Teknologi Digital: Pengertian, Perkembangan, Manfaat, Contohnya

Putri Prima
Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.
teknologi digital
Teknologi Digital: Pengertian, Perkembangan, Manfaat, Contohnya

Seiring berkembangnya zaman, perlahan teknologi analog digantikan dengan teknologi digital dengan segala kecanggihannya. Bahkan saat ini keseharian kita pun tidak bisa lepas dari penggunaan teknologi tersebut.

Perkembangan teknologi digital amat cepat dan masuk keseluruh sektor. Baik di bidang pendidikan sampai bisnis semua telah merambah digitalisasi.

Mari kenali lebih dalam mengenai teknologi digital mulai dari pengertian, perkembangan, manfaat, sampai dengan contohnya dalam artikel KitaLulus berikut ini!

Pengertian Teknologi Digital

Secara pengertian, teknologi digital adalah suatu alat atau sistem yang tidak lagi menggunakan tenaga manusia untuk mengoperasikannya, namun sistem akan dioperasikan secara otomatis dengan sistem komputerisasi atau format yang dapat dibaca komputer.

Teknologi digital sederhananya adalah sistem penghitungan yang dapat bekerja sangat cepat untuk memproses semua bentuk informasi sebagai nilai-nilai numerik atau kode digital.

Di mana teknologi ini memanfaatkan sistem biner yang terdiri dari angka 0 dan 1 untuk menyimpan, memproses, dan mentransmisikan informasi.

Contoh dari teknologi digital dapat kita lihat pada perangkat mobile, internet, sensor digital, dan banyak lagi.

Perbedaan Teknologi Digital dan Analog

Sebelum kehadiran teknologi digital, terlebih dulu kita sudah mengenal teknologi analog. Kedua teknologi ini memiliki beberapa perbedaan mendasar terutama dari cara mereka merepresentasikan dan memproses informasi.

Berdasarkan pengertian teknologi digital, kita dapat menyimpulkan bahwa proses membutuhkan sensor yang bisa mengubah berbagai informasi nyata ke dalam kode digital.

Kode-kode digital ini dikirimkan dan akan diolah oleh komputer yang terdapat pada peralatan digital tersebut. Dari pengolahan tersebut akan terdapat data-data digital yang menampilkan informasi.

Hal ini berbeda dengan teknologi analog yang merupakan alat sederhana dan masih mengutamakan berbagai sistem mekanis atau manual sehingga memerlukan proses panjang dalam memproses informasi.

Perkembangan Teknologi Digital

Dari kemunculannya hingga saat ini, tentu saja teknologi digital telah melalui berbagai perkembangan yang signifikan.

Secara garis besar, perkembangan teknologi digital bisa kita bagi menjadi 3, yaitu:

1. Tahun 1940, dimulai dari lahirnya komputer.

2. Tahun 1989, lahirnya internet.

3. Tahun 1997, tahun lahirnya media sosial dan semakin maraknya penggunaan teknologi dalam berbagai sektor hingga saat ini.

Kelebihan Teknologi Digital

Kehadiran teknologi digital di tengah-tengah kita tentu saja memiliki beberapa kelebihan, antara lain sebagai berikut:

  • Data yang tersimpan tidak terpengaruh cuaca buruk atau noise tertentu karena ditransmisikan dalam bentuk digital.
  • Sistem dapat saling terhubung satu sama lainnya.
  • Biaya perawatan terbilang lebih murah dan mudah.

Kekurangan Teknologi Digital

Terlepas dari berbagai kelebihan yang bisa kita dapatkan dari hadirnya teknologi digital, ada beberapa kekurangan yang perlu juga kita ketahui, seperti berikut ini:

  • Kesalahan dapat terjadi saat mengubah sinyal analog ke digital.
  • Memungkinkan terjadinya peretasan atau virus yang dapat mencuri dan merusak informasi digital.
  • Menciptakan ketergantungan pada penggunanya.

Manfaat Teknologi Digital

Tidak bisa kita pungkiri jika teknologi digital memiliki berbagai manfaat yang signifikan bagi kita. Adapun manfaatnya antara lain sebagai berikut:

1. Akses Informasi

Teknologi digital memungkinkan kita mendapatkan akses yang cepat dan mudah terhadap informasi dari berbagai sumber. Mulai dari internet, database online, dan perangkat penyimpanan digital.

Dengan semakin mudahnya kita mendapatkan informasi, memungkinkan untuk belajar, meneliti, dan mengakses pengetahuan dengan lebih efisien daripada sebelumnya.

2. Komunikasi yang Semakin Mudah

Teknologi digital juga turut mengubah cara kita berkomunikasi. Melalui email, pesan teks, panggilan video, media sosial, dan aplikasi pesan instan, orang dapat terhubung dengan orang lain di seluruh dunia dengan cepat dan efisien.

3. Meningkatkan Produktivitas

Dengan lahirnya berbagai alat dan aplikasi digital membantu meningkatkan produktivitas baik dalam lingkungan kerja maupun kehidupan sehari-hari.

Misalnya dengan menggunakan software produktivitas mulai dari spreadsheet, dan manajemen proyek memungkinkan orang untuk mengelola tugas dan pekerjaan dengan lebih efisien.

Baca Juga: 10 Contoh Strategi Promosi Terampuh di Era Digital

Contoh Teknologi Digital dalam Berbagai Bidang

Kehadiran teknologi digital telah terbukti mendatangkan banyak manfaat pada berbagai bidang yang ada di kehidupan sehari-hari. Adapun contoh dari teknologi digital yang dirasakan berbagai bidang antara lain:

1. Bidang Perbankan

Di bidang perbankan, pemanfaatan teknologi digital sangat terasa. Ini bisa kita rasakan di mana untuk melakukan penarikan atau penyetoran uang kita tidak harus lagi pergi ke bank langsung tapi bisa memanfaatkan internet untuk melakukannya secara online.

Selain itu, teknologi digital juga menghadirkan bank digital yang seluruh prosesnya bisa dilakukan oleh nasabah melalui aplikasi di smartphone mereka.

2. Bidang Telekomunikasi

Contoh teknologi digital dalam bidang telekomunikasi bisa kita lihat dan rasakan dengan hadirnya smartphone yang kian hari semakin canggih.

Kehadiran teknologi digital pun tidak lagi membatasi proses komunikasi yang saat ini sudah bisa dilakukan secara real-time.

3. Bidang Bisnis dan Manajemen

Tentu saja teknologi digital juga merambah pada bidang bisnis. Ini bisa kita lihat dengan hadirnya bisnis digital di mana dalam prosesnya seluruh kegiatan sudah memanfaatkan digitalisasi.

Selain itu, teknologi digital pun semakin memudahkan dalam memulai bisnis, yang saat ini sudah bisa dilakukan dengan membuka toko di e-commerce dan melakukan pemasaran secara online.

Kehadiran teknologi digital pun melahirkan strategi baru dalam pemasaran melalui digital marketing.

4. Bidang Pendidikan

Sektor pendidikan juga mengalami perubahan positif dari hadirnya teknologi digital. Di mana saat ini proses pembelajaran tidak lagi terbatas pada kegiatan di dalam kelas tapi sudah bisa dilakukan secara online.

Kehadiran teknologi digital telah terbukti banyak melahirkan perubahan dalam berbagai bidang, tak terkecuali pekerja yang kita butuhkan. Tentunya memiliki karyawan yang memiliki skill teknologi yang baik akan sangat berharga bagi perusahaan.

Beruntungnya, sekarang sudah tidak sulit untuk mendapatkan karyawan yang memiliki skill teknologi yang andal. Anda cukup pasang loker di KitaLulus, semua akan beres.

Pasang loker di KitaLulus memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan karyawan dengan cepat di berbagai posisi yang dibutuhkan. Proses pemasangan loker pun mudah dan akan dibantu oleh tim KitaLulus.

Mari daftarkan perusahaan Anda sekarang!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top
pasang loker