7 Jenis Helper dan Tugasnya, Apa Saja? Simak Juga Info Gajinya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Helper adalah– Helper sering dianggap sebagai sosok yang hanya mengandalkan kemampuan fisik saja. Padahal, helper adalah karyawan yang harus memiliki ketelitian tinggi sehingga kinerjanya efisien dan aktivitas perusahaan di divisinya berjalan dengan baik.

Biasanya, helper banyak dipekerjakan di perusahaan besar karena aktivitasnya selalu tinggi. Jika di perusahaan berskala sedang bahkan kecil, helper baru dipekerjakan ketika workload perusahaan sedang tinggi saja.

Jika kamu tertarik untuk menjadi helper, KitaLulus akan memberikan penjelasan mengenai profesi ini dengan detail. Simak artikel ini hingga akhir ya untuk memahami tugas hingga informasi gaji helper.

BACA JUGA: Apa Itu Perusahaan Manufaktur? Ini Karakteristik, Peluang Karir, dan Contohnya

Apa Itu Helper?

Di dunia kerja, helper adalah seseorang yang bertugas membantu karyawan lain (rekan kerja atau atasan) menyelesaikan pekerjaannya. Selain membantu, helper umumnya juga bertanggung jawab menjadi tenaga cadangan apabila eksekutor utama berhalangan atau tidak mampu menyelesaikan tanggung jawabnya.

Perusahaan manufaktur menjadi perusahaan yang paling sering menggunakan helper. Sebab, biasanya helper bekerja di bagian gudang untuk memastikan loading produk berjalan dengan baik.

Akan tetapi, helper juga dibutuhkan di berbagai industri, seperti konstruksi, pertambangan, distribusi, ritel, dan cemacamnya.

Jenis-jenis Helper

Tugas helper

Jika kamu pernah mendengar posisi helper gudang, ternyata itu bukan satu-satunya jenis helper loh. Ada banyak jenis helper dengan nama yang disesuaikan dengan perusahaan. Berikut adalah penjelasan jenis-jenis helper dan tanggung jawabnya:

1. Helper Operator

Helper operator bertugas untuk membantu operator untuk mempersiapkan barang produksi. Durasi kerja helper jenis hingga adalah 8 jam dan harus selalu stand by di depan mesin supaya bisa melakukan pemantauan dengan maksimal.

Helper operator juga memiliki tanggung jawab untuk mencatat barang untuk kemudian dikirim ke divisi lain.

2. Helper Welder

Sesuai namanya, helper welder akan membantu untuk melakukan pengelasan pada peralatan perusahaan maupun dari klien. Barang-barang yang dilas biasanya adalah tabung gas ataupun peralatan berat lain sesuai dengan yang dimiliki perusahaan atau permintaan klien.

3. Helper Gudang

Helper gudang adalah karyawan yang bertugas untuk memastikan kondisi alat berat di bagian gudang masih berjalan dengan baik.

Selain itu, helper gudang juga bertanggung jawab untuk mengangkat dan meletakkan barang produksi dari gudang menuju kendaraan pengangkut distributor hingga melakukan pencatatan stok barang.

4. Helper Painting

Jika kamu berpikir helper painting bertugas untuk menjadi asisten seorang pelukis, maka kamu salah. Helper painting memiliki tugas untuk melakukan pembersihan karat di badan kapal sebelum dilakukan pengecatan atau pengecatan ulang.

Pembersihan ini dilakukan supaya hasil catnya bagus dan tidak mudah terkelupas.

5. Helper Driver/Kurir

Kurir pengantar barang atau makanan juga disebut sebagai helper delivery. Biasanya, helper ini akan bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang jasa atau restoran.

6. Helper Administrasi

Tugas helper administrasi adalah membantu penyusunan dan pengecekan administrasi, seperti mengecek faktur dan struk barang, memeriksa invoice, hingga mengambil rekening koran di bank untuk bagian keuangan.

7. Helper Medical

Helper medical biasanya bertugas untuk melakukan input data pasien di klinik rumah sakit. Helper ini sangat dibutuhkan di saat kejadian luar biasa seperti pandemi Covid-19 dengan tanggung jawab untuk mengecek suhu hingga membersihkan semua area rumah sakit supaya steril.

