Perlu Contoh Surat Keterangan Kerja yang Baik dan Benar? Coba Cek Di Sini

Close Pop up

Isi Artikel

Ada dokumen lainnya yang bisa menjadi pelengkap dan menambah nilai kamu di mata rekruter saat melamar kerja, yaitu contoh surat keterangan kerja. Surat keterangan kerja bisa kamu sertakan dalam lamaran bersamaan dengan CV, dan dokumen pendukung lainnya. 

Selain dipergunakan untuk melamar kerja, contoh surat keterangan kerja ini juga memiliki berbagai fungsi lainnya yang sangat berguna bagi kamu sebagai karyawan.

Yuk, pelajari selengkapnya apa itu surat keterangan kerja!


Apa itu Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja atau SKK adalah surat yang ditulis oleh tempat kerja kamu saat ini atau sebelumnya untuk mengonfirmasi bahwa kamu merupakan seorang karyawan atau mantan karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Biasanya surat ini ditulis oleh bagian HRD.

Isi surat ini berupa verifikasi posisi kamu saat bekerja di perusahaan tersebut. Surat ini dapat kamu gunakan untuk mendaftar di perusahaan lain 

Dengan menyertakan surat ini dalam lamaran, kamu bisa meyakinkan HRD, dan bisa dipergunakan menjadi referensi untuk mengetahui riwayat pekerjaanmu di perusahaan sebelumnya.


Fungsi Surat Keterangan Kerja

Selain menjadi referensi dan verifikasi bagi rekruter, surat keterangan kerja juga memiliki berbagai fungsi lainnya, berikut ini fungsi surat keterangan kerja.


1. Mencari Pekerjaan Baru

Fungsi surat keterangan kerja yang pertama adalah untuk mencari pekerjaan baru. Surat ini bisa menjadi nilai tambah berdasarkan pengalaman dan kualifikasi yang dimiliki, yang dibuktikan dengan menyerahkan surat ini dalam lamaran.


HRD jadi bisa mengetahui bagaimana perjalanan karirmu sebelum melamar, tentunya ini juga bisa menjadi catatan penting selama proses perekrutan.


2. Persyaratan Penarikan BPJS Ketenagakerjaan

Salah satu syarat yang harus kamu penuhi saat mengajukan pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan adalah melampirkan surat keterangan kerja dari perusahaan yang sudah dilegalisir beserta fotocopy-nya.

Dengan melampirkan surat ini kamu bisa mencarikan 10-30% dana BPJS Ketenagakerjaan yang kamu butuhkan walaupun masih bekerja di perusahaan tersebut.


3. Melakukan Pinjaman ke Bank

Surat keterangan kerja juga bisa kamu gunakan bila ingin meminjam dana di bank. 

Sebelum memberikan pinjaman, biasanya pihak bank akan melakukan verifikasi administrasi, di mana salah satunya adalah keterangan kerja sehingga bank bisa memutuskan apakah kamu mempunyai kemampuan untuk membayar atau tidak.


4. Pengajuan Beasiswa

Selain untuk keperluan meminjam ke bank, surat keterangan kerja juga bisa kamu gunakan untuk mengajukan beasiswa jalur profesional. 

Surat keterangan kerja yang sudah dilegalisir oleh pihak perusahaan harus kamu lampirkan dalam proses pendaftaran beasiswa jalur profesional baik itu beasiswa yang diselenggarakan pihak swasta maupun pihak pemerintah.


Isi Surat Keterangan Kerja

Setiap perusahaan pastinya memiliki format surat keterangan  kerja yang berbeda-beda, namun untuk isi surat keterangan kerja tidaklah jauh berbeda.

1. Ditulis dengan Format Resmi

Surat keterangan kerja harus ditulis dengan format resmi. Pada bagian atas terdapat kop surat yang berisikan nama perusahaan, alamat kantor, nomor telepon, dan logo perusahaan.

2. Perihal Surat

Isi surat keterangan kerja harus ringkas, dalam surat juga harus dijelaskan perihal surat tersebut. 

Dalam bagian perihal, biasanya akan berisi tujuan dari surat yaitu “Surat Keterangan Kerja

3. Sertakan Informasi Penting

Informasi yang perlu ada dalam surat keterangan kerja antara lain:

  • Biodata karyawan yang dinyatakan benar-benar oleh perusahaan;
  • Jabatan terakhir yang dipegang karyawan;
  • Nomor identitas (KTP).

Tidak jarang juga perusahaan menambahkan informasi seperti masa kerja di perusahaan. Sebagai karyawan, kamu juga bisa meminta bagian personalia untuk menambahkan informasi lainnya sesuai dengan kebutuhan.

4. Berikan Pernyataan Resmi

Setelah memasukan informasi penting, pada bagian akhir perusahaan akan menjelaskan bahwa segala informasi yang ada dalam isi surat keterangan kerja tersebut adalah benar, dan kamu memang bekerja di perusahaan tersebut.

Perusahaan juga akan memberikan penilaian dan kesan terhadap kinerja kamu selama bekerja. 

5. Ditandatangani dan Diberi Cap

Sebagai pengesahan, surat keterangan kerja harus keterangan kerja harus ditandatangani oleh HRD atau pihak yang berkepentingan dengan nama jelas pada bagian bawah. Selain itu surat juga harus dicap basah dan legalisir dari perusahaan untuk membuat surat semakin sah.


Bagaimana Meminta Surat Keterangan Kerja

Jika kamu ingin meminta surat keterangan kerja dari perusahaan saat ini atau sebelumnya, penting untuk meminta surat tersebut secara profesional. 

Pertama hubungi bagian personalia atau HRD. Perusahaan kamu mungkin memiliki kebijakan privasi, dan kamu mungkin perlu memberikan izin agar riwayat pekerjaan kamu diberikan ke pihak ketiga. Seringkali, bagian HRD  akan menulis surat untuk kamu atau memberimu template untuk diberikan kepada manajer kamu.

Atau kamu juga bisa langsung bertanya kepada bagian kepada manajer atau supervisor mengenai hal ini. Tawarkan template atau contoh surat keterangan kerja sebagai panduan.


Contoh Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja berbeda dengan surat rekomendasi agar kamu bisa memahaminya, yuk coba lihat contoh surat keterangan kerja berikut ini:


(Kop Perusahaan)

SURAT KETERANGAN KERJA

Nomor Surat: 078/SKK/2021


Hal: Surat Keterangan Kerja

Dengan surat ini kami dari PT. Tata Boga Sentosa menyatakan bahwa:

Nama : Lula Landry

Jabatan : Staff Kasir

Alamat : Jalan Kentigern Garden No. 19 Semarang


Menerangkan bahwa nama di atas benar-benar telah bekerja pada perusahaan kami dalam kurun waktu 5 Januari 2019 hingga 20 Januari 2021.

Saudara Lula telah memberikan kontribusi yang luar biasa selama bekerja sebagai salah satu staff kasir dan tidak pernah melakukan segala kegiatan yang merugikan perusahaan. 


Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

 

Semarang, 31 Januari 2021

TTD

Mark Lowe

Manajer Marketing


Setelah kamu mendapatkan surat keterangan kerja ini, kamu bisa melamar lowongan kerja baru yang kamu rasa sesuai dengan kualifikasi yang kamu miliki. Apabila kamu sedang mencari pekerjaan baru, kamu bisa mencoba aplikasi KitaLulus. Di aplikasi KitaLulus, kita bisa membuat profil dan langsung membagikan profil tersebut ke HRD, sehingga kemungkinan untuk dipanggil wawancara akan menjadi lebih tinggi. Yuk, coba aplikasi KitaLulus. Download aplikasi KitaLulus di Play Store sekarang juga!


Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

KitaLulus Andoid App available on Google Play