UMR Bekasi 2021 Jadi yang Tertinggi ke-2 Se-Jabar, Kok Bisa?

Close Pop up
Shirley Candrawardhani

Hobi saat ini baca manga dan maraton anime. Senang menulis di bidang young-adult dan naratif-deskriptif

Isi Artikel

Banyak sekali para pencari kerja yang tertarik bekerja di wilayah Bekasi dan sekitarnya. Ini karena UMR Bekasi jadi yang terbesar kedua se-Jawa Barat. Besar UMR Bekasi 2021 juga dilaporkan mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Keputusan kenaikan UMR Bekasi 2021 sendiri sempat mengalami kontra karena pada Oktober 2020, Kementerian Ketenagakerjaan mengatakan bahwa UMP 2021 tidak mengalami kenaikan. Hal ini lantaran situasi pandemi yang juga berdampak pada sektor bisnis.

Lalu, berapa kenaikan UMR Bekasi di tahun 2021? Mengapa UMR di wilayah Bekasi bisa lebih besar dibanding daerah lainnya? Mari kita simak bersama di bawah ini!


Kenaikan UMR Bekasi 2021

Ridwan Kamil, selaku Gubernur Jawa Barat telah menetapkan UMR di wilayah Jawa Barat melalui Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 561/Kep-Yanbangsos/2020.

Dalam keputusan tersebut, untuk wilayah Bekasi, baik tingkat kota maupun kabupaten mengalami kenaikan.

Untuk Kabupaten Bekasi, besar UMR mengalami kenaikan sebesar Rp293.843,00. Sebelumnya, UMR 2020 Kabupaten Bekasi sebesar Rp4.498.000,00. Sementara itu, UMR Kabupaten Bekasi 2021 menjadi Rp4.791.843,00.

Adapun untuk UMR Kota Bekasi tahun 2021 adalah Rp4.782.935,00 atau naik sebesar Rp 193.227,64 dari UMK tahun 2020 Kota Bekasi yang sebesar Rp 4.589.708,00.

Kenaikan UMR ini membuat UMR Bekasi 2021 menjadi yang terbesar ke-2 se Jawa Barat. Di urutan pertama ada Karawang dengan UMR sebesar Rp4.798.312,00. 

Bila dilihat dalam waktu lima tahun ke belakangan sendiri, UMR Bekasi selalu mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Inilah mengapa Kota dan Kabupaten Bekasi menjadi incaran para pencari kerja. 


Mengapa UMR Bekasi Lebih Besar?

Seringkali UMR suatu wilayah lebih besar dari UMR daerah lainnya. Seperti UMR Bekasi  yang lebih besar dari Jakarta padahal Jakarta adalah Ibu kota.  Perlu kamu ketahui juga, standarisasi upah buruh di Indonesia selalu mengacu pada Bekasi.

Ada beberapa faktor yang membuat UMR Bekasi bisa lebih besar dari daerah lainnya, seperti berikut ini:   


1. Banyaknya Lokasi Industri

Alasan pertama yang membuat UMR Bekasi lebih besar adalah banyak industri daripada di Jakarta. Untuk kawasan Kabupaten Bekasi saja, terdapat sembilan kawasan industri. Cikarang bahkan masuk dalam kota industri terbesar di Asia Tenggara. 

Jenis industri yang ada di daerah Cikarang pun beragam. Mulai dari industri elektronik, manufaktur, tekstil, dan lainnya. 

Maka tidak heran jika UMR Bekasi bisa lebih besar dari kota lainnya.


2. Semakin Meningkatnya Jumlah Pekerja

Semakin banyak jumlah industri, tentu semakin banyak jumlah pekerja. Tidak hanya para pekerja dari daerah Bekasi saja, tapi juga para pekerja dari daerah lainnya. Bahkan jumlah pekerja pendatang lebih banyak dari orang asli Bekasi sendiri. 

Kenaikan jumlah UMR Bekasi tiap tahunnya juga merupakan aspirasi dari para pekerja yang membentuk serikat. 


3. Standar Biaya Hidup Layak

Penentuan standar UMR sendiri dilihat dari tiga unsur, yaitu pengusaha, serikat buruh, dan pemerintah daerah selain itu juga, standar UMR harus mengacu kepada standar kebutuhan hidup layak (KHL). 

Berdasarkan hasil survey KHL di tiga pasar tradisional yang ada di Bekasi, yakni di Pasar Kranji, Pasar Baru, dan Pasar Bantargebang. Dipadatkan angka KHL mencapai sekitar 2,5 juta rupiah. Idealnya, UMR harus lebih tinggi dari KHL, maka didapatkan angka di kisaran 3-4 juta.

Selain mengacu pada KHL, dalam mengambil keputusannya Dewa Pengupahan juga mengambil nilai tengah antara permintaan buruh dengan tingkat kebutuhan di masyarakat.  


Begitulah penentuan dari UMR Bekasi 2021 yang mengalami kenaikan dan mengapa UMR Bekasi bisa lebih tinggi dari daerah lainnya.


Bagaimana, apakah kamu salah satu orang yang tergiur untuk bisa bekerja di Bekasi? Kalau begitu, tunggu apalagi, segera cari lowongan kerja Bekasi di aplikasi KitaLulus. Di sana kamu bisa menemukan berbagai jenis pekerjaan di berbagai daerah, termasuk Bekasi. Yuk, lamar pekerjaan di Bekasi sekarang di website KitaLulus!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

KitaLulus Andoid App available on Google Play