Mengetahui Bagian Acquisition dalam Dunia Kerja dan Perusahaan 

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Pernahkah kamu mendengar istilah acquisition? Istilah acquisition adalah yang berkaitan dengan dunia marketing dan juga dunia HRD. Di perusahaan tugas divisi acquisition ini berkaitan dengan perkembangan bisnis dalam jangka panjang.

Bagi kamu yang mungkin belum begitu akrab dengan istilah acquisition di dunia kerja, mari simak penjelasan lengkapnya di dalam artikel ini!


Acquisition Adalah Hal Penting dalam Pasar yang Kompetitif

Acquisition adalah divisi yang menentukan perusahaan untuk dapat bersaing di pasar yang kompetitif. Baik itu dalam bidang marketing atau juga sumber daya manusia yang ada di dalamnya.

Secara umum acquisition adalah proses menarik atau mengakuisisi suatu hal  yang dilakukan secara terus menerus agar dapat mencapai tujuan perusahaan. Akuisisi juga erat kaitannya dengan pengambilalihan perusahaan. Kegunaan acquisition berorientasi pada keberlangsungan perusahaan dalam jangka panjang. 

Dalam dunia kerja, istilah acquisition juga banyak digunakan dalam divisi suatu perusahaan, mungkin saat melamar kerja kamu akan melihat info lowongan perusahaan mencari customer acquisition, talent acquisition, dan merchant acquisition. Semua jenis divisi ini memiliki tugas dan fungsi yang sangat penting bagi keberlangsungan bisnis perusahaan. 


Apa Itu Customer Acquisition 

Mari kita berkenalan dengan customer acquisition. Posisi pekerjaan customer acquisition mungkin sudah sering kamu temui. Tapi, apakah kamu sudah tahu apa itu? Customer acquisition adalah proses menarik pelanggan atau klien baru untuk menggunakan  produk perusahaan. 

Proses ini terus dikembangkan mengikuti tren dan perubahan yang ada agar strategi yang dijalankan selalu bisa up to date. 

Customer Acquisition menjadi suatu proses yang berkesinambungan yang dilakukan terus menerus lewat berbagai pendekatan. Kegunaan acquisition ini akan membentuk konsumen yang loyal yang akan membuat bisnis perusahaan berkembang.


Apa Itu Merchant Acquisition

Merchant acquisition adalah posisi yang umum ditemui pada industri e-commerce. Merchant acquisition bertindak sebagai penghubung antara pedagang dan e-commerce. Ia bertugas mengajak para pedagang untuk menjual barangnya di e-commerce tersebut.

Seorang merchant acquisition akan bertugas mengembangkan kemitraan dengan pedagang, negosiasi kerja sama yang memenuhi pedangan, pelanggan, dan perusahaan serta bertanggung jawab untuk hal-hal yang berkaitan dengan kerja sama.


Apa Itu Talent Acquisition 

Jika ingin maju, sebuah perusahaan harus memiliki SDM yang berkualitas. Untuk mencapai hal ini, perusahaan membutuhkan seorang talent acquisition

Talent acquisition adalah seseorang yang mengidentifikasi dan mengakuisisi karyawan yang dirasa memiliki talenta terbaik untuk mengisi suatu posisi di perusahaan. 

Lalu apa bedanya talent acquisition dengan HRD biasa? Secara umum, tugas dasar mereka adalah sama yaitu menemukan kandidat untuk mengisi posisi yang kosong di perusahaan. 

Namun, ada perbedaan tugas antara HRD dan talent acquisition. Jika HRD bertugas untuk merekrut karyawan dalam berbagai kapasitas. Talent acquisition bertanggung jawab untuk menemukan karyawan dengan tipe tertentu sesuai dengan bakat dan kualifikasi tertentu.

Menjadi talent acquisition tidak hanya menemukan kandidat, tapi akan lebih fokus pada talenta kandidat. Seorang talent acquisition bertanggung jawab untuk mengidentifikasi, mengakuisisi dan merekrut karyawan sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan. 

Ia akan merencanakan dengan matang seperti apa karyawan yang dibutuhkan perusahaan, bagaimana kondisi di bursa kerja, lalu mencari kandidat yang cocok baik secara talenta maupun juga budaya perusahaan. 

Tidak sampai disitu saja, talent acquisition juga menjaga kualitas karyawan dengan membangun employer branding. 

Dalam melaksanakan tanggung jawabnya, tidak jarang talent acquisition akan berdiskusi dengan bagian HRD. Mereka akan mengidentifikasi faktor kinerja utama, membangun sourcing pool, hingga menetapkan kriteria wawancara.


Tugas Talent Acquisition

Bila kamu penasaran atau mungkin berminat untuk menjadi talent acquisition. setidaknya berikut ini beberapa tugas talent acquisition secara umum.

1. Melakukan Perencanaan

Tugas talent acquisition yang pertama adalah melakukan perencanaan. Ini meliputi pertimbangan secara menyeluruh dari mulai memahami segala yang berkaitan dengan organisasi, apa yang jadi kebutuhan, apa yang jadi hambatan, serta bagaimana kondisi di lapangan kerja.  

Sehingga bisa mencari orang yang tepat untuk menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. 


2. Membangun Branding Employer

Seorang talent acquisition adalah orang yang mampu menarik kandidat untuk melamar di perusahaan. Oleh sebab itu ia bertanggung jawab untuk membangun branding bahwa menjadi karyawan di perusahaan tersebut adalah sebuah pilihan yang tepat. 


3. Mengakuisisi Kandidat

Saat sebuah perusahaan membuka lowongan, tentu akan banyak kandidat yang melamar. 

Dari sekian banyak lamaran yang masuk, tugas dari talent acquisition adalah menemukan kandidat terbaik berdasarkan parameter yang sudah ditetapkan di awal. Parameter tersebut bisa berupa kualifikasi pendidikan, skill. kepribadian, pengalaman kerja, tujuan karir, hingga melihat apakah kandidat ini sesuai dengan budaya perusahaan. 

Menemukan kandidat yang sesuai dengan budaya perusahaan bagi sebagian perusahaan jadi parameter penting. Dari sini bisa kita lihat apakah kandidat akan betah dan mampu beradaptasi dengan perusahaan atau tidak. 


Itulah hal-hal terkait dengan acquisition yang ada dalam dunia kerja. Setelah mengetahui lengkapnya, apakah kamu jadi tertarik untuk melamar di posisi ini? Jika iya, beruntungnya posisi ini banyak sekali di aplikasi KitaLulus. Aplikasi KitaLulus menyediakan platform untuk menemukan pekerjaan terbaik dan terjamin aman. Gak percaya? Download dulu aplikasinya di Play Store!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!