Kupas Jawaban Contoh Kekurangan Diri yang Sering Ditanya HRD

Close Pop up

Isi Artikel

Mendapatkan pertanyaan “apa kekurangan diri Anda?” jadi pertanyaan sederhana yang ditakutkan saat proses wawancara kerja. Mengapa tidak, memberikan contoh kekurangan diri bila terlihat grogi atau salah ucap bisa menutup kesempatan kamu untuk diterima kerja.

Tapi tenang, agar kamu bisa tetap meyakinkan saat menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini KitaLulus jabarkan cara menjawab pertanyaan contoh kekurangan diri dengan baik. Simak, ya!


Tips Menjawab Pertanyaan Contoh Kekurangan Diri saat Wawancara

Perlu kamu ketahui sebelumnya, pertanyaan ini bukanlah bertujuan untuk mengetahui benar atau salah. Melainkan untuk mengetahui seberapa kenal kamu dengan dirimu sendiri dan cara berpikir.  

HRD juga ingin melihat apakah kamu akan bersikap terbuka dan jujur, terutama saat disudutkan dengan pertanyaan yang berat.

Tentunya kamu tidak bisa menjawab pertanyaan ini dengan mengatakan kamu tidak punya kekurangan, sebab jawaban seperti itu membuat kamu terlihat sombong di depan HRD. Sedangkan, jika kamu terlalu banyak menyebutkan kekurangan diri, hal ini tentu membuat posisi kamu akan lebih sulit lolos wawancara. 

Lalu bagaimana cara menjawab yang baik? Coba ikuti tips di bawah ini!


1. Berikan Contoh Kekurangan Diri yang Tidak Ada Kaitannya dengan Pekerjaan

Pilih kekurangan diri yang paling tak berkaitan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar. 

Misalnya jika kamu melamar menjadi resepsionis kamu bisa menjawab bahwa kekurangan diri kamu adalah kurang dalam numerik. Setelah menjawab seperti itu, sisipkan juga bahwa kamu sudah berusaha untuk mengembangkan kemampuan numerik. Contohnya, dengan menonton video belajar di Youtube atau ikut les.


2. Kelemahan Diri Bukan Berarti Meremehkan Diri

Ini catatan penting buat kamu, saat ditanya kelemahan diri kamu tetap harus percaya diri. Tidak perlu merasa malu tentang sesuatu yang tidak dikuasai. Selama kamu masih berusaha untuk memperbaikinya dan menjadi pekerja yang lebih baik.

Saat kamu menjelaskan bagaimana kamu memperbaiki diri, ceritakan dengan rendah hati tanpa terkesan sedang sombong. Tidak perlu bertele-tele, cukup berikan penjelasan yang memang menerangkan kamu terus berusaha mengatasi kekurangan kamu.


Contoh Kekurangan Diri yang Bisa Jadi Jawaban saat Wawancara

Pertanyaan kekurangan diri banyak ditakutkan oleh pelamar bukanlah karena pertanyaan itu sulit. Tapi karena pelamar sendiri belum benar-benar mengenal apa kelemahan diri mereka.

Selain itu, banyak juga pelamar yang tidak mengetahui contoh kekurangan diri apa yang tidak berisiko untuk diungkapkan saat wawancara.

Berikut ini contoh kelemahan diri yang umum dan bisa jadi jawaban kamu saat wawancara.


1. Belum Memiliki Pengalaman Memadai

Contoh kekurangan diri ini cukup umum, terutama untuk kalangan fresh graduate. Untuk menutup kekurangan ini, kamu bisa menambahkan bahwa kamu terus belajar demi meningkatkan kemampuan.

Saat menjelaskan kekurangan yang satu ini, pastikan kamu memperlihatkan ketertarikan yang tinggi terhadap posisi yang kamu lamar. Dengan begitu, HRD akan melihat bahwa kamu memang benar-benar serius untuk bekerja dan mengembangkan diri.


