongan terjamin aman, bebas penipuan. Yuk, download sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!