Pengertian Biaya Peluang, Manfaat, Cara Hitung, dan Contoh

hrd
Isi Artikel

Biaya peluang adalah– Ada banyak kemungkinan dan peluang ketika Anda menjalankan sebuah bisnis. Tetapi, yang mana yang akan Anda ambil? Biaya peluang adalah salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan ketika ingin mengambil sebuah kesempatan.

Sebab, manfaat dari biaya peluang adalah bisa membantu Anda menentukan strategi terbaik dalam pengambilan keputusan. Selain itu, Anda juga dituntut untuk bisa berpikir secara rasional agar bisa menentukan pilihan paling efektif dan efisien.

Pahami lebih lanjut terkait pengertian biaya peluang, ciri-ciri, manfaat, cara menghitung, dan juga contoh biaya peluang dalam bisnis melalui penjelasan di bawah ini.

BACA JUGA: Pengertian Biaya Tetap dan Bedanya dengan Biaya Variabel

Apa Itu Biaya Peluang?

Biaya peluang adalah

Pada dasarnya, manusia selalu dihadapkan dengan berbagai pilihan. Namun dari banyaknya pilihan tersebut, Anda harus memilih satu yang terbaik. Hal inilah yang disebut dengan peluang. Lalu bagaimana dengan pengertian biaya peluang?

Pengertian biaya peluang adalah biaya yang muncul akibat hilangnya kesempatan dari pemenuhan kebutuhan atau kesempatan lainnya. Hal ini merujuk pada apa yang dikorbankan untuk bisa mendapatkan hal yang diinginkan.

Misalkan, Anda berkecimpung di usaha makanan. Lalu Anda dihadapkan pada pilihan memberikan promo buy 1 get 1, atau memberikan promo makan gratis pada hari tertentu. Jika dipikirkan secara logika, memberikan promo buy 1 get 1 lebih menguntungkan dibandingkan memberikan promo makan gratis pada hari tertentu.

Nah, hal inilah yang menjadi dasar pandangan dari biaya peluang. Dimana nilai yang hilang akibat mengambil kesempatan lain bisa menjadi pilihan terbaik. Dengan kata lain, Anda harus bisa melepaskan satu kesempatan untuk mengambil kesempatan yang diperlukan.

Umumnya, biaya peluang muncul karena adanya pilihan biaya implisit dan eksplisit ketika dihadapkan pada beberapa pilihan. Biaya eksplisit bernilai uang yang dibayarkan pada satu pilihan kesempatan. Sedangkan biaya implisit diberikan dalam bentuk non uang. Seperti sumber daya, waktu, keuntungan, dan lainnya.

Ciri-ciri Biaya Peluang

pengertian biaya peluang

Agar Anda tidak salah paham dalam mengartikan biaya peluang, berikut ini beberapa ciri biaya peluang pada umumnya:

  • Biaya peluang tidak selalu dikaitkan dengan bentuk uang saja. Namun bisa berupa waktu, kebahagiaan, sumber daya, profit di masa mendatang, dan lainnya.
  • Ada banyak peluang pada setiap pilihan terkait fungsi dan kegunaannya masing-masing.
  • Penetapan biaya peluang bisa disesuaikan dengan tujuan dan kondisi dari setiap perusahaan.
  • Pada umumnya, pilihan dari biaya peluang adalah untuk kebutuhan sekunder dan tersier.

Manfaat Biaya Peluang

manfaat biaya peluang

Pada prakteknya, biaya peluang adalah cara yang tepat untuk menentukan pilihan terbaik untuk bisnis Anda. Bahkan Anda bisa merasakan berbagai manfaat biaya peluang, diantaranya:

  • Memberikan peluang untuk menjalankan usaha dengan minim resiko dan prospek jangka panjang yang menjanjikan.
  • Kemudahan dalam menghitung perkiraan modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha.
  • Membantu Anda dalam menentukan prioritas dengan membandingkan kemungkinan profit yang didapatkan di masa mendatang.
  • Membantu Anda untuk berhemat dengan menekan biaya pengeluaran yang tidak penting dari pemilihan prioritas yang diinginkan.
  • Mempermudah Anda untuk membuat keputusan terbaik untuk kelangsungan perusahaan.

