Wajib Tahu! Ini 10 Tindakan yang Harus Dilakukan Saat Gempa Bumi Terjadi

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Apa yang harus dilakukan saat gempa bumi terjadi— Gempa kerap terjadi di berbagai daerah Indonesia. Saat gempa terjadi, seringnya kita langsung merasa panik. Apalagi bila bekerja di gedung-gedung tinggi. Nah, oleh sebab itu, penting sekali untuk kamu mengetahui apa yang harus dilakukan saat gempa bumi terjadi.

Oke, mungkin saja kamu menganggap mitigasi bencana seperti ini aneh. Tapi, mengetahui cara menyelamatkan diri saat gempa bumi juga tidak ada salahnya, lho! Apalagi kamu tinggal di Indonesia yang notabene negara dengan aktivitas vulkanik dan tektonik tinggi.

Jadi, apa yang harus dilakukan saat gempa bumi terjadi? Bagaimana cara agar kamu bisa menyelamatkan diri dan orang lain saat gempa bumi? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini, ya!


Mengapa Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi?

Kamu pasti sadar, Indonesia adalah salah satu negara yang kerap mengalami gempa bumi. Bahkan, bisa terjadi hingga sekitar 500 gempa bumi dalam sehari. Hanya saja, sebagian besar gempa bumi tersebut terjadi di kedalaman lautan yang tidak terlalu terasa di daratan. 

Kenapa ya hal itu bisa terjadi?

Seringnya terjadi gempa di Indonesia karena pulau-pulau di Indonesia terletak di sepanjang jalur seismik bergejolak yang disebut Cincin Api Asia. Inilah yang menjadi alasan mengapa gempa bumi sampai letusan gunung berapi kerap terjadi. 

Pertolongan pertama saat gempa bumi
Peta titik rawan gempa bumi di Indonesia (sumber: BMKG)

Selain itu, Indonesia juga kebetulan berada di retakan lempeng bumi yang memisahkan berbagai benua. Secara geografis, ada empat lempeng tektonik mengelilingi Indonesia, yakni lempeng Benua Asia, Benua Australia, Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik. Dibandingkan tempat lain, wilayah yang terletak di atas lempeng tektonik bumi lebih berpotensi mengalami gempa akibat pergeseran lempeng.


BACA JUGA: Waspada Varian Baru Covid Omicron! Tetap Jaga Protokol Kesehatan


Apa yang Harus Dilakukan saat Gempa Bumi Terjadi?

Tindakan yang harus dilakukan saat gempa bumi

Melihat seringnya gempa terjadi di Indonesia, mengetahui apa yang harus dilakukan saat gempa bumi  terjadi wajib kamu ketahui. Jadi bila sewaktu-waktu gempa terjadi kamu tidak lagi panik dan bingung apa yang mesti kamu lakukan. Catat langkah menyelamatkan diri selama gempa bumi berikut ya!

1. Lindungi Kepala

Bila terjadi gempa dan kamu sedang berada di dalam gedung, coba lindungi kepala dan badan. Kamu bisa melindungi kepala dengan buku tebal atau tas.

Hindari furniture atau perabotan yang mudah jatuh, seperti lemari, rak, dan cermin karena berpotensi untuk jatuh dan menimpa tubuh atau menghalangi jalan evakuasi.


2. Matikan Listrik dan Sumber Api

Gempa bisa menyebabkan konsleting listrik, untuk itu saat terjadi gempa cobalah matikan listrik dan sumber api yang bisa menyebabkan kebakaran. Supaya lebih cepat menyelamatkan diri, kamu bisa mencoba mematikan sekring atau sirkuit pemutus listrik satu bangunan.


3. Hindari Menggunakan Lift

Cara menyelamatkan diri saat gempa bumi

Jika memungkinkan untuk evakuasi, keluarlah dari gedung dengan menggunakan tangga darurat, bukan lift. Sebab bila kamu menggunakan lift, ditakutkan kamu bisa terjebak karena terjadi korsleting listrik ataupun rem darurat yang sewaktu-waktu aktif. 

