Mengetahui Seperti Apa Pekerjaan Admin Online, Bukan Hanya Balas Komentar Saja

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Pekerjaan admin online saat ini menjadi salah satu yang memiliki peluang yang besar. Hal ini tidak mengagetkan, mengingat sekarang hampir semua bisnis merambah dunia digital. Lowongan admin online pun menjadi incaran baik itu oleh fresh graduate maupun juga yang sudah memiliki pengalaman. 


Walau mungkin terdengar mudah, menjadi admin online juga harus memenuhi beberapa kualifikasi. Ini karena seorang admin online memiliki tanggung jawab penuh dalam pendapatan perusahaan. Sudah tahu apa saja klasifikasi admin online? Pada kesempatan kali ini kita akan jelaskan secara detail dan lengkap tentang pekerjaan admin online. Simak, ya!


Pengertian Admin Online

Sebelum kita membahas lebih jauh, mari kita ketahui hal mendasar tentang apa pengertian admin online. Admin online adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola serta mengoperasikan segala hal yang berhubungan dengan platform online

Dalam dunia kerja kita akan sering menemukan dua jenis pekerjaan admin online yaitu admin media sosial dan admin marketplace atau online shop.

Kehadiran admin online adalah untuk memenuhi segala keperluan promosi ataupun informasi dari perusahaan kepada pengguna internet. Selain itu admin online harus mengikuti perkembangan dunia digital.


Alasan Jasa Admin Online Penting

Peran admin online begitu peran bagi sebuah bisnis, seorang admin bisa meyakinkan calon konsumen yang tadinya merasa ragu menggunakan produk menjadi yakin. Jasa admin online juga sangat membantu sebuah bisnis untuk menjaga konsistensi layanan. 

Ketika sebuah bisnis merambah digital, mereka harus melakukan segalanya serba cepat, termasuk dalam hal pelayanan. Pelayanan yang cepat menjadi tolak ukur pelanggan untuk memutuskan apakah mereka akan membeli suatu produk lagi atau tidak. Admin online bisa membantu agar layanan yang diberikan konsisten dan selalu responsif.

Kehadiran admin online juga membuat target penjualan terpenuhi bahkan meningkat karena pelayanan yang diberikan memberikan kepuasan pada pelanggan. Selain itu, adanya jasa admin online juga memperbesar pelanggan untuk loyal terhadap produk. 

Hal ini karena admin membangun kedekatan dengan mereka, admin selalu siap menjawab dan merespons semua pertanyaan, komplain, hingga berbagai komentar di media sosial. Secara tidak langsung, kedekatan pun terbangun dan pelanggan merasa diperlakukan seperti teman.

Tugas dan Tanggung Jawab Admin Online 

Tugas admin online yang utamanya adalah mengelola media-media online yang dimiliki perusahaan. Mulai dari membalas komentar yang masuk, melayani calon konsumen yang bertanya-tanya tentang produk. Namun masih ada beberapa tugas dan tanggung jawab lainnya yang harus diemban oleh seorang admin online, berikut ini beberapa tugas dan tanggung jawab seorang admin online.


A. Tugas Admin Online Shop

Bukan hanya bertugas menjawab semua komentar yang masuk, sebagai admin online shop kamu juga dituntut untuk mampu mengikuti perkembangan pasar yang ada agar dapat mengerjakan tugas-tugas berikut ini.


1. Memberikan Informasi Produk

Ini menjadi salah satu tugas utama admin online shop, ia harus mampu memberikan penjelasan secara detail tentang produk yang dimiliki oleh perusahaan. Penjelasan yang diberikan sangat menentukan apakah calon konsumen yang tadinya masih ragu menjadi tertarik untuk membeli. 

Oleh karena itu, pekerjaan admin online harus didukung dengan pengetahuan produk yang baik. 


2. Memperbarui Informasi Terkini Tentang Produk

Seorang admin online shop juga harus mampu menerangkan kepada calon konsumen tentang informasi terbaru apa yang dimiliki produk, hal ini agar konsumen menemukan nilai lebih dari produk perusahaan yang tidak bisa mereka temukan pada produk kompetitor.


3. Menjaga Performa Perusahaan

Pekerjaan admin online shop bertanggung jawab penuh untuk menjaga performa perusahaan untuk selalu responsif. Apalagi dalam penjualan online, semua dinilai berdasarkan rating, jika rating sebuah toko online jelek tentu pelanggan akan ragu untuk membeli produk.


