Daftar Situs Kursus Online Gratis dari Google hingga Microsoft, Yakin Gak Mau?

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Mengikuti kursus bisa menjadi kesempatan untuk menambah dan meningkatkan skill yang bisa sangat berguna di dunia kerja. Saat ini tidak sulit untuk menemukan kursus, bahkan ada kursus online gratis. Walau gratis tapi materi yang tersedia sangat bermanfaat untuk kamu ikuti.

Bukan cuma itu, beberapa kursus online juga bersertifikat, tentu ini akan sangat berguna untuk kamu masukkan ke dalam CV. Nah, berikut ini KitaLulus sudah merangkum mana saja situs yang menyediakan kursus online gratis, yuk lihat di bawah!


Manfaat Kursus Online Gratis

Ada sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kursus online gratis. Tentu manfaat ini diluar dari biaya yang kamu keluarkan, manfaat kursus online antara lain:

  1. Jam fleksibel: karena diadakan secara online, kamu bisa menyesuaikan waktu ternyaman kamu untuk belajar. Kamu dapat menonton video atau materi kursus dimanapun dan kapanpun kamu ingin belajar.
  2. Banyak pilihan kursus: Kamu bisa memilih apa pun yang ingin kamu pelajari di tingkat mana pun. Mulai dari bahasa, membuat website, teknik pemasaran, atau cara membuat kue
  3. Mengikuti tren: Dalam dunia kerja, mengikuti perkembangan tren industri adalah suatu keharusan. Kamu dapat melakukannya dengan mengikuti kursus, misalnya kursus digital marketing untuk mengikuti tren pemasaran saat ini. 


Kursus Online Gratis

Bisa mengikuti kursus bergengsi dengan pemateri orang ternama tentu impian semua orang. Namun kadang keterbatasan waktu dan biaya yang menjadi kendal. Beruntungnya sekarang sudah banyak tempat kursus online gratis yang tidak kalah bergengsinya. Nah, untuk kamu yang sudah tidak sabar ingin menambah skill langsung kunjungi aja beberapa situs kursus online gratis berikut ini!

 

1. Google Skillshop

Mungkin masih banyak dari kamu yang belum tahu, kalau Google menyediakan kursus online bersertifikat, lho. Google Skillshop namanya, website ini menyediakan berbagai kursus yang akan membantu dalam menguasai berbagai fitur Google. 

Kursus ini sangat cocok untuk kamu yang ingin bekerja atau sedang bekerja di dunia digital marketing. Beberapa kursus yang tersedia seperti Pengelolaan Konten dan Aset Youtube, Google Analytics, Google Ads, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang ingin mencoba mengikuti kursusnya, kamu dapat mengunjungi skillshop.withgoogle.com.

Setelah mengikuti kursus ini, kamu bisa memanfaatkan sertifikatnya untuk dimasukan pada CV kamu.


2.  IndonesiaX

Jika kamu mencari kursus online berbahasa Indonesia, nah IndonesiaX adalah salah satu pilihannya. Di IndonesiaX ada berbagai pilihan materi yang tersedia dalam bahasa Indonesia. 

Kursus online ini juga menggandeng institusi dan instansi besar sebagai pemateri seperti Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Institusi Teknologi Bandung, Bank Negara Indonesia, NET TV, dan masih banyak lagi.

Materi kursus yang bisa kamu pilih misalnya Business and Management, Communication, Computer Science, Engineering, Law, Economics and Finance dan lain-lain

Kursus di IndonesiaX juga gratis, namun bila kamu ingin mendapatkan sertifikat kamu perlu membayar biaya administrasi sebesar Rp250.000. Jika kamu ingin mencoba mengikuti kursus di IndonesiaX, kamu bisa mengunjungi link berikut https://indonesiax.co.id.


3. Oracle

Apakah kamu ingin memperdalam ilmu teknologi dan informasi? Nah, kalau gitu, Oracle cocok sekali untuk kamu. 

Ada banyak materi kursus online gratis yang tersedia dan bisa kamu ikuti di antaranya data science dan cloud computing. Durasi setiap kursus berbeda-beda, mulai dari 3 jam hingga 20 jam.

