Bauran Pemasaran 7P dan 4P, Apa Bedanya? Simak Pengertian dan Contoh Strateginya

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Perbedaan bauran pemasaran 4P dan 7P
Isi Artikel

Bauran pemasaran– Dalam dunia bisnis, ada istilah yang disebut bauran pemasaran atau marketing mix. Istilah ini merupakan bagian dari strategi pemasaran. Sudahkah Anda mendengarnya?

Sebagus apapun produk dan/atau jasa yang Anda produksi, jika Anda tidak bisa memasarkannya, maka semua itu akan menjadi sia-sia. Disinilah peran konsep bauran pemasaran bisa membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Saat ini, ada dua jenis bauran pemasaran, yaitu bauran pemasaran 7P dan 4P. Apa perbedaan keduanya?

Simak selengkapnya tentang apa itu bauran pemasaran, unsur-unsur, strategi, dan contoh penerapannya dalam bisnis di bawah ini.

BACA JUGA: Manajemen Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Strategi, dan Konsepnya di Era Digital

Apa Itu Bauran Pemasaran?

Unsur bauran pemasaran

Jika dilihat dari sejarahnya, strategi bauran pemasaran atau marketing mix baru dikembangkan pada pertengahan abad ke-20. Pengembang bauran pemasaran adalah Jerome McCarthy di tahun 1960, dan dilanjutkan oleh Bernard H. Booms dan Mary J. Bitner pada 1981.

Dari segi definisi, bauran pemasaran adalah serangkaian strategi dan aktivitas yang dilakukan untuk mempromosikan produk.

Dengan menerapkan semua unsur-unsur bauran pemasaran, perusahaan berekspektasi penjualan produk berjalan lancar dan bahkan meningkat pesat. Selain itu, bauran pemasaran juga bisa membantu mencapai keunggulan berikut:

  • Meningkatkan pelayanan dan/atau produk dan mengatasi kekurangan yang ada.
  • Lebih kompetitif menghadapi persaingan dan menjadi mudah untuk beradaptasi di industri pasar.
  • Meningkatkan kerjasama yang menguntungkan antara perusahaan dengan klien.

Pada praktiknya, bauran pemasaran terus mengalami perubahan konsep dari tahun ke tahun. Awalnya hanya memiliki konsep 4P, dan kini bertambah menjadi konsep 7P. Tidak ada perubahan, hanya saja ada pertambahan elemen baru dalam konsep bauran pemasaran ini.

Perbedaan Bauran Pemasaran 7P dan 4P

Setelah mengetahui apa itu bauran pemasaran, kali ini kita akan membahas perbedaan dua konsep marketing mix paling fundamental, yaitu bauran pemasaran 4P dan 7P.

Pada dasarnya, tidak ada perubahan signifikan antara strategi bauran pemasaran 4P versi McCarthy dan 7P versi Booms and Bitner. Di tahun 1981, Booms dan Bitner hanya menyempurnakan teori dengan menambahkan 3 unsur lagi.

Akan tetapi, bauran pemasaran 4P hanya bisa membantu perusahaan membuat produk jadi, tanpa ada user experience dan personalisasi. Sebaliknya, bauran pemasaran 7P telah melibatkan pengalaman pengguna, sehingga produk yang disusun dengan strategi 7P akan lebih menerapkan user experience.

Oleh karena itu, jika Anda sedang membuat produk dan ingin memasarkannya secara online, sebaiknya jangan menghentikan penerapan unsur bauran pemasaran di 4P, tapi lanjutkan hingga 7P.

Unsur Bauran Pemasaran 4P dan 7P

Konsep bauran pemasaran 4P

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa, pada awalnya unsur bauran pemasaran hanya ada 4P. Namun seiring dengan berkembangnya zaman dan semakin canggihnya teknologi, maka unsurnya bertambah menjadi 7P.

Berikut penjelasan lengkap tentang unsur-unsur bauran pemasaran 4P:

1. Product (Produk)

Unsur bauran pemasaran yang pertama adalah product atau produk. Artinya, sesuatu yang dijual atau dipasarkan oleh perusahaan. Baik dalam bentuk produk dan/atau jasa yang memiliki nilai jual, nilai guna, dan bisa menjadi solusi untuk kebutuhan masyarakat.

