Makna Self Reminder, Manfaat, dan Quotesnya

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Self reminder-  Pasti kamu pernah menjumpai kata self reminder. Kita sering melihatnya di media sosial berupa kata-kata motivasi.  Secara sederhana self reminder artinya pengingat kepada diri sendiri.

Biasanya hal ini disampaikan dengan hal-hal yang inspiratif dan motivatif dari kata-kata orang hebat terkenal. Sehingga pikiran kita lebih tercerahkan dan menghadirkan perspektif baru tentang suatu hal. Dengan kata-kata self reminder, kita juga bisa mengendalikan diri dan perasaan.

Tapi, sebenarnya apakah self reminder itu? Sepenting apa contohnya? Mari kita bahas dalam artikel berikut ini!

Arti Self Reminder 

pengertian self reminder

Self reminder adalah bahasa Inggris yang punya arti pengingat diri untuk selalu melakukan kebaikan baik untuk diri sendiri maupun orang lain, serta fokus untuk melangkah ke masa depan.

Ada juga yang mengatakan self reminder artinya mampu mengingat bahwa ada hal-hal yang harus kita kerjakan untuk menggapai apa yang kita cita-citakan serta hal-hal yang perlu kita perbaiki dari kesalahan di masa lalu.

Bisa dikatakan, self reminder adalah “senjata” untuk merefleksikan diri dan mengevaluasi diri atas kesalahan yang kita lakukan di masa lalu. Dengan hal ini, kita akan terlatik untuk terus maju mengembangkan potensi yang dimiliki.

Kutipan self reminder dibuat untuk memantik emosional serta empati siapapun yang  membacanya. Dengan harapan dapat mengingat dirinya untuk tidak terjebak dalam kesedihan, keputusasaan, dan kembali termotivasi

Manfaat Self Reminder

Memaknai kalimat self reminder ternyata ada manfaatnya lho, seperti berikut ini:

1. Membuat Diri Lebih Tenang

Tentu ada kalanya diri kita tidak bisa mengelola emosi kita, baik itu karena sedang banyak tekanan dan pikiran atau juga dipengaruhi mood yang kurang baik. Nah, ternyata membaca kata-kata positif seperti self reminder dapat membuat hati dan perasaan lebih tenang, pikiran kita jernih, lega, serta terbuka dalam memandang suatu hal.

Sehingga, diri kita bisa lebih tenang dan tidak terpuruk dalam perasaan emosional.

2. Sebagai Motivasi

Sebagai manusia, pasti kita memiliki cita-cita dan harapan yang ingin kita gapai. Untuk itu, kita perlu bekerja keras dan mendapatkan dorongan baik dari dalam diri sendiri maupun luar diri kita.

Dorongan semangat dari luar diri bisa kita dapatkan dari self reminder. Kata-kata menguatkan dari self reminder yang biasanya dikutip dari orang-orang hebat akan membuat kita lebih percaya diri dalam melakukan hal yang menjadi tujuan kita.

3. Mengendalikan Diri

Terkadang, kita begitu sulit untuk mengendalikan diri kita dan bersikap ceroboh. Jika sudah begini, tentu akan merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Ketika kita menerapkan self reminder, kita bisa belajar untuk mengendalikan diri, baik sedih dan senang diri lebih baik.

Ciri-Ciri Orang Menerapkan Self Reminder

Ada beberapa ciri-ciri seseorang yang sedang mawas diri dengan self reminder. Berikut ini ciri-cirinya:

  • Mencoba untuk selalu melakukan hal baik dan positif.
  • Mampu menghindari diri dari sikap gegabah.
  • Mampu memotivasi diri saat sedang terpuruk.
  • Tidak mudah putus asa.
  • Selalu berpikiran terbuka saat ada masalah.

BACA JUGA: Buku Self Improvement yang Bisa Mengubah Hidupmu

Quotes Self Reminder dan Tips Menerapkannya

manfaat self reminder

Apakah kamu  sedang butuh kata-kata self reminder? Berikut ini beberapa quotes self reminder yang inspiratif dikutip dari orang hebat dunia.

1. "Hadiah terbesar dalam hidup adalah ketika bisa memiliki persahabatan yang kuat."

