15 Aplikasi Stok Barang Terbaik untuk Bisnis 2022, Banyak yang Gratis!

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Aplikasi stok barang terbaik
Isi Artikel

Aplikasi stok barang– Perkembangan teknologi yang semakin canggih bisa membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Salah satunya adalah adanya aplikasi stok barang yang bisa membantu Anda mengelola barang dengan mudah, efektif, dan efisien.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan dari beragam fitur aplikasi stok barang. Selengkapnya tentang manfaat aplikasi stok barang dan rekomendasi terbaiknya bisa Anda simak dalam bahasan di bawah ini.

Sekilas Tentang Stok Barang

Mengelola stok dengan aplikasi stok barang

Bagi Anda yang memiliki bisnis grosir, salah satu tantangan yang dihadapi adalah melakukan pengelolaan stok barang yang ada di gudang. Selain menjadi tantangan, hal ini juga bisa menjadi hal krusial untuk bisnis Anda.

Meskipun pekerjaannya hanya sebatas mengurus stok barang yang ada di gudang, jangan sampai Anda menganggap remeh hal tersebut. Mengapa? Sebab banyak bisnis grosir yang mengalami kebangkrutan hanya karena tidak mengelola stok barang dengan baik.

Pekerjaan penting ini terdiri mulai melakukan pengecekan stok barang, tanggal kadaluarsa, mengatur keluar masuknya barang, hingga hal lainnya yang berkaitan dengan pengelolaan barang di gudang.

Namun faktanya, masih banyak dari pengusaha yang melakukan pengelolaan barang ini secara manual. Alias tidak menggunakan aplikasi stok barang. Padahal adanya aplikasi ini bisa memberikan banyak manfaat untuk mengurus bisnis Anda.

Manfaat Aplikasi Stok Barang

Manfaat aplikasi stok barang

Dengan menggunakan aplikasi stok barang, Anda sudah membantu diri sendiri untuk mengelola barang-barang yang ada di gudang. Semuanya bisa menjadi lebih sederhana, efisien, praktis, dan tentunya efektif.

Bahkan beberapa fitur aplikasi stok barang bisa mengontrol management inventory. Sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan pengecekan secara manual. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan jika menggunakan teknologi ini:

1. Meningkatkan Produktivitas Bisnis

Manfaat aplikasi stok barang yang pertama adalah bisa meningkatkan produktivitas bisnis Anda. Artinya, dalam hal ini Anda juga turut menjaga alur keuangan yang ada di nilai inventory.

Tidak hanya itu, fitur aplikasi stok barang seperti memberikan analisis dan laporan sederhana juga bisa membantu Anda dalam membuat keputusan atau memprediksi tren apa yang cocok untuk bisnis Anda selanjutnya.

Aplikasi stok barang mampu menyederhanakan dan mengotomatiskan seluruh tugas manual yang perlu dikerjakan setiap hari. Sehingga bisa menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas bisnis Anda.

2. Mengurangi Biaya Produksi dan Mengoptimalkan Keuntungan

Manfaat aplikasi stok barang selanjutnya adalah bisa mengurangi biaya produksi dan mengoptimalkan keuntungan bisnis Anda. Hal yang perlu Anda perhatikan dalam menyimpan barang di gudang adalah biaya sewa yang mahal, rawan pencurian, biaya lainnya, dan hal lainnya yang bisa merugikan bisnis Anda.

Dengan menggunakan aplikasi stok barang, Anda bisa melakukan pengoperasian bisnis Anda secara otomatis. Sehingga semua tugas pengelolaan barang bisa dilakukan secara akurat dan efisien. Hasilnya? Biaya produksi bisa berkurang dan Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

3. Pengintegrasian Seluruh Bisnis

Fitur yang ada pada aplikasi stok barang memungkinkan Anda membuat akun untuk seluruh tim atau karyawan yang terlibat meskipun berada dalam divisi yang berbeda. Selain itu, aplikasi ini juga memudahkan Anda untuk menciptakan kolaborasi antara anggota tim.

Sehingga seluruh tim atau karyawan yang terlibat seperti dari divisi manajemen, administrasi, penjualan, pembelian, dan lainnya bisa saling terintegrasi satu sama lain. Hal ini tentunya bisa mempermudah proses transaksi bisnis Anda.

4. Pencatatan Otomatis

Manfaat aplikasi stok barang untuk bisnis

Adanya pencatatan data transaksi secara otomatis juga merupakan salah satu manfaat aplikasi stok barang yang harus Anda pertimbangkan. Hal ini tentu mengurangi pekerjaan Anda yang tadinya dilakukan secara manual.

5. Mendeteksi Overselling

Manfaat lainnya dari aplikasi stok barang adalah bisa mendeteksi overselling. Salah satu fitur yang bermanfaat adalah bisa melakukan sinkronisasi pencatatan barang secara otomatis pada semua bentuk penjualan Anda. Mulai dari online dan offline.

6. Mengontrol Persediaan Jumlah Barang

Pengelolaan stok barang adalah hal penting dalam bisnis. Dengan menggunakan teknologi, manfaat yang akan Anda rasakan dalam pengelolaan barang adalah bisa mengontrol persediaan jumlah barang yang ada.

Anda bisa melacak stok barang mana yang mulai menipis atau berlebih melalui fitur aplikasi stok barang yaitu manajemen stok. Anda bahkan bisa melakukan pengaturan pesanan ulang secara otomatis dan melakukan analisis pola permintaan produk.

7. Solusi All-in-One

Solusi all-in-one yang ditawarkan oleh beragam fitur aplikasi stok barang juga merupakan salah satu manfaat yang bisa Anda pertimbangkan. Mulai dari manajemen pemesanan barang, pencatatan, hingga pengiriman yang disederhanakan.

8. Membuat Pelanggan Puas

Satu lagi manfaat aplikasi stok barang adalah bisa membuat pelanggan puas. Artinya, waktu yang dibutuhkan untuk proses pemesanan dan pengiriman menjadi semakin cepat dengan adanya bantuan teknologi ini. Sehingga pelanggan bisa mendapatkan barang yang dipesan cepat dan tentunya membuat mereka puas.

15 Rekomendasi Aplikasi Stok Barang Terbaik

Rekomendasi aplikasi stok barang

Setelah membahas mengenai manfaatnya, sekarang kita akan membahas apa saja aplikasi stok barang yang bisa Anda gunakan untuk membantu kelancaran kegiatan operasional bisnis Anda. Berikut lengkapnya rekomendasi aplikasi stok barang terbaik yang bisa Anda dan tim gunakan:

1. Stock and Inventory Simple

Rekomendasi aplikasi stok barang yang pertama adalah Stock and Inventory Simple. Fitur yang ditawarkan berupa pemindaian barcode, menyusun file dalam folder dengan berurutan dan terperinci, melakukan penghitungan untung dan rugi, hingga menghitung jumlah pelanggan di hari tersebut.

2. Smart Inventory System

Smart Inventory System adalah aplikasi stok barang yang bisa Anda gunakan selanjutnya. Keunggulan dari teknologi ini adalah memiliki fitur sistem barcode dan QR Code untuk setiap produk yang tersimpan. Bahkan Anda bisa mencetak label harga dan menjadikannya barcode.

Selain itu, Anda juga bisa menyusun file dan menempatkannya dalam folder tertentu dengan berurutan dan terperinci. Semua data bisa di backup ke dalam cloud, dan aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mendaftarkan diri dengan sosial media.

3. Inventory Management App

Keunggulan dari fitur aplikasi stok barang Inventory Management App adalah bisa melacak keberadaan barang dari penyuplai, melakukan penghitungan pajak penjualan, menyesuaikan konversi mata uang pada setiap transaksi, dan memiliki tampilan penjualan yang sederhana.

4. Stock and Inventory Management System

Jika Anda membutuhkan laporan penjualan untuk setiap hari, maka aplikasi Stock and Inventory Management System adalah jawabannya. Fitur aplikasi stok barang ini bisa memindai barcode, membuat pie chart penjualan, memudahkan pencarian barang, hingga melakukan penghitungan jumlah pembeli di hari tersebut.

5. Bookkeeping & Inventory Management

Fitur aplikasi stok barang yang satu ini adalah bisa memindai barcode dan QR Code, bisa digunakan secara offline, memiliki tampilan informasi penjualan yang sederhana, dan memiliki template bagi Anda yang ingin membuat laporan penjualan dan lainnya.

