Extrovert Adalah: Pengertian, Ciri, Jurusan dan Pekerjaan Apa yang Cocok

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Extrovert adalah salah satu kepribadian yang sudah sering kita dengar. Biasanya, kepribadian ini identik dengan orang yang aktif, easy going, dan suka sekali keramaian. Kepribadian extrovert juga lebih membuka diri dan aktif dalam situasi sosial. 

Satu hal yang mungkin masih jarang dibicarakan tentang extrovert adalah jurusan dan pekerjaan apa yang cocok untuk kepribadian yang aktif ini? Nah, kali ini KitaLulus akan membahasnya untuk kamu, simak di bawah, ya! 


Extrovert Adalah Kepribadian yang Aktif?

Extrovert adalah kepribadian yang lebih nyaman menghabiskan energi  sehari-harinya dengan melakukan kegiatan yang aktif. Menurut Gustav Jung, sebagai psikolog yang mencetuskannya, orang-orang yang memiliki sikap extrovert itu lebih terlibat dengan rangsangan atau stimulus dari luar dirinya. Orang ekstrovert lebih banyak dipengaruhi lingkungan luar mereka daripada oleh dunia batinnya sendiri. 

Hah, gimana maksud Jung?

Jadi maksud Jung di sini, orang extrovert adalah kepribadian yang digambarkan sebagai orang yang pragmatis, selalu berorientasi ke luar dirinya, dan menjauhi gejolak batin sendiri. Makanya, ciri khas dari seorang extrovert adalah mereka punya kontak yang intens dengan dunia luar mereka.

Orang extrovert akan sangat senang dan nyaman bila untuk berada di sekeliling banyak orang. Tidak hanya itu saja, mereka juga biasanya suka hal-hal yang spontan, hal-hal yang tidak pernah direncanakan sebelumnya. Orang extrovert suka sekali ngobrol bahkan mereka tidak canggung memulai percakapan lebih dulu dengan orang baru. Oleh karena itu kepribadian ini lebih mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi.

Saat berkumpul dengan teman-teman, tidak jarang extrovert jadi pusat perhatian karena selalu mampu mencairkan suasana dengan cerita atau juga joke-nya.

Sementara itu, menurut The Myers & Briggs Foundation, seorang extrovert cenderung memproses sesuatu secara eksternal, bekerja paling baik dengan berbicara untuk menyampaikan gagasan dengan orang lain. Orang dengan kepribadian ini juga lebih mudah menerima apa yang disampaikan orang lain kepada dirinya. 


Karakteristik Orang Extrovert

Selain suka dengan dunia di luar dirinya, orang extrovert juga memiliki karakteristik berikut ini.


1. Gemar berbicara

Gemar bicara di sini bukan berarti extrovert itu cerewet. Tapi, mereka cenderung lebih berani atau lebih santai jika harus memulai pembicaraan dengan orang lain. Bahkan dengan orang asing sekalipun. 


2. Asertif

Jika diartikan, asertif adalah tegas. Itu artinya kepribadian ini cenderung lebih terbuka dalam mengemukakan opininya tentang banyak hal kepada orang lain. Hal ini termasuk juga saat ada hal yang membuat mereka tidak nyaman. 


3. Mudah bosan saat sendiri

Kepribadian extrovert mudah merasa bosan saat harus menghabiskan waktunya sendiri. Hal ini memang Karena mereka suka dengan keramaian dan mendapatkan energi ketika sedang bersama orang,  Dikelilingi oleh banyak orang, apalagi dengan menghabiskan waktunya bersama orang-orang aktif berkegiatan di luar rumah adalah yang paling disenangi extrovert.



4. Petualang

Orang extrovert memang sangat senang berkegiatan di luar rumah. Bahkan, ia tidak masalah jika memiliki jadwal yang sangat padat, selama bisa menghabiskan waktu dengan banyak orang. Jiwa petualang mereka sangat tinggi. Ia senang mencoba hal-hal baru yang pernah diketahui sebelumnya. Mereka akan sangat senang bila bisa bertemu dengan orang lain dan mengenalnya lebih dekat.


5. Cenderung cepat dalam mengambil keputusan

Terkadang, orang dengan kepribadian ini tidak berpikir panjang atau observasi dalam mengambil keputusan. Orang extrovert memang dikenal impulsif. Ia terkadang asal menjawab atau bertindak dan tidak takut juga untuk mengambil risiko karena bagi extrovert risiko adalah tantangan yang harus dihadapi di situasi apapun.