BACA JUGA: Apa Itu Supply Chain Management? Ini Tujuan, Fungsi, Jenis, dan Prinsipnya

Tugas Helper

Jenis jenis helper

Meski setiap perusahaan membutuhkan helper dengan tugas berbeda-beda, secara umum tugas helper adalah sebagai berikut:

  • Membantu membongkar muatan barang untuk dimasukkan ke dalam tempat penyimpanan perusahaan.
  • Memastikan barang di tempat penyimpanan sesuai data yang ada.
  • Melakukan pengelompokan barang.
  • Melakukan pencatatan barang keluar dan masuk.
  • Menangani struk dan barang produksi.
  • Menyiapkan barang yang akan diangkut oleh distributor.
  • Membuat laporan tentang semua barang yang ada di tempat penyimpanan.
  • Menjaga kebersihan tempat penyimpanan sehingga barang tidak rusak atau terkontaminasi.
  • Melakukan pengantaran barang.
  • Menjadi supir cadangan.

Syarat Menjadi Helper

Sebenarnya, syarat menjadi helper tidaklah susah kok! Sebagian besar perusahaan bahkan tidak mensyaratkan background pendidikan tertentu saat merekrut helper. Hanya saja, umumnya seorang helper perlu memenuhi kualifikasi-kualifikasi berikut:

  • Pendidikan minimal SMA atau sederajat.
  • Memiliki fisik yang kuat.
  • Memiliki SIM, jenis SIM tergantung perusahaan yang merekrut, bisa SIM C, A, hingga B1.
  • Memiliki kemampuan penyusunan administrasi yang baik.
  • Teliti, fokus, dan detail oriented.
  • Memahami penerapan K3, yaitu keselamatan dan kesehatan kerja sesuai SOP masing-masing perusahaan.
  • Memiliki manajemen emosi yang baik.

Rata-Rata Gaji Helper di Indonesia

Gaji helper di Indonesia

Nominal gaji seorang helper ditentukan dari jenis helper yang kamu pilih. Tidak hanya itu, domisili perusahaan juga membuat nominal gaji helper berbeda-beda.

Paling rendah, seorang helper akan digaji sebesar Rp1.500.000 hingga Rp2.500.000 jika kamu bekerja sebagai helper di perusahaan yang beroperasi di Jawa Tengah.

Untuk perusahaan yang terdapat di kota-kota besar, seperti Jakarta, Jawa Barat, hingga Jawa Timur, rentang gaji helper adalah Rp2.500.000 hingga Rp4.500.000. Beberapa jenis helper seperti helper driver atau medical umumnya sering melakukan overtime, sehingga akan mendapat uang lembur juga.

BACA JUGA: Tugas Admin Logistik, Skill, Kualifikasi, Gaji, dan Jenjang Karirnya

Setelah mengetahui berbagai informasi mengenai helper di atas, kamu semakin berniat untuk melamar pekerjaan ini? Jika iya, di aplikasi KitaLulus memiliki banyak lowongan kerja sebagai helper loh. Kamu dapat mengunduh aplikasi KitaLulus melalui Playstore ya.

Di aplikasi KitaLulus memiliki lebih dari 20.000 lowongan pekerjaan dengan berbagai posisi dari berbagai perusahaan di seluruh Indonesia. Kamu bisa mencari lowongan pekerjaan dengan nama posisi, perusahaan, kota, hingga sistem kerjanya loh.

Jika kamu ingin mencari pekerjaan freelance, tinggal klik saja pada bagian freelance sehingga otomatis daftar lowongan kerjanya hanya tertasing dengan sistem kerja tersebut.

Bagaimana? Melamar pekerjaan dengan aplikasi KitaLulus #LebihMudah, kan? Tidak hanya informasi lowongan kerja, kamu juga bisa loh menikmati fitur lain seperti komunitas hingga soal psikotes untuk latihan kamu.

Tunggu apalagi? Yuk, langsung saja instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu! Dengan KitaLulus, melamar kerja tanpa ribet!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!