Apa Itu Google Workspace? Ini 5 Fitur Canggih & Cara Menggunakannya

penulis
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Google Workspace adalah— Di era digital seperti saat ini, teknologi sering kali digunakan untuk mendukung produktivitas kerja. Google Workspace adalah salah satu jawabannya, atau sebelumnya dikenal juga sebagai Google Suite (G Suite).

Google Workspace adalah salah satu fitur layanan dari Google yang bisa mengintegrasi semua aplikasi besutan Google. Seperti Gmail, Calendar, Drive, Docs, Sheets, Slides, hingga Meet.

Singkat kata, Google Workspace adalah bentuk atau wajah baru dari G Suite yang bertujuan untuk mendukung fasilitas produktivitas kerja yang selaras dan terintegrasi satu sama lain.

Simak penjelasan lengkapnya terkait Google Workspace di bawah ini.


BACA JUGA: Mau Buat Bisnis Manager dengan Optimal? Simak Cara-caranya Di Sini!


Apa Itu Google Workspace?

Apa itu google workspace

Google Workspace adalah fitur layanan produktivitas dari Google yang terdapat beberapa aplikasi yang saling terintegrasi satu sama lainnya. Google Workspace secara resmi dipublikasikan ke umum pada 6 Oktober 2020.

Menurut keterangan yang dilansir Google Blog, Google Workspace adalah sebuah fitur yang bisa dijadikan solusi dan untuk mengantisipasi adanya meningkatkan aktivitas digital yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir, terutama sejak pandemi dimulai.

Google Workspace adalah kumpulan penyimpanan aktivitas cloud, alat produktivitas dan kolaborasi, perangkat lunak dan produk dari perusahaan raksasa Google. Lalu apa saja fitur terbaru dalam aplikasi luar biasa dari Google ini?

5 Fitur Google Workspace Terbaik untuk Dicoba

Fitur Google Workspace

Menurut Google, Workspace adalah sebuah teknologi lengkap yang bisa memungkinkan Anda dan tim bekerja di mana dan kapan saja, dengan hampir semua tools Google. Lalu kira-kira apa saja fitur canggih dari aplikasi satu ini?

Berikut beberapa fitur yang bisa Anda gunakan di Google Workspace:

1. Integrasi User Experience

Fitur yang ditawarkan Google Workspace adalah user experience yang terintegrasi. Artinya, layanan aplikasi ini bisa mendukung segala jenis kebutuhan kerja secara online dan/atau work from home.


2. Sistem Keamanan Baru

Fitur lainnya dari Google Workspace adalah sistem keamanan yang baru. Google memberikan sistem keamanan baru dan lebih baik untuk Anda yang membutuhkan komunikasi berbasis teks dan video untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Tujuan adanya sistem baru di Google Workspace adalah untuk meminimalisir penyalahgunaan pada saat audit logging dan untuk mencegah adanya gangguan ketika Anda sedang melakukan video conference.


3. Mention Rekan Kerja

Fitur yang diusung oleh Google Workspace adalah fitur mention rekan kerja. Seperti yang sudah kita ketahui, fitur ini sangat populer di media sosial. Sehingga Google turut menggunakan fitur ini untuk memunculkan informasi terkait detail kontak rekan kerja Anda.


4. Review Dokumen Tanpa Membuka Tab Baru

Tujuan dari fitur review dokumen tanpa membuka tab baru di Google Workspace adalah untuk menghemat waktu Anda ketika sedang melakukan rapat online. Bahkan dokumen tersebut bisa diedit dan dibuat langsung di aplikasi Google Meet. Cara menggunakan Google Workspace cukup mudah, bahkan untuk orang awam sekalipun.


5. Aplikasi di Google Workspace

Dilansir dari laman support Google, ada beberapa fitur tambahan di Google Workspace adalah aplikasi CRM, aplikasi pengelolaan project, dan solusi admin. Dengan menggunakan aplikasi CRM, Anda bisa mengintegrasikan informasi CRM (Customer Relationship Management) dalam berbagai aplikasi.

Kemudian penggunaan aplikasi pengelolaan project dapat membantu Anda mengotomatiskan tugas. Misalnya seperti membuat project secara otomatis melalui gmail.

Sementara fungsi solusi admin di Google Workspace adalah untuk memudahkan Anda dalam mengelola admin dengan fitur lengkap seperti kebijakan perlindungan sandi dan laporan keamanan khusus.


BACA JUGA: OKR Adalah Metode Kinerja yang Membuat Google Sukses Ketahui Selengkapnya!


Cara Menggunakan Google Workspace

Pada dasarnya, Google Workspace adalah suatu wadah dimana semua aplikasi Google berkumpul untuk mempermudah pekerjaan penggunanya. 

Jika Anda sudah terbiasa menggunakan semua aplikasi tersebut, maka cara menggunakan Google Workspace adalah sama seperti aplikasi Google lainnya. Bahkan Google mempermudah penggunaannya dengan membuat semua aplikasi tersebut saling terintegrasi.

Sehingga manfaat yang bisa Anda rasakan dari cara menggunakan Google Workspace adalah menghemat waktu. Google Workspace hadir untuk memudahkan penggunaannya agar bisa tetap terhubung, lebih terkelola, dan bisa mencapai banyak hal bersama.

Cara menggunakan Google Workspace adalah dengan mengkolaborasikan beberapa aplikasi secara real time. Anda dapat mengedit dokumen, spreadsheet, atau slide secara bersamaan. Bahkan Anda bisa membuat alamat email khusus untuk domain, menambahkan email alias, hingga mengelola semua email dari satu kotak masuk.

Namun tidak semua aplikasi tersebut bisa diakses secara gratis. Jika Anda ingin menikmati semua fitur yang ada, maka Anda perlu mengetahui cara berlangganan Google Workspace.

Cara Berlangganan Google Workspace

Cara berlangganan Google Workspace

Sayangnya semua kemudahan yang ada di Google Workspace adalah berbayar alias tidak gratis. Untuk dapat menikmati semua akses aplikasi di Google Workspace, Anda harus berlangganan sejumlah dengan harga yang ditawarkan.

Cara berlangganan Google Workspace adalah dengan membayar sejumlah harga yang tertera. Untuk rencana business starter, Anda akan dikenakan biaya sekitar $6 USD atau sekitar Rp86 ribu per bulannya.

Sedangkan untuk rencana business standard, Anda harus membayar $12 USD atau sekitar Rp172 ribu per bulan, dan $18 USD atau sekitar Rp258 ribu untuk rencana business plus per bulan.

Jika Anda sudah memutuskan ingin menggunakan penawaran yang mana, maka cara berlangganan Google Workspace adalah dengan mendaftarkan ke Google Workspace, lengkapnya sebagai berikut:

  • Langkah pertama adalah dengan mendaftarkan domain Anda di website domain.Google.com, kemudian log in
  • Selanjutnya Anda bisa memilih nama domain
  • Pilih menu tiga bar atau
  • Kemudian klik ‘EMAIL’
  • Nantinya Anda akan diarahkan ke ‘DAPATKAN ALAMAT EMAIL KHUSUS’, lalu klik ‘DAPATKAN GOOGLE WORKSPACE’
  • Selanjutnya Anda bisa mengikuti panduan dan mengisikan kolom-kolom yang diperlukan
  • Baru setelah itu, Anda bisa memilih penawaran dan menyiapkan lembar penagihan berlangganan Google Workspace

Berikut beberapa fitur yang akan Anda dapatkan dari cara berlangganan Google Workspace adalah:

  • Bisa menjadwalkan acara di kalender dengan waktu yang sesuai bagi semua orang dan mendapatkan pengingat rapat secara langsung di gmail
  • Bisa menggunakan drive untuk menyimpan dan mengakses lebih dari 40 format seperti video, gambar, dokumen, hingga PDF
  • Bisa mengerjakan banyak hal dengan atau tanpa adanya koneksi internet
  • Bisa membuat spreadsheet baru dan mengeditnya dengan orang lain disaat yang bersamaan, dari komputer, ponsel, atau gadget lainnya yang sudah terintegrasi.

Lalu bagaimana jika Anda memilih untuk tidak berlangganan Google Workspace sama sekali? Anda masih bisa menikmati fitur Google lainnya kok, walau tetap tidak bisa terintegrasi satu sama lain.


Demikianlah penjelasan tentang apa itu Google Workspace, fitur, sekaligus cara memakai dan berlangganannya. Kehadiran fitur baru ini tentunya akan memudahkan pekerjaan kita di era digital dan online seperti saat ini.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan karyawan baru untuk mengisi posisi kosong, Anda bisa menaruh lowongan di aplikasi KitaLulus. Sebagai tambahan informasi, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Medan, Semarang, dan Gowa.

Makin banyak kota, maka semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan calon kandidat yang berkualitas dan berkompeten. Daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan kerja. Dapatkan calon kandidat terbaik untuk perusahaan Anda bersama KitaLulus mulai dari sekarang!


cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd