INFJ adalah Kepribadian Terunik di Dunia, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

INFJ adalah— INFJ adalah salah satu jenis kepribadian dalam tes MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator. Tes kepribadian ini mengidentifikasi 16 kepribadian dengan dua sifat utama, yaitu ekstrovert dan introvert. 

Tes kepribadian MBTI ini memiliki pro dan kontra sebagaimana memahami kepribadian dengan zodiak hingga golongan darah. Namun, yang berbeda adalah MBTI telah mendapatkan pengakuan di dunia kerja. Hal ini dikarenakan MBTI awalnya ditemukan oleh ibu-anak, yaitu Katherine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers pada 1940-an.

Penemuan tes ini dikhususkan untuk tes seleksi kerja. Dengan demikian, pengukuran hasil akan didasarkan pada kepribadian seseorang selama menjawab puluhan pertanyaan di dalamnya. Hasil akhirnya kemudian digunakan untuk mengukur bagaimana sifat seseorang ketika nantinya menghadapi pekerjaan.

Apakah selama ini ada perusahaan yang menanyakan tipe kepribadian MBTI saat proses rekrutmen? Jawabannya, belum ada. Namun, apakah kamu tidak penasaran tentang keakuratannya?

Di sini, KitaLulus akan membahas salah satu jenis kepribadian MBTI, yaitu INFJ. Untuk kamu yang memiliki kepribadian jenis ini atau mengenal seseorang dengan kepribadian INFJ, kamu bisa menyimak artikel ini hingga akhir. Akan dibahas dengan detail sifat, kelebihan, kekurangan, hingga jenis pekerjaan yang cocok untuk INFJ.

Apa Itu INFJ?

karakter infj adalah

Apakah kamu tahu jika kepribadian INFJ adalah kepribadian yang sedikit sekali populasinya? Sebab, hanya ada 2% saja keberadaannya dari seluruh manusia di bumi ini. Unik dan langka, itulah julukan untuk INFJ.

INFJ adalah kependekan dari Introvert, Intuition, Feeling, dan Judging. Keempat hal tersebut adalah sifat-sifat yang terhimpun dalam kepribadian INFJ.

Secara umum, INFJ dijuluki sebagai seorang advocate. Hal ini dikarenakan karena INFJ adalah pribadi yang gemar membantu.

Tahu Nelson Mandela ataupun Bunda Teresa? Ya, mereka adalah simbol dari kepribadian INFJ. Perasaan tulus INFJ dalam menolong tidak perlu diragukan lagi. Bagi mereka, membantu sesama adalah apa yang disebut dengan hidup secara penuh, bukan tentang menang atau unggul daripada yang lain.

BACA JUGA: Self Management: Manfaat, Jenis Skill, dan Tips Meningkatkan

Ciri Ciri Kepribadian INFJ

ciri ciri infj

Sesuai dengan julukannya, INFJ adalah pribadi yang sangat peka. Untuk lebih detailnya, yuk kita uraikan karakteristik kepribadian INFJ berdasarkan 4 sifat yang melekat pada dirinya.

1. Introvert

Karakter utama dari kepribadian INFJ adalah introvert. Mereka dapat berkomunikasi dan bersosialisasi dengan banyak orang untuk memberikan bantuan, tetapi INFJ tetap membutuhkan waktu sendiri untuk kembali mengisi energinya yang terkuras di tempat umum.

Meskipun introvert menjadi sifat dasar INFJ, tetapi orang dengan kepribadian ini akan selalu memiliki kewajiban untuk menjaga hubungan dengan orang lain. Dia tidak akan melepas siapa pun yang mereka kenal dan mengusahakan yang terbaik untuk menjaga hubungan tersebut supaya tetap intens.

2. Intuitif

INFJ adalah pribadi yang mengunggulkan perasaan. Ia akan cenderung bertindak dengan feeling dibanding logika. Bagi mereka, apa yang mereka miliki dalam intuisi adalah tanda bahwa sesuatu memang harus dilakukan atau tidak dilakukan.

3. Perasa

Masih melanjutkan dari karakteristik kepribadian INFJ di poin kedua, hal ini setara dengan sikap mereka yang kemudian cenderung perasa. 

Sesekali, INFJ akan merasa lingkungannya tidak memperlakukan dia sebaik dia memperlakukan orang di sekitarnya. Oleh karena itu, di beberapa kondisi tertentu, INFJ akan sangat sensitif dengan masukan sekecil apa pun.

4. Penilai

Judging atau judgement dalam karakteristik kepribadian INFJ adalah bukan tentang INFJ yang suka menilai orang lain dengan seenak mereka sendiri. Namun, lebih kepada kepribadian INFJ yang terorganisir.

Seorang dengan pribadi INFJ adalah sosok yang gemar mengikuti aturan. Mereka akan selalu stick to the rules and plans karena mereka percaya bahwa tujuan hanya bisa dicapai ketika dipersiapkan dengan baik.

Kelebihan dan Kekurangan INFJ

kelebihan dan kekurangan infj adalah

Semua sifat dari seseorang ada kekurangan dan kekurangannya, dan tentu saja INFJ juga demikian. Tidak ada orang yang sempurna karena kita semua terdiri dari hitam dan putih. Dan berikut adalah kelebihan dan kekurangan INFJ yang bisa kamu ketahui.

Kekurangan INFJ

Kekurangan INFJ yang pertama adalah tidak mudah menerima kritik. Hal ini karena sifat INFJ adalah perasa atau feeling, dia akan dengan mudah sensitif akan komentar dan kritik orang lain akan dirinya.

Kekurangan lainnya dari INFJ adalah:

  • Merasa bahwa dirinya paling benar untuk topik yang benar-benar mereka kuasai sehingga akan defensif ketika diberikan masukan.
  • Selalu menahan diri untuk membuka diri kepada orang lain.
  • Tidak mudah dekat dengan orang lain dan selalu menjaga jarak sehingga sering dianggap tidak ramah dan agak sombong.
  • Mudah menunda pekerjaan karena sifatnya yang perfeksionis.
  • Selalu memikirkan hal yang di luar kebiasaan sehingga tidak mudah dipahami orang lain.
  • Sering memiliki ambisi yang tinggi, INFJ kerap kali merasa lelah dengan usaha pencapaian targetnya tersebut,

Kelebihan INFJ

Bagaimana? Kekurangan INFJ di atas sesuai dengan sifat kamu juga? Kekurangan tersebut tentu saja bukan apa-apa dibanding dengan kelebihan yang dimiliki INFJ, salah satunya adalah keinginan dia untuk selalu meraih hal yang sesuai keinginannya. Dia akan selalu mengusahakan yang terbaik.

Selain itu, berikut adalah kelebihan lainnya dari INFJ:

  • Memiliki pemikiran yang kreatif sehingga selalu berperan sebagai pemecah masalah yang andal.
  • INFJ adalah pribadi yang menghargai ilmu sehingga memiliki wawasan yang sangat luas.
  • Mungkin INFJ terlihat sulit didekati, tetapi mereka akan dengan mudahnya dianggap nyaman oleh orang lain karena INFJ sangat hebat dalam membangun suasana.
  • INFJ memiliki idealisme yang patut diacungi jempol, prinsip hidup mereka tinggi sehingga tidak mudah goyah akan tantangan.
  • Tidak pernah melakukan sesuatu dengan setengah-setengah karena INFJ selalu passionate dalam mengerjakan seluruh pekerjaan dan mencapai targetnya.
  • Dibanding menang atau kalah, INFJ lebih mengedepankan kolaborasi karena dia memiliki sifat altruistik.

Pekerjaan yang Cocok untuk INFJ

pilihan karir infj

Dengan sifat-sifat INFJ yang secara garis besar adalah ambisius dan tak mudah menyerah, INFJ tentu saja cocok berkarir di bidang apa pun. Sebab, mereka akan dengan sepenuh hati mengerjakannya sehingga hasil yang didapat selalu maksimal.

Namun, jika kamu menyadari sifat yang paling unggul dari INFJ adalah intuitif dan suka membantu. Atas dasar hal tersebut, berikut KitaLulus berikan daftar pilihan karir yang bisa kamu pilih sebagai sosok dengan kepribadian INFJ.

Daftar pilihan karir di atas tentu saja hanya rekomendasi KitaLulus. Kamu yang memiliki kepribadian INFJ bisa memilih karir apa pun selama kamu menguasai bidang tersebut dan nyaman menjalankannya.

BACA JUGA: Apa Itu Value Diri? Ini Contoh dan Cara Menemukannya, Pasti Bisa!

Nah, itulah informasi-informasi tentang pribadi INFJ yang bisa kamu pahami untuk tahu bagaimana sih sosok INFJ dalam kesehariannya. Karena INFJ adalah sosok yang perfeksionis, jika kamu memiliki kenalan dengan kepribadian ini, tentunya kamu juga bisa belajar banyak ya dari dia untuk mengerjakan hal dengan passionate.

Lalu, apa sih yang akan dilakukan oleh INFJ yang sedang menjadi jobseeker? Jawaban paling basic-nya adalah mencari kerja yang sesuai.

Namun, untuk seorang INFJ, jawaban tersebut tentu saja belum cukup. Sebab pada umumnya INFJ akan mulai menelusuri informasi loker dengan detail di berbagai media dengan sangat teliti. Ketelitiannya tersebut akan menghindarinya dari penipuan loker yang kerap terjadi.

Bagi seorang INFJ, aplikasi KitaLulus tentu saja tidak akan terlewat dong saat mencari informasi loker. Sebab, aplikasi KitaLulus memiliki 50.000+ informasi loker yang bisa diakses secara gratis.

Semua perusahaan yang terdaftar terpercaya karena sudah terverifikasi oleh tim ahli KitaLulus. Jadi, tidak perlu khawatir dengan adanya penipuan kepada pelamar kerja. Apalagi KitaLulus sudah terintegrasi dengan Kominfo. Jadi, aman banget!

Nah, tunggu apalagi? Yuk, segera instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu dan dapatkan karir impianmu hanya dalam genggaman saja. #LebihMudah, aman, terpercaya, bukan hanya untuk INFJ, tetapi juga untuk 15 kepribadian lainnya.

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!