Gaji UMK Sleman Naik 7,25%, Tertinggi Kedua se-DIY

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Sebagai pekerja atau pencari kerja, info mengenai kenaikan UMK wajib untuk kamu ketahui. Ini semua demi upah layak yang kamu dapatkan saat bekerja. Jika kamu masih bertanya-tanya mengenai besaran UMK Sleman 2024, maka kamu harus menyimak artikel berikut.

Kabarnya, Sleman mengalami kenaikan upah minimum yang cukup tinggi. Berapa kenaikan tersebut? Cek infonya di bawah ini.


UMK Sleman 2024 Peringkat Kedua di DIY

Setelah UMP 2024 seluruh provinsi diumumkan beberapa waktu lalu, kini UMK 2024 juga turut ditetapkan.

UMK Sleman 2024 mengalami kenaikan sebesar 7,25% sehingga kini menjadi Rp2.315.976,39. Nominal kenaikan ini mencapai Rp156.475.

Informasi penetapan UMK Sleman 2024 tertuang dalam SK Gubernur Nomor 396/Kep/2023 tertanggal 30 November 2023.

Dengan nominal tersebut, Sleman menjadi daerah dengan UMK tertinggi kedua setelah Kota Yogyakarta di Provinsi DIY.

Sleman secara konsisten selalu mengalami kenaikan upah minimum setiap tahunnya. Berikut data yang KitaLulus rangkum tentang rincian UMK Sleman dalam lima tahun terakhir.

  • 2023: Rp2.159.519
  • 2022: Rp2.001.000
  • 2021: Rp1.903.500
  • 2020: Rp1.846.000
  • 2019: Rp1.701.000

Baca Juga: Hore! UMP DIY 2024 Naik 7,27% Jadi Rp2.125.897,61

Aturan Penetapan Upah Minimum 2024

Upah minimum 2024, baik UMP maupun UMK, tidak lagi berlandaskan aturan yang ada di PP Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan. Aturan tersebut dinilai tidak lagi relevan dengan kondisi perekonomian Indonesia saat ini.

Maka dari itu, Kemenaker mengeluarkan PP Nomor 51 Tahun 2023 tentang Perubahan PP Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan. Dalam aturan baru ini, digunakan rumus baru untuk menghitung upah minimum, yaitu:

Nilai Penyesuaian UM(t+1) = {lnflasi + (PE x α)} x UM(t)

Simbol α merupakan variabel yang ada pada rentang nilai 0,10 sampai dengan 0,30.

Nilai dari simbol α dapat ditentukan oleh dewan pengupahan di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota dengan mempertimbangkan tingkat penyerapan tenaga kerja atau rata-rata upah.

Baca Juga: Perbedaan UMR, UMK, dan UMP, Mana yang Berlaku?

Melihat Peluang Kerja di Sleman

Jika kamu sedang mencari peluang kerja, Sleman tidak ada salahnya dicoba. Kabupaten Sleman sendiri menjadi penyanggah daerah-daerah di sekitarnya dalam bidang industri. Hal ini karena Sleman memiliki kawasan industri yang mampu menciptakan lapangan kerja yang besar.

Setidaknya ada 11 industri besar yang eksis di Sleman. Industri-industri besar itu termasuk industri perdagangan berbentuk mall, industri teknologi produksi alat rumah sakit, juga garmen. Selain itu, industri UMKM yang bergerak di sektor kerajinan dan pangan berkembang pesat di Sleman.

Data 2017 lalu dari 16.523 industri kecil dan rumah tangga memiliki nilai investasi sebesar Rp116 juta. Sedangkan untuk industri menengah dan besar total investasinya sebesar Rp482 juta.

Baca Juga: Daftar Lengkap UMP 2024 Seluruh Provinsi di Indonesia

Alasan Harus Cari Kerja di Sleman

Untuk kamu yang sedang mencari kerja, sudah cari lowongan di sekitar DIY termasuk Sleman belum? Kalau belum, coba deh pertimbangkan untuk cari kerja di Sleman. Sleman bisa dikatakan menjadi daerah yang bersahabat bagi para pendatang, karena di sana semua bisa jadi teman.

Ada beberapa alasan mengapa sepertinya kamu akan cocok bekerja di Sleman, seperti berikut ini:

1. Biaya Hidup Masih Rendah

Biaya hidup di Sleman masih terbilang rendah dan murah dibanding kota-kota lainnya. Mulai dari biaya makan, hingga tempat tinggal, semuanya cukup terjangkau.

2. Suasana yang Santai dan Serba Dekat

Agak berbeda dengan kota-kota lainnya, Sleman adalah kota yang santai. Tidak seperti Jakarta yang penuh kesibukan dan kemacetan di sana sini. Selain itu, pergi ke daerah sekitar Sleman atau daerah sekitarnya juga serba dekat. 

3. Banyak Daerah Wisata yang Bisa Dikunjungi

Sleman tidak jauh dari Yogyakarta yang merupakan salah satu daerah wisata populer. Nah, jika kamu bekerja di Sleman, kamu tidak perlu jauh-jauh lagi bila ingin berwisata ke Jogja. Cuma butuh hitungan menit, kamu sudah bisa menikmati destinasi wisata yang ada di Yogyakarta.

4. Jenis Industri Beragam

Sleman juga memiliki jenis industri yang beragam, sehingga kamu tetap bisa mencari kerja sesuai dengan keahlianmu.  Jadi jangan khawatir tidak akan menemukan kerja yang sesuai dengan apa yang kamu kuasai.

Itulah penjelasan lengkap tentang UMK Sleman 2024. Jika kamu ingin mencari kerja di Sleman, kamu cukup menginstal aplikasi KitaLulus lalu masuk ke akun Google kamu yang aktif. Setelah itu, ketikan “Sleman” di kolom pencarian loker yang terletak di paling atas. Kamu akan mendapatkan daftar panjang loker-loker yang ada di Sleman yang bisa kamu akses dan lamar secara gratis, kapan pun kamu mau.

KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!