Mengenal Sales Executive: Pengertian, Tugas, Skill hingga Gaji yang Didapatkan

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Sales executive adalah salah satu yang berperan dalam pendapatan perusahaan. Mereka menjadi jembatan antara perusahaan dan pembeli. Namun tugas sales executive bukan hanya itu, ia juga bertanggung jawab menyusun strategi penjualan secara keseluruhan. 

Posisi pekerjaan ini juga memiliki nama yang berbeda-beda, seperti di beberapa perusahaan, sales executive disebut account executive, lalu di perusahaan asuransi, posisi sales executive disebut financial advisor. 

Untuk kamu yang penasaran dengan pekerjaan sales executive, wajib simak ulasan lengkapnya di bawah ini!


Pengertian Sales Executive Adalah

Sales executive adalah orang yang berperan dan bertanggung jawab atas strategi penjualan perusahaan secara keseluruhan. Dalam menjalankan tugasnya, ia juga dituntut untuk mengembangkan strategi dan melibatkan tim lainnya.

Menjadi sales executive menuntut kamu untuk bertemu banyak klien baik dalam kota atau juga luar kota. Jadi tidak mengherankan bila mobilitasnya cukup tinggi. 

Pekerjaan sales executive menjadi jembatan antara perusahaan dengan klien. Mulai dari negosiasi harga, pengenalan, pemesanan, pengiriman, serta menjaga hubungan baik.


Jenis-jenis Sales Executive

Bisa dikatakan, sales executive adalah posisi yang selalu ada di perusahaan. Namun, setiap industri memiliki penyebutan yang berbeda. Berikut ini beberapa contoh jenis-jenis lain sales executive yang ada di industri.


1. Sales Executive

Ini adalah posisi yang umum di dalam perusahaan. Pekerjaannya meliputi pengawasan penjualan bisnis. Mereka bekerja dalam tim menciptakan dan mengembangkan target penjualan untuk produk atau layanan perusahaan. 

Dalam tugasnya, sales executive bertanggung jawab memberikan arahan, memantau kemajuan, dan menerima laporan dari sales representative. Dari laporan tersebut akan digunakan untuk analisis data penjualan dan anggaran.


2. Account Executive

Jenis ini umum ditemukan di agensi periklanan dan perusahaan kreatif lainnya. Account executive harus memiliki pengetahuan mendalam tentang produk dan layanan. Selain itu, ia juga harus mampu menjembatani perusahaan dengan klien.

Account executive bertugas menginisiasikan pertemuan dengan klien serta menyusun brief dan anggaran. Apabila belum memiliki klien, mereka bertugas untuk mencari bisnis baru untuk di prospek.


3. Financial Advisor

Posisi financial advisor umumnya ditemukan dalam industri asuransi. Mereka bertugas untuk memberikan saran kepada klien, baik itu individu atau perusahaan yang ingin menggunakan asuransi.

Di beberapa perusahaan, posisi financial advisor bertanggung jawab membantu klien menyusun rencana keuangan. 


4. Medical Representative

Dunia industri farmasi juga memiliki nama berbeda untuk sales executive yang disebut medical representative. Medical representative bertugas untuk mengenalkan produk obat, cara dan teknik pengobatan, maupun alat kesehatan.

Tidak sampai situ saja, seorang medical representative juga bertugas menjalin relasi secara profesional dengan kunjungan ke dokter, survey apotek untuk mengetahui pola peresepan dokter. 


BACA JUGA: Apa Itu Sales Promotion dan Seperti Apa Contohnya


Tugas Sales Executive

Peran sales executive adalah mencakup segala hal yang berhubungan dengan penjualan produk. sales executive job desk mereka adalah menjadi jembatan antara perusahaan dan pembeli. Mereka bertanggung jawab atas negosiasi harga, pemesanan, hingga pengiriman barang. 

Secara umum, posisi ini berhubungan dengan dua jenis pemasaran yaitu:


1. Sales Executive Business to Business (B2B)

Pertama, sales executive B2B memiliki tugas untuk memastikan barang, produk, atau layanan yang ditawarkan dapat dibeli oleh perusahaan lainnya. Pendekatan yang digunakan sales executive B2B lebih kepada mengenalkan manfaat produk bagi perusahaan lain.


2. Sales Executive Business to Consumer (B2C)

Orientasi dari kegiatan penjualan lebih menyasar perorangan, bukan perusahaan. Di sini kamu dituntut untuk memiliki pengetahuan terhadap target pasar dan kemampuan untuk membangun relasi dengan konsumen secara personal. Tugas sales executive pada industri B2C antara lain meeting dengan klien potensial, negosiasi perjanjian, hingga riset pasar,



Sales Executive Job Desk

Ketika hendak melamar pekerjaan sales executive, pasti kamu membaca bagian kolom job desk. Mengetahui apa job desk sales executive dapat memberikan gambaran lingkup kerja apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab. Serta menjadi pertimbangan, apakah job desk tersebut di luar dari pekerjaan seorang sales executive. 

Berikut ini gambaran sales executive job desk secara umum, mungkin tiap perusahaan bisa berbeda.

  1. Memberi informasi tentang produk dan layanan
  2. Memenuhi target penjualan bulanan dan tahunan
  3. Menghasilkan prospek penjualan melalui telepon, email atau bertatap muka langsung
  4. Memelihara basis data Consumer Relationship Management (CRM)
  5. Melakukan pertemuan tatap muka atau presentasi online untuk proses penjualan
  6. Menjaga hubungan yang baik dengan klien saat ini dan yang baru
  7. Mempersiapkan dokumen invoice, kontrak hingga proposal
  8. Menghadiri pameran dagang 
  9. Meninjau kinerja penjualan


Syarat dan Skill yang Harus Dimiliki untuk Melamar Sales Executive

Jika kamu tertarik untuk melamar atau mencari pekerjaan sebagai sales executive, pastikan kamu memenuhi syarat dan skill berikut. 


1. Pendidikan

Tidak ada kualifikasi pendidikan khusus untuk bisa melamar sales executive. Karena memang pekerjaan satu ini terbuka untuk semua lulusan.  Selama kamu memiliki kemampuan komunikasi yang baik kamu bisa mengisi posisi sales executive. 


2. Pengalaman Sales Executive

Di beberapa perusahaan mensyaratkan pengalaman sales executive minimal selama 3 tahun atau juga punya pengalaman sebagai sales representative selama minimal 3 tahun. 

Tapi bukan berarti lowongan sales executive tidak terbuka untuk fresh graduate, ya! Tetap ada kok, sesuai dengan industri dan ukuran perusahaannya.


3. Penguasaan Bahasa Asing

Beberapa perusahaan mensyaratkan pegawainya untuk dapat setidaknya menguasai satu bahasa asing. Baik itu tulisan atau lisan. Biasanya, ini untuk ukuran perusahaan besar multinasional, yang mempunyai klien tidak hanya dalam negeri tapi juga luar negeri.


Selain memenuhi syarat tersebut, kamu juga harus memiliki skill yang mumpuni agar bisa sukses menjalani pekerjaan ini:


1. Interpersonal Skill

Pertama, karena kamu akan banyak berhubungan dengan klien, kemampuan komunikasi dengan orang lain jadi hal wajib yang dikuasai. 

Kemampuan komunikasi interpersonal mulai dari mendengarkan kebutuhan calon pelanggan, memahami kebutuhan mereka, serta membangun komunikasi yang efektif jadi  hal wajib dikuasai. Di samping itu, kamu juga harus pintar dalam mengolah emosi mereka saat berkomunikasi.


2. Pengetahuan Tentang Produk

Pengetahuan tentang produk sangat memengaruhi kinerja kamu sebagai sales executive. Kamu harus paham mulai dari bagaimana produk tersebut dibuat, apa saja manfaatnya, cara kerja, hingga keuntungan apa yang didapat oleh calon pelanggan bila menggunakan produk kamu.

Tenang, Untuk mendapatkan pengetahuan ini biasanya perusahaan akan melakukan pelatihan dasa mengenai produk atau layanan.


3. Menganalisis Data dan Informasi Penjualan

Sales executive bertugas untuk merancang strategi penjualan. Untuk itu diperlukan analisis yang mendalam terhadap penjualan. Data yang dianalisis biasanya menyangkut client, posisi perusahaan, posisi kompetitor, trend bisnis, dan regulasi yang berlaku.  Kemampuan membaca serta menerjemahkan data dan informasi akan menghasilkan pemahaman terhadap kondisi pasar. Dari situlah strategi akan dirumuskan untuk kemudian akan diimplementasikan.


4. Time Management

Seorang sales executive akan banyak menghabiskan waktunya untuk meeting dan bertemu banyak orang. Belum lagi ia juga harus melakukan follow up dengan klien mengenai penawaran yang sudah diberikan. Melihat padatnya kegiatan sales executive maka kemampuan time management jadi suatu keharusan. Dengan begitu semua progress dan timeline pekerjaan dapat berjalan lancar.


Gaji Sales Executive

Gaji sales executive umumnya tidak hanya gaji pokok saja, biasanya ada komisi atau bonus dari penjualan. Komisi ini baru bisa didapatkan apabila penjualan mencapai target. Besarnya berbeda-beda di tiap perusahaan. Ada yang menggunakan persentase dari total penjualan atau menggunakan flat rate setiap pencapaian target.

Namun, ada juga yang memberlakukan penggajian berdasarkan komisi hasil penjualan saja. Artinya kamu tidak memiliki gaji pokok setiap bulannya, gaji kamu hanya berdasarkan penjualan yang berhasil kamu lakukan.

Di Indonesia, rata-rata gaji sales executive adalah Rp4,25 juta dan gaji terendah adalah Rp2,3 juta per bulan. Angka tersebut merupakan gaji pokok di luar dari komisi dan bonus yang didapat dari penjualan. Namun tentu besaran gaji ini bervariatif sesuai dengan perusahaan, dan pengalaman sales executive yang sudah kamu miliki.


Jika ingin mencari lowongan  sales executive yang kamu bisa langsung tahu besaran gajinya. Coba aplikasi KitaLulus. Ketika melamar, kamu bisa langsung melihat berapa gaji yang diberikan oleh perusahaan. Beberapa perusahaan juga memberikan negosiasi gaji dalam lowongannya. Yuk, download sekarang! 

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!