10 Rekomendasi Mesin Fotocopy Terbaik untuk Kantor & Usaha

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Meskipun sekarang sudah serba digital, tetapi file cetak nyatanya masih dibutuhkan. Inilah mengapa setiap perusahaan memerlukan mesin fotocopy yang bagus agar awet meski digunakan setiap hari. Artikel ini akan membahas rekomendasi mesin fotocopy terbaik untuk kantor maupun bisnis. Jadi, pastikan kamu menyimaknya hingga akhir, ya!

Tips Memilih Mesin Fotocopy

Sebelum membahas rekomendasi mesin fotocopy yang bagus, cek dulu tips memilih mesin fotocopy berikut.

  1. Sesuaikan kapasitas input dan output kertas, dengan melihat mesin tray fotocopy sesuai kebutuhan kamu.
  2. Cek mesin fotocopy apakah dapat mencetak dokumen dengan ukuran kertas sesuai kebutuhan kamu. Untuk lebih aman, lebih baik pilih mesin dengan ukuran cetak kertas besar, seperti A3 supaya dapat mencetak berbagai jenis ukuran kertas.
  3. Pilih ukuran mesin fotocopy sesuai dengan ukuran ruang yang dimiliki perusahaan atau ruangan kamu.
  4. Perhatikan speed copy mesin.
  5. Sesuaikan kebutuhan untuk fitur mesin fotocopy, seperti fitur scan, konektivitas Wi-Fi, duplex, hingga ADF atau automatic document feeder.
  6. Pilih mesin fotocopy dengan kualitas cetak resolusi yang tinggi.

Baca Juga: 11 Printer Murah Terbaik dan Awet 2023 di Bawah Rp1 Juta

Rekomendasi Mesin Fotocopy Terbaik

Berikut 10 merek lengkap dengan harga mesin fotocopy yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan.

1. HP LaserJet Pro

HP LaserJet Pro
Sumber: HP

Rekomendasi mesin fotocopy yang pertama adalah HP LaserJet Pro. Keluaran HP ini memiliki desain mesin desktop dan standing yang kapabilitas keluaran salinannya tinggi. 

HP LaserJet Pro sangat direkomendasikan jika kamu memiliki komputer atau laptop merk ini karena drivernya sudah sesuai. HP LaserJet Pro juga dilengkapi fitur cetak elektronik menggunakan aplikasi yang fitur instalasinya smart.

2. Kyocera M2040dn

Kyocera M2040dn
Sumber: Kyocera

Kyocera M2040dn menjadi rekomendasi mesin fotocopy berikutnya yang cocok dibeli oleh pebisnis pemula tetapi memiliki kebutuhan cetak yang banyak. Pasalnya, Kyocera M2040dn dapat mencetak hingga 40 lembar per menit.

Kyocera M2040dn juga dapat melakukan pemindaian secara akurat dengan suara cetak yang ramah di telinga. Mesin ini bisa mencetak duplex dengan baik dan mudah.

3. Fujifilm DocuCentre S2320

Fujifilm DocuCentre S2320
Sumber: Fujifilm

Fujifilm DocuCentre S2320 cocok untuk kamu yang membutuhkan mesin cetak kertas multifungsi dengan kebutuhan cetak yang banyak serta cepat.

Mesin ini dapat mencetak hingga 23 lembar per menit dengan kecepatan cetak 6,5 detik saja. Untuk duplex dapat mencetak 18 lembar per menit. Fujifilm DocuCentre S2320 bisa mencetak hingga 999 lembar dalam sekali proses, lho.

4. Fuji XEROX DocuCentre SC2022

Fuji XEROX DocuCentre SC2022
Sumber: Fujifilm

Mesin fotocopy dari Xerox terkenal memiliki kualitas yang baik. Salah satu mesin fotocopy-nya adalah Fuji XEROX DocuCentre SC2022. Seri ini juga memiliki opsi all-in-one pada laser cetaknya karena dilengkapi dengan fitur advanced security tools sehingga membuat dokumen yang dicetak aman. 

Selain itu, Fuji XEROX DocuCentre SC2022 juga memiliki interface yang sederhana sehingga mudah dioperasikan, konektivitas Wi-Fi yang baik, dan fitur cost control yang oke.

Fuji XEROX DocuCentre SC2022 cocok untuk kebutuhan cetak secara mobile karena dapat dioperasikan dengan cloud connected. Kecepatan cetak Fuji XEROX DocuCentre SC2022 adalah 20 lembar per menit.