Selain itu, produk dan/atau jasa yang dijual dan dipasarkan harus memperhatikan dua unsur penting, yaitu kualitas dan visual produk. Tanpa dua unsur ini, kecil kemungkinan produk dan/atau jasa Anda bisa bersaing di pasar industri terkait.

2. Price (Harga)

Konsep 4P yang kedua adalah price atau harga. Artinya, nilai jual dari produk dan/atau jasa yang mengharuskan pelanggan membayar sejumlah uang untuk mendapatkannya.

Hal yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana caranya agar pelanggan dan masyarakat ingin mengeluarkan uangnya untuk membeli dan menggunakan produk dan/atau jasa yang dipasarkan. Pastikan mereka merasakan puas dengan harga yang ditawarkan.

Tentunya penentuan harga untuk produk dan/atau jasa tersebut sudah harus berdasarkan besaran biaya produksi, modal yang dikeluarkan, dan keuntungan yang didapatkan dari penjualan.

3. Place (Tempat)

Place atau tempat mengacu pada lokasi dari usaha Anda berada. Apakah di lokasi strategis atau tidak. Dalam setiap bisnis, lokasi yang strategis menjadi patokan keuntungan yang didapatkan.

Artinya, semakin strategis lokasi usaha Anda, maka semakin besar keuntungan yang bisa didapatkan. Hal ini karena memudahkan pelanggan untuk menjangkau Anda. Sehingga tidak ada hambatan untuk melakukan transaksi jual beli.

4. Promotion (Promosi)

Satu lagi unsur bauran pemasaran 4P adalah promotion atau promosi. Fokus utama dalam hal ini adalah bagaimana cara Anda dalam memasarkan produk dan/atau jasa, media yang digunakan untuk keperluan promosi, dan hal lainnya.

Anda perlu memperhatikan lagi tujuan utama dari promosi produk, yaitu untuk mengenalkan produk dan/atau jasa kepada masyarakat sehingga muncul rasa penasaran untuk membelinya. Pastikan Anda mampu menunjukkan citra positif terhadap produk dan/atau jasa yang dipasarkan.

BACA JUGA: Riset Pasar: Pengertian, Jenis, Tahapan, dan Cara Melakukannya Secara Online

Konsep bauran pemasaran 7P

Sementara itu, 3 unsur yang ditambahkan Booms dan Bitner berhasil melengkapi bauran pemasaran 7P, yang penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. People (Orang)

People atau orang yang dimaksud dalam konsep 7P ini bukanlah pembeli atau pelanggan, melainkan sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan, alias karyawan. Maju atau tidaknya sebuah perusahaan bisa dilihat dari kualitas SDM yang dimilikinya.

Terutama karyawan yang berhadapan langsung dengan pelanggan. Sebab mereka memiliki andil dalam mempengaruhi persepsi pelanggan, kepribadian pelanggan, hingga lingkungan pelanggan itu sendiri.

2. Process (Proses)

Unsur bauran pemasaran 7P berikutnya adalah process atau proses. Dalam hal ini proses yang dimaksud adalah bagaimana perusahaan melayani permintaan pelanggan.

Mulai dari pemesanan hingga proses pengiriman. Maka dari itu, perusahaan harus terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan bisa memuaskan pelanggan dengan beberapa cara dan strategi.

8. Physical Evidence (Tampilan Fisik)

Bauran pemasaran 7P yang terakhir adalah physical evidence atau tampilan fisik yang merujuk pada konsep usaha Anda. Misalnya, apakah tempat usaha Anda memiliki desain ruangan yang bisa menarik perhatian pelanggan? Apakah menggunakan interior yang unik? Dan sebagainya.

Sederhananya, physical evidence atau tampilan fisik ini merujuk pada semua perangkat yang digunakan untuk mendukung jalannya bisnis Anda. Baik perusahaan dalam skala kecil maupun skala besar.

Manfaat Bauran Pemasaran Bagi Bisnis

Manfaat bauran pemasaran

Setelah Anda mengetahui konsep 4P dan 7P dalam bauran pemasaran, sekarang saatnya kita membahas mengenai manfaat dari konsep marketing mix ini, yaitu antara lain:

1. Sederhana

Manfaat bauran pemasaran yang pertama adalah sederhana. Artinya, konsep ini membuat seluruh kegiatan pemasaran menjadi satu. Sehingga lebih mudah untuk dilakukan dan dikelola.