6. Fleksibel

Pribadi extrovert sangat fleksibel, itulah mengapa mereka mudah beradaptasi dengan segala situasi yang sedang dihadapinya. Ia juga sangat inovatif dalam menghadapi segala masalah dan situasi.


Mitos yang Salah Tentang Extrovert

Banyak orang memberikan cap ini dan itu kepada seorang extrovert tanpa tahu fakta yang sebenarnya. Oleh karena itu, agar kamu tidak menjadi orang yang mudah memberikan cap kepada orang lain, coba untuk memahami bagaimana sebenarnya orang dengan kepribadian dominan extrovert. Coba pahami beberapa mitos yang salah tentang extrovert berikut.


Mitos 1: Extrovert selalu ceria, tidak pernah sedih

Orang extrovert memang cenderung terlihat selalu ceria dan bahagia. Oleh karena itu, banyak yang mengira bahwa orang dengan kepribadian ini tidak pernah merasa sedih. 

Tentu pernyataan ini salah, semua orang pasti pernah merasa sedih. Termasuk juga orang dengan kepribadian extrovert, ia juga bisa merasa sedih atau tidak percaya diri. Namun, pemicunya bisa berbeda-beda. Misalnya, mereka akan sedih atau tidak percaya diri saat tidak cukup berinteraksi dengan orang di sekitarnya.



Mitos 2: Extrovert adalah seorang yang egois

Mitos yang sering juga diberikan kepada extrovert adalah bahwa mereka itu pribadi yang selalu ingin didengar dan tidak peduli dengan orang lain. Padahal, kepribadian ini juga dapat menunjukkan kepeduliannya terhadap orang lain. Orang extrovert juga dapat menjadi pendengar yang baik dengan menanyakan pertanyaan terbuka. Mereka dapat menjadi orang yang peduli terhadap lingkungan sekitarnya dengan cara yang berbeda.


Mitos 3: Tidak suka sendiri

Banyak yang menyangka orang extrovert adalah orang yang tidak senang jika harus melakukan berbagai hal sendiri. Ini tentu tidak benar. Meski memang mereka mudah merasa bosan saat sendiri, bukan berarti ia harus selalu bersama orang lain. 

Extrovert juga membutuhkan waktu sendiri untuk mengisi ulang semangat, motivasi, dan menata suasana hati. Cara extrovert mengisi waktu sendiri biasanya dengan bepergian sendiri ke tempat ramai.


BACA JUGA: Ketahui Karier Apa yang Cocok, Yuk Tes MBTI


Jurusan yang Cocok untuk Seorang Extrovert

Agar kamu bisa menjalankan studi perkuliahan dengan lancar dan tidak merasa salah jurusan di tengah jalan, ada baiknya juga kamu mempertimbangkan sisi kepribadian dalam menentukan jurusan. 

Kepribadian extrovert akan merasa sangat bahagia jika jurusan mereka memberikan banyak ruang untuk berinteraksi dengan orang dan terjung langsung ke lapangan. Jika kamu mungkin masih kebingungan, coba lihat referensi berikut ini.


1. Ilmu Komunikasi

Jurusan ini memang identik dengan extrovert karena pastinya sebagai orang yang kuliah di ilmu komunikasi kamu harus bisa berkomunikasi di depan umum. Di jurusan ini, kamu tidak hanya akan belajar gimana cara berbicara di depan umum, tapi juga mengenai media massa, dan juga banyak hal lainnya. 

Prospek kerja ilmu komunikasi juga luas, kamu bisa menjadi PR, penyiar, presenter, MC, dan lainnya. 



2. Hubungan Internasional 

Hubungan internasional juga bisa jadi pilihan kamu yang seorang extrovert. Kenapa? Segala kegiatan dan pelajaran di hubungan internasional tentu tidak pernah lepas dari komunikasi dan bertemu banyak orang. Nah, di jurusan ini kamu akan belajar menjalin hubungan relasi dengan duta besar, politisi, sampai berbicara di forum umum dan forum internasional. Pastinya cocok sekali untuk ekstrovert. Selain itu, kamu juga akan diajak berdiskusi dan bertemu langsung dengan orang-orang di lapangan.


3. Pariwisata

Selanjutnya, jurusan yang cocok untuk extrovert adalah pariwisata. Jika kamu mengambil jurusan ini, kamu akan diajari untuk mengenal pariwisata yang ada di Indonesia, bagaimana mengolahnya, dan hal lainnya. 


4. Bahasa

Kamu juga bisa mengambil jurusan bahasa, baik itu bahasa Indonesia, Inggris, Arab, atau Jerman. Bukankah ini sesuatu hal yang menarik? orang-orang extrovert yang sangat aktif berbicara mempelajari ilmu bahasa, tentu ini akan sangat cocok dengan kepribadianmu.


5. Kesehatan Masyarakat

Salah satu fokus dalam jurusan ini adalah untuk memperbaiki tingkat kesehatan masyarakat secara umum. Untuk itu, selain belajar tentang kesehatan, jurusan ini juga belajar tentang public speaking dan ilmu berbicara, terutama dalam kampanye dan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat. Nah, dengan hal-hal yang tidak lepas dari interaksi dengan orang banyak, pastinya jurusan ini cocok sekali dengan seorang extrovert.


Pekerjaan yang Cocok untuk Extrovert

Dalam masalah karier, orang extrovert akan senang pekerjaan yang membuat mereka bertemu dan berinteraksi dengan orang. Tapi bukan berarti mereka tidak bisa bekerja sendiri. Melainkan, berkolaborasi dengan orang lain akan menambah motivasi dan semangat mereka dalam bekerja. 

Bila kamu adalah seorang extrovert, pekerjaan berikut ini bisa jadi pilihanmu untuk berkaier atau melamar kerja. 


1. Konsultan Manajemen

Pekerjaan yang cocok untuk ekstrovert pertama adalah sebagai konsultan manajemen. Konsultan manajemen akan bekerja dengan banyak orang dan organisasi dengan tujuan untuk meningkatkan bisnis. Tentu hal ini sangat disukai oleh orang extrovert. Sebagai konsultan manajemen, kamu akan bertugas untuk mengidentifikasi masalah, membuat solusi, dan mengawasi penerapannya. Kamu juga harus memperhatikan setiap proses dan hasil yang dicapai. 


2. Event Organizer (EO)

Orang extrovert biasanya punya banyak ide untuk membuat acara lebih meriah dan berkesan. Sehingga sangat cocok jika bekerja menjadi event organizer, mereka dapat membuat konsep dan menyampaikan tema acara kepada klien. Selain itu, kemampuan membangun relasi dengan berbagai vendor juga sangat cocok dengan kepribadian extrovert.


3. Humas

Bekerja sebagai hubungan masyarakat atau PR bisa sangat cocok dengan ekstrovert. Pekerjaan ini bisa membantu mereka untuk menyalurkan pemikiran kreatif dan keterampilan manajerial di saat krisis. Selain itu, dengan kemampuan sosialnya, mereka juga dapat menjalin hubungan baik dengan stakeholder perusahaan, serta membantu mengomunsikasikan pesan agar mampu diterima dengan baik.


4. Customer service

Customer service adalah orang yang akan diandalkan oleh pelanggan ketika mereka menghadapi masalah mengenai produk. Profesi ini juga bisa menjadi pilihan karier yang tepat bagi extrovert karena mereka mampu berbicara pada pelanggan yang merupakan orang asing dengan tenang. Selain itu, mereka juga dapat memberikan pelanggan informasi yang tepat dan sesuai yang dibutuhkan.



5. Project manager

Seorang project manager punya tugas untuk mengawasi berjalannya proyek yang sedang dikerjakan tim. Ia harus banyak turun ke lapangan, mulai dari berhubungan dengan klien, penyediaan bahan baku, dan lainnya. 

Tidak cuma itu saja, tugas seorang project manager juga mengurus kontrak, budget, rencana pembangunan, laporan berkala dan sebagainya.

Tentu pekerjaan ini akan terasa mudah bagi seorang extrovert yang memang senang bila bisa berinteraksi dan turun langsung ke lapangan. 


6. Tour guide

Extrovert adalah orang yang easygoing, karena sifat ini kamu bisa cocok untuk bekerja menjadi tour guide. Sebagai seorang tour guide, kamu harus dapat menyesuaikan diri dengan berbagai macam orang, tentu ini akan terasa mudah untuk kamu yang extrovert.


7. Marketing

Kemampuan komunikasi seorang extrovert membuat mereka juga andal dalam persuasif dan membujuk orang. Hal ini sangat membantu dalam pekerjaan menjadi marketing. 



Pekerjaan yang cocok untuk extrovert bisa kamu temukan di aplikasi KitaLulus. Sebagai aplikasi job portal, KitaLulus akan memberikanmu referensi lowongan kerja yang sesuai dengan profilemu lewat fitur baru “Hanya Buat Kamu" yang bisa memudahkan kamu cari loker yang sesuai kualifikasi kamu. Yuk, download aplikasinya di Play Store sekarang!

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!