Meski demikian, manfaat biaya peluang di atas juga ditentukan oleh beberapa faktor, misalnya:

  • Modal usaha.
  • Sumber daya usaha.
  • Laba yang diharapkan.
  • Nilai jual produk terbaru.
  • Kelebihan dan kekurangan pada setiap peluang yang ada.

Jika setelah dihitung ternyata cost yang harus dikorbankan lebih banyak daripada opportunity yang bisa didapat, maka itu artinya akan lebih bijak jika bisnis memilih mempertahankan cost dan mengorbankan opportunity.

BACA JUGA: Manajemen Keuangan Perusahaan: Tujuan, Fungsi, dan Prinsipnya

Cara Menghitung Biaya Peluang dan Contohnya

cara menghitung biaya peluang

Sebelum kita membahas cara menghitung biaya peluang, ada dua hal yang harus Anda pertimbangkan:

  • Jika Anda dihadapkan pada dua pilihan, maka yang dihitung dengan biaya peluang adalah nilai yang dikorbankan atau yang tidak dipilih.
  • Jika Anda dihadapkan lebih dari dua pilihan, maka yang akan dihitung dengan biaya peluang adalah nilai terbaik yang dikorbankan.

Sebab pada dasarnya, untuk menghitung biaya peluang Anda harus selalu memilih yang bisa memberikan keuntungan. Jika Anda menilai dari segi biaya, maka sudah pasti yang memiliki biaya terendah yang akan dipilih.

Namun jika Anda menilai dari segi produksi, maka Anda akan memilih mana yang bisa menghasilkan banyak produk untuk mendapatkan profit besar. Inilah yang kemudian disebut dengan nilai pengorbanan.

Cara menghitung biaya peluang dapat menggunakan rumus:

biaya peluang = Forsaken Opportunity (FO) - Chosen Opportunity (CO)

Dimana FO adalah nilai peluang yang tidak Anda pilih, dan CO adalah nilai peluang yang Anda pilih.

Kita ambil contoh biaya peluang sebagai berikut:

Ketika Anda memiliki uang yang banyak, Anda dihadapkan pada dua pilihan. Yaitu untuk melakukan investasi atau membuka usaha. Jika Anda memilih investasi, maka sekiranya pengembalian keuntungan yang didapatkan bisa mencapai 20% per tahunnya.

Sedangkan ketika Anda memilih untuk membuka usaha, Anda bisa mendapatkan keuntungan sebesar 15% per tahunnya. Tetapi, karena Anda belum familiar dengan dunia investasi dan masih ragu dengan resikonya, Anda memilih untuk membuka usaha.

Maka cara menghitung biaya peluang dari contoh diatas adalah:

FO - CO = 20% - 15% = 5%

Dapat disimpulkan bahwa Anda kehilangan keuntungan sebanyak 5% karena memutuskan tidak memilih investasi. Angka 5% di sini adalah nilai pengorbanan dari keputusan yang Anda ambil.

Demikianlah penjelasan terkait biaya peluang, ciri, manfaat dan faktor pertimbangan, hingga cara hitungnya. Dengan melakukan perhitungan opportunity cost, Anda bisa membandingkan manfaat dan harga yang ditawarkan pada masing-masing pilihan yang ada. Sehingga Anda bisa lebih bijak dalam memilih.

Apakah perusahaan Anda membutuhkan seorang akuntan? Anda bisa menaruh informasinya di KitaLulus. Sebagai komunitas pencari kerja terbesar dan nomor satu, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Medan, Semarang, dan Gowa.

Segera daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan pekerjaan di KitaLulus dengan gratis. Dapatkan seorang akuntan berbakat dengan #LebihMudah bersama KitaLulus!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd