Close Pop up

Arti Introvert, Ciri, Jenis, dan Daftar Pekerjaan yang Cocok

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Ditinjau oleh
Isi Artikel

Introvert adalah sifat atau kepribadian seseorang yang senang menghabiskan waktu sendiri.  Banyak orang yang menyangka introvert adalah orang yang pemalu dan antisosial. Padahal antara introvert dan pemalu tidaklah sama.

Orang introvert sering mendapatkan cap bahwa mereka tidak asik dan sulit untuk beradaptasi di lingkungan kerja. Apakah benar demikian? Temukan jawabannya di bawah ini!


Apa Itu Introvert?

Dikutip dari laman WebMD, introvert adalah orang yang akan merasa lebih nyaman ketika mereka bisa fokus dengan ide dan pikirannya ketimbang fokus pada hal di luar dirinya seperti extrovert. Orang introvert akan lebih bisa menikmati suasana ketika menghabiskan waktu hanya dengan satu atau dua orang, daripada banyak orang. 

Orang-orang dengan kepribadian ini sering disebut suka menyendiri, padahal tidak sepenuhnya demikian, mereka juga senang bersosialisasi, dalam kelompok-kelompok kecil. Mereka juga suka mengobrol, tetapi bukan topik yang isinya julid, melainkan obrolan yang berisi, berkualitas, dan bermakna.

Namun biasanya, setelah introvert menghabiskan waktu dengan berkumpul, ia akan mengisi energinya kembali dengan menyendiri. Kepribadian ini memang cenderung lebih pendiam, tenang, tetapi mereka lebih luwes dalam menilai dirinya sendiri. Yap, orang introvert sangat introspektif. 

Sebenarnya, setiap orang memiliki elemen introvert dan extrovert di dalam diri masing-masing. Namun bedanya, ada yang lebih didominasi oleh introvert, ada pula yang lebih didominasi oleh extrovert.

Baca juga: Ambivert Adalah Gabungan Ekstrovert & Introvert, Ini 5 Cirinya


Ciri-ciri Introvert

Ciri-ciri Introvert

Untuk mengetahui apakah kamu termasuk orang dengan kepribadian introvert atau bukan, kamu bisa mengenali ciri-ciri berikut.

1. Merasa Lelah Saat Menghabiskan Waktu dengan Banyak Orang

Bagi introvert, bertemu banyak orang bisa menjadi hal yang melelahkan. Kenapa bisa begitu? Ini karena kamu harus menyesuaikan diri dengan orang sekitarmu. Mulai dari topik pembicaraan, lawakannya, sampai pola pikir mereka yang mungkin berbeda dari dirimu.

Jika kamu terlalu lama menghabiskan waktu dengan orang lain, energimu akan mudah terkuras habis. Apalagi bila harus berinteraksi dengan banyak orang dalam satu waktu.

2. Menikmati Kesendirian

Ciri introvert berikutnya adalah senang menghabiskan waktu sendirian. Karena dengan kesendirian, kamu dapat mengisi kembali energi yang terkuras setelah menjalani hari-hari.

Namun, bukan berarti introvert akan menyendiri 24 jam. Kamu juga senang menghabiskan waktu untuk berinteraksi dengan orang-orang terdekat, seperti teman atau keluarga.

3. Teman Tidak Banyak, Tapi Berkualitas

Salah satu kesalahpahaman tentang introvert adalah mereka antisosial dan tidak senang berteman dengan orang lain. Jelas ini salah, orang introvert juga sama kok seperti extrovert yang suka berteman.

Bedanya, kepribadian introvert lebih selektif memilih teman dekat. Jumlah teman mereka juga tidak banyak, namun pertemanan yang dimiliki sangat berkualitas. 

4. Lebih Tertarik dengan Pekerjaan yang Sifatnya Mandiri

Kamu akan cenderung lebih tertarik dengan pekerjaan yang dilakukan sendirian. Ini karena kamu tidak harus dituntut untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

5. Lebih Mudah Terdistraksi

Introvert sering kewalahan jika harus berada di keramaian dan bertemu dengan banyak orang. Hal ini membuat mereka sering terdistraksi.

Ketika terdistraksi mereka jadi sulit fokus dan berkonsentrasi. Maka, jika mereka merasa harus fokus, mereka akan lebih senang berada di tempat sepi dan tenang.

