Pentingnya Attitude Dunia Kerja & 5 Contoh Utamanya, Apa Saja?

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Isi Artikel

Attitude dunia kerja— Tahukah kamu bahwa, attitude dunia kerja merupakan salah satu hal yang paling penting? Jika kamu ingin menjadi pekerja profesional, attitude adalah salah satu yang harus kamu persiapkan sejak awal.

Attitude dalam dunia kerja adalah penentu dasar dari persepsi dan tindakan kamu terhadap semua aspek lingkungan sosial. Entah kamu masih internship, junior, atau bahkan level CEO sekalipun, attitude adalah salah satu yang harus terus kamu perhatikan.

Penasaran bagaimana pentingnya attitude dunia kerja? Apa saja contoh attitude dalam dunia kerja yang harus kamu pertahankan? Mari kita kupas tuntas semuanya di penjelasan bawah ini.


BACA JUGA: Budaya Kerja: Jenis, Contoh, dan Indikator Perusahaan


Mengenal Attitude Dunia Kerja

Attitude dalam dunia kerja

Ada pernyataan, “jika kamu ingin diperlakukan baik oleh orang lain, maka kamu harus berlaku baik pada orang lain terlebih dulu”. Sepertinya hal itu memang benar adanya. Attitude adalah salah satu hal yang menunjukkan bagaimana kita bersikap dan memperlakukan orang lain.

Pada dasarnya, attitude adalah sebuah bentuk perilaku, sikap, atau tingkah laku seseorang saat berinteraksi dengan orang lain yang kemudian diikuti oleh kecenderungan bahwa dirinya akan bertindak seperti sikap yang dimilikinya tadi.

Attitude dunia kerja juga bisa diartikan sebagai keadaan mental dan kesiapan saraf yang disusun melalui pengalaman dan bisa memberikan pengaruh dinamis terhadap respon individu lainnya terhadap semua objek yang terkait dengannya.

Dengan kata lain, attitude dunia kerja memiliki kaitannya dengan sikap dan perilaku seseorang terhadap orang lain. Maka dari itu, kamu harus memiliki sikap kerja attitude yang baik di perusahaan tempat kamu bekerja.

Selain itu, attitude dunia kerja juga bisa dilihat sebagai bentuk evaluasi yang menguntungkan atau tidak yang bertahan lama pada diri seseorang. Hal ini merupakan bagian dari perasaan emosional dan memiliki kecenderungan untuk bertindak terhadap beberapa objek atau ide.

Attitude dunia kerja merupakan hal penting untuk bisa meraih kesuksesan di dunia kerja. Hal lainnya yang berkaitan dengan kesuksesan adalah skill atau keterampilan, dan knowledge atau pengetahuan. Sikap kerja attitude adalah komponen penting untuk membentuk karakter kamu yang dapat dipelajari dan dilatih terus menerus.


5 Alasan Pentingnya Memiliki Attitude Dunia Kerja

Pentingnya attitude dunia kerja

Tidak semua orang bisa beruntung mendapatkan pekerjaan impiannya. Namun bukan berarti kamu boleh tidak memiliki attitude dunia kerja. Tahukah kamu bahwa, sikap kerja attitude merupakan salah satu aspek yang bisa membawa kita menuju kesuksesan?

Ada beberapa alasan yang menjadikan pentingnya memiliki attitude dunia kerja, yaitu:

1. Membantu Merasa Diterima Di Lingkungan Baru

Dunia kerja yang luas membuat kita dapat berinteraksi dengan banyak orang. Sehingga sangat penting memiliki attitude dunia kerja. Sikap kerja attitude tidak hanya berlaku bagi satu tim saja, tetapi juga pihak lain yang berhubungan dengan kamu.

Dengan memiliki attitude dunia kerja, maka kamu akan lebih mudah diterima di lingkungan baru. Meskipun dengan jenis dan tipe orang yang berbeda-beda, jika kamu memiliki sikap kerja attitude seperti ramah, tidak sombong saat dimintai bantuan, akan membuat kamu lebih mudah untuk berinteraksi dengan orang lain.


2. Membuat Pekerjaan Sulit Terasa Mudah

Tidak semua pekerjaan terasa mudah. Terkadang ada beberapa pekerjaan yang sulit dan membutuhkan bantuan orang lain. Nah, jika kamu memiliki attitude dunia kerja yang baik, maka rekan kerja kamu tidak akan segan untuk menolong.

Tanpa disadari, sikap kerja attitude seperti rendah hati, bisa membuat kita mendapatkan pertolongan disaat sulit menyelesaikan pekerjaan. Tapi perlu diingat, kamu juga harus membantu rekan kerja lainnya, ya!


3. Membentuk Profesionalitas Diri

Ada kalanya saat bekerja kita dihadapkan dengan tantangan dan tugas yang bisa membuat kita merasa lelah atau burnout. Namun, dengan attitude dunia kerja seperti rasa tanggung jawab akan memaksa diri kita untuk terus berjuang bagaimanapun keadaannya. Betul, kan?

Sikap kerja attitude yang baik bisa membantu kamu untuk membentuk profesionalitas diri. Attitude dunia kerja seperti tidak gampang menyerah dan berusaha mencari solusi dari setiap masalah dengan baik, bisa membuat kamu bekerja secara profesional, lho.


BACA JUGA: Prinsip dan Tujuan Penerapan Good Corporate Governance di Perusahaan


4. Menjadi Sosok yang Dapat Diandalkan

Dalam dunia kerja kita tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan baru, namun juga menjaga attitude dunia kerja di lingkungan atau saat bekerja. Jika kamu memiliki sikap kerja attitude profesional, maka besar kemungkinan kamu bisa menjadi sosok yang dapat diandalkan.

Skill yang kamu asah setiap harinya tidak akan berarti tanpa attitude dunia kerja profesionalitas, rendah hati, dan bertanggung jawab. Ketika kamu menjaga semua sikap kerja attitude tersebut, manajemen tentu akan melirik kamu sebagai sosok yang dapat diandalkan.


5. Membantu Pengembangan Karir

Satu lagi alasan pentingnya memiliki attitude dunia kerja, yaitu untuk membantu pengembangan karir kamu selama bekerja. Tentu kamu ingin karir yang cemerlang dan sesuai dengan passion kamu, bukan?

Maka kamu harus memiliki sikap kerja attitude yang baik dan tidak sombong. Percaya deh, jika kamu bekerja dengan hati, memiliki attitude dunia kerja yang baik, hingga bersaing secara sehat, maka kamu bisa mendapatkan pengembangan karir yang kamu inginkan.


5 Contoh Attitude Dunia Kerja yang Baik, Wajib Kamu Terapkan Nih!

Contoh attitude dunia kerja yang baik

Nah, setelah kamu memahami pentingnya memiliki attitude dalam dunia kerja, sekarang saatnya kamu mengetahui apa saja sikap kerja attitude yang tergolong baik. Beberapa contoh attitude dunia kerja yang harus kamu terapkan adalah sebagai berikut:

1. Sopan dan Ramah

Jika kamu memiliki attitude dunia kerja yang sopan dan ramah terhadap karyawan perusahaan lainnya atau bahkan dengan pelanggan, maka hal ini akan membuat kehidupan kerja kamu jauh lebih baik dan menyenangkan, lho.

Seseorang dengan sikap kerja attitude seperti ini cenderung berusaha untuk mempertahankan suasana kerja yang baik dengan mengenyampingkan ego dan masalah pribadi mereka.


2. Konsisten

Attitude dunia kerja seperti konsisten menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang terorganisir dan mampu bertanggung jawab. Bahkan ketika kamu diberikan deadline kerja, maka manajemen berharap kamu bisa menyelesaikannya dengan tepat waktu.

Tidak hanya konsisten dalam menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu, sikap kerja attitude seperti selalu datang tepat waktu juga merupakan contoh attitude dunia kerja yang baik.


3. Bertanggung Jawab

Menurut kamu, apa itu arti dari bertanggung jawab? Dalam dunia kerja, bertanggung jawab artinya kamu bisa mengakui sebuah kesalahan  berani mengambil segala resiko atas kesalahan tersebut.

Biasanya sikap kerja attitude seperti ini hanya dimiliki oleh sebagian orang yang menghargai pekerjaanya, jujur, dan dapat memegang kata-katanya. Jika kamu sudah memiliki attitude dunia kerja seperti yang disebutkan, maka kamu benar-benar memahami integritas dan mampu menghargai kepercayaan atasan pada diri kamu.


4. Menjaga Hubungan dengan Rekan Kerja

Pernah dengar istilah office politics? Di dunia kerja, office politics adalah kegiatan politik atau mempengaruhi orang lain untuk mencapai keuntungan tertentu. Jika dimanfaatkan dengan baik dan tanpa menyakiti orang, tidak masalah kamu melakukan office politics demi meningkatkan karir. 

Sayangnya, dalam praktiknya banyak orang melakukan office politics dengan sikap kerja attitude negatif. Ada yang bergosip, menjatuhkan rekan kerja di depan orang lain atau atasan, bahkan ada pula yang menyabotase pekerjaan. 

Daripada fokus melakukan attitude negatif seperti itu, lebih baik fokus menjaga hubungan dengan rekan kerja. Dengan demikian, rekan kerja akan memandangmu sebagai sosok yang positif dan dapat dipercaya, sehingga reputasimu di kantor juga akan meningkat.


5. Rendah Hati Tapi Tetap Assertive

Contoh attitude dalam dunia kerja satu ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Sepintar atau seberhasil apapun dirimu di perusahaan, ingatlah untuk selalu rendah hati dan tidak menyombongkan diri di depan rekan kerja. Namun demikian, ini bukan berarti kamu harus terus bersembunyi dan menahan potensi diri untuk mendapat tanggung jawab lebih.

Jika kamu ingin naik jenjang karir, kamu bisa meminta ke HRD atau atasan untuk diberi tantangan baru. Sikap assertive seperti ini akan membantu kamu lebih bersinar di perusahaan, tentunya tanpa dengan menjatuhkan orang lain.


Persaingan dunia kerja setiap harinya semakin sengit. Tidak sedikit HRD yang menjadikan attitude dunia kerja saat interview sebagai first impression. Jika kamu tidak menunjukkan sikap kerja attitude yang baik pada tahap awal ini, maka besar kemungkinan kamu tidak akan dilirik lagi oleh HRD.

Nah, kamu sudah menyiapkan ancang-ancang untuk interview kerja, bukan? Sambil siap-siap, yuk cari pekerjaan lainnya di aplikasi KitaLulus. Tahukah kamu bahwa, saat ini KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Gowa, Makassar, Meda, Semarang, dan Surabaya?

Peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan impian lebih besar. Kamu mau pekerjaan part time, freelance, full time, work from home, atau work from office?  Download aplikasi KitaLulus sekarang juga dan temukan pekerjaan impianmu bersama KitaLulus!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!