UMP Jawa Barat Naik, Bagaimana dengan UMR Bogor 2022, Naik Juga?

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sudah menetapkan UMR Bogor 2022 baik untuk tingkat kabupaten dan juga kota. Penetapan UMR ini sudah melalui berbagai pertimbangan yang matang dan juga mengikuti pedoman terbaru yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Untuk tingkat provinsi Jawa Barat, UMP sendiri mengalami kenaikan sebesar Rp1.841.487 atau naik 1,72% dari tahun 2021. Lalu bagaimana dengan UMR Bogor? Simak penjelasannya di sini!

Apakah UMR Bogor 2022 Naik?

UMR Bogor 2022 sudah resmi diumumkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada 30 November 2021 lalu.  Keputusan penetapan UMK tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor: 561/ Kep.732-Kesra/ 2021 tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota di Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2022.

Berdasarkan surat keputusan tersebut ditetapkan bahwa UMR Bogor 2022 untuk tingkat kota mengalami kenaikan menjadi Rp4.330.249,57. Kenaikan UMR Bogor 2022 bisa dibilang lumayan daripada UMR Kota Bogor 2021 yang sebanyak Rp 4.169.806,58. UMR Kota Bogor 2022 pun masuk dalam 5 besar UMR tertinggi di Jawa Barat

Dengan kenaikan ini tentu menjadi angin segar bagi para pekerja di kota Bogor, mengingat pada tahun 2021, kota Bogor menjadi salah satu daerah yang tidak mengalami kenaikan UMR.

Sedangkan UMR Kabupaten Bogor 2022 tidak mengalami kenaikan alias sama seperti UMR Kabupaten Bogor 2021 yaitu sebesar Rp4.217.206. Dengan begini, Kabupaten Bogor menjadi salah satu daerah dari sembilan daerah di Jawa Barat yang tidak mengalami kenaikan UMR 2022.


BACA JUGA: UMR Bekasi jadi yang Tertinggi Se Jawa Barat



Dasar Penetapan UMR Bogor 2022

Sebelum ditetapkan oleh Gubernur Ridwan Kamil, Ade Yasin selaku Bupati Kabupaten Bogor telah menyurati rekomendasi besaran UMK Bogor 2022 kepada Pemprov. Rekomendasi tersebut disampaikan melalui surat Nomor 561/1355 – Disnaker. Pemkab Bogor merekomendasikan UMK Bogor pada 2022 naik sebesar Rp4.520.844 atau naik 7,2 persen dari UMK Bogor 2021.

Rekomendasi Pemkab Bogor sendiri merupakan bentuk jalan tengah mengenai UMK Kabupaten Bogor 2022. Karena tidak adanya kesepakatan antara serikat pekerja dan pengusaha. Maka selaku pengambil kebijakan, Pemkab pun mengeluarkan surat tersebut untuk direkomendasikan kepada Pemprov. 

"Jadi surat rekomendasi itu, karena tidak ada kesepakatan antara serikat buruh dan pengusaha. Jadi, rekomendasi kami sampaikan untuk menampung aspirasi para buruh saja," jelas Ade.



Namun, Pemprov Jawa Barat memutuskan untuk tidak menaikan UMR Bogor 2022 di tingkat kabupaten. Hal ini karena dalam penerapannya, Pemprov berpedoman sesuai ketentuan pengupahan terbaru di Undang-Undang Cipta Kerja. 

”Kita rekomendasikan keinginan buruh, tapi kan gubernur melihat aturan yang ada sekarang, ternyata UMK kita sudah melebihi UMK batas atas sesuai PP 36,” papar Ade Yasin.

Berdasarkan PP.36 tahun 2021 pasal 26, dikatakan bahwa penyesuaian nilai upah minimum dilakukan setiap tahun dan ditetapkan pada rentang nilai tertentu di antara batas atas dan batas bawah upah minimum pada wilayah yang bersangkutan. 

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana untuk menentukan upah di suatu wilayah, pemerintah berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015. Dalam PP terbaru upah minimum ditetapkan berdasarkan kondisi ekonomi dan ketenagakerjaan.

Menurut Ade Yasin, keputusan Gubernur Ridwan Kamil membatalkan naiknya UMK Kabupaten Bogor dikarenakan sudah tingginya UMK Kabupaten Bogor tahun 2021 di Kabupaten Bogor. 

“Mungkin Pemprov Jawa Barat menilai UMK Kabupaten Bogor sudah tinggi makannya tidak naik. Atau mungkin Pemprov Jawa Barat punya penilaian batas UMK sendiri,”  jelas Ade.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Bogor Elia Buntang mengatakan, tahapan penentuan UMK Kota Bogor 2022 sudah melalui tahapan berbagai pembahasan. Hingga akhirnya ditetapkan oleh Gubernur Ridwan Kamil.

UMR Bogor 2022 ini menjadi patokan kamu bila ingin mencari kerja di kawasan Bogor, baik itu di kota atau kabupaten. Jangan sampai kamu mendapatkan upah yang di bawah UMR kecuali memang tempat kamu bekerja masuk dalam kategori pengecualian seperti UMKM. 

Kota Bogor sangat cocok untuk kamu yang mungkin tertarik bekerja di bidang jasa atau manufaktur. Di sana banyak sekali industri yang bergerak di bidang tersebut, bahkan menjadi tumpuan kota Bogor.


Jika kamu punya rencana untuk bekerja di Bogor, pastikan kamu memperhatikan lowongan yang kamu lamar, karena hari ini penipuan berkedok lowongan kerja semakin lihai. Untuk keamanan kamu, pastikan melamar kerja di job portal terpercaya seperti KitaLulus. Di platform satu ini, kamu tidak perlu takut lowongan kerja palsu karena semua lowongan sudah melalui tahapan verifikasi oleh tim untuk memastikan lowongan tersebut benar. Jadi, tidak perlu tunggu waktu lebih lama lagi, yuk raih pekerjaan impianmu bersama KitaLulus!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!