Kapan THR 2022 Cair untuk Karyawan Swasta, BUMN, PNS Hingga Pensiunan? Ternyata…

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Kapan THR 2022 cair– Selain cuti lebaran, salah satu yang ditunggu-tunggu para pekerja adalah kapan THR 2022 cair. Apakah kamu termasuk yang menunggu-nunggu THR cair?

Pemberian THR kepada karyawan atau juga ASN sendiri sudah diatur dalam undang-undang ketenagakerjaan. Apakah kamu sudah tahu itu? Kalau belum, yuk sama-sama kita bahasa ketentuan mengenai THR baik itu untuk karyawan swasta, BUMN, atau juga ASN secara lengkap di artikel ini!

Dasar Hukum Pemberian dan Penerimaan THR

Undang-undang yang mengatur pemberian THR

Tidak seperti tunjangan lainnya yang bersifat tidak wajib, THR adalah bagian dari kebijakan pemerintah yang sifatnya wajib. Itu artinya setiap perusahaan tidak bisa mengelak dari kewajiban membayar THR. 

Ketentuan kewajiban membayar THR ini ditegaskan dalam pasal 9 ayat 1 PP Pengupahan, yang berbunyi:

Tunjangan hari raya keagamaan wajib diberikan oleh pengusaha kepada pekerja/buruh. 

Pemberian THR ini wajib kepada seluruh karyawan yang bekerja sekurang-kurangnya 1 bulan. Selain itu, syarat lainnya adalah karyawan tersebut memiliki hubungan PKWTT atau PKWT, tanpa membedakan karyawan tersebut apakah tetap, kontrak, atau harian lepas.

Hal ini seperti yang tertuang dalam pasal 2 Permenaker No 6/2016, sebagai berikut:

  • Pengusaha wajib memberikan THR keagamaan kepada pekerja/buruh yang telah mempunyai masa kerja 1 bulan secara terus menerus atau lebih. 
  • THR keagamaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diberikan kepada pekerja/buruh yang mempunyai hubungan kerja dengan pengusaha berdasarkan perjanjian kerja waktu tidak tertentu atau perjanjian kerja waktu tertentu. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa THR adalah tunjangan wajib yang harus diberikan perusahaan kepada karyawan yang setidaknya telah bekerja selama satu bulan berturut-turut.

Besaran THR

Dalam pasal 6 Permenaker No 6/2016, disebutkan bahwa THR keagamaan diberikan dalam bentuk uang, bukan berupa barang.

Besaran THR menurut undang-undang ditetapkan sebagai berikut:

  • Pekerja/buruh yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan atau lebih mendapatkan THR 1 bulan upah.
  • Pekerja yang mempunyai masa kerja 1 bulan atau lebih tetapi kurang dari 12 bulan, makan diberikan secara proporsional dengan perhitungan: masa kerja/12 x 1 bulan upah.

BACA JUGA: Ketahui Daftar Tanggal Merah 2022 dan Aturan Cuti Bersama

Ketentuan Pemberian THR 2022

Jumlah tunjangan hari raya 2022

Tidak seperti 2 tahun sebelumnya (2020-2021) di mana pemberian THR bisa dicicil oleh perusahaan. Tahun ini perusahaan wajib membayarkan THR secara penuh. 

Hal ini sendiri menyusul kondisi pandemi dan perekonomian yang sudah lebih membaik dari dua tahun sebelumnya, seperti yang disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah.

Nah saya kira seiring dengan perkembangan ekonomi yang sudah membaik, kondisi Covid-19 yang Alhamdulillah juga sudah bisa kita atasi dengan baik, saya kira ketentuan itu akan dikembalikan pada ketentuan peraturan perundang-undangan,” kata Ida.

Kapan THR 2022 Cair?

Apa kamu masih bertanya-tanya, kapan THR 2002 cair? Sabar ya, semua itu sudah diatur dalam undang-undang pasal 9 ayat 2 PP Pengupahan. Dalam pasal tersebut dikatakan bahwa THR wajib diberikan paling lama 7 hari sebelum hari raya keagamaan.

Biasanya bocoran peraturan THR 2022 baru akan diterbitkan pada minggu kedua April 2022 dalam bentuk Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan.

Jika mengacu kepada PP Pengupahan, kapan THR 2022 cair seharusnya dilakukan paling lambat pada 25 April 2022.

Kapan THR 2022 Cair untuk Karyawan Swasta?

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, pada tahun 2022 pemerintah tidak lagi memberikan relaksasi THR kepada perusahaan.  Dengan begitu sudah dipastikan bahwa di tahun ini kamu akan menerima THR secara full.

Biasanya, THR karyawan swasta akan cair H-10 sebelum hari raya, atau bisa juga 14 hari sebelumnya.

