Seperti Apa Gambaran Tugas Staff Finance Perusahaan yang Sebenarnya?

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Dalam sebuah perusahaan, staff finance adalah divisi yang juga bertugas dalam memantau dan mengurus keuangan. Oleh sebab itu, seorang staff finance dituntut harus punya ketelitian, karena berurusan langsung dengan keuangan. 

Tapi apakah staff finance tugasnya hanya sebatas mengurus keuangan saja? Jika kamu ingin tahu jawabannya, simak dalam artikel di bawah ini, ya!


Pekerjaan Staff Finance

Staff finance adalah orang yang bertanggung jawab untuk menangani keuangan perusahaan. Seorang staff finance berhubungan dengan pengawasan, penciptaan dan studi keuangan, kredit, investasi, aset, dan liabilitas yang membentuk sistem keuangan sebuah perusahaan.

Atau secara sederhana, staff finance adalah orang yang bertanggung jawab terhadap segala aktivitas keuangan, baik dari pengelolaan, penerimaan, transaksi, pencatatan dan laporan. Untuk itulah dalam melakukan tugasnya staff finance harus selalu teliti. 


Tugas Staff Finance

Staff finance menjadi garda terdepan dari divisi keuangan Baik uang masuk dan uang keluar akan menjadi tanggung dan tugas staff finance untuk mengelola. Ada beberapa pekerjaan staff finance dalam suatu perusahaan, di antaranya:


1. Mengumpulkan Dana Perusahaan

Sudah pasti dalam sebuah perusahaan akan banyak aktivitas operasional yang membutuhkan dana. Oleh karena itu, dana harus selalu tersedia. Untuk karena itu, tugas staff finance bertugas untuk mengumpulkan dana perusahaan, baik itu yang bersumber dari pemasukan, ataupun juga pinjaman kepada bank. 


2. Melakukan Pengelolaan Keuangan Perusahaan

Tugas staff finance yang pertama adalah melakukan pengelolaan uang. Di sini staff finance tugasnya menangani budgeting dan analisis keuangan perusahaan. Biasanya kamu akan diminta membuat budget yang kecil, namun dapat mendatangkan keuntungan yang optimal bagi perusahaan.

Setelah rencana budgeting itu selesai, maka akan masuk tahap rekomendasi kepada para petinggi perusahaan. Staff finance juga akan menjelaskan kepada petinggi perusahaan tentang risiko keuangan yang dimiliki oleh perusahaan atau bisnis.


3. Melakukan Pencatatan Keuangan

Staff finance tugasnya juga melakukan penginputan semua transaksi keuangan. Segala jenis transaksi harus dicatat karena ini berkaitan dengan keadaan kas perusahaan. Semua uang yang digunakan harus jelas segala peruntukannya. 

Pencatatan ini juga akan memudahkan tugas staff finance dalam membuat laporan setiap bulannya.


4. Melakukan Eksekusi Pembayaran

Tidak hanya wajib membayar gaji pegawai, perusahaan juga wajib membayar pajak dan masalah administrasi lainnya. Staff finance adalah orang yang punya tugas untuk membayar segala tagihan tersebut. 

Selain itu kamu juga akan bertanggung jawab terhadap semua dokumen administratif terkait pembayaran dan pelunasan.  


5. Melakukan Pengecekan Terhadap Laporan Keuangan

Setiap bulan atau setiap kuartal setiap perusahaan akan mengumpulkan laporan keuangan mereka. Nah, staff finance adalah orang yang bertugas dan bertanggung jawab untuk mengecek apakah laporan tersebut sudah dibuat dengan bukti pencatatan transaksi. 

Ketika menemukan angka yang tidak wajar, staff finance tidak segan-segan untuk melakukan investigasi, karena laporan keuangan menggambarkan keadaan perusahaan yang sebenar-benarnya. 


6. Menyusun Semua Tagihan

Staff finance bertugas menjadi orang yang bertugas untuk membayar semua tagihan kepada pihak eksternal perusahaan. Staff finance tugasnya juga menyusun berbagai tagihan sesuai tanggal jatuh temponya lalu menjadwalkan berbagai pembayaran tagihan tersebut kepada pihak luar perusahaan.


