Ternyata Begini Cara Mudah Cek Nomor BPJS Kesehatan

Close Pop up

Isi Artikel

BPJS Kesehatan menjadi hal yang wajib didapatkan oleh setiap pekerja baik sektor formal dan informal. Program ini dimaksudkan untuk memberikan jaminan dan perlindungan kesehatan kepada para pekerja. Sejak diluncurkan, BPJS terus berinovasi menghadirkan kemudahan, termasuk juga kemudahan cek nomor BPJS Kesehatan.

Setiap pekerja yang terdaftar BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan wajib tahu dan menyimpan nomor ini karena ini terkait iuran yang harus dibayarkan dan kepentingan penggunaan lainnya jika dibutuhkan.

Cek nomor BPJS Kesehatan sendiri tidaklah sulit, simak berbagai caranya dalam artikel di bawah ini, ya!


Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan 

Seiring dengan perkembangan teknologi di segala bidang termasuk pemerintahan, masalah cek nomor BPJS Kesehatan bukan lagi hal yang sulit. Bahkan kamu bisa melakukannya dalam hitungan detik saja.

Cek nomor BPJS Kesehatan bisa kamu lakukan dengan 6 cara:

  • SMS Gateway
  • Aplikasi Mobile JKN 
  • Website BPJS Kesehatan
  • Call Center BPJS Kesehatan
  • Media Sosial Twitter
  • Datang ke kantor BPJS terdekat

Berikut ini masing-masing cara cek nomor BPJS Kesehatan yang bisa kamu lakukan.


1. SMS Gateway

Tahukah kamu, BPJS Kesehatan memiliki layanan SMS Gateway, lho. Cara ini bisa kamu gunakan untuk melakukan pengecekan nomor, baik itu karena kartu BPJS Kesehatan yang kamu pegang hilang atau rusak.

Kamu bisa memilih cek nomor BPJS Kesehatan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau juga Nomor Induk Pegawai (NIP).

- Untuk cek nomor BPJS Kesehatan lewat NIK, ketik NIK<spasi>Nomor Induk Kependudukan.

- Apabila menggunakan NIP, ketik NIP<spasi>Nomor Induk Pegawai.

Pilih salah satu format lalu kirim ke 08777-5500-400.


2. Aplikasi Mobile JKN

Cek nomor BPJS Kesehatan juga bisa kamu lakukan melalui aplikasi yang bernama Mobile JKN. Aplikasi ini sudah tersedia di Android dan iOs.

Penggunaannya juga mudah, bila sudah terdaftar kamu bisa langsung login menggunakan email dan password

Saat sudah berhasil masuk, pilih menu “Peserta” maka kamu akan melihat informasi keanggotaan sebagai peserta BPJS Kesehatan.


3. Website BPJS Kesehatan

Terlalu malas install aplikasi? Tenang, kamu bisa cek nomor BPJS Kesehatan yang hilang atau rusak melalui website resmi BPJS Kesehatan. 

Tapi untuk melakukan pengecekan ini kamu juga harus mengetahui nomor BPJS Kesehatan anggota keluarga yang terdaftar di Kartu Keluarga beserta tanggal lahirnya. Nantinya, ketika kamu sudah masuk laman website, isi nomor BPJS Kesehatan miliki anggota keluarga. 

Setelah itu akan muncul nomor BPJS Kesehatan anggota keluarga lain, termasuk juga milikmu.


4. Call Center

Proses mudah lainnya untuk mengetahui nomor BPJS Kesehatan adalah dengan menghubungi call center BPJS Kesehatan di nomor 1500 400. 

Call center ini beroperasi 24 jam,  apabila terlalu sibuk di siang hari, kamu masih bisa menghubungi setelah selesai bekerja. Nantinya petugas akan menyebutkan data untuk melakukan verifikasi.

Jika verifikasi sesuai, maka tidak butuh waktu lama petugas akan menyebutkan nomor BPJS-mu, jangan lupa dicatat, ya!


5. Media Sosial Twitter

Sekarang cek nomor BPJS Kesehatan bisa kamu lakukan melalui media sosial Twitter. Beruntunglah kamu yang aktif media sosial karena dapat memanfaatkan cara ini dengan baik.

Cara cek nomor BPJS Kesehatan di Twitter bisa dilakukan dengan mention akun resmi @BPJSKesehatanRI, maka para admin akan dengan sigap menjawab mention-mu melalui direct message. 

Nantinya, admin akan menanyakan beberapa hal yang terkait dengan data diri sebelum memberikan kamu nomor BPJS.


6. Datang ke Kantor BPJS Kesehatan Terdekat

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui nomor BPJS Kesehatan kamu adalah dengan mendatangi kantor BPJS Kesehatan.

Saat kamu mengunjungi kantor BPJS Kesehatan, jangan lupa untuk membawa KTP dan Kartu Keluarga (KK).

Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan

Selain BPJS Kesehatan, jaminan lainnya yang dimiliki karyawan adalah BPJS Ketenagakerjaan. Apakah kamu sudah tahu berapa nomor BPJS Kesehatan yang kamu miliki? Jika belum, tenang cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK atau cek nomor BPJS dengan KTP bisa jadi solusi.


1. Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi

Cek nomor BPJS dengan NIK bisa dilakukan via aplikasi BPJSTKU. Dengan aplikasi kamu tidak perlu repot-repot buang waktu ke kantor BPJS hanya untuk mencek nomor BPJS. Berikut caranya:

- Unduh aplikasi BPJSTKU di Play Store

- Pilih opsi Login.

- Masukkan e-mail dan kata sandi yang kamu gunakan saat mendaftar.

- Pada menu utama pilih opsi Kartu Digital

- Ketuk gambar kartu BPJS  kamu

- Informasi detail akan muncul  berupa nomor, dan status BPJS Ketenagakerjaan kamu 

- Pada menu utama cukup pilih opsi Saldo, kamu akan mendapatkan informasi besaran total saldo dan dana yang telah dibayarkan.


2. Website resmi BPJS Ketenagakerjaan

Praktis dan hemat waktu mengecek nomor BPJS melalui laman resmi BPJS. Cukup membuka browser dari komputer ataupun ponsel, dan kunjungi website resmi BPJS Ketenagakerjaan.

Lalu, pilih opsi login dan masukkan e-mail serta kata sandi yang telah kamu buat sebelumnya. Pada menu utama, ketuk atau klik opsi Kartu Digital. Informasi dan nomor kartu BPJS akan muncul secara lengkap.


3. Pusat pelayanan BPJS Ketenagakerjaan

Kamu dapat mencoba menghubungi langsung pusat pelayanan BPJS. Pusat pelayanan BPJS Ketenagakerjaan mempunyai layanan pelanggan berbasis telepon dan aplikasi olah pesan WhatsApp serta e-mail.

- Telepon Kantor Pusat: 021 - 520 7797

- E-mail: care@bpjsketenagakerjaan.go.id

- WhatsApp: +62-811-9115910 atau +62-855-1500910

- BPJS Ketenagakerjaan daerah lain: https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/kontak.html


Sebagai catatan untuk kamu, nomor WhatsApp hanya dikhususkan bagi WNI yang bekerja di luar negeri. Layanan via WhatsApp beroperasi mulai pukul 06.00 hingga 22.00 Waktu Indonesia bagian Barat.

Baik BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan adalah hak kamu, pastikan kamu memperhatikan bagian benefit apa saja bila bergabung dengan suatu perusahaan. Bagian ini biasanya ada di bagian bawah.


Pastikan kamu hanya melamar pekerjaan di lowongan yang terpercaya dan memiliki jaminan kesehatan terhadap masa depan kamu. Untuk mendapat pekerjaan yang kamu inginkan, bisa download aplikasi KitaLulus. Yuk, download sekarang juga


Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

KitaLulus Andoid App available on Google Play