Close Pop up

Marketing Executive Adalah: Pengertian, Tugas, Jenjang Karir, Kisaran Gaji

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Marketing executive adalah satu dari sekian banyak jenis profesi di bidang marketing yang banyak diincar oleh pencari kerja. Apakah kamu salah satunya? Hal ini sebenarnya tidak mengherankan karena selain menjadi pekerjaan yang menyenangkan. Marketing executive juga menawarkan jenjang karir yang jelas.

Bila kamu masih bingung dan kurang paham mengenai pekerjaan satu ini. Dalam artikel ini KitaLulus membahas secara mendalam tentang marketing executive. Yuk cari tahu di bawah!


Marketing Executive Adalah... 

Secara sederhana, marketing executive adalah memperkuat nilai suatu produk atau perusahaan kepada konsumen agar bisa mencapai target penjualan.  Marketing executive bertugas mulai dari melakukan riset pasar, menentukan strategi, hingga eksekusi strategi dan penjualan di lapangan.

Marketing executive inilah yang pada akhirnya bertugas menentukan cara yang tepat untuk menjalin hubungan yang baik dengan customer/klien sehingga bisa menghasilkan peningkatan penjualan.

Seorang marketing executive bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengembangkan materi promosi serta eksekusi di lapangan. Tidak sampai disitu saja, ia juga bertugas untuk mengawasi materi promosi di perusahaan yang berjalan.

Marketing executive dikatakan sukses apabila mampu membawa nama produk atau perusahaan terkenal di mata publik dengan strategi yang ia kembangkan. Tingkat keberhasilannya juga diukur dari seberapa besar peningkatan penjualan dan pendapatan perusahaan. 

Di dunia kerja, profesi marketing executive punya nama yang berbeda-beda namun untuk job description akan kurang lebih sama. Beberapa perusahaan akan menyebutnya sebagai marketing koordinator dan marketing officer. Jika kamu memang tertarik untuk bekerja sebagai marketing executive, cobalah cari lowongan menggunakan beberapa nama tersebut.


Fungsi Marketing Executive di Perusahaan

Marketing executive adalah salah satu dari keseluruhan proses pemasaran yang ada di perusahaan. Ia bisa dikatakan menjadi bagian penting dalam penyusunan strategi untuk meningkatkan penjualan perusahaan. 

Ketika  perusahaan mengeluarkan sebuah produk, seorang marketing executive akan berperan untuk menyusun strategi agar produk tersebut  dapat diketahui oleh konsumen yang tepat, sehingga terjadi pembelian.

Lalu apa bedanya dengan sales? Jika sales menghadapi konsumen secara langsung, marketing executive tidak menghadapi konsumen secara langsung dalam menawarkan produk. Ia bertugas dan bertanggung jawab memikirkan strategi pemasaran secara keseluruhan dari setiap bagian perjalanan konsumen atau consumer journey.


BACA JUGA: Mengenal Karir Business Development, Apa Saja Tugas dan Skillnya


Apa Saja Tugas Marketing Executive?


Pekerjaan marketing executive bisa dikatakan memiliki cakupan kerja yang cukup luas. Namun bukan berarti seluruh kegiatan pemasaran dilakukan oleh marketing executive. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab seorang marketing executive. Berikut ini penjelasan apa saja tugas dan tanggung jawab marketing executive.


1. Mengidentifikasi Target Pasar

Untuk dapat membuat strategi yang tepat, marketing executive perlu melakukan riset terhadap target pasar yang relevan dengan produk, tidak ketinggalan juga melihat kondisi pasar. Dalam risetnya, beberapa pertanyaan seperti siapa konsumen yang membutuhkan produk ini? Seperti apa kebiasaan mereka? Bagaimana produk ini bisa relevan untuk mereka? Pertanyaan-pertanyaan ini harus mampu dijawab.

Hal ini menjadi gambaran awal untuk menentukan cara penyampaian promosi yang tepat sesuai target pasar.


2. Analisis Data

Marketing executive juga perlu melakukan analisis data untuk mendukung proses pemasaran. Tidak hanya analisis eksternal dengan melihat keadaaan pasar namun juga analisis data internal tentang promosi yang sudah berjalan sebagai bahan evaluasi. Kamu juga bisa lebih mengenali karakter konsumen yang sudah pernah membeli produk. 

Menganalisis data internal juga akan membantu kamu untuk menemukan cara untuk mempertahankan konsumen yang sudah ada.


3. Menyusun Strategi Pemasaran

Tugas ini menjadi salah satu pekerjaan marketing executive yang paling penting. Tim marketing executive harus menentukan langkah-langkah dan tahap apa saja yang akan diambil dalam kegiatan pemasaran. Contohnya, jika perusahaan ingin mengeluarkan produk baru, seperti apa cara mengenalkannya? Setelah itu, apalagi yang perlu dilakukan agar konsumen mengenal produk ini? Apa saja media pemasaran yang akan digunakan? Tim marketing executive bisa menentukan seperti apa proses pemasaran berjalan dan yang akan ditempuh.


4. Mencapai Target Penjualan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, keberhasilan marketing executive dilihat dari penjualan yang berhasil didapatkan. Oleh karena itu, aktivitas marketing executive di perusahaan adalah untuk mencapai target penjualan.


5. Meng-update Data Customer ke Dalam CRM

Seorang marketing executive juga punya tugas untuk melakukan pencatatan data yang didapat sebagai bahan analisis. Data customer tersebut dimasukan kedalam sistem yang disebut CRM atau Customer Relationship Management. 


6. Melakukan Pemantauan Pemasaran

Di beberapa perusahaan, marketing executive juga bertugas dalam memantau perkembangan kegiatan pemasaran yang berjalan. Hal ini tentu agar kegiatan tersebut sesuai dengan tujuan. 