2. Kurang Menguasai Bahasa Asing

Tidak jarang perusahaan meminta para karyawannya untuk bisa menguasai beberapa bahasa asing. 

Walau demikian, kamu tetap bisa menjawab kekurangan kamu adalah dalam penguasaan bahasa asing yang masih perlu diasah lagi dan jelaskan saat ini masih terus belajar mempelajari bahasa tersebut melalui kursus online atau dari buku.

Dengan menjawab seperti ini, setidaknya HRD bisa tahu bahwa akan ada peningkatan terhadap bahasa asing kamu di kemudian hari.


3. Kurang Percaya Diri

Kamu bisa mengatakan bahwa kamu adalah seseorang yang kurang percaya diri. Contoh sifat kurang percaya diri seperti kamu lebih suka mengikuti pendapat orang banyak padahal aslinya kamu tidak setuju.

Kamu begitu takut untuk mengeluarkan pendapat di depan banyak orang. 

Jika begitu, kamu perlu mengimbanginya dengan mengatakan bahwa kamu sudah mulai dan berusaha menghilangkan kekurangan itu. Jelaskan upaya yang telah dilakukan, misalnya mengikuti kursus atau seminar.


4. Terlalu Perfeksionis

Perfeksionis bisa jadi kelemahan diri, walau terdengar sikap yang positif, tidak jarang seorang perfeksionis sulit menentukan langkah untuk menyelesaikan tugasnya. 

Jika kamu ingin menjawab kelemahan kamu adalah perfeksionis, kamu bisa memasukan kesulitan apa saja yang kamu rasakan karena sikapmu itu. Misalnya karena terlalu perfeksionis kamu kesulitan dalam mengambil langkah pertama untuk penyelesaian tugas.

Lalu tambahkan juga bahwa kamu sudah mengubah mindset bahwa tidak ada pekerjaan di dunia ini yang sempurna.


5. Tidak Sabar Ingin Menyelesaikan Pekerjaan

Kekuranganmu yang tidak sabaran ingin menyelesaikan pekerjaan juga bisa jadi jawaban bagus.

Kamu bisa jelaskan ke HRD bahwa sifat tersebut muncul karena kamu menginginkan kerja yang serba cepat. Tambahkan juga bahwa kamu selalu membuat daftar hal yang harus dilakukan sebagai penentu prioritas pekerjaan. 


6. Enggan Meminta Bantuan

Mengerjakan pekerjaan seorang diri memang baik, itu menandakan etos kerja yang positif. Tapi sebagai pekerja profesional, kamu harus selalu tahu kapan harus meminta bantuan.

Bila kamu menjawab enggan meminta bantuan, kamu harus menjelaskan mengapa kamu ke depannya sadar bahwa meminta bantuan adalah hal yang penting dalam bekerja. 

Dengan seperti ini kamu akan terlihat seperti pekerja yang tidak egois.


7. Terlalu Fokus pada Hal-hal Detail

Kamu bisa mengatakan ini sebagai kekurangan. Kadang orang yang terlalu fokus pada hal detail menghabiskan terlalu banyak waktu ketika bekerja. 

Memberikan jawaban semacam ini akan membuatmu dilihat sebagai pribadi yang jujur dan pekerja keras.

Selain itu, HRD juga akan melihatmu sebagai orang yang bisa menghindarkan perusahaan dari kesalahan sekecil apapun.

Namun pastikan juga menyertainya dengan usaha untuk meminimalisir penggunaan waktu yang terlalu berlebihan untuk menyelesaikan pekerjaan.


Itulah jawaban andalan yang bisa kamu utarakan saat HRD menanyakan apa kekurangan diri kamu. Setelah mengetahui ini, pasti kamu lebih siapkan menghadapi wawancara?

Jangan bingung cari lowongan yang sesuai dengan kamu. Langsung saja buka di KitaLulus, ada ribuan lowongan menantimu. Download aplikasi KitaLulus di Play Store sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

KitaLulus Andoid App available on Google Play