7. Mengurus Segala Administrasi Bank

Tugas staff finance yang lain adalah mengurus seluruh administrasi di bank maupun juga lalu lintas keuangan yang dimiliki perusahaan di bank yang sudah ditetapkan.  Ini karena ketika kamu menjadi staff finance kamu juga bertanggung jawab dalam mengatur pemasukan seluruh transaksi penerimaan serta pengeluaran yang terjadi.


8. Mengelola Keuntungan

Kemajuan perusahaan tidak terlepas dari bagaimana keuntungan dikelola. Keuntungan yang telah diperoleh tentunya tidak bisa diolah untuk hal yang stagnan. Di sinilah tugas staff finance untuk mampu mengelola keuntungan secara kreatif untuk kemajuan perusahaan.


9. Mengajukan Kebijakan

Pekerjaan staff finance adalah membuat laporan terkait kebijakan yang akan diambil untuk menstabilkan keuangan. Selain itu mereka harus pandai berkomunikasi dengan pimpinan perusahaan dan meyakinkannya agar kebijakan disetujui.


10. Mengurus Surat-Surat Berharga Perusahaan

Staff finance juga sering dilibatkan dalam pengurusan surat berharga perusahaan. Biasanya ia akan mencatat, mengecek aktivitas modal kas kembali, sampai menyimpan surat berharga sesuai kebijakan. 

Oleh karena itu, menjadi poin plus tersendiri jika staff finance juga memiliki keterampilan khusus mengenai pengetahuan dasar seluk beluk surat berharga sampai dengan pengarsipan.


Skill yang Harus Dimiliki Staff Finance

Sekarang mari kita bahas skill apa saja yang kamu perlukan untuk dapat menjadi staff finance.


1. Akuntansi

Dunia keuangan tidak akan lepas dari akuntansi, begitu juga ketika kamu ingin menjadi staff finance. Apalagi dalam melakukan tugas kamu akan menilai kebenaran laporan keuangan. Karena itu, secara otomatis ilmu akuntansi harus kamu kuasai.


2.  Matematika dan Ilmu Statistika

Karena kamu akan bertanggung jawab dalam mengelola keuangan perusahaan, tentunya kemampuan matematika, utamanya statistika dan  persamaan adalah skill penting.

Skill matematika dan statiska ini akan membantu kamu dalam melakukan berbagai analisis keuangan.


3. Microsoft Excel

Ini juga menjadi skill wajib staff finance. Dalam mengerjakan segala laporan dokumen, menghitung,  kamu tidak akan lepas dari Microsoft Excel. 

Jika kamu tidak menguasai Microsoft Excel kamu akan menemukan kesulitan dalam bekerja. Setidaknya kamu harus mampu menguasai tiga rumus Excel berikut ini:

  1. Tabel pivot
  2. VLOOKUP
  3. Rumus IF


4. Analisis

Seorang staff finance juga harus mampu menganalisis. Ia harus mampu menginvestigasi dari suatu masalah dan mencari sebuah solusi ideal. 


Kriteria Menjadi Staff Finance

Selain memahami tugas dan tanggung jawab, untuk menjadi seorang staff finance, kamu juga harus mengetahui apa saja kriteria yang dibutuhkan untuk bisa menjadi staff finance. Berikut ini beberapa kriteria yang harus dimiliki.

  • Teliti, cermat, cekatan, dan rapi dalam bekerja. 
  • Dapat berkomunikasi dengan baik dengan divisi lain.
  • Harus dapat dipercaya dan memiliki tanggung jawab yang tinggi.
  • Mampu mengatur arus pemasukan dan pengeluaran keuangan perusahaan
  • Memiliki kepribadian yang ramah, sopan santun yang baik
  • Selalu memperhatikan hasil kerja yang sempurna


Bagaimana, apakah kamu tertarik menjadi staff finance? Apapun lowongannya, kamu bisa temukan di aplikasi KitaLulus. Ada banyak lowongan staff finance yang bisa kamu lamar. Pendaftaran di aplikasi KitaLulus gratis, kamu cuma perlu siapkan data diri. Semua lowongan juga sudah terverifikasi, jadi dipastikan aman 100 persen. Yuk download sekarang di Play Store!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!