7. After Sales Service

Siapa yang bilang bahwa marketing executive hanya bertugas menemukan target pasar baru. Padahal marketing executive adalah pekerjaan yang tidak terlepas dari after sale service. After sales service ini sangatlah penting untuk memengaruhi citra perusahaan. 


Skill yang Harus Dimiliki Marketing Executive

Agar bisa menjadi seorang marketing executive yang baik dan bisa diandalkan, pastikan kamu memiliki beberapa keterampilan berikut ini. Dengan beberapa keterampilan berikut, kamu akan memiliki performa yang baik saat bekerja menjadi marketing executive, dan bisa saja dalam dua atau tiga tahun kamu mendapatkan promosi pekerjaan. 


1. Komunikasi Interpersonal

Marketing executive adalah pekerjaan yang menuntut kamu untuk dapat berkomunikasi dengan baik. Komunikasi yang harus dikuasai bukan hanya komunikasi verbal, namun juga komunikasi via telepon, tulisan, video, dan lainnya. Kamu akan menjadi sebuah perantara perusahaan dengan konsumen. 

Kamu harus bisa melakukan komunikasi yang baik dengan berbagai macam konsumen dengan berbagai media.


2. Kemampuan Presentasi

Seorang marketing executive juga sering diminta untuk melakukan presentasi, baik kepada internal maupun kepada pihak eksternal seperti klien. Presentasi kepada pihak eksternal bisa dilakukan dengan menjelaskan strategi ke mitra atau sponsor. Sedangkan kepada pihak internal, presentasi biasanya dilakukan kepada atasan untuk meyakinkan ide pemasaran. 


3. Kemampuan Berpikir Strategis

Keterampilan memikirkan strategi marketing tidak bisa dilepaskan dari pekerjaan marketing executive. Oleh karena itu kamu dituntut untuk berpikir strategis dengan kreatif dan inovatif. 


4. Mempunyai Kemampuan Analisis

Keterampilan ini dibutuhkan ketika kamu perlu menentukan target pasar yang tepat. Tidak hanya itu, keterampilan marketing executive ini juga dapat membantu kamu untuk mengerti seperti apa keinginan pasar, sehingga kamu juga tahu seperti apa produk yang diharapkan konsumen dan bagaimana cara menyampaikannya pada mereka.

Tanpa kemampuan ini, kamu akan sulit dalam melakukan pekerjaan, dan perusahaan juga jadi kesulitan untuk mengembangkan produk.



5. Persuasif dan Mahir Negosiasi

Bisa dikatakan keterampilan ini adalah wajib bagi marketing executive. Marketing executive adalah pekerjaan yang harus bisa mengajak orang untuk membeli produk atau menggunakan jasa. Tentu agar bisa mendorong pembelian, kemampuan persuasif sangat dibutuhkan, selain itu kemampuan negosiasi juga penting agar sebuah transaksi mencapai kesepakatan dan memuaskan kedua belah pihak.


6. Kemampuan Bekerja Sama dalam Tim

Marketing executive adalah pekerjaan yang tidak dilakukan sendirian tetapi juga dalam sebuah tim dan harus berkomunikasi dengan divisi lainnya juga. Oleh karena itu, kemampuan kamu dalam bekerja sama dalam tim harus sama baiknya ketika kamu bekerja sebagai individu. 


7. Ahli Menggunakan Teknologi

Di era dimana semua hal sudah digital, tentunya perusahaan membutuhkan seorang marketing executive yang ahli dalam teknologi. Kamu harus memiliki pemahaman menggunakan beberapa teknologi yang menunjang pekerjaanmu. Kamu juga harus tahu perkembangan terbaru mengenai teknologi yang berhubungan dengan pekerjaan.


8. Keterampilan Menulis

Kemampuan lainnya yang perlu dimiliki marketing executive adalah keterampilan menulis. Jika tidak memiliki kemampuan satu ini, kamu bisa mengalami kesulitan saat melakukan promosi produk dalam bentuk tulisan. Tidak hanya itu, dengan keterampilan menulis kamu juga bisa mempromosikan produk sesuai dengan gaya dan kebutuhan target pasar.


Jenjang Karir Marketing Executive

Perlu kamu ketahui, pekerjaan marketing executive memiliki jenjang karir yang disesuaikan dengan pengalaman dan keterampilan yang relevan. Setelah kamu menjadi marketing executive dalam 3 hingga maksimalnya 10 tahun kamu akan menjadi senior marketing executive, setelahnya kamu juga bisa dipromosikan menjadi manager marketing. 

Lalu di atasnya lagi kamu bisa menjadi direktur marketing dengan pengalaman 10 hingga 15 tahun. Setelah itu semakin atas ada juga jabatan Vice President of Marketing baru kemudian posisi tertinggi Chief Marketing Officer.


Kisaran Gaji Marketing Executive

Kisaran gaji marketing executive di Indonesia berada antara Rp5,5 juta dan Rp15 juta untuk level senior. Untuk fresh graduate biasanya berada di kisaran UMR. Namun, kisaran gaji marketing executive ini bisa berbeda tergantung perusahaan dan juga pengalaman dan kualifikasi yang kamu miliki.


Setelah mengetahui informasi mendalam di atas apakah kamu semakin yakin untuk memulai karir sebagai marketing executive? Aplikasi KitaLulus bisa kasih titik cerah untuk kamu! Caranya adalah dengan install aplikasi KitaLulus di smartphone-mu lalu lengkap data diri. Di sana kamu bisa menemukan lowongan marketing executive di bebarapa daerah di Indonesia, mulai dari Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Makasar, Medan, Gowa. Yuk, download aplikasinya di Play Store sekarang!

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!