10 Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate yang Baik

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Kamu seorang lulusan baru dan sedang mencari contoh surat lamaran kerja fresh graduate? Kamu membuka artikel yang tepat, nih, karena di artikel ini KitaLulus akan menjelaskan tentang contoh surat lamaran kerja fresh graduate yang baik dan benar beserta tips penulisannya yang efektif.

Tak perlu berlama-lama lagi, langsung disimak saja yuk penjelasannya!

Format Penulisan Surat Lamaran Kerja

Sebelum menyimak contoh surat lamaran kerja fresh graduate, ada baiknya kamu memahami terlebih dulu seperti apa format penulisan dalam surat lamaran kerja ini.

  • Tempat dan tanggal penulisan surat
  • Nama penerima, nama perusahaan, dan alamat perusahaan yang dituju
  • Salam pembuka
  • Isi surat
  • Data diri yang berisikan nama, alamat, nomor kontak atau email yang bisa dihubungi
  • Lampiran dokumen
  • Salam penutup
  • Nama dan tanda tangan

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

Pada dasarnya, surat lamaran kerja fresh graduate hampir sama dengan surat lamaran kerja yang sudah berpengalaman, yang membedakan hanyalah bagian isinya. Untuk pekerja berpengalaman, deskripsi diri tentang pengalaman kerja dan prestasi akan sangat mudah. Namun, jika masih lulusan baru, apa yang harus ditulis?

Kamu tak perlu bingung, ya. Berikut KitaLulus berikan tips menulis surat lamaran kerja untuk fresh graduate yang baik dan benar. Yuk, disimak!

1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Hal utama yang harus kamu perhatikan ketika akan melamar kerja adalah batas pengiriman lamaran. Batas pengiriman ini bisa kamu gunakan untuk menjadi patokan penulisan tanggal pembuatan surat.

Di mana dan kapan kamu menulis surat lamaran kerja harus ditulis di bagian kanan atas surat. Untuk tempat, kamu cukup menuliskan nama kota di mana kamu tinggal, ya.

2. Alamat Tujuan

Alamat tujuan adalah alamat perusahaan yang kamu lamar. Ada catatan khusus di bagian ini supaya penulisannya baku dan efektif, yaitu jangan menulis “Kepada” dan “Yth.” secara bersamaan. Pilih salah satu saja.

Pada umumnya, penulisan yang efektif cukup menggunakan “Yth.”. Penulisannya harus diberi titik ya karena “Yth.” merupakan singkatan dari yang terhormat.

Contoh surat lamaran kerja fresh graduate di bagian alamat tujuan yang baik dan benar adalah:

Yth. Bapak/Ibu HRD PT Berkah Sejahtera Indonesia

Jalan Dahlia, RT 11, RW 20, Depok

Jawa Barat 11457

3. Menulis Salam Pembuka

Cara membuat surat lamaran kerja fresh graduate berikutnya yaitu menulis salam pembuka. Gunakan salam pembuka yang netral. Kamu bisa menggunakan “Dengan hormat,” untuk alternatif salam pembuka paling efektif dan umum digunakan.

Tulis juga dari mana kamu mendapat informasi mengenai lowongan tersebut. Misal dari sosial media, portal lowongan pekerjaan, teman, dan sebagainya.

4. Menulis Isi Surat

Setelah menulis salam pembuka, langkah berikutnya yaitu menulis isi surat. Pada bagian ini, kamu dapat mencantumkan data diri mulai dari nama lengkap, pendidikan terakhir, alamat domisili, nomor telepon, dan alamat email.

Jelaskan juga pengalaman dan pencapaian yang ingin kamu tonjolkan kepada pihak perusahaan. Bagian ini pula yang kemudian menjadi pertimbangan HRD untuk lanjut membaca daftar riwayat hidup kamu.

Lalu bagaimana untuk lulusan baru yang belum memiliki pengalaman kerja? Tenang, kamu bisa kok mengganti bagian ini dengan prestasi kamu selama berkuliah, kemampuan yang kamu miliki, hingga pengalaman berorganisasi kamu.

Baca Juga: 10 Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Baik & Benar

5. Cantumkan Posisi

Hal selanjutnya yang tak kalah penting dalam membuat surat lamaran kerja fresh graduate adalah mencantumkan posisi yang ingin kamu lamar.

6. Berkas Lampiran

Apa saja syarat berkas lamaran yang diwajibkan oleh perusahaan untuk dilampirkan dalam surat lamaran kerja? Perhatikan bagian ini dengan baik supaya kamu bisa mencantumkannya dalam surat lamaran kerja. Ingat, cukup lampirkan berkas yang memang disyaratkan saja, ya.

7. Paragraf Penutup

Paragraf penutup akan berisi rasa terima kasih kepada HRD yang telah membaca surat lamaran kerja kamu dengan baik. Pada bagian ini juga bisa kamu jelaskan bahwa seluruh data yang kamu cantumkan memang asli dan dapat kamu pertanggungjawabkan jika nantinya ditemukan data yang tidak sah.

Setelah itu, akhiri surat lamaran kerja dengan salam penutup yang singkat dan formal tanpa perlu menuliskan harapan yang berlebihan.

8. Nama Lengkap dan Tanda Tangan

Nama lengkap dan tanda tangan bisa kamu tulis di bagian kanan bawah. Perhatikan apakah perusahaan memberikan syarat harus menggunakan materai. Jika iya, tempelkan materai di atas nama kamu lalu berikan tanda tangan di atas materai tersebut.

Baca Juga: 4 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank yang Benar, Tips, & Cara Membuatnya

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate yang Baik dan Benar

Agar lebih mudah dalam membuat surat lamaran kerja, kamu bisa menyimak beberapa contoh surat lamaran kerja fresh graduate berikut ini.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate untuk Staff Administrasi

Sumber: Daily Social

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate untuk Web Developer

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate untuk Web Developer
Sumber: LinovHR

3. Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate untuk Umum

Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate untuk Umum
Sumber: Popbela

4. Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate untuk Dokter Part Time

Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate untuk Dokter Part Time
Sumber: Scribd

5. Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate di Bank dengan Pengalaman Magang

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate di Bank dengan Pengalaman Magang
Sumber: wargamasyarakat.org

Baca juga: 15 Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Simple & Baik

6. Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate di Bank Tanpa Pengalaman

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate di Bank Tanpa Pengalaman
Sumber: Popbela

7. Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate Posisi Admin Penjualan

Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate Posisi Admin Penjualan
Sumber: Daily Social

8. Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate Tulis Tangan

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate Tulis Tangan
Sumber: Cake Resume

9. Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate Bahasa Inggris

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate Bahasa Inggris
Sumber: Popbela

10. Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate Posisi Sales Marketing

Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate Posisi Sales Marketing
Sumber: Popbela

Itulah contoh surat lamaran kerja fresh graduate dan tips penulisannya yang baik dan benar. Kamu bisa menjadikan contoh-contoh surat lamaran fresh graduate di atas sebagai referensi kamu ketika akan melamar kerja.

Untuk kamu lulusan baru dan sedang mencari kerja, jangan patah semangat! Usaha dan doa tidak akan menghianati kamu. Yang penting, yuk sebar CV dan surat lamaran ke banyak perusahaan agar peluang mendapat kerja juga semakin luas.

Kamu bisa menggunakan aplikasi KitaLulus untuk melamar kerja. Ada 92.000+ lowongan kerja dari lebih dari 50.000 perusahaan di seluruh Indonesia. Fitur filter pencarian kerjanya juga bervariasi.

Jadi, untuk kamu yang lulusan baru bisa menggunakan filter jenjang pendidikan dari pendidikan terakhir kamu. Nantinya, daftar lowongan kerja yang muncul hanya yang memiliki syarat jenjang pendidikan yang kamu pilih saja.

Tidak hanya menyediakan lowongan kerja, aplikasi KitaLulus juga memiliki fitur yang bisa menambah kemampuan dan networking kamu. Kamu bisa menggunakan fitur “Komunitas” untuk bergabung dengan komunitas sesuai bidang yang kamu gemari. Ada fitur “Belajar” juga yang bisa kamu gunakan untuk melatih kemampuan mengerjakan soal-soal psikotes.

Jadi, tunggu apalagi? Instal aplikasi KitaLulus sekarang juga, yuk! Manfaatkan benefit dari KitaLulus untuk mendapatkan karir impian!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!