6. Myne Sales & Inventory Manager

Myne Sales & Inventory Manager memungkinkan Anda untuk melihat hasil penjualan dalam bentuk diagram atau grafik. Tidak hanya itu, aplikasi stok barang ini juga bisa membuat laporan bulanan, melakukan pencarian dokumen atau data dengan mudah, dan menampilkan laporan dari klien.

7. Simple Stock Manager

Aplikasi stok barang dari perusahaan Learn24bd ini menawarkan fitur seperti pemindaian barcode dan QR Code, memiliki tampilan user friendly, memberikan peringatan jika stok barang mulai menipis, hingga backup data yang diperlukan ke cloud.

8. Stock and Inventory Online

Selanjutnya ada aplikasi stok barang Stock and Inventory Online. Tidak hanya bisa memindai barcode, fitur lainnya juga bisa melakukan impor data dari excel, memberikan peringatan jika stok barang mulai menipis, hingga kemampuan untuk tracking barang, kenaikan harga, penjualan, dan lainnya.

9. Inventory & Barcode Scanner

Sesuai namanya, fitur utama yang ditawarkan oleh aplikasi stok barang ini adalah bisa memindai barcode. Selain itu, penggunanya juga bisa melakukan kustomisasi aplikasi, kemampuan untuk tracking barang, kenaikan harga, penjualan, dan lainnya, dan melakukan backup data ke cloud.

10. Stock Controller

Dari developer XNR Sisbi, aplikasi stok barang Stock Controller merupakan aplikasi yang bisa digunakan secara offline. Fitur lain yang ditawarkan adalah penggunanya juga bisa melakukan kustomisasi aplikasi, memberikan peringatan jika stok barang mulai menipis, hingga memberikan data statistic untuk setiap barang.

11. Jurnal

Aplikasi stok barang recommended

Jurnal merupakan aplikasi stok barang yang bisa diakses melalui website dan ponsel Anda. Fitur yang ditawarkan berupa pengontrolan semua data persediaan, melakukan perhitungan, melakukan pembukuan dan penjualan barang, mengetahui barang mana yang populer, hingga melakukan penyesuaian stok barang yang ada.

12. Vladovsoft Sklad

Jika Anda memiliki stok barang dalam jumlah banyak, Vladovsoft Sklad bisa membantu. Fitur aplikasi stok barang ini antara lain mencatat jumlah barang yang tersedia, mengetahui lokasi barang, hingga melakukan pencatatan penjualan yang masuk dan keluar.

13. Household Register

Household Register merupakan salah satu aplikasi stok barang yang bisa mengelompokkan barang berdasarkan jenisnya. Anda juga bisa menandai lokasi penyimpanan barang, hingga mengatur persediaan barang.

14. Fishbowl Inventory

Aplikasi stok barang lainnya adalah Fishbowl Inventory. Fitur yang ditawarkan berupa manajemen data untuk mencatat dan mendata penjualan, melakukan pendataan barang, hingga mencatat barang yang masuk dan keluar. Aplikasi ini cocok digunakan bagi Anda yang membuka usaha kuliner.

15. Jubelio

Satu lagi aplikasi stok barang yang bisa Anda gunakan adalah Jubelio. Aplikasi berbasis web ini bisa mengintegrasikan stok barang ke berbagai ecommerce, pengelolaan stok secara otomatis, sistem barcode, dan cross listing yang bisa menghemat waktu Anda.

Itulah penjelasan terkait manfaat dan aplikasi stok barang beserta fitur pendukungnya yang bisa Anda gunakan untuk membantu kegiatan operasional bisnis Anda. Adanya aplikasi ini bisa memudahkan Anda untuk pengelolaan stok dan melakukan pemantauan jumlah stok barang yang tersedia.

Nah, jika Anda membutuhkan seorang staff gudang atau admin, Anda bisa memasang info lokernya di KitaLulus. Saat ini, KitaLulus sudah beroperasi di di Jabodetabek, Bandung, Gowa, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya.

Segera daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan pekerjaan di KitaLulus secara gratis. Dapatkan staff gudang atau admin terbaik dan berpotensi di bidangnya dengan #LebihMudah, bersama KitaLulus mulai dari sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok