Berapa Standar Gaji Staff Admin di Indonesia? Ini Info Lengkap dari Berbagai Industri

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Gaji staff admin– Staff admin adalah pekerjaan yang dibutuhkan hampir semua perusahaan. Maka tidak heran jika begitu mudah menemukan lowongan menjadi staff admin. Dengan tingginya kebutuhan admin di perusahaan, pasti kamu bertanya-tanya, berapa gaji staff admin.

Pekerjaan staff admin sendiri semakin beragam, mulai dari admin online shop, sosial media, purchasing, dan lain sebagainya. Tentu tiap industri dan bidang admin memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Dari tanggung jawab itulah  yang menentukan besaran gaji seorang staff admin.

Supaya kamu tidak penasaran, KitaLulus sudah rangkumkan untuk kamu perkiraan gaji yang bisa diterima oleh seorang staff admin.

Apa Saja Penentu Gaji Staff Admin di Indonesia?

Info gaji staff admin berbagai industri

Sebenarnya, sama seperti jenis pekerjaan lainnya, untuk menentukan standar gaji staff admin ada beberapa hal jadi pertimbangan, seperti berikut ini.

1. Kota Letak Perusahaan

Besar kecilnya gaji staff admin ditentukan dari lokasi perusahaan. Hal ini karena dalam menentukan gaji, perusahaan juga perlu mengikuti UMR atau UMK yang berlaku.  Sebagai contoh gaji seorang staff admin di Jakarta tentu akan berbeda dengan staff admin di Makassar karena UMR yang berlaku berbeda.

Tiap wilayah di Indonesia tentu memiliki besaran gaji staff admin yang berbeda-beda, seperti misalnya di beberapa kota berikut ini:

  • Bandung Rp4.8 juta
  • Jakarta Rp4 juta
  • Bekasi Rp3.7 juta
  • Tangerang Rp 3.5 juta
  • Surabaya Rp3.4 juta

2. Ukuran Perusahaan

Faktor kedua yang menentukan standar gaji admin adalah ukuran dari perusahaan tempat kamu bekerja. Jika kamu bekerja di perusahaan bonafit tentu gaji yang kamu terima bisa lebih besar dari staff admin di perusahaan lain walaupun di satu kota sekalipun.

3. Kualifikasi

Kemampuan yang kamu miliki juga bisa menjadi penentu gaji. Sekalipun kamu bekerja di bidang yang sama, di kota yang sama, bahkan perusahaan yang sama. Jika kamu memiliki kemampuan yang jadi pembeda, gaji kamu juga bisa berbeda dari yang lain.

Selain dari kemampuan, tingkat pendidikan juga menjadi kualifikasi yang diperhitungkan perusahaan dalam menentukan nominal gaji.

4. Pengalaman

Seorang staff admin berpengalaman tentu gajinya akan berbeda dengan staff admin fresh graduate. Jika seorang admin fresh graduate akan mendapatkan gaji sesuai UMR, maka seorang staff admin berpengalaman bisa mendapatkan lebih besar beberapa persennya. 

BACA JUGA: Serba Serbi Pekerjaan Admin Produksi yang Wajib Kamu Tahu

Info Standar Gaji Staff Admin Berdasarkan Industrinya 2022

Komponen penentu gaji admin

Selain ketiga poin yang disebutkan di atas, yang menjadi pembeda dalam hal gaji staff admin adalah bidang industri. Mengapa bisa seperti itu? Itu karena setiap industri memiliki beban kerja yang berbeda.

Agar kamu tidak salah lagi, berikut ini daftar besaran gaji admin sesuai industrinya

1. Gaji admin online shop

Jika kamu ingin bekerja menjadi admin online shop, kisaran gaji yang bisa kamu dapatkan adalah Rp3.500.000-Rp2.500.000.

2. Gaji admin rumah sakit

Seorang admin rumah sakit bisa mendapatkan gaji di angka Rp3.600.000 hingga Rp7.500.000.

3. Gaji admin sosial media

Rata-rata seorang admin sosial media mendapatkan gaji sebesar Rp5.000.000. Tentu nominal tersebut kembali lagi kepada perusahaan tempat bekerja.

4. Gaji admin support

Untuk posisi admin support, rata-rata gaji adalah Rp3.600.000 per bulan.

5. Gaji admin logistik

Mengutip dari Indeed.com, di Indonesia gaji staff admin logistik adalah sebesar Rp3.600.000 per bulannya.

6. Gaji admin toko

Posisi admin toko gajinya berkisar Rp800.000- Rp3.000.000. Besaran gaji tersebut ditentukan oleh seberapa besar toko tersebut.

7. Gaji admin purchasing

job desk staff admin di indonesia

Bila kamu ingin menjadi admin purchasing, gaji yang bisa kamu dapatkan ada di angka Rp3.900.000 per bulannya.

8. Gaji admin finance

Staff admin finance di Indonesia rata-rata gaji yang didapatkan ada di kisaran Rp3.800.000

9. Gaji admin HRD

Staff admin HRD bisa mendapatkan gaji sebesar Rp4.100.000 per bulan.

10. Gaji admin tambang

Industri tambang diketahui memiliki gaji yang tinggi. Untuk seorang admin tambang, kisaran gaji yang bisa didapat adalah Rp3.600.000-Rp8.000.000.

11. Gaji admin warehouse

Saat ini, kisaran gaji staff admin warehouse atau gudang berada pada range Rp3.400.000. 

Itulah informasi yang perlu kamu ketahui tentang gaji staff admin. Bagaimana, apakah kamu semakin tertarik menjadi staff admin?

Tidak susah kok menemukan lowongan staff admin. Di KitaLulus kamu bisa menemukan ribuan lowongan staff admin yang sesuai dengan kualifikasimu.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan lowongan admin dari perusahaan terkenal di KitaLulus. Proses melamar di KitaLulus juga mudah, karena lamaranmu langsung masuk ke WhatsApp HRD. Sehingga proses mendapatkan pekerjaan bisa #LebihMudah. Yuk, download aplikasi KitaLulus sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!