8 Hobi yang Bermanfaat, Seru-Seruan Tapi Produktif!

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Hobi yang bermanfaat- Untuk mengisi waktu luang, biasanya seseorang melakukan kegiatan atau hal yang ia sukai. Hal ini sering disebut hobi. Namun, nyatanya hobi bukanlah sekadar kegiatan mengisi waktu luang. Ada banyak hobi yang bermanfaat untuk diri kita. Hobi bisa mendatangkan ketenangan, melepas stres, mengembangkan diri. Bahkan, tidak sedikit juga hobi yang menghasilkan uang.

Jika kamu selama ini belum tahu apa kegiatan yang bisa kamu jadikan hobi yang bermanfaat. Kamu membuka artikel yang tepat, karena dalam artikel ini KitaLulus akan jabarkan lebih dalam mengenai jenis-jenis hobi. Mari simak artikel di bawah ini!

Apakah Penting Memiliki Hobi?

Pasti kamu pernah bertanya-tanya, memang penting memiliki hobi? Memiliki hobi di tengah kesibukan dan rutinitas kita itu cukup penting.

Pasti kamu pernah merasa bahwa rutinitas yang kamu lakukan setiap hari rasanya begitu monoton dan membosankan. Hobi bisa menjadi "pelarian" kamu untuk sejenak keluar dari rutinitas yang membosankan dan menenangkan pikiran.

Hobi bisa menjadi self healing, mengasah keterampilan baru, serta menambah teman baru. Dengan melakukan hobi, kamu bisa lebih tenang dan santai. Itulah mengapa hobi begitu penting.

Manfaat Hobi

Hobi juga punya banyak manfaat lainnya,lho. Selain bermanfaat untuk mengisi waktu luang, mengurangi stres, ada beberapa manfaat lainnya dari hobi. Berikut ini beberapa manfaat hobi.

1. Manfaat Fisik

Hobi juga memiliki manfaat bagi fisik kita, ini karena saat kita melakukan kegiatan hobi, detak jantung kita akan meningkat dan menurunkan tekanan darah.

Bahkan, jika kamu memiliki hobi di bidang olahraga, kamu akan merasakan manfaat penurunan berat badan, memperkuat massa otot, dan meningkatkan energi.

2. Manfaat Mental

Beberapa hobi bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan mental kita seperti merajut, berkebun, menjahit, memasak, melukis, dan sebagainya. Dengan hobi tersebut kamu akan mengurangi stres serta membuat pikiran lebih rileks.

3. Melatih Kreativitas

Hobi juga bermanfaat untuk melatih otak supaya lebih kreatif dalam melakukan suatu hal terutama dalam kerja.

4. Mengembangkan Diri

Kegiatan hobi juga bermanfaat meningkatkan rasa kepercayaan diri, harga diri, sampai meningkatkan kualitas hidup. Kompetensi diri kamu juga akan meningkatkan dan semakin terasah.

Macam-macam Hobi yang Bermanfaat

Ternyata, ada lho beberapa hobi yang bermanfaat bagi kesehatan dan untuk mengembangkan diri kita. Untuk kamu yang mungkin belum memiliki hobi dan bingung menentukannya, mungkin bisa mempertimbangkan beberapa pilihan hobi berikut ini.

1. Memasak

Hobi masak ternyata salah satu hobi yang bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan kita. 

Mengapa demikian? Dengan melakukan hobi masak, kamu akan terbiasa untuk membuat makanan yang sehat dengan memerhatikan protein, lemak, dan karbohidrat yang ada di setiap makanan.

Kamu juga bisa terhindar dari minyak jenuh, lemak, dan zat tambahan yang membahayakan tubuh. Dengan begitu, nutrisimu akan terus terjaga.

2. Hiking

Hiking atau mendaki gunung adalah hobi yang bermanfaat untuk kesehatan dan melepas stres. Menghirup udara segar akan membuat kamu rileks dan beristirahat sejenak dari hiruk pikuk.

3. Menari

Menari bisa menjadi pilihan hobi untuk mengembangkan diri kamu. Apalagi bila kamu tipe orang yang suka grogi dan minder untuk tampil di depan umum.. Hobi ini akan membuat kamu lebih percaya diri dan berani untuk tampil. 

Selain itu, hobi ini juga bermanfaat bagi kesehatan dan mengasah kemampuan motorik.

4. Meditasi

Hobi meditasi bagus dan bermanfaat untuk mengurangi risiko stres serta dapat membantu kamu lebih rileks. Melakukan meditasi membantu kita bisa lebih fokus dan meningkatkan kemampuan untuk berkonsentrasi, serta bermanfaat juga menjaga sistem imun tubuh.

Dengan meditasi, kamu juga bisa menekan risiko depresi, stres, dan kesecaman. Tentu hal ini baik bagi kesehatan mental.

Untuk permulaan, kamu bisa berlatih singkat dulu mulai dari 5 menit dan akan semakin inten seiring berjalannya waktu.

5. Menyanyi

Hobi satu ini bisa membuat hati plong, mengurangi rasa cemas, dan jadi salah satu hobi yang bermanfaat untuk melatih rasa percaya dirimu. Hobi ini juga termasuk murah meriah karena kamu bisa bernyanyi dimana saja, misalnya di tempat karaoke.

6. Belajar Bahasa Baru

Mempelajari bahasa baru seperti bahasa Jerman, Perancis, atau Cina. Bisa jadi hobi untuk mengembangkan diri terutama karier. Hobi ini akan mengasah otak kamu dalam menghafal dan mengingat. Dengan begitu, kamu bisa melatih daya ingat.

BACA JUGA: Pilihan Lagu yang Bisa Melatih Bahasa Inggrismu Lebih Baik

7. Bermain Alat Musik

Tidak cuma menyenangkan, hobi satu ini juga banyak manfaatnya. Faktanya bermain alat musik dapat mempertajam pikiran, menenangkan suasana hati, dan meningkatkan konsentrasi.

Bahkan, bila ditekuni hobi ini juga bisa menghasilkan uang. Kamu bisa mengambil side job sebagai band cafe, band untuk pesta pernikahan, dan lainnya.

8. Bermain Puzzle

Permainan ini akan mengasah otakmu dalam mencari jalan keluar dari masalah yang ada. Ketika memecahkan teka-teki yang ada di puzzle, otak kamu akan bekerja terus sehingga melatih pola pikir dan problem solving. Tentu ini adalah hobi yang bermanfaat baik untuk kehidupan sehari-hari atau di dunia kerja.

Tips Memilih Hobi yang Tepat

Sekarang kamu sudah tahu apa saja hobi yang bermanfaat. Nah, apakah kamu sudah memutuskan untuk memulai hobi yang mana? Jika belum, sedikit tips ini mungkin bisa membantu kamu dalam memilih hobi.

Pertama, dalam memilih hobi kamu harus pikirkan apa yang kamu sukai, hal apa yang membuat kamu tertarik, dan hal apa yang ingin bisa kamu kuasai. 

Lalu, coba pertimbangkan juga manfaat apa yang ingin kamu dapatkan dari hobi tersebut. Apa ingin mengembangkan diri atau sekadar mengisi waktu luang? Dengan mempertimbangkan hal tersebut, kamu bisa memilih mana hobi yang cocok untuk kamu jalani.

Itulah pembahasan mengenai hobi yang bermanfaat. Semoga setelah membaca artikel ini kamu bisa menemukan kegiatan selingan yang kamu sukai.

Jika kamu ingin mengikuti komunitas hobi, kamu bisa menemukannya di aplikasi KitaLulus. Di aplikasi KitaLulus kamu bisa bergabung dalam Komunitas KitaLulus, ada banyak komunitas yang tersedia mulai dari desain grafis, media sosial, dan masih banyak lagi. Selain bergabung di Komunitas, kamu juga bisa menemukan lowongan kerja ter-up to date. Yuk, download aplikasi KitaLulus sekarang dan cari kerja dengan #LebihhMudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!