Seperti Apa Itu Pekerjaan Marketing Communication Andal? Simak Di Sini!

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Marketing communication atau marcom pasti sudah sering sekali kamu dengar. Istilah ini sendiri mengacu kepada strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan untuk kepentingan mencapai target pasar dengan berbagai media. 

Oleh karenanya, posisi ini mengambil peran vital di perusahaan. Ia harus membuat konsep marketing communication yang bisa mendatangkan income ke perusahaan. Dalam artikel ini kamu bisa mengetahui lebih dalam mengenai marcom, yuk simak!


Apa Itu Marketing Communication

Marketing communication adalah segala pesan dan media yang digunakan perusahaan untuk menyampaikan pesan pemasaran sebagai cara berkomunikasi dengan target pasar. 

Bentuk dari marketing communication bisa beraneka ragam. Mulai dari iklan, pemasaran langsung, branding, aktivitas online, presentasi sales, dan lainnya.

Dalam perjalanannya, konsep marketing communication harus mampu menemukan media mana yang sesuai dengan target pasar. Apabila pemasaran menarik, dan media yang disampaikan sesuai dengan target pasar, bisa terjadi penjualan bahkan pembelian berulang.

Oleh sebab itu pemilihan media dan bagaimana pesan disampaikan jadi hal penting yang sangat perlu diperhatikan. 


Mengapa Sebuah Marketing Communication Penting?

Menjalankan komunikasi pemasaran sama seperti mengupayakan strategi pemasaran dalam jangka panjang. Artinya, hasil dari konsep ini baru akan memperlihatkan hasil dalam waktu yang lama.

Pertama-tama, agar produk atau merek dikenal, perlu dibangun brand awareness. Brand awareness ini berlaku baik itu untuk merek baru maupun lama. 

Tidak hanya membangun awareness, adanya marcom juga berperan sebagai pengubah persepsi masyarakat. Bisa yang awalnya tidak suka menjadi suka, ini sering terjadi untuk brand atau produk yang mendapatkan citra negatif di masyarakat.

Lalu, yang terpenting dari adanya marketing communication adalah memotivasi target pasar untuk membeli produk lagi dan lagi. Ini biasanya dilakukan dengan membuat iklan persuasif, yang menekankan manfaat yang lebih besar dari produk atau jasa yang dijual dibandingkan dengan kompetitor.

Salah satu contoh penerapan marcom yang membuat orang ingin mencoba adalah memberikan uji coba produk gratis kepada umum. Ini akan membujuk mereka agar mencoba untuk pertama kalinya. Dari sini, akan terbangun awareness.


Bentuk-bentuk Marketing Communication

Terdapat beberapa bentuk dari marcom yang umum digunakan dan telah dikenal luas. Berikut di antaranya.


1. Iklan

Iklan dibentuk dengan mengembangkan kualitas atau promosi yang menarik sehingga menaikan daya beli konsumen. Iklan memiliki potensi besar untuk menarik perhatian dengan adanya edukasi produk kepada konsumen.


2. Sales Promotion

Bentuknya adalah promosi jangka pendek dengan tujuan mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat. Sales promotion sering digunakan untuk meningkatkan penjualan atau memperkenalkan produk baru.


3. Personal Selling

Bentuk ini biasanya ada tindakan penawaran secara personal sehingga terbangun kedekatan yang dapat meningkatkan pembelian. 


Contoh Strategi Marketing Communication

Agar kamu bisa sukses menjalankan marcom, dibutuhkan berbagai strategi. Tentunya penerapan strategi juga harus disesuaikan dengan tujuan yang hendak dicapai. Tujuan bisa meningkatkan penjualan atau juga menambah jumlah konsumen.


Berikut ini beberapa contoh strategi marketing communication yang bisa diterapkan.


1. Kenali Target Pasar

Pertama, kamu perlu tahu terlebih dulu, siapa yang jadi target pasar. Caranya, cobalah lakukan penelitian mengenai segmentasi pasar. Pelajari pasar dari sisi geografis, demografis, psikografis, hingga sosiokultural.


2. Temukan dan Tentukan Keunikan Produk

Strategi selanjutnya adalah temukan dan tentukan apa yang jadi keunikan produk dibanding kompetitor. Cobalah lakukan riset kompetitor. Temukan solusi apa yang produk kamu tawarkan dan tidak bisa ditemukan di produk kompetitor.

Dengan begini pelanggan akan tertarik menggunakan produk brand-mu.