Kamu bisa mengikuti kursus Oracle dengan membuka link berikut ini oracle.com/corporate/blog/free-certifications-oracle-oci-autonomous-033020.html


4. Microsoft

Jika kamu ingin memperdalam skill di bidang cloud computing, kursus online Microsoft bisa jadi pilihan tepat. Sebagai perusahaan teknologi terbesar dunia, Microsoft juga menyediakan kursus online gratis dengan materi konsep cloud computing, jenis-jenis cloud computing, dan berbagai layanan cloud computing.

Untuk mengikuti kursus ini, kamu bisa akses langsung microsoft.com/en-us/trainingdays.


BACA JUGA: Rekomendasi Situs Belajar Desain Grafis untuk Pemula


5. EdX

Kursus online gratis selanjutnya yang bisa kamu ikuti adalah EdX. Ada berbagai macam materi yang bisa kamu ikuti desain, pemrograman, ilmu bahasa, dan lain-lain.


Selain menyediakan banyak materi, kelebihan lain dari EdX  adalah telah bekerja sama dengan banyak universitas terkemuka seperti dengan Universitas Harvard, Institut Teknologi Massachusetts, Universitas Boston, hingga Universitas California.


6. Google Digital Garage

Selain Skillshop, Google juga punya tempat kursus online gratis lainnya, yaitu Google Digital Garage. Kursus ini sangat bermanfaat untuk kamu meningkatkan skill di era digital yang serba cepat ini.  

Berbagai materi yang berhubungan dengan dunia digital bisa kamu pelajari secara gratis di sini. Mulai dari digital marketing, business and career development, programming, data dan teknologi, dan masih banyak lagi

Materi disampaikan dengan video yang mendalam dan terperinci, jadi kamu jangan khawatir takut tidak bisa mengerti. 

Selain itu, waktu kursus ini juga fleksibel, kamu dapat menghentikan, menjeda, maupun melanjutkan kursus kapanpun kita memiliki waktu luang.

Khusus untuk materi Fundamental of Digital Marketing setelah mengikuti kursus, kamu bisa mendapatkan sertifikat gratis. Namun, kamu harus mengikut tes selama 40 jam.

Bila ingin mencoba kursus online gratis Google, kamu bisa akses di learndigital.withgoogle.com/digitalgarage.


7. Coursera

Situs yang sudah ada dari tahun 2012 ini menyediakan lebih dari 3.900 kursus. Beberapa kursus tersedia gratis. Kamu dapat mengikuti berbagai bidang secara gratis, seperti seni, kesehatan, analisis data, bisnis, dan lain-lain. Tertarik? Kamu langsung buka aja coursera.org.



8. Digital Talent Scholarship Kominfo

Kursus online berbahasa Indonesia ini merupakan program pelatihan yang disediakan oleh Kominfo RI. Program ini terbuka untuk masyarakat umum dan fokus pada bidang IT. Beberapa program pelatihan yang tersedia antara lain VSGA (Vocational School Graduate Academy), FGA (Fresh Graduate Academy), CTA (Coding Teacher Academy), OA (Online Academy), TA (Thematic Academy), serta RDA (Regional Development Academy).


Kursus online bersertifikat ini bisa kamu ikuti secara gratis. Jika kamu tertarik, kamu bisa akses https://digitalent.kominfo.go.id.



Jika kamu sudah mengikuti salah satu kursus di atas, jangan lupa segera update di CV kamu kemampuan baru apa yang kamu miliki. Setelah itu, cari lowongan kerja di aplikasi KitaLulus. Ada ribuan lowongan dari berbagai industri yang tersebar mulai dari Jabodetabek, Medan, Bandung, Surabaya, Semarang, Makassar,  dan Gowa. Semua lowongan juga sudah melalui verifikasi, jadi sudah pasti aman. Yang spesial lagi, lamaran kamu langsung dikirim ke WhatsApp HRD, jadi akan lebih mudah untuk follow up. Yuk, download di Play Store sekarang!

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

Close Pop up

Bagaimana kepuasan anda dengan konten kami?

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.