2. Alokasi Sumber Daya

Pada setiap bisnis, penggunaan sumber daya harus dilakukan secara selektif, efisien, dan optimal. Namun dalam strategi bauran pemasaran, Anda bisa mengetahui seluruh aspek pemasaran sehingga bisa mengalokasikan sumber daya sesuai dengan kebutuhannya.

3. Alokasi Tanggung Jawab

Meskipun strategi bauran pemasaran pada akhirnya menghasilkan banyak kerjaan, Anda harus bisa mengalokasikan tanggung jawab pekerjaan sesuai dengan kemampuan karyawan. Anda bisa mulai dengan membagikan tugas dan tanggung jawab yang sesuai dan seimbang.

4. Proses Komunikasi

Manfaat bauran pemasaran berikutnya adalah bisa memfasilitasi proses komunikasi. Artinya, Anda bisa belajar mengenai cara menyatukan komunikasi di antara semua anggota tim yang terlibat. Sebab, seluruh aspek dalam konsep 4P dan 7P saling berkaitan satu sama lain.

5. Menganalisa Keuangan

Satu lagi manfaat bauran pemasaran adalah bisa menganalisa keuangan. Dalam hal ini, Anda perlu mengetahui bagaimana arus keuangan terjadi baik dari segi pemasukan hingga pengeluaran. Sehingga nantinya Anda bisa mengalokasikan keuangan sesuai dengan kebutuhan dan tetap bisa mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

Contoh Bauran Pemasaran

Contoh bauran pemasaran

Apakah Anda masih bingung dengan konsep dari marketing mix ini? Jika masih, mari kita bahas mengenai contoh bauran pemasaran yang mungkin bisa diimplementasikan di perusahaan Anda.

Sebagai contoh bauran pemasaran, mari kita ambil studi kasus dari salah satu perusahaan F&B terbesar dan ternama, McDonalds. Berikut penjelasannya:

  • Product: McDonald's menjual makanan dan minuman fast food dengan menu utama ayam goreng dan burger dengan minuman utama cola.
  • Place: Untuk menyajikan makanan dan minumannya, McDonalds mengusung konsep restoran dan beberapa stall.
  • Price: McDonalds menyajikan harga dalam bentuk paket makanan. Artinya, Anda bisa mendapatkan satu paket berisi nasi, ayam goreng, dan minuman dengan harga yang ekonomis. Mereka juga menjual makanan dalam harga satuan dengan strategi harga psikologis.
  • Promotion: Promosi yang digunakan oleh McDonald's meliputi iklan, promosi penjualan, promosi sosial media, dan promosi dari public relation mereka. Selain itu, mereka juga sering mengadakan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mengeluarkan merchandise tertentu.
  • People: Karyawan yang bekerja di McDonalds sudah dilatih untuk bekerja sesuai dengan kecepatan permintaan pelanggan.
  • Process: Proses pelayanan pelanggan di McDonalds dimulai ketika pelanggan memesan makanan di kasir, lalu memberikan makanannya, dan terakhir pelanggan membawanya ke meja untuk disantap. Bahkan saat ini, McDonalds juga menyediakan pelayanan self service melalui sebuah mesin layar sentuh tanpa berinteraksi dengan kasir.
  • Physical Evidence: Perangkat yang digunakan untuk mendekorasi setiap restoran McDonalds sama seperti restoran pada umumnya. Ada meja, kursi, sauce bar, peletakan maskot McD, hingga arena bermain anak.

Demikian penjelasan terkait bauran pemasaran 4P dan 7P, perbedaan, manfaat, hingga contoh bauran pemasaran yang bisa Anda terapkan.

Pada praktiknya, strategi bauran pemasaran bisa digunakan untuk kegiatan pemasaran produk dan/atau jasa yang akan dipasarkan. Namun, Anda tetap perlu menyiapkan strategi, rencana, dan pengelolaan yang tepat agar bisa mencapai hasil maksimal.

Jika perusahaan Anda membutuhkan seorang karyawan untuk divisi pemasaran, Anda bisa menaruh informasinya di KitaLulus. Saat ini, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Gowa, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya.

Daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan pekerjaan di KitaLulus secara gratis. Dapatkan kandidat terbaik di bidangnya untuk divisi pemasaran Anda dengan #LebihMudah, bersama KitaLulus mulai dari sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok