Sekarang Bisa Ajukan Pinjaman Bank dengan Youtube, Ini Syaratnya

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

syarat pengajuan pinjaman bank dengan youtube
Isi Artikel

Ajukan pinjaman bank dari YouTube– Ajukan pinjaman bank dari YouTube, memang bisa? Tentu bisa dong. Terlebih di era digital seperti sekarang, konten YouTube sedang naik daun dan menjadi salah satu platform berbagi video yang populer.

Jika Anda aktif mengunggah video di YouTube, terkait video edukasi, tutorial, informasi, dan lainnya, maka Anda bisa ajukan pinjaman bank dari YouTube. Caranya pun tidak sulit. Tertarik untuk menjadikan akun Youtube Anda jaminan pinjaman? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Apa Itu Venture Capitalist? Kenali Cara Mereka Membantu Bisnis Anda

Youtube Kini Bisa Dijadikan Agunan Pinjaman

cara mengajukan pinjaman bank dengan youtube

Berdasarkan data dari Cisco Annual Internet Report, menyebutkan bahwa adanya peningkatan sebanyak 82% pada konten video di tahun 2021.

Sedangkan berdasarkan survey dari JakPat per 30 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022, pengguna aktif YouTube mencapai 87% lebih banyak dibandingkan sosial media lainnya.

Melihat adanya peningkatan tersebut, pemerintah memanfaatkan hal ini untuk mengeluarkan peraturan baru terkait pengajuan pinjaman bank dari YouTube. Regulasi ini diatur dalam PP Ekonomi Kreatif No. 24 tahun 2022, yang dikeluarkan pemerintah 12 Juli lalu.

Berdasarkan peraturan tersebut, konten Youtube dapat dikategorikan sebagai Kekayaan Intelektual (KI) yang dapat diajukan sebagai agunan alias jaminan pinjaman ke bank.

Bapak Yasonna Laoly selaku Menteri Hukum dan HAM menyebut bahwa peraturan ini dibuat untuk memudahkan content creator dan pelaku industri kreatif mendapat bantuan finansial lebih mudah.

Dengan adanya kemudahan pembiayaan seperti ini, harapannya content creator di Indonesia bisa lebih bersemangat dalam berkarya. Selain itu, kemudahan finansial yang diberikan harapannya dapat membantu Youtuber membuat konten lebih berkualitas.

BACA JUGA: Pengusaha Wajib Tahu, Ini 6 Cara Mencari Investor Terampuh untuk Bisnis Baru

Syarat Mengajukan Pinjaman dengan Youtube

syarat pinjam uang di bank dengan youtube

Apakah Anda tertarik untuk ajukan pinjaman bank dari YouTube? Jika jawabannya ya, maka Anda harus memperhatikan beberapa syarat yang harus dipenuhi dan besaran pinjaman yang akan Anda terima.

Pertama-tama, Anda harus memahami dulu bahwa yang bisa diajukan sebagai agunan di sini adalah konten Youtube, bukan akunnya. Ini artinya, hanya Youtuber yang telah aktif membuat konten bebas copyright yang bisa mengajukan akun Youtube sebagai agunan.

Selain itu, konten Youtube juga perlu didaftarkan Hak Kekayaan Intelektual alias HAKI-nya ke Dirjen Kekayaan Intelektual.

Jika Anda sudah mendaftarkan konten dan mencatatkan kekayaan intelektualnya ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, maka nantinya Anda akan mendapatkan sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa konten video yang akan dijadikan jaminan sudah memiliki jutaan penonton. Hal inilah yang bisa dijadikan sebagai nilai jual untuk sertifikat atas Hak Kekayaan Intelektual (HAKI)

Sertifikat tersebut juga bisa dijadikan sebagai bukti fisik apabila di suatu saat ada perbuatan tidak menyenangkan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sehingga dengan cara ini pemerintah juga bisa melindungi karya dan inovasi setiap individu.

Sedangkan besaran pinjaman yang bisa didapatkan nantinya akan disesuaikan lagi oleh pihak lembaga keuangan terkait. Mereka akan melakukan analisis valuasi HAKI yang akan dijadikan jaminan fidusial.

Jika konten yang akan Anda jadikan jaminan memiliki nilai tinggi dan potensi ekonomi dari kreasi, merek, atau paten yang dimiliki, maka nilai pinjamannya juga besar. Hal ini juga berlaku sebaliknya, ya.

Demikianlah penjelasan terkait peraturan pemerintah terbaru mengenai konten YouTube dan syarat ajukan pinjaman bank dari YouTube, yang perlu Anda ketahui. Maka dari itu, jangan lupa untuk mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, ya!

Jika Anda membutuhkan seorang talent atau video editor, Anda bisa menaruh lowongannya di KitaLulus. Saat ini, KitaLulus sudah bisa diakses di di Jabodetabek, Bandung, Gowa, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya.

Segera daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan pekerjaan di KitaLulus secara gratis. Dapatkan talent atau video editor terbaik dan berpotensi dan terbaik di bidangnya dalam hitungan hari, bersama KitaLulus mulai dari sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok