Aplikasi Kasir Gratis yang Cocok untuk Bisnis Anda

Shirley Candrawardhani

Hobi saat ini baca manga dan maraton anime. Senang menulis di bidang young-adult dan naratif-deskriptif

Isi Artikel

Strategi bisnis yang bagus haruslah diimbangi dengan pencatatan keuangan yang baik, terutama dari kasir. Kasir memegang peran penting untuk mencatat uang masuk dan uang keluar. Coba bayangkan jika semua kasir harus dicatat manual, tentunya hal ini akan membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu, banyak perusahaan start up, mengeluarkan aplikasi kasir gratis.

Aplikasi kasir gratis ini bisa memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan transaksi menjadi lebih cepat dan aman. Meskipun gratis, aplikasi ini bisa membantu Anda yang memiliki bisnis kecil, bisinis rintisan, bisnis rumahan, UMKM, dan sejenisnya. Selain itu, aplikasi ini bisa membantu Anda untuk mengembangkan bisnis dimana saja dan kapan saja.

Aplikasi Kasir Android

Aplikasi kasir atau biasa disebut dengan POS (Point of Sale) berfungsi untuk mengelola operasional toko Anda. Mulai dari pencatatan penjualan, stok barang, sampai keuntungan toko sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Berikut beberapa aplikasi kasir gratis yang bisa Anda coba:

1.   MokaPOS

Aplikasi kasir gratis berbasis cloud ini bisa digunakan untuk membantu penggunanya dengan berbagai latar belakang bisnis yang berbeda. Aplikasi ini bisa digunakan di perangkat iOS dan Android. Dengan MokaPOS, Anda bisa membuat daftar menu, menambahkan harga, stok barang, dan laporan transaksi.

Kelebihannya adalah fitur cloud yang memungkinkan Anda untuk memantau transaksi bisnis dari jarak jauh. Selain itu ada beragam cara untuk pembayaran. Bisa melalui OVO, Gopay, Dana, LinkAja, Kredivo, AkuLaku, dan WeChatPay. Bagi Anda yang tertarik, bisa mencoba free trial selama 14 hari.

2.  iReap POS Lite

Aplikasi ini berbasis offline, kecuali pada saat Anda melakukan backup data serta pengiriman laporan melalui email dengan fitur cloud. Kelebihannya, aplikasi ini bisa melakukan transaksi jual beli dan input produk secara offline dan tanpa iklan.

iReap POS Lite ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki bisnis kecil-kecilan. Seperti; kios, toko ritel, food truck, apotek, bengkel, online shop, dan masih banyak lagi.

3.  Qasir

Dengan sistem yang sederhana, aplikasi ini cocok digunakan untuk berbagai jenis usaha. Aplikasi kasir gratis ini bisa digunakan untuk membantu Anda dalam menjalankan bisnis online rumahan.

Fitur yang dimilikinya pun cukup lengkap, seperti pencatatan transaksi, pencatatan tipe pembayaran, pencatatan transaksi kasbon, pendataan produk dan stok, dan sistem pembayaran digital melalui OVO, Gopay, dan lainnya.

4.  Kasir Pintar

Beberapa fitur dari aplikasi ini adalah; fitur pencatatan data produk, sistem barcode, laporan analisa keuntungan dan kerugian, laporan hasil transaksi, dan lain sebagainya. Namun, aplikasi ini tidak terhubung dengan semua printer.

Jadi mungkin Anda membutuhkan printer khusus untuk mencetak barcode ataupun invoice. Selain itu, dengan adanya fitur cloud, memungkinkan Anda untuk tetap mengakses aplikasi meskipun secara offline.

5.  Mojoo

Aplikasi yang satu ini cocok untuk Anda yang memiliki bisnis kuliner rumahan atau bisnis kecil-kecilan yang Anda jalankan dari rumah. Aplikasi kasir gratis ini sudah terpasang pada lebih dari lima ribu perangkat Android.

Fitur yang ditawarkan pun cukup lengkap, seperti; mendata harga produk dan stok, laporan penjualan secara real time, fitur analissi prime time untuk mengecek waktu penjualan tertinggi, promosi dan voucher toko, serta invoice dan konsinyasi.

6.  Buku Warung

Selanjutnya, aplikasi Buku Warung yang memiliki fitur seperti; mencatat arus penjualan bisnis, mengirim tagihan pembelian melalui SMS atau WhatsApp, membuat laporan usaha dan analisa transaksi, dan penyimpanan data transaksi.

Kelebihan dari aplikasi kasir gratis ini adalah menawarkan solusi untuk pengelolaan transaksi penjualan dan utang piutang, dan pembayaran digital melalui bank atau e-wallet.

7.  Omega POS

Kelebihan dari Omega POS adalah managemen stok. Sistem aplikasi ini akan menganalisa karakter konsumen berdasarkan pesanan yang terjual. Selain itu, aplikasi kasir gratis ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan penjualan dengan memaksimalkan analisis data.

Fitur yang ditawarkan seperti; manajemen stok, sistem multi toko, manajemen pelanggan, sistem inventori, sampai eMember Card dan eVoucher. Anda bisa menikmati semua fitur lengkapnya secara free trial selama 14 hari.

 

Aplikasi kasir toko

Jika Anda membutuhkan aplikasi kasir toko, KitaLulus akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi terbaik saat ini. Aplikasi kasir toko memungkinkan Anda untuk menghitung jumlah pajak penjualan, total penjualan, dan berapa kali barang terjual. Nah, berikut beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan:

1.   Square Register

Aplikasi ini bisa digunakan di perangkat iOS maupun Android. Kelebihannya adalah memungkinkan Anda melakukan pembayaran dimana pun dan kapan pun dengan menggunakan kartu debit atau kredit.

Fitur yang ditawarkan aplikasi kasir toko ini adalah penjualan real time, pengelolaan barang, hingga pelacakan stok. Sistem aplikasi ini dapat memberikan transaksi yang cepat dalam menghasilkan laporan penjualan, dan melakukan analisis serta wawasan sehingga bisa membuat keputusan bisnis yang cerdas dan luas.

2.  Vend

Aplikasi ini baru bisa digunakan oleh pengguna iPad saja. Vend bisa Anda gunakan untuk bisnis ritel dalam mengelola penjualan, stok barang, dan pelanggan toko. Aplikasi kasir toko ini bisa bekerja berbasis offline.

Vend diklaim lebih fleskibel dan Anda bisa menyesuaikannya untuk input data menggunakan komputer atau layar sentuh. Aplikasi ini juga memungkinkan para pelanggan untuk mengakses item popular di toko Anda.

3.  True POS

Aplikasi yang berasal dari India ini dibuat dengan dua versi yang berbeda, gratis dan berbayar. True POS yang gratis bisa Anda gunakan untuk usaha kecil sampai menengah. Fitur yang dapat digunakan pun hanya kasir da nada pembatasan transaksi disetiap bulannya sebanyak 100 kali.

Sementara yang berbayar bisa Anda gunakan untuk bisnis beragam, seperti ritel dan erterprise. Tentunya fitur dalam aplikasi berbayar ini sangat lengkap dan bisa terhubung dengan beberapa mesin kasir, mobile, atau pun PC.

4.  Pawoon POS

Aplikasi asli karya Indonesia ini menjadi salah satu aplikasi populer di PlayStore. Kelebihan dari aplikasi ini adalah bisa mengecek data penjualan secara real time dimana pun dan kapan pun. Pawoon cocok digunakan bagi Anda yang memiliki bisnis kuliner.

Selain itu, aplikasi ini juga mencakup fitur inventory & supply chain, memberikan laporan dan analisis kinerja penjualan, online order & delivery, serta dapat memberikan promo dan voucher bagi para pelanggan.

5.  Aronium

Selanjutnya, Aronium. Aplikasi kasir toko ini menawarkan Anda berbagai fitur yang meliputi kasir, footer struk, transaksi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, dan laporan penjualan dengan menggunakan grafik yang interaktif.

Kelebihannya, Aronium bisa dihubungkan dengan berbagai jenis printer dan bisa digunakan secara offline. Kecuali jika Anda ingin melakukan backup data ke cloud. Anda bisa mengunduhnya di Playstore secara gratis.

6.  Floreant

Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk bisnis makanan. Terkadang, ada pengunjung yang makan bersama tapi memilih untuk bayar masing-masing. Fitur di aplikasi ini memungkinkan para pelanggan untuk mengatur pembayaran yang berbeda-beda.

Selain itu, Floreant juga bisa memantau tip yang didapatkan oleh tiap karyawan. Kelebihan lainnya adalah fitur lengkap seperti fitur meja, kitchen display, kategori menu, laporan penjualan, dan lainnya.

Software Kasir

1.   Cash Register

Software kasir Cash Register bisa Anda nikmati dengan gratis. Sistemnya memudahkan Anda dalam melakukan transaksi jual beli di kasir. Kelebihannya adalah sistem Cash Register dapat melakukan input data sebanyak 26.000 barang.

Pembuat software ini merupakan orang yang pernah bekerja di bagian kasir, sehingga ia mengetahui seberapa penting peran ini. Cash Register bisa digunakan di sistem komputer berbasis DOS dan Windows.

2.       VendHQ

VendHQ diperuntukkan bagi Anda yang memiliki bisnis kecil-kecilan. Hal ini dikarenakan sistem software kasir hanya dapat mendaftarkan sepuluh produk yang aktif dijual.

Software berbasis web ini bisa digunakan secara offline mau pun online. Akan tetapi tidak semua fitur bisa digunakan jika Anda tidak terhubung dengan internet. VendHQ sangat cocok untuk Anda yang memiliki bisnis kios kecil dan produk pertanian.

3.  Kasir Pintar Desktop

Software kasir pertama yang bisa memenuhi kebutuhan PPOB (Pulsa, Bayar Listrik, Paket Data, e-wallet, utang piutang, dan lainnya). Kasir Pintar sangat cocok untuk semua jenis usaha. Mulai dari usaha kuliner, online shop, counter hp, toko swalayan, butik, dan masih banyak lainnya.

Anda juga bisa melakukan transaksi jual beli secara full offline dengan memanfaatkan server local. Kasir Pintar sangat cocok bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis dan segala macamnya melalui PC.

4.  Square POS

Adalah salah satu pilihan software kasir gratis yang memiliki banyak fitur lengkap. Seperti analitik dan laporan penjualan, inventaris dan fitur managemen pelanggan, dan masih banyak lainnya.

Selain itu, Square POS juga bisa terhubung dengan berbagai platform e-commerce. Kelebihan lainnya, software ini bisa melakukan pembukuan, membuat faktur, tanda terima digital, dan memiliki keamanan data yang kuat.

5.  uniCenta

uniCenta diklaim sebagai salah satu software kasir PC gratis terbaik di dunia. Software ini sudah digunakan unuk membantu berbagai UMKM dan bisnis kecil-kecilan. Fitur yang diberikan berupa pengaturan managemen inventori, laporan keuangan, CRM, dan managemen karyawan.

Software kasir gratis ini bisa dipasang di perangkat apa saja. Seperti PC dan ponsel. uniCenta bisa digunakan dalam mode offline dan online. Jika Anda ingin mengembangkan pembukuan bisnis, maka software ini bisa menjadi pilihan.

6.  eHopper

Software yang satu ini ditujukan untuk membantu para pemilik bisnis kecil untuk menghitung pendapatan mereka. Dalam versi gratis, eHopper baru bisa terintegrasi dengan satu prosesor kartu kredit saja.

Tidak hanya itu, eHopper melakukan pembatasan penggunaan pada satu register saja dan tidak bisa menggunakan fitur sistem jam karyawan. Namun dengan versi berbayar, Anda akan dapat menikmati semua fitur secara maksimal.

 

Kasir online

1.   iSeller

Platform ini dirancang dengan teknologi terbaru dan user experience terbaik. iSeller diklaim memiliki semua fitur yang Anda butuhkan untuk dapat berjualan dimana saja, darimana saja, dan di berbagai pilihan channel.

Kasir online ini bisa diakses secara real time melalui ponsel atau website. Fitur yang diberikan seperti managemen pelanggan, sistem shift kerja karyawan, inventori dan stok barang, laporan dan analitik penjualan, dan Anda bisa membuat promosi yang menarik untuk meningkatkan penjualan.

2.  Olsera

Sistem software kasir yang satu ini diklaim bisa membantu Anda berjualan dalam kondisi offline atau pun online. Semua transaksi offline akan kembali tersinkronisasi saat Anda menyambungkan dengan internet. Olsera memiliki fitur jual di toko dan jual online sekaligus.

Sistem kasir berbasis cloud dilengkapi dengan enkripsi data transaksi, hingga dapat memberikan laporan secara real time. Software gratis ini bisa digunakan di perangkat iOS, Android, dan Windows PC.

3.  Octopus Solution

Aplikasi kasir toko ini memungkinkan Anda melakukan transaksi pembayaran dengan lebih cepat dan efisien. Selain itu, Octopus Solution juga memiliki fitur pengelolaan inventaris, dan bisa menerima pembayaran melalui kartu kredit.

Anda bisa melihat secara langsung laporan penjualan serta display produk yang mudah untuk digunakan. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang memiliki bisnis seperti toko elektronik, toko pakaian, toko obat, dan bisnis lainnya.

Apakah Anda sudah memilih aplikasi mana yang akan digunakan? Lalu, sudahkah Anda memilih siapa yang bertugas menjalankan aplikasi kasir gratis ini? Anda bisa memilih salah satu aplikasi kasir toko yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Baik bisnis kecil hingga bisnis menengah, dengan adanya teknologi aplikasi kasir gratis ini bisa memungkinkan Anda untuk menjalankan bisnis dengan lebih baik.

Pasang Lowongan Kasir di Platform KitaLulus

Jangan bingung lagi, Anda bisa memasang lowongan untuk posisi kasir di platform KitaLulus. Cara pemasangannya mudah, dapat kandidat dengan cepat, dan tentunya Anda juga bisa langsung menjalankan bisnis dengan cepat. Coba pasang lowongan kasir di KitaLulus sekarang juga dengan download aplikasi KitaLulus di Play Store!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok