Tips dan Cara Membuat Contoh CV Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

Isi Artikel

CV menjadi salah satu dokumen penting untuk melamar kerja. Bahkan beberapa perusahaan terkadang hanya membutuhkan contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris saja dibandingkan dokumen pendukung lainnya.

Secara umum, ada dua jenis CV yang sering digunakan. Contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Dan biasanya ada pelamar yang menyertakan keduanya untuk berjaga-jaga.

Namun, sebenarnya untuk melamar kerja sebaiknya menggunakan contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris atau bahasa Indonesia? Apakah CV lamaran kerja bahasa Inggris memiliki nilai lebih di mata rekruter? Benarkah demikian?

Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Gak Boleh Asal, Begini Cara Menulis Contoh Soft Skill yang Benar di CV

CV Bahasa Inggris VS CV Bahasa Indonesia

Tidak dapat dipungkiri bahwa, kini beberapa perusahaan hanya menerima contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris dibandingkan bahasa Indonesia. Mengapa demikian?

Ternyata usut punya usut, contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris dianggap sebagai representatif si pelamar kerja. Hal ini juga tidak bisa dianggap sepele. Sebab beberapa perusahaan melihat kecocokan calon kandidat berdasarkan informasi yang terdapat di CV.

Selain itu, contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris juga membuat rekruter beranggapan bahwa kamu bisa dan siap menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari.

Mau tidak mau, hal ini membuat banyak pelamar mengirimkan contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris kepada HRD perusahaan. Namun bukan berarti CV dengan bahasa Indonesia tidak dilirik, lho.

Hal ini kembali lagi kepada perusahaan dan bagaimana si pelamar menyajikan datanya di CV. Biasanya, ada beberapa perusahaan yang memberi syarat seperti “hanya contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris yang akan dilihat”.

Kalau sudah mendapatkan syarat seperti itu, sebaiknya kamu mengirimkan contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris, ya! Lalu bagaimana dengan CV bahasa Indonesia? Umumnya kamu bisa lihat bagaimana perusahaan membuat iklan lowongan pekerjaannya.

Jika bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia, maka ada kemungkinan perusahaan menerima CV bahasa Indonesia. Namun, tidak ada salahnya jika kamu juga menyiapkan contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris untuk dikirimkan.

Sayangnya, masih banyak calon pelamar kerja yang kebingungan dalam membuat contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris. Padahal CV bahasa Inggris memberikan peluang untuk dilirik oleh perusahaan asing maupun perusahaan startup.

Lalu bagaimana cara membuat contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris?

Tips Menulis Contoh CV Lamaran Kerja Bahasa Inggris

CV merupakan dokumen penting yang harus disertakan pada saat melamar kerja. Namun, tidak sedikit dari calon pelamar yang masih merasa bingung dan kesulitan dalam membuat contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris.

Padahal di zaman sekarang, kemampuan berbahasa Inggris sudah menjadi salah satu kemampuan wajib yang harus kamu miliki, lho. Hal ini tentunya bisa dilihat bagaimana kamu menuliskan contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris.

Nah, berikut beberapa tips menulis contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan. Di antaranya adalah:

1. Perhatikan Grammar

Dalam bahasa Inggris, terdapat tiga pola kalimat grammar yang digunakan, yaitu past tense, present tense, dan future tense. Terutama dalam menulis contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris, kamu harus menggunakan grammar yang tepat.

Saat menulis contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris, past tense digunakan untuk menjelaskan pekerjaanmu yang lama atau yang sudah selesai. Sedangkan present tense digunakan untuk menjelaskan pekerjaan atau kegiatanmu saat ini.

Nah, agar contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris kamu lebih menarik, kamu bisa mengganti kata subjek seperti I dan you menjadi my atau mine, hers atau his. Jika kamu masih ragu, saat ini ada banyak tools gratis yang bisa digunakan untuk mengecek grammar.

2. Penggunaan Ejaan dan Tanda Baca

Tips selanjutnya dalam menulis contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris adalah dengan memperhatikan penggunaan ejaan dan tanda baca. Umumnya, cara menulis bahasa Inggris tidak begitu berbeda jauh dengan ejaan dan tanda baca.

Jika kamu masih merasa ragu dalam menulis contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris, kamu bisa mengecek ejaan di kamus atau meminta bantuan temanmu untuk melakukan proofread.

Pastikan kamu membaca ulang atau melakukan double check pada ejaan dan tanda baca yang kamu gunakan dalam contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris, ya! Terutama typo. Tentu kamu tidak ingin rekruter melihat kesalahan yang kamu buat, kan?

3. Penggunaan Layout dan Struktur

Kini, banyak calon pelamar yang menggunakan CV kreatif untuk melamar kerja. Namun bukan berarti kamu tidak memperhatikan tata letak dan struktur dari contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris kamu.

Hal ini tentunya akan berpengaruh pada penilaian rekruter. Jika kamu memberikan contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris dengan layout yang berantakan, bisa-bisa CV kamu tidak dilirik sama sekali oleh rekruter!

Perhatikan penggunaan format dan ukuran huruf. Pastikan tidak ada yang berdekatan dan mudah dibaca. Dan pastikan kamu memberikan penjelasan yang singkat dan padat dalam contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris kamu.

4. Cantumkan Data Diri dan Skill

Tips selanjutnya dalam menulis contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris adalah dengan mencantumkan data diri dan skill. Namun bukan berarti kamu bisa mencantumkan semua hal tentang diri kamu.

Saat membuat contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris, kamu cukup mencantumkan data diri dan skill yang sekiranya akan bermanfaat dan sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar. Data diri cukup cantumkan nama, alamat, nomor telepon, dan email.

Sedangkan untuk skill, cantumkan yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Misalnya kamu ingin melamar posisi fotografer, maka yang kamu cantumkan dalam contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris adalah skill foto, skill design, dan yang berkaitan dengan fotografi.

5. Cantumkan Pengalaman Kerja dan Organisasi

Satu lagi tips dalam menulis contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris adalah dengan mencantumkan pengalaman kerja dan organisasi. Cantumkan seperlunya dan yang sesuai dengan dunia kerja.

Meskipun kamu memiliki banyak pengalaman, dalam membuat contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris haruslah padat, singkat, dan jelas. Hal ini berkaitan dengan peluang kamu dipilih sebagai calon kandidat yang cocok dan terbaik.

Dengan mencantumkan pengalaman kerja dan organisasi di dalam contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris kamu, artinya rekruter bisa melihat adanya potensi di diri kamu. Jadi, jangan ragu untuk memasukkan pengalaman kerja dan organisasi yang sesuai, ya!

BACA JUGA: Mencantumkan Pengalaman Organisasi di CV itu Penting Nggak Sih?

Cara Menulis Contoh CV Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Tahukah kamu bahwa, kenyataannya 96% perusahaan di Indonesia menyatakan bahwa kemampuan bahasa Inggris merupakan hal penting yang harus dimiliki. Baik untuk posisi senior maupun yang baru masuk.

Dilansir dari kompas.com, banyak perusahaan yang ternyata lebih menyukai contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris dibandingkan bahasa Indonesia. Selanjutnya, CV dalam bahasa Inggris dinilai bahwa calon kandidat menunjukkan semangat, mampu menjual diri, dan menunjukkan kemampuan.

Selain itu, dengan adanya RUU Cipta Kerja maka akan semakin banyak perusahaan asing yang nantinya akan berinvestasi di Indonesia. Oleh karena itu contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris merupakan dokumen penting yang sangat dibutuhkan.

Nah, berikut cara menulis contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris untuk kamu yang masih bingung:

1. Data Diri

Hal pertama yang harus dicantumkan dalam contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris adalah data diri kamu. Ada beberapa hal yang harus dicantumkan, yaitu:

  • Nama lengkap
  • Alamat
  • Nomor telepon
  • Email
  • Sosial media (LinkedIn, GitHub, dan yang lainya)
  • Website atau blog pribadi jika punya

2. Deskripsi Diri

Setelah data diri, cara menulis contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan menyertakan deskripsi diri. Kamu harus membuat deskripsi diri yang benar dan baik agar CV bahasa Inggris kamu semakin menarik dan stand out.

Cukup tulisan satu sampai tiga kalimat perkenalan yang menggambarkan diri kamu, pengalaman, hingga keterampilan yang kamu miliki. Perlu diingat bahwa dalam menulis contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris harus jelas, singkat, dan padat.

Misalnya seperti:

Enthusiastic fresh graduate with a Master's degree in Human Resources Management. Skilled with social media and looking forward to leveraging it to discover the best candidates out there.

Atau seperti dibawah ini jika kamu sudah memiliki pengalaman:

Data-oriented social media marketing manager with 3+ years experienced in content team. Increased Instagram conversion rate by 45% by engaging more with the users.

3. Pengalaman Kerja atau Pengalaman Organisasi

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya bahwa, pengalaman kerja dan/atau organisasi merupakan bagian penting dari contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris. Pastikan kamu menulisnya dengan format seperti:

  • Jabatan
  • Nama perusahaan
  • Periode kerja (bulan dan tahunnya saja)
  • 3-5 poin deskripsi pekerjaan yang kamu lakukan

Contohnya seperti:

Entry-level Accountant at KPMG in Jakarta, May 2018 - Present

  • Prepared annual budget statements.
  • Corrected, maintained, and processed periodic financial audits.
  • Organized stock portfolio of assets up to $10M.


4. Pendidikan

Cara menulis contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan mencantumkan latar belakang pendidikan. Mulai dari pendidikan yang paling akhir, hingga yang paling lama. Jangan lupa juga untuk mencantumkan tahun mulai dan tahun berakhir pendidikan.

5. Kemampuan atau Keterampilan

Satu hal lagi yang harus dicantumkan dalam contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris adalah kemampuan atau keterampilan yang kamu miliki. Mulai dari soft skill hingga hard skill. Pastikan kamu mencantumkan kemampuan yang relevan, ya!

6. Informasi Tambahan

Biasanya pada penulisan contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris, informasi tambahan merupakan informasi seputar hobi dan interest, penghargaan yang pernah dicapai, sertifikat, hingga professional association.

Contoh CV Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris 1:

Contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris 2:

Contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris 3:

Contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris 4:

Demikian penjelasan terkait contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris. Selain untuk melamar pekerjaan, CV bahasa Inggris juga bisa digunakan untuk mendapatkan beasiswa. Namun tentunya dengan format penulisan yang berbeda.

Setelah contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris kamu sudah selesai, sekarang waktunya mencari kerja di aplikasi KitaLulus. For your information, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Semarang, dan Gowa.

Buka aplikasi KitaLulus, cari pekerjaan impian, dan klik lamar! Download aplikasi KitaLulus di Play Store secara gratis sekarang juga! Dapatkan pekerjaan impianmu bersama KitaLulus. Good luck!

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

Close Pop up

Bagaimana kepuasan anda dengan konten kami?

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.