5. Konica Minolta Bizhub C650i / C550i / C450i

Konica Minolta Bizhub C650i / C550i / C450i
Sumber: Konica Minolta

Konica Minolta Bizhub C650i / C550i / C450i mudah digunakan karena memiliki layar interface touchscreen. Teknologi bizhub yang digunakan juga memudahkan pengguna untuk mempelajari pengoperasian mesin fotocopy.

Konica Minolta Bizhub C650i / C550i / C450i memiliki resolusi warna cetak tinggi dengan kecepatan cetak hingga 65 lembar per menit.

Baca Juga: Jenis Peralatan dan Perlengkapan Kantor Serta Fungsinya

6. Samsung M2885FW

Samsung M2885FW
Sumber: Samsung

Ruangan kamu tidak terlalu besar? Maka Samsung M2885FW adalah rekomendasi mesin fotocopy yang cocok untuk kamu. Awalnya, ini adalah printer laser yang memiliki banyak fitur.

Samsung M2885FW dapat mencetak dokumen sebanyak 29 lembar dalam satu menit. Resolusi cetaknya sangat bagus, yaitu mencapai 4800x600 dpi dan kecepatan cetaknya yaitu 8,5 detik saja. Jika dikalkulasikan, mesin fotocopy ini dapat mencetak hingga 12.000 lembar per bulan.

7. Sharp AR 6023D

Sharp AR 6023D
Sumber: SHARP

Banyak orang mengenal SHARP sebagai brand elektronik berupa televisi, kulkas, atau mesin cuci. Padahal, SHARP juga memiliki produk mesin fotocopy keren, lho. Sharp AR 6023D contohnya.

Sharp AR 6023D memiliki teknologi OSA yang dapat digunakan untuk mengekstrak data dokumen perusahaan.

Mesin ini memiliki kecepatan cetak 23 lembar per menit dengan resolusi cetak hingga 600 dpi. Sharp AR 6023D juga memiliki stackless duplex module sehingga mempermudah penyalinan dokumen.

8. Canon imageRUNNER 2006N

Canon imageRUNNER 2006N
Sumber: Canon Indonesia

Canon imageRUNNER 2006N dilengkapi dengan fitur konfigurasi PINI, jadi ketika kamu mencetak dokumen rahasia, tidak bisa sembarangan diakses kembali oleh orang lain. Canon imageRUNNER 2006N bahkan bisa mencetak dokumen secara jarak jauh menggunakan aplikasi, lho. Namun, mesin ini hanya bisa mencetak dokumen monokrom saja.

9. Canon iRA 4545i/4551i

Canon iRA 4545i/4551i
Sumber: Canon Indonesia

Canon menjadi perusahaan yang menghasilkan banyak peralatan elektronik berkualitas. Mesin fotocopy Canon bahkan patut diacungi jempol karena kualitasnya yang tidak perlu diragukan lagi.

Salah satu mesin fotocopy-nya adalah Canon iRA 4545i/4551i yang memiliki desain keren dengan banyak fitur seperti secured printing, PDF searching, duplex document feeder, hingga scan to email

Canon iRA 4545i/4551i memiliki kecepatan cetak hingga 51 lembar per menit dan resolusi hasil salinannya adalah 1200 dpi.

10. Epson EcoTank L15160

Epson EcoTank L15160
Sumber: Epson Indonesia

Epson EcoTank L15160 adalah rekomendasi mesin fotocopy yang patut kamu pertimbangkan karena desain dan ukurannya minimalis sehingga tidak membutuhkan ruang yang besar.

Meskipun ukurannya tidak begitu besar, tetapi mesin ini dapat mencetak dokumen dengan ukuran hingga A3.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Laptop Harga 5 Jutaan Terbaik 2023

Itulah 10 rekomendasi yang bisa kamu jadikan referensi ketika akan membeli mesin fotocopy untuk kantor maupun membuka usaha. Simak juga rekomendasi peralatan kantor lainnya hanya di blog KitaLulus.

KitaLulus juga menyajikan info loker terpercaya dari berbagai perusahaan di Indonesia yang bisa kamu lamar dengan mudah. Melamar kerja melalui aplikasi KitaLulus dijamin aman dari penipuan.

Nah, tunggu apalagi? Yuk, langsung saja instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu dan raih karir impian kamu secara mudah.

KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!