Tips: Cobalah lebih menghargai pertemanan yang kita miliki saat ini. Mereka adalah orang-orang yang selalu ada saat suka maupun duka. Jadi, jangan lupakan sahabatmu dan jaga hubungan dengan baik.

2. "Hidup adalah perjalanan menciptakan jati diri."

Tips: Hidup bukanlah hanya sekadar menemukan jati diri, tapi bagaimana kita bisa membentuk jati diri menjadi pribadi yang berguna. Oleh karena itu, jadilah orang yang memiliki tujuan dan berusaha untuk berguna.

3. "Hari besar dalam hidup kita terjadi dua kali, yaitu saat hari di mana kita dilahirkan dan ketika kita menemukan alasan untuk apa kita dilahirkan."

Tips: Hari kita dilahirkan memang peringatan  besar, tapi ketika kita sudah tahu tujuan kita untuk hidup, hari itu akan sangat besar lagi. Jadi, cobalah untuk temukan hal itu.

4. "Jangan terjebak pada masa lalu, cobalah bermimpi tentang masa depan."

Tips: Kadang masa lalu membuat kita terjebak dan sulit melangkah. Padahal jika kita ingin maju, kita harus berani melangkah ke depan. Jadi, cobalah berkonsentrasi dan perlahan beranjak dari masa lalu dan percaya jika ada hal indah yang menanti kita di depan.

5. "Sangat penting untuk memiliki keseimbangan dalam hidup kita antara bekerja dan bermain" -Bobby Flay

quotes self reminder

Tips: Terkadang kita hanya sibuk bekerja, apalagi sekarang dengan adanya budaya hustle culter. Kita cenderung merasa bersalah saat kita tidak bekerja. Padahal, mengambil jeda sejenak dari pekerjaan adalah hal yang penting agar kita tidak stres. Untuk itu, ayo jangan hanya bekerja, cobalah bermain juga bersama teman-teman.

6. "Kamu tidak selalu bisa mengontrol apa yang terjadi di luar. Tetapi kamu bisa mengontrol apa yang ada di dalam diri." -Wayne Dyer

Tips: Kita memang tidak bisa mengontrol segala hal, termasuk yang di luar diri kita. Jadi cobalah kita mengontrol penuh diri kita agar tidak ceroboh.

7. "Hanya karena kamu mengambil jeda bukan berarti kamu merusaknya." -Curtis Tyrone Jones

Tips: Banyak orang yang merasa saat mereka beristirahat dan mengambil jeda dari pekerjaan. Mereka akan merusaknya, padahal istirahat dan mengambil jeda adalah hal penting yang membuat pikiran kita lebih fresh. Jadi, jangan merasa bersalah saat kamu mengambil jeda.

8. "Kita memang tidak bisa mengubah masa lalu tapi kita bisa mempersiapkan masa depan yang lebih baik."

Tips: Memang apa yang sudah terjadi tidak bisa kita ubah, tetapi kita masih bisa melakukan yang terbaik untuk masa lalu kita. Jadikanlah pengalaman masa lalu sebagai bekal kita untuk berhasil di masa depan.

9. "Dengan ketulusan, kebahagiaan akan tercipta."

Tips: Kita sibuk mencari hal apa yang membuat kita bahagia, padahal jika kita ingin bahagia, diawali dengan ketulusan. Jadi lakukanlah segala hal dengan ketulusan di dada.

10. "Kesabaran adalah hal yang penting untuk kamu miliki." -Jack Ma

Tips: Jack Ma, orang terkaya di China telah membocorkan rahasianya, bahwa semua harus dimulai dengan kesabaran. Dari kesabaran akan lahir konsistensi lalu kita bisa mencapai kesuksesan.

Nah, itulah yang perlu kamu tahu tentang self reminder dan contoh kalimatnya. Semoga ini bisa memotivasi diri kamu untuk lebih semangat.

Self reminder untuk kamu yang sedang mencari kerja. Bahwa sekarang ada aplikasi KitaLulus  yang bisa bantu kamu dapat kerja lebih cepat dan mudah. Kamu cukup download aplikasinya di PlayStore, lalu kamu bisa temukan 50.000 lowongan dari berbagai perusahaan dan industri.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk instal KitaLulus sekarang dan dapatkan pekerjaan impian dengan #LebihMudah dari sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!