Syarat Penting Menjadi Supir Pribadi yang Profesional | Kisaran Gajinya Lumayan, lho!

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Menjadi supir pribadi merupakan salah satu pekerjaan informal yang bisa jadi pilihanmu yang punya keahlian mengemudi dengan baik. Jasa supir memang terdengar gampang, tapi jangan sangka, semua orang mungkin bisa mengemudi tapi tidak semua orang bisa mengemudi dengan nyaman. Menjadi seorang supir juga soal cara berkendara, perpindahan transmisi dan cara injak gas serta rem sangat pengaruhi kenyamanan.

Untuk gaji, menjadi supir juga cukup menjanjikan lho. Bila mungkin kamu tertarik untuk menjadi supir, simak beberapa hal ini agar kamu bisa jadi supir idaman!


Syarat Menjadi Supir Pribadi

Menjadi supir pribadi mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap kenyamanan dan keselamatan penumpang selama dalam perjalanan.  Kamu dituntut untuk tetap fokus dan berada dalam kondisi prima selama berkendara agar selamat sampai tujuan.

Untuk menjadi supir pribadi baik itu untuk perusahaan atau juga untuk personal, setidaknya ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi, sebagai berikut:


1. Surat Izin Mengemudi (SIM)

Syarat jadi supir pribadi yang pertama dan wajib adalah memiliki SIM. Memiliki SIM jadi hal yang tidak bisa ditawar lagi bagi seorang supir. Ketentuan ini sendiri sudah diatur dalam UU No. 14 tahun 1992 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Setiap pengemudi atau sopir wajib memiliki surat izin mengemudi dan cara mendapatkannya harus melalui ujian mengemudi.

SIM sendiri punya enam kategori, yaitu:

a. Golongan SIM A

Golongan SIM ini diperuntukkan untuk kendaraan bermotor roda 4 dengan berat yang diperbolehkan tidak lebih dari 3.500 Kg.

b. Golongan SIM A Khusus

Dikhususkan untuk kendaraan bermotor roda 3 dengan karoseri mobil (Kajen VI) yang difungsikan untuk angkutan barang atau orang. Tetapi ini bukan sepeda motor dengan kereta samping

c. Golongan SIM B1

SIM ini diperuntukkan kendaraan bermotor yang memiliki bobot lebih dari 1.000 kg.

d. Golongan SIM B2

Jenis SIM untuk kendaraan bermotor dengan kereta tempelan yang memiliki bobot lebih dari 1.000 kg.

e. Golongan SIM C

SIM untuk kendaraan bermotor beroda 2 yang memiliki kecepatan lebih dari 40 km/jam.

f. Golongan SIM D

Sedangkan yang terakhir, SIM ini dikhususkan untuk pengendara penyambung disabilitas atau berkebutuhan khusus.


Pastikan SIM kamu juga dalam keadaan aktif dan berlaku.


2. Sehat Jasmani dan Rohani

Seorang supir sebelum berkendara harus dipastikan sehat baik secara jasmani dan rohani. Untuk memastikan apakah kamu sehat, kamu bisa mengeceknya ke puskesmas atau rumah sakit. Hal ini demi kenyamanan dan keselamatan penumpang dan juga kamu.

Sebagai supir kamu juga tidak boleh dalam pengaruh alkohol sebelum mengemudi.


3. Mahir Berkendara

Seorang supir mobil  tidak hanya asal menyetir tapi harus tahu bagaimana cara mengemudi yang baik dan benar. Hal ini agar ketika di jalan raya tidak ugal-ugalan dan tetap mematuhi semua rambu lalu lintas demi keamanan dan keselamatan bersama.

Untuk itu, ketika menjadi supir penting untuk memiliki  sikap waspada dan ketenangan.


4. Hafal Rute Jalan

Mengetahui jalan, juga adalah syarat menjadi supir. Karena kamu adalah orang yang akan diandalkan untuk sampai ke tujuan tepat waktu dengan selamat.  Meskipun kini telah ada teknologi peta digital, seperti GPS atau Google Maps, kamu harus tahu dan hafal rute dan lokasi di wilayah tersebut.

Kemampuan dalam membaca peta juga penting dan harus kamu kuasai, karena apabila suatu waktu kamu mengunjungi tempat baru, kamu tidak menghabiskan banyak waktu di jalan karena tersesat. 

Begitu juga dengan tempat-tempat penting seperti rumah makan, rumah sakit, serta yang lainnya. Jadi bila kamu ingin melamar menjadi supir mobil ada baiknya kamu harus meng-update pengetahuan tentang jalanan di daerah kamu.


5. Memahami Rambu-Rambu

Sebagai supir yang baik dan taat lalu lintas, menjadi supir juga harus memahami rambu-rambu. Tiap rambu tentu punya arti yang berbeda-beda. Misalnya berapa kecepatan maksimal yang diperbolehkan, apakah boleh menyalip kendaraan di depan, dan sebagainya.


6. Berpenampilan Rapi

Penampilan juga harus diperhatikan. Kamu harus berpakaian rapi saat berkendara. Untuk pakaian, cobalah menggunakan kemeja, atau kaos yang berkerah, bila diperlukan juga baju dimasukkan ke dalam dan menggunakan ikat pinggang. Rambut juga usahakan tidak gondrong, serta disisir rapi, kuku tidak panjang dan kotor.


Pendidikan Minimal Supir Pribadi

Sebagai salah satu pekerjaan sektor informal, sebenarnya tidak ada minimal pendidikan khusus. Tapi setidaknya kamu adalah seorang lulusan SMA atau sederajatnya. Kualifikasi pendidikan ini kembali lagi kepada kebutuhan masing-masing. 

Jika memang kamu sudah ahli mengendarai mobil walau hanya lulusan SMP, jangan ragu untuk melamar jasa supir selama kamu memenuhi syarat.


Berapa Kisaran Gaji Supir Pribadi?

Besaran gaji supir bisa berbeda-beda, namun saat ini sudah banyak juga supir yang mendapatkan gaji kisaran UMR dengan berbagai insentif yang didapatkan. 

Penentuan gaji supir juga tergantung dengan tanggung jawabnya, apakah untuk supir pribadi perusahaan atau untuk perorangan saja. 


Bagaimana Prospek Kerja Supir Pribadi?

Prospek menjadi supir pribadi terbilang bagus, karena semua orang membutuhkan jasa supir. Apalagi bila kamu sudah punya pengalaman, kesempatan kamu untuk mendapatkan pekerjaan akan lebih mudah. Atau kamu juga bisa bergabung dengan jasa outsourcing supir untuk membantu kamu mendapatkan pekerjaan sebagai supir profesional. 

Karirnya pun beragam, bisa supir pribadi perusahaan, supir profesional harian, atau juga supir angkutan barang. 


Lamaran supir pribadi atau outsourcing supir bisa dengan mudah kamu temukan di aplikasi KitaLulus. Cukup download aplikasinya di Play Store secara gratis, buat akun mu, dan temukan lowongan supir sesuai domisili. Di KitaLulus, melamar kerja itu mudah, cepat, aman! Yuk, download sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!