Pengertian Mindfulness, Manfaat, dan Cara Menerapkannya

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Mindfulness adalah- Pernahkah kamu bertanya, bagaimana caranya agar bisa fokus dan tidak merasa terbebani dengan hal-hal ada dipikiran kita? Jawabanya adalah mindfulness, yaitu cara kita untuk dapat fokus dan lebih menghargai diri sendiri.

Kita tidak lagi menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi di masa lalu atau hal yang tidak bisa kita miliki. 

Untuk lebih mengerti apa itu mindfulness, yuk simak artikel KitaLulus berikut ini!

Apa Itu Mindfulness?

apa itu mindfulness

Mindfulness adalah cara melatih diri untuk memusatkan perhatian pada apa yang terjadi saat ini, tanpa bereaksi dan berpikir berlebihan pada kondisi yang ada di sekitar.

Sedangkan, menurut ahli mindfulness adalah perhatian penuh pada kondisi sekarang dan bisa menerimanya dengan kesadaran penuh.

Konsep mindfulness mengajarkan kita untuk fokus kepada apa yang terjadi saat ini tanpa perlu banyak khawatir tentang apa yang terjadi di masa depan dan juga tanpa perlu memikirkan masa lalu.

Penerapan dari mindfulness dapat membantu kamu mengatasi segala pikiran negatif yang tiba-tiba datang “menghantui”. Karena ia membuat kamu menyadari apa yang kamu lakukan, tanpa menghakimi diri kamu sendiri.

Manfaat Mindfulness

manfaat mindfulness

Ada banyak manfaat yang akan kamu rasa dengan menerapkan mindfulness. Misalnya saja meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Manfaatnya sangat bagus untuk menjaga kesehatan mental. Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya dari mindfulness, antara lain:

1. Mampu Mengendalikan Diri

Mindfulness membuat kamu mampu memproses emosi lebih baik. Sehingga pada akhirnya, ini akan memberikan kamu lebih banyak kendali emosi dan mampu memprosesnya dengan cara yang berbeda.

2. Mengurangi Tekanan Mental

Sebuah penelitian mengatakan bahwa penderita bipolar atau anxiety disorder akan merasakan manfaat dari mindfulness. Dengan mindfulness, mereka mampu mengurangi ketergantungan pada obat antidepresan.

3. Lebih Menerima Diri

Kamu tidak lagi menyalahkan diri kamu sendiri tentang hal-hal tidak kamu miliki atau masa lalu kamu. Karena kamu sudah sepenuhnya sadar tentang diri kamu sendiri dan tidak menghakimi diri sendiri.

4. Melatih Fokus dan Lebih Menikmati Diri

Mindfulness membantu kamu lebih fokus dan menikmati momen saat ini. Selain itu, kamu juga bisa lebih fokus pada ego dan tidak terjebak pada kekhawatiran terkait masa depan atau menyesali masa lalu.

5. Mampu Membangun Hubungan Sosial

Karena sudah tidak khawatir lagi dengan kesuksesan dan harga diri, kamu pun bisa memiliki hubungan yang berkualitas dengan banyak orang.

6. Mengurangi Rasa Kesepian

Berlatih mindfulness dapat membantu kamu untuk mengatasi rasa kesepian. Kamu juga bisa memaknai rasa kasih sayang sehingga kamu bisa lebih bersyukur dan bahagia.

Cara Menerapkan Mindfulness dalam Kehidupan Sehari-Hari

cara menerapkan mindfulness

Dengan begitu banyaknya manfaat yang dirasakan dari mindfulness, apakah kamu jadi tertarik untuk melatih diri mindfulness? Jika iya, berikut ini langkah-langkah sederhana yang bisa kamu terapkan.

1. Coba Tetapkan Tujuan

Mengapa harus menetapkan tujuan? Nah, dengan menetapkan tujuan ini akan membantu kamu lebih fokus dalam mengendalikan pikiran bawah sadar. Sehingga segala tindakan akan lebih terkontrol dengan baik.

2. Nikmatilah Proses Makan

Menerapkan mindfulness saat makan dilakukan dengan mengambil napas, mendengarkan kebutuhan tubuh, makanlah sesuai dengan kebutuhan, dan tidak terburu-buru. Sebisa mungkin hindari distraksi, seperti sambil main gim, menonton video Youtube, dan kegiatan lainnya yang dapat mengganggu makan.

Dengan menerapkan mindfulness saat makan, proses makan akan lebih menyenangkan dan bisa benar-benar menghilangkan rasa lapar.

3. Latih Pikiran dan Otot

Aktivitas fisik seperti bersepeda, mengangkat beban, treadmill mampu melatih mindfulness. Dengan kegiatan-kegiatan fisik tersebut, seluruh bagian tubuh akan bergerak dan membuat aliran darah mengalir lancar. Kegiatan fisik juga dapat menyinkronkan tubuh, pikiran, dan sistem saraf.

4. Catat Kegiatan pada Jurnal

Mencatat dapat melatih mindfulness karena kamu bisa mengetahui skala prioritas dari apa yang kamu kerjakan. Tidak hanya itu, menulis jurnal juga membantu kamu untuk meningkatkan daya ingat.

Rekomendasi Buku tentang Mindfulness

Jika kamu tertarik untuk mempelajari mindfulness lebih dalam, saat ini sudah banyak lho buku-buku yang membahas mindfulness. Berikut ini beberapa rekomendasinya.

1. Zen Habits: Handbook For Life (2008)

rekomendasi buku mindfulness

Buku ini diangkat dari blog miliki Leo Babauta, seorang penulis dari California. Dalam tulisannya, ia membagikan pengalamannya seputar mindfulness. Dari pengalaman-pengalaman yang ia bagikan melalui blog kemudian ia satukan menjadi sebuah buku dengan judul Zen Habits: Handbook For Life.

Jangan takut buku ini tidak akan membuat kamu ngantuk karena tebalnya hanya 140 halaman dan berisikan tips dan trik untuk menjalani mindfulness.

2. Going Offline: Menemukan Jati Diri di Dunia Penuh Distraksi (2020)

buku tentang mindfulness

Buku ini berisi bagaimana menjalani kehidupan di tengah banyaknya distraksi teknologi. Sang penulis, Desi Anwar menuturkan sudut pandanganya tentang bagaimana media dan teknologi membuat kita tidak fokus pada apa yang ada di sekitar kita.

Bahasa buku ini sangat sederhana, kamu akan diajak merefleksikan diri dan merenungi hal-hal yang sudah kamu lewati karena terlalu fokus pada media sosial. Buku ini sangat berguna untuk kamu yang ingin mencoba social media detox.

3. 10% Happier (2014)

rekomendasi buku untuk belajar mindfulness

Dan Harris, presenter terkenal Good Morning America membagikan pengalamannya dalam mempraktikkan apa itu mindfulness. Buku ini 100 persen ditulis berdasarkan pengalamannya dalam memahami mindfulness setelah mengalami serangan panik saat ia sedang memandu acara.

Tulisan berdasarkan pengalaman pribadi ini akan membuat kamu merasa relate dengan apa yang ditulis oleh Harris.

Nah, itulah pembahasan mengenai mindfulness, semoga menjawab pertanyaan kamu mengenai bagaimana hidup tenang dan tentram.

Ingin dapat kesempatan kerja di lingkungan yang sehat? Ayo temukan di aplikasi KitaLulus. Di sana ada 50.000 lebih lowongan dari berbagai bidang industri dan perusahaan. Semua dapat kamu lamar dengan aman, cepat, dan gratis.

Ayo, download aplikasi KitaLulus sekarang juga dan dapatkan pekerjaan impianmu dengan #LebihMudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!