Nggak Harus Ngopi, Ini 12 Cara Mengatasi Ngantuk saat Kerja yang Ampuh

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Cara mengatasi ngantuk saat kerja- Rasa kantuk adalah musuh terbesar saat kita bekerja. Biasanya masuk jam siang, apalagi setelah makan siang dan perut kenyang, kita jadi sering menguap karena ngantuk. Berbagi cara mengatasi ngantuk saat kerja tampaknya sangat pas.

Minum kopi menjadi pilihan pertama saat kantuk datang. Namun, jika kamu kurang suka kopi, masih ada kok cara mengatasi kantuk di jam kerja. Penasaran? Dari pada kamu keburu ketiduran, langsung simak tipsnya di bawah ini, ya!

12 Cara Mengatasi Ngantuk saat Kerja

Tips mengatasi ngantuk saat kerja

Sehabis selesai makan siang, entah kenapa tiba-tiba mata kita jadi terasa mengantuk sekali.  Jika kamu biasanya mengusir kantuk dengan kopi, coba deh sekarang kamu coba cara mengatasi ngantuk saat kerja dengan cara berikut ini.

1. Power Nap

Cara mengatasi ngantuk saat kerja yang pertama adalah dengan power nap. Maksudnya power nap adalah kamu tidur dalam durasi singkat selama 15 sampai 30 menit di waktu sisa jam makan siang. Dijamin, setelah itu kantuk hilang dan badan kembali segar.

2. Tidak Makan Siang Terlalu Berat

Makan terlalu kenyang dan berat di jam makan siang adalah biang keladi dari rasa kantuk saat bekerja. Jika kamu kerap mengalami kantuk setelah jam makan siang bisa jadi itu karena kamu makan terlalu kenyang dan berat. Nah, cobalah saat jam makan siang, dari pada kamu pilih nasi padang cobalah ganti dengan makan sayur-sayuran dan buah-buahan.

BACA JUGA: Rekomendasi Coffee Shop Cozy Cocok untuk Anak Muda

3. Mendengarkan Musik

Cara simpel ini bisa mengusir kantuk saat bekerja. Coba pasang earphone mu dan setel lagu-lagu ceria dan bertempo cepat agar kamu kembali bersemangat.

4. Membuat Ruang Kerja Tetap Terang

Cobalah buka gorden di kantormu, biarkan sinar matahari masuk ke ruangan dan membuat ruangan terang. Sinar matahari dapat menambah energi dan meningkatkan fokus.

5. Ngemil

Kok orang ngantuk disuruh ngemil? Ets, jangan salah kadar gula darah yang rendah dapat menyebabkan tubuh terasa lemas dan akhirnya ngantuk. Nah, pada keadaan seperti ini cobalah untuk ngemil, tapi pastikan juga camilannya sehat ya seperti biskuit dengan gandum utuh, kacang-kacangan, atau buah.

6. Cuci Muka

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja satu ini mungkin sudah sering kamu lakukan. Mencuci muka - terutama dengan air dingin -, dapat membuat kantuk lebih cepat pergi. Hal ini karena suhu dingin yang membasahi wajah efektif menghilangkan kantuk.

7. Coba Lakukan Peregangan

Melakukan peregangan di meja kantor juga bisa mengusir ngantuk saat kerja. Cobalah lakukan peregangan sederhana misalnya dengan merentangkan tangan, menekuk leher ke samping kiri dan kanan, atau hanya sekadar memutar badan ke kiri dan kanan sambil duduk.

8. Minum Air Putih

Kurangnya cairan dalam tubuh bisa membuat rasa kantuk datang. Hal ini karena dehidrasi bisa membuat otak kehilangan fokusnya dan membuat kita mengantuk. 

Cobalah minum air putih setidaknya 1 gelas setiap jamnya.

9. Mengatur pernapasan

Rasa kantuk yang menggelayuti mata juga bisa datang karena kurangnya kadar oksigen di otak. Oleh karena itu, saat kamu merasa mengantuk, cobalah untuk mengatur pernapasan kembali. 

Caranya mudah, ambil napas dalam-dalam menggunakan perut, kemudian tahan sejenak dan hembuskan melalui mulut. Lakukan ini secara berulang sebanyak 10 kali.

10. Sibukkan Diri

Terkadang kantuk bisa datang saat kita sedang tidak banyak tugas. Untuk menghilangkan kantuk disaat kerjaan kita tidak terlalu banyak, cobalah untuk mencicil pekerjaan hari berikutnya atau cobalah untuk menambah skill baru.

11. Makan Permen Mint

Mengutip dari Sleep, rasa mint dapat menghilangkan kantuk, terutama di pagi hari. Karena bisa membangunkan otak dan membuat kita lebih aktif serta terjaga. Nah, jika kamu sering sekali ngantuk cobalah stok permen mint di meja kerja agar bisa langsung mengusir ngantuk.

12. Tidak Menatap Layar Laptop Terus Menerus

Manfaat mengistirahatkan mata dari komputer

Menatap layar laptop terus menerus membuat mata lelah apalagi bila pikiran sumpek pasti kamu jadi merasa mengantuk. Jadi sesekali alihkan mata dari layar laptop untuk mengistirahatkan mata dan pikiran.

Nah, itulah cara menghilangkan ngantuk saat bekerja selain dengan minum kopi. Semoga dengan menggunakan cara ini, kantukmu bisa hilang.

Selain mengikuti tips-tips di atas, kamu juga bisa menghilangkan kantuk dengan mencari peluang karier baru yang lebih menjanjikan di aplikasi KitaLulus, lho!

Di KitaLulus, menemukan pekerjaan lebih mudah karena kamu bisa mencari lowongan sesuai dengan kota dan pengalaman kerjamu. Selain itu, lamaran yang kamu kirim juga langsung masuk ke WhatsApp HRD! Yuk, download aplikasi KitaLulus sekarang dan rasakan mencari kerja dengan #LebihMudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!