4. Mengedukasi Pelanggan Terus Menerus

Admin online shop punya tugas untuk selalu mengedukasi kasih pelanggan mengenai produk-produk yang dimiliki. Hal ini agar mereka paham dan meminimalisir kekeliruan dan komplain. Seorang admin juga harus bisa memberikan solusi ketika pelanggan mengalami masalah dengan produk.


5. Menjaga Komunikasi yang Baik

Dalam bisnis, komunikasi yang baik adalah kunci kesuksesan untuk memenangkan hati pelanggan. Tidak jarang banyak pelanggan yang tertarik dengan produk karena merasa komunikasi yang terjalin begitu baik. 

Hal ini menjadi tugas dan tanggung jawab admin online shop. Mereka harus menjaga komunikasi yang baik kepada semua pelanggan agar terbentuk relasi.


6. Mengecek Persediaan Barang

Seorang admin juga harus selalu mengecek persediaan barang yang tersisa, agar bisa dikorelasikan dengan jumlah orderan yang masuk. Tugas ini juga agar mereka bisa memberikan informasi kepada calon konsumen tentang persediaan produk yang ingin mereka beli.


Tugas Admin Media Sosial

Selain punya tugas pokok untuk mengelola dan mengoperasikan media sosial, social media admin juga memiliki tugas dan tanggung jawab lainnya. Tugasnya pun tidak sesederhana kelihatannya, berikut ini beberapa tugas admin online media sosial.


1. Menjaga Kerahasiaan Password Serta Keamanan Akun

Menjaga kerahasiaan password dan keamanan akun adalah tugas admin media sosial. Tugas ini sangat penting mengingat dunia internet selalu ada dengan berbagai bentuknya. Seorang admin harus dapat menjaga kerahasiaan password akun media sosial agar tidak diketahui orang lain. Selain itu, ia juga harus memastikan jika akun yang dikelolanya sudah diatur dan dilengkapi keamanan sesuai dengan versi pembaharuan platform media sosial.


2. Merancang Konten yang Ditayangkan

Sebagai admin, kamu memiliki tanggung jawab untuk merancang konten yang akan diunggah ke media sosial. Kamu mungkin perlu melakukan riset tentang konten apa yang disukai oleh target audiens, mempersiapkan gambar atau video, lalu mengedit, hingga membuat caption yang sesuai dengan konten tersebut.

Kamu bisa membuat konten beraneka rupa, mulai dari seputar produk, promosi, kuis, dan masih banyak lagi.


3. Menjadwalkan Konten

Setelah konten siap, admin harus menjadwalkan jam berapa konten tersebut harus diunggah di media sosial. Dalam dunia media sosial, jam tayang menentukan sekali berapa banyak konten dapat menjangkau orang. Oleh karena itu, ketika kamu menjadi admin, pastikan kamu melakukan riset kecil-kecilan kapankah tepatnya audiens membuka media sosial, agar mereka bisa melihat konten yang sudah kamu buat. 


4. Membangun dan Menjaga Interaksi dengan Followers

Kamu juga harus mampu membangun dan menjaga interaksi dengan followers. Seperti membalas komentar, direct message,  termasuk menanggapi komentar negatif yang masuk. Kamu harus bisa menangani berbagai situasi dari netizen. Membangun dan menjaga interaksi di media sosial juga teramat penting karena agar membangun citra perusahaan yang baik.


Tips Menjadi Admin Online

Jika kamu tertarik menjadi seorang “mimin” yang baik dan bisa diandalkan oleh perusahaan. Tenang, kami punya beberapa tips menjadi admin online yang bisa kamu aplikasikan dalam pekerjaan sebagai admin online. 


1. Memahami keseluruhan tugas admin online 

Tips menjadi admin online pertama adalah kamu harus benar-benar memahami apa saja tugas yang jadi tanggung jawabmu. Ke banyak admin online memang mempunya tugas untuk mengelola berbagai akun yang dimiliki perusahaan, mulai dari menjawab pertanyaan, memproses orderan yang masuk, melanjutkannya ke tahap pengemasan, sampai akhirnya produk siap dikirim. Tugas tersebut harus kamu lakukan secara cepat dan tepat karena mempengaruhi proses penjualan. 


2. Pelajari tentang produk secara detail

Pengetahuan produk yang baik harus dimiliki oleh semua admin online, sebab ketika kamu tidak memiliki hal tersebut ini akan menyulitkan dirimu sendiri ketika bekerja. Pertanyaan netizen bisa berupa-rupa dan tidak terduga, jika kamu sudah memiliki pemahaman yang baik tentang produk tentu meladeni pertanyaan mereka bukanlah masalah besar.