Pada tahun lalu, THR karyawan swasta lebih cepat cair daripada PNS yaitu 14 hari sebelum hari lebaran. Sehingga bila lebaran jatuh pada 2 Mei 2022, maka THR karyawan swasta sudah mulai diberikan pada tanggal 18 April 2022. 

Kapan THR BUMN 2022 Cair?

Pada tahun 2020, pejabat BUMN di tingkat Direksi dan Komisaris tidak mendapatkan THR. Tentu saja keputusan ini diambil karena kondisi pandemi yang semakin parah saat itu. Tapi, bagaimana dengan tahun ini, kapan THR BUMN 2022 cair?

Tidak jauh berbeda dengan karyawan swasta, THR BUMN 2022 juga selambat-lambatnya cair H-14 sebelum lebaran. 

Besaran THR untuk direksi BUMN mengacu pada Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-04/MBU/2014 tentang Pedoman Penetapan Penghasilan Direksi, Dewan Komisaris, dan Dewan Pengawas Badan Usaha Milik Negara (“Permen BUMN 4/2014”), dalam aturan tersebut disebutkan bahwa besaran THR direksi BUMN adalah 1 kali gaji tidak termasuk tunjangan.

Kapan THR PNS 2022 Cair?

Kapan THR PNS 2022 cair

Jika karyawan swasta akan menerima THR selambat-lambatnya 14 hari sebelum lebaran. Bagaimana dengan PNS? Sampai saat ini belum ada ketentuan kapan THR PNS 2022 cair. 

Jika tidak ada perubahan, maka THR PNS akan diberikan tanpa tukin (tunjangan kinerja) seperti tahun sebelumnya sesuai dengan PP Nomor 63 Tahun 2021. Dalam pasal 11 PP tersebut juga mengatur kapan THR PNS 2022 cair.

THR lebaran untuk PNS akan cair paling cepat 10 hari kerja sebelum hari raya. Walau begitu, dalam hal ini THR PNS tidak bisa langsung dibayarkan, barulah setelah tanggal hari lebaran THR dibayarkan.

Lalu, berapakah besaran THR PNS 2022? Jika mengacu pada peraturan sebelumnya maka besaran THR PNS terdiri dari gaji pokok dan jumlah tunjangan melekat, dengan catatan bila tukin tidak diberlakukan di THR PNS 2022.

Kapan THR TNI 2022 Cair?

Sama halnya dengan THR PNS, pencairan THR untuk TNI juga akan dilakukan berbarengan dengan THR PNS. Rencana pembayaran THR bagi TNI dan PNS sebenarnya sudah masuk dalam dokumen RAPBN 2022 pada bagian Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) TA 2022.

Bahkan bukan hanya akan mendapatkan THR, di tahun ini PNS, TNI, dan Polri akan mendapatkan gaji ke-13. 

Jika melihat pada tahun 2021, THR dan gaji ke-13 cair dalam dua minggu sebelum hari raya Idul Fitri.

Apakah Pensiunan Akan Mendapatkan THR pada 2022?

Salah satu yang tidak boleh ketinggalan kita bahasa adalah apakah pensiunan akan mendapatkan THR? Jika iya, kapan THR pensiunan 2022 cair? 

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah, iya pensiunan juga akan mendapatkan THR bahkan juga gaji ke-13. Hal ini sesuai dengan isi surat dari KemenPAN RB, bahwa pensiunan juga masuk dalam penerima THR dan gaji ke-13. Pemberian THR dan gaji ke-13.

Jenis pensiunan yang mendapatkan THR antara lain:

  • Pensiunan PNS
  • Pensiunan Prajurit TNI
  • Pensiunan Anggota Polri
  • Pensiunan Pejabat Negara

Rincian THR bagi pensiunan terdiri atas pensiun pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dalam bentuk uang, dan tambahan penghasilan.

Sekarang kamu sudah tahukan, kapan THR 2022 akan cair? Semoga kamu bisa menggunakan uang THR dengan bijak.

Apakah kamu salah satu yang berniat resign dan mencari pekerjaan baru setelah dapat THR? Hal itu tidak ada salahnya, artinya kamu siap untuk sesuatu yang lebih besar untuk kariermu. Nah, aplikasi KitaLulus bisa membantumu menemukan pekerjaan baru #LebihMudah hanya lewat handphone kamu bisa temukan ribuan lowongan dari berbagai perusahaan besar di Indonesia. 

Asiknya lagi, lamaran kamu akan langsung masuk ke WhatsApp HRD sehingga memudahkan kamu jika ingin follow up lamaran. Gimana? Yuk, langsung download aplikasinya, sekarang di PlayStore!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!