Bila kamu sedang di dalam lift dan merasakan gempa, segera tekan semua tombol. Setelah pintu terbuka, segera cari tempat untuk berlindung. Tapi, bila pintu tidak bisa terbuka, tekan tombol darurat dan hubungi petugas gedung melalui interphone yang tersedia.


4. Jatuhkan Diri ke Lantai

Bila kamu sedang di dalam gedung dan tidak bisa keluar, jangan panik. Tetap tenang, cari tempat aman, dan jatuhkan diri ke lantai kemudian mencari perlindungan dengan berada di bawah meja atau furnitur yang kokoh sampai guncangan gempa selesai.

Kamu juga bisa berlindung dekat kontruksi kuat seperti tiang-tiang besar (pondasi) atau pilar beton dan berdiri di dekat lift. Elemen struktur yang digunakan di area tersebut bisa meredam distribusi gempa dan menjadi tempat yang kuat dari bangungan.


5. Jauhi Jendela Kaca

Apa yang harus dilakukan saat gempa bumi terjadi yaitu kamu harus menjauhi semua jendela kaca atau benda-benda mudah pecah. Lindungi mata agar tidak terkena serpihan kaca yang terpecah.


6. Jangan Lari Terburu-buru

Lho, bukannya kita harus buru-buru evakuasi diri? Berdasarkan instruksi dari National Information Centre of Earthquake Engineering (NICEE), lari dalam kondisi terburu-buru membuat tidak bisa fokus apakah area yang dilalui aman atau tidak. 

Selain itu, ditakutkan kamu akan mengalami cedera karena guncangan yang terjadi kita juga harus menghindari penumpukan orang saat di tangga darurat.


7. Hindari Berlindung di Ruang Kecil

Hal apa yang harus dilakukan saat gempa bumi lainnya adalah sebisa mungkin hindari berlindung di ruang kecil seperti toilet atau gudang. Ini karena bisa memperlambat mitigasi atau evakuasi.


8. Dengarkan Setiap Informasi dan Instruksi

Saat kamu di dalam gedung, apa yang harus dilakukan saat gempa bumi terjadi adalah mendengarkan semua informasi dan instruksi yang diberikan. Dengan begini, kamu bisa tahu mitigasi apa yang perlu dilakukan dan dimana titik evakuasi. 


9.  Dahulukan Penyandang Disabilitas dan Orang Tua

Ada beberapa golongan yang harus diprioritaskan saat evakuasi gempa, yaitu penyandang disabilitas dan orang tua. Jadi, pastikan mereka mendapatkan bantuan untuk evakuasi lebih dulu.


10. Berdiri di Titik Kumpul

Teknik menyelamatkan diri saat gempa bumi

Bila kamu berhasil keluar dari gedung saat gempa, hindari berdiri di dekat mobil karena ditakutkan terjadi kebakaran. Sebaiknya kamu langsung berdiri di titik kumpul. Setiap gedung memiliki titik kumpul yang menandakan area tersebut adalah area yang aman. 


Itulah hal-hal apa yang harus dilakukan saat gempa bumi terjadi. Intinya saat bencana gempa terjadi usahakan untuk tetap tenang dan jangan panik. Semoga dengan mengetahui hal-hal ini, kamu bisa menjadi floor captain, yaitu orang yang memimpin evakuasi di gedung-gedung bertingkat.

Setelah tahu apa yang mesti dilakukan saat gempa, kamu juga harus tahu apa yang dilakukan saat masih nganggur atau belum mendapatkan pekerjaan yang cocok. Kamu perlu download aplikasi KitaLulus, di sana kamu bisa melamar yang paling sesuai untuk kamu dengan mudah dan cepat. Selain itu, kamu juga bisa menambah relasi, dan pengetahuan dengan bergabung di komunitas pekerjaan yang tersedia. Keren, kan? Yuk, lamar kerja di KitaLulus sekarang!


Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!