Oleh karena itu, coba pelajari secara detail informasi terkait produk-produk yang dijual, supaya kamu bisa menjualnya dengan cara yang tepat dan dapat menjawab pertanyaan terkait produk lebih mudah. 


3. Mengenal target pasar dengan baik

Mengenali target pasar juga jadi tips yang berguna untuk kamu. Tujuannya adalah agar kamu bisa tahu bagaimana bersikap yang tepat. Apabila produk yang ditawarkan diperuntukan untuk remaja, kamu bisa menggunakan bahasa yang lebih santai dan bersahabat. Namun sebaliknya, jika target pasar adalah orang dewasa, pastikan kamu menggunakan bahasa yang lugas dan santun. Ini sangat penting juga untuk membangun hubungan dengan target pasar.


4. Bersikap tanggap dan responsif

Sebagai seorang admin online kamu harus bersikap tanggap dan responsif. Keterampilan ini sangat dibutuhkan ketika menemukan pelanggan yang menyampaikan keluhan. Jika tidak segera ditanggapi, maka keluhan tersebut bisa menjadi masalah besar. Oleh karena itu pastikan kamu untuk selalu responsif menanggapi segala pertanyaan yang masuk, begitu juga dengan orderan yang masuk harus juga ditanggapi dengan cepat.

Responsif juga dapat diartikan sebagai cepat tanggap terhadap dengan perubahan-perubahan atau update yang terjadi di media sosial. Mulai dari tren hingga fitur-fitur yang terbaru yang dikeluarkan oleh platform media sosial yang berguna untuk menunjang promosi yang dilakukan.


5. Ciptakan sapaan unik

Tidak lupa juga buatlah sapaan yang unik saat berkomunikasi dengan konsumen. Hal ini agar interaksi yang tercipta lebih nyaman, tidak membosankan, dan lebih terasa dekat.  Pada umumnya juga orang akan menyukai gaya komunikasi yang unik. 

Hal ini terutama dibutuhkan oleh admin media sosial, agar followers terasa dekat. Saat membuat sapaan ini, kamu harus melihat terlebih dahulu siapa yang menjadi target pasar, bila remaja kamu bisa menyapa dengan aku kamu, atau kamu juga bisa memakai nama panggilan sendiri untuk menyebut namamu.

Seperti misalnya “wah, maaf ya Ka Desy atas ketidaknyamanannya. Romi cek dulu ya laporan kamu, nanti akan dikabari lagi.”, atau sebutan lainnya yang akan membuat followers merasa lebih dekat dan nyaman.


Skill yang Harus Dimiliki Seorang Admin Online

Agar dapat menjalankan segala tugas dan tanggung jawab dengan baik, seorang admin online juga harus didukung dengan skill dan kualifikasi tertentu. Jika kamu tertarik untuk menjadi admin online, kamu harus memiliki skill berikut ini.


1. Kemampuan Berkomunikasi

Ini adalah skill wajib untuk menjadi admin karena pekerjaan kamu tidak akan pernah lepas dari meladeni banyak orang di dunia maya, baik itu yang komplain, sekadar tanya-tanya, atau juga berkomentar. Jika tidak didukung oleh skill komunikasi kamu tentu akan kewalahan mengerjakan tugas ini.


2.Menguasai Microsoft Office

Skill teknis seperti menguasai Microsoft Office juga harus dimiliki, walaupun basic, setidaknya kamu mengerti bagaimana cara mengoperasikannya. Hal ini diperlukan karena dari semua data pelanggan yang masuk semua akan diolah dengan Microsoft Office. 


3. Teliti

Ketelitian juga sangat diperlukan dalam pekerjaan admin online. Karena kamu juga akan bertanggung jawab terhadap pemesanan yang masuk, stok barang  dimana hal tersebut membutuhkan ketelitian yang tinggi. Jika tidak teliti bisa-bisa kamu salah memberikan produk kepada pelanggan dan berujung komplain.


4. Akrab dengan Media Sosial

Saat ini semua perusahaan sudah memiliki akun media sosial untuk menunjang promosi dan membangun kedekatan dengan target pasar. Oleh karena itu, jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan admin online pastikan kamu akrab dengan penggunaan media sosial. Kamu mengerti bagaimana bisa mengoptimalkannya untuk promosi.


Setidaknya itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang pekerjaan admin online. Jika kamu sudah memantapkan hati untuk menjadi admin online, aplikasi KitaLulus punya banyak lowongan admin online yang bisa kamu lamar secara gratis, cepat, dan aman. Kamu cukup download aplikasinya di Play Store dan lakukan registrasi.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!