6. Lebih Sadar Akan Dirinya Sendiri

Hal lain yang menjadi ciri introvert adalah cenderung lebih sadar atau paham mengenai dirinya sendiri. Pasalnya, saat sedang sendiri mereka sering menyelami pikiran dan perasaannya. Sehingga bisa lebih banyak belajar mengenai berbagai hal berkaitan dengan dirinya.

Mereka senang memikirkan hidup akan dijalani. Ada pula yang senang membaca buku-buku dan menonton film yang berkaitan atau terasa dekat untuk refleksi diri.

7. Belajar dengan Cara Observasi

Cara belajar introvert adalah dengan melakukan observasi terlebih dahulu. Sebelum melakukan sesuatu, mereka akan cenderung mempelajari lebih dulu baru mempraktikkannya secara langsung. Jika harus latihan, introvert juga lebih suka melakukannya di tempat yang tidak diketahui banyak orang.

Menurut studi dalam Journal of Motor Behavior yang dipublikasikan pada 2008, orang introvert cenderung lebih lama dalam memproses informasi dibanding dengan extrovert. Sehingga mereka membutuhkan waktu lebih lama memproses suatu ide lebih serius sebelum berpindah ke ide lainnya.

Baca juga: 10+ Jenis Tes Kepribadian Paling Umum Digunakan Saat Seleksi Kerja


Tipe dan Jenis Introvert

Sifat introvert memiliki empat tipe berdasarkan tingkat  kecenderungan introversion mereka, yaitu:

1. Introvert Sosial

Ini adalah tipe di mana mereka lebih suka ketika berada di kelompok kecil dan suasana tenang daripada keramaian.

2. Berpikir Introvert

Tipe kedua, mereka lebih senang melamun dan berkhayal. Mereka akan menghabiskan lebih banyak waktu dalam pikiran sendiri dan cenderung memiliki imajinasi kreatif.

3. Introvert yang Cemas

Mereka menghabiskan waktu sendiri bukan hanya karena menyukai hal tersebut, tetapi karena sering merasa canggung bila berada di sekitar orang.

4. Introvert yang Tertahan

Orang ini tidak bisa membuat keputusan yang spontan. Mereka cenderung berpikir sebelum bertindak. Biasanya mereka membutuhkan waktu yang lebih lama dalam mengambil keputusan. 


Mitos Seputar Introvert

Mitos Introvert

Tidak jarang berbagai mitos beredar di kalangan masyarakat mengenai introvert. Banyak dari mitos tersebut akhirnya menjadi label orang-orang introvert di tengah masyarakat padahal hal tersebut tidak terbukti benar. Berikut contohnya:

1. Sulit Jadi Pemimpin

Banyak anggapan jika introvert itu sulit jadi pemimpin. Padahal, berdasarkan sebuah penelitian yang dimuat dalam Academy of Management tahun 2012, introvert bisa menjadi pemimpin yang baik dengan mendengarkan masukan dari setiap anggota tim untuk mendapatkan hasil terbaik.

Seorang introvert mampu memberikan kontribusi terhadap kesuksesan dengan ketelitian dan keteraturan yang dimilikinya. 

2. Bisa Disembuhkan atau Diubah

Seseorang dengan sifat introvert sering dianggap aneh atau memiliki gangguan mental. Sehingga tidak sedikit yang menganggap hal ini negatif dan harus disembuhkan. Padahal anggapan tersebut jelas salah.

Karena anggapan ini, introvert jadi sering menghadapi kesulitan saat di sekolah atau tempat kerja yang memaksa mereka untuk lebih aktif.

Mereka tidak sama dengan pemalu atau antisosial. Kepribadian ini over sensitif terhadap rangsangan dari luar, seperti bersosialisasi dengan banyak orang dalam waktu bersamaan, energi dan mental mereka akan terkuras habis. 

3. Sombong

Mitos lainnya yang sering didengar dari introvert adalah bahwa mereka sombong. Perlu diketahui, introvert merasa tidak harus bicara jika memang tidak perlu.

Terkadang mereka lebih suka memerhatikan orang sekitar. Hanya saja, orang lain tidak memahami hal ini dan mengartikannya sebagai sikap yang sombong.

Baca juga: INFJ adalah Kepribadian Terunik di Dunia, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert

pekerjaan yang cocok untuk introvert

Memilih pekerjaan yang tepat tentu dapat memengaruhi kualitas dan hasil kerja. Untuk orang introvert, mereka akan lebih fokus dan percaya diri saat menyelesaikan pekerjaan secara menyendiri. Lalu, pekerjaan apa saja yang cocok untuk introvert?

1. Programmer

Pekerjaan yang cocok untuk introvert pertama adalah programmer. Peluang karier menjadi programmer juga semakin besar karena sudah banyak perusahaan yang mendigitalisasi bisnis mereka. 

Jenis pekerjaan ini memungkinkan kamu bekerja di depan layar komputer saja tanpa interaksi yang berlebihan dengan orang lain.

2. Admin

Pekerjaan menjadi admin akan lebih mudah dikerjakan tanpa bantuan orang lain. Sebab pekerjaan ini membutuhkan ketelitian dan akan lebih cepat selesai apabila dikerjakan sendirian. Oleh karena itu, pekerjaan ini akan cocok bagi kamu yang introvert.

Baca juga: Macam-Macam Tugas Admin Sesuai dengan Jenis Industrinya, Tertarik Mencoba?

3. Akuntan

Seorang akuntan dituntut untuk lebih fokus bekerja seorang diri dalam tenang. Sebab, mereka harus bisa menghitung laporan keuangan dengan tepat dan tidak boleh sampai ada kesalahan. Sehingga seorang introvert akan sangat menikmati waktu sendiri dengan pekerjaan ini.

4. Penulis

Pekerjaan yang cocok untuk introvert berikutnya yaitu penulis. Ini dikarenakan para introvert umumnya pandai menyampaikan gagasan melalui tulisan. Selain itu menulis juga membutuhkan konsentrasi tinggi dan suasana tenang agar bisa menuangkan ide ke dalam tulisan.

5. Penerjemah

Pekerjaan menerjemahkan tulisan dari satu bahasa ke bahasa lainnya membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Selain itu, suasana yang tenang juga jadi kunci dalam menyelesaikan pekerjaan ini. Hal tersebut sangat cocok dengan karakteristik introvert yang cenderung menyukai ketenangan.

6. Desain Grafis

Seperti programmer, desain grafis juga belakangan jadi pekerjaan yang banyak dicari perusahaan. Pekerjaan ini sangat cocok bagi introvert. Kamu hanya perlu berkutat dengan komputer dan membuat desain menggunakan software seperti Photoshop, Coreldraw, atau lainnya. Tidak perlu interaksi yang berlebihan yang menguras energi.

7. Software Engineer

Pekerjaan untuk introvert berikutnya adalah software engineer. Seorang software engineer memiliki tugas menulis kode, menguji sistem, dan memperbaiki bug. Seluruh tugas tersebut harus dilakukan secara individu, pekerjaan ini jarang sekali berkolaborasi.

8. Market Analyst

Kamu introvert dan suka bekerja dalam tekanan? Pekerjaan sebagai market analyst akan cocok buat kamu. Sebagai seorang market analyst kamu harus punya analisa yang tajam mengenai kondisi pasar, analisis kompetitor yang berguna untuk menilai potensi penjualan sebuah produk atau layanan perusahaan. Pekerjaan ini banyak membutuhkan waktu untuk dikerjakan secara mandiri.

9. Video Editor

Menjadi video editor adalah pekerjaan yang cocok untuk introvert. Dalam menyelesaikan pekerjaannya, video editor butuh ketenangan dan lebih sering dilakukan seorang diri berdasarkan brief-brief yang telah diberikan.

Satu hal yang penting dalam menjalani profesi ini adalah kreativitas dan inovasi yang biasanya dimiliki oleh introvert.

10. Paralegal

Paralegal adalah orang yang membantu pekerjaan para pengacara. Ia menjadi orang yang menyusun hasil riset, mendokumentasikan data serta membantu pengacara menyiapkan argumen kasus. Nah pekerjaan satu ini juga akan cocok sekali dengan kepribadian introvert yang suka mengobservasi.

Lowongan yang cocok untuk introvert bisa kamu temukan di aplikasi KitaLulus. Ada banyak lowongan dari berbagai industri yang bisa kamu lamar. Lowongan juga tersebar di beberapa kota besar mulai dari Jabodetabek, Bandung, Medan, Surabaya, Semarang, Makassar, dan Gowa. Yuk, download aplikasinya sekarang di Play Store maupun App Store!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!