3. Pastikan Pesan Paling Menonjol

Tidak bisa dipungkiri, persaingan antar produk begitu ketak, salah satu cara untuk mendapatkan perhatian adalah membuat pesan pemasaran yang menonjol dari lainnya.

Caranya? Tidaklah sulit, pastikanlah semua pesan yang kamu sampaikan selaras dan konsisten agar mudah diingat.


4. Sesuaikan Gaya Bahasa 

Agar pesan mengenai, gunakanlah gaya komunikasi yang sesuai dengan target pasar yang disasar. Sesuaikan juga pesan dengan apa yang jadi kebutuhan mereka.

Misalnya, jika produkmu diperuntukan untuk rentan usia 40-an, pastikan selalu menggunakan font berukuran besar. 


5. Pilih Media yang Tepat

Terakhir, perlu kamu ketahui, tidak semua media efektif untuk produk kamu. Semua ini kembali lagi kepada siapa segmen produk tersebut. Oleh sebab itu, setelah mendapatkan hasil riset dari segmentasi target pasar, pelajari juga bagaimana mereka mendapatkan dan berbagi informasi, media apa yang digunakan.

Jangan hanya latah menggunakan media a,b,c tanpa pernah tahu esensinya apa. Kamu harus benar-benar mengetahui karakteristik dari target pasar dan media itu sendiri.


Pekerjaan Marketing Communication

Marketing communication dijadikan alat utama untuk promosi. Baik itu promosi produk, layanan, dan brand kepada target pasar secara luas. Karenanya pekerjaan marketing communication punya ruang lingkup mulai dari yang luas. 

Mulai dari menganalisis pasar serta kebutuhan konsumen, melihat persepsi konsumen tentang produk, mengevaluasi perilaku pasar, hingga menentukan strategi promosi dan media apa yang digunakan.

Pada dasarnya marcom mencakup pula kegiatan seperti marketing PR, client relations, iklan, komunikasi internal. Untuk itu, pekerjaan marketing communication wajib memiliki skill yang baik tentang hal-hal berikut ini, karena mereka terlibat dalam pemasaran hingga produksi press release.


1. Menulis

Menulis jadi satu skill penting untuk pekerjaan marketing communication. Sebab, strategi pemasaran tidak pernah lepas dari penggunaan kata-kata. 

Keperluan menulis juga banyak mediumnya mulai dari press release, news letter, dan lainnya.


2. Public Speaking

Kebanyakan tugas dari seorang marketing communication membutuhkan kemampuan berbicara baik internal maupun juga ke klien, sehingga kemampuan public speaking yang baik sangat dibutuhkan.


3. Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang baik adalah kunci dari pekerjaan marcom. Tidak sebatas komunikasi verbal saja, lho tapi juga komunikasi nonverbal. Komunikasi nonverbal termasuk bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan intonasi suara.

Dengan komunikasi yang baik, kita dapat memahami apa yang dibutuhkan dan dirasakan konsumen.



Tugas Seorang Marcom

Setelah memahami skill yang dibutuhkan, mari kita ketahui apa saja yang akan jadi tugas dari pemasaran komunikasi, di antaranya sebagai berikut. 


1. Promosi

Tugas pertama seorang marcom adalah melakukan promosi. Ini merupakan aktivitas penjualan produk yang sifatnya jangka pendek atau jangka panjang. 

Dalam menjalankan tugas promosi, seorang marcom akan terlibat dalam penentuan strategi hingga media promosinya.


2.  Memasarkan Produk Secara Langsung

Marcom juga terlibat dalam melaksanakan strategi dan melakukan pemasaran langsung. Biasanya pemasaran langsung ini dilakukan lewat negosiasi. Saat melakukan negosiasi ini, seorang marcom harus mampu menjelaskan keunggulan produk dan meyakinkan calon konsumen untuk menggunakan produk.


3. Menjaga Hubungan Baik

Tugas marcom juga berkaitan dengan menjaga hubungan baik dengan konsumen maupun instansi. Hubungan baik ini sangat berguna untuk menjaga citra produk di mata masyarakat Keberhasilan menjaga hubungan juga pada akhirnya memengaruhi orang untuk mencoba produk kita.


Itulah hal tentang marketing communication yang perlu kamu ketahui. 

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk meniti karier di bidang marketing communication? Yuk, coba lamar pekerjaan di bidang ini di aplikasi KitaLulus yang tersedia di Play Store!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!