Apa Itu Bisnis Digital: Pengertian, Keuntungan, Jenis, hingga Idenya

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

hrd
Isi Artikel

Apa Itu Bisnis Digital

Bisnis digital adalah jenis bisnis yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi di dalamnya baik untuk membuat produk, memasarkannya, sampai interaksi dengan pelanggan.

Di dalam praktiknya, bisnis digital memanfaatkan teknologi untuk menjalankan, mengelola, dan mengembangkan usaha.
Sering kali bisnis digital juga disebut sebagai bisnis online karena operasional bisnis ini dilakukan melakukan platform internet.

Berbeda dari jenis bisnis konvensional yang memiliki keterbatasan fisik dan geografis, bisnis digital lebih fleksibel dan mampu mencapai pasar lebih luas tanpa ada batas geografis.

Keuntungan Bisnis Digital

Lahirnya bisnis digital tentu saja mendatangkan banyak keuntungan. Hal yang paling berdampak positif dari ini adalah jangkauan pasar yang lebih luas baik dari segi geografi dan demografi.

Selain itu, berikut ini beberapa keuntungan dari digital business, antara lain:

1. Biaya Operasional Lebih Efisien

Bisnis digital memungkinkan adanya automatisasi dalam proses bisnis, hal ini dapat meningkatkan efisiensi dalam operasional.
Mulai dari manajemen inventaris hingga sistem pembayaran, otomatisasi dapat membantu mengurangi waktu dan biaya operasional.

2. Bisnis Dapat Beradaptasi dengan Cepat

Karena memanfaatkan teknologi dan internal, bisnis digital dapat lebih fleksibel dan dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan pasar atau kebutuhan pelanggan.

Perubahan produk, strategi pemasaran, atau model bisnis dapat diimplementasikan dengan lebih cepat.

3. Inovatif dalam Produk dan Pelayanan

Bisnis yang bergerak secara digital cenderung lebih inovatif. Perusahaan dapat lebih cepat merespons kebutuhan pasar dengan mengembangkan produk dan layanan baru, serta mengadopsi teknologi terkini.

4. Biaya Pemasaran yang Lebih Rendah

Pemasaran digital sering kali lebih terjangkau dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional seperti iklan televisi atau cetak.

Kampanye online dapat disesuaikan dengan target audiens tertentu, dan ROI (Return on Investment) dapat lebih mudah diukur.

Kerugian Bisnis Digital

Meskipun bisnis digital menawarkan banyak peluang dan manfaat, seperti fleksibilitas, akses global, dan potensi keuntungan besar, ada juga beberapa kerugian yang perlu dipertimbangkan, seperti berikut ini.

1. Kompetisi yang Ketat

Pasar digital sering kali sangat kompetitif, terutama dalam industri populer seperti e-commerce. Persaingan yang sengit dapat membuat sulit bagi bisnis untuk menonjol dan mendapatkan perhatian pelanggan.

2. Pelanggan Tidak Setia

Pelanggan dalam lingkungan digital dapat cenderung kurang setia karena mudahnya beralih dari satu merek atau penyedia layanan ke yang lain. Menjaga kepuasan pelanggan dan membangun loyalitas menjadi lebih menantang.

3. Kesulitan Membangun Kepercayaan Pelanggan

Terkadang, bisnis digital menghadapi kesulitan dalam membangun kepercayaan pelanggan karena kurangnya interaksi fisik dan kurangnya rasa tangibility produk atau layanan.

Baca Juga: 20 Bisnis Franchise Murah di Bawah Rp10 Juta, Cocok untuk Pemula

Jenis-jenis Bisnis Digital

Bisnis digital tidak hanya sekadar bisnis yang bergerak secara online. Nyatanya ada begitu banyak jenis dari bisnis digital, berikut ini penjelasannya.

1. e-Commerce

Jenis bisnis digital pertama adalah e-Commerce yang sering kali disamakan dengan marketplace, padahal keduanya berbeda. Bisnis e-Commerce dilakukan secara langsung oleh perusahaan atau produsen yang menyediakan dan membuat produk tersebut.

Contohnya bisa kita lihat pada website miliki retail pakaian yang memungkinkan konsumennya untuk melakukan pembelian melalui website.

2. Marketplace

Bisnis digital ini memungkinkan semua orang untuk berjualan di platform online. Marketplace menjadi wadah yang mempertemukan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli.

3. Ad-Supported

Jenis bisnis digital ini bisa ditemukan di media sosial di mana penggunanya tidak perlu membayar biaya berlangganan bulanan.
Walau tidak dikenakan biaya berlangganan tapi pengguna bisa mendapatkan pemasukan melalui keuntungan iklan, sponsor, dan promosi yang ditayangkan di media sosial tersebut.

4. Subscription

Biasanya ditemukan dalam bidang konten digital, sepert layanan on demand misalnya Netflix dan Spotify. Jenis digital business ini adalah hasil pengembangan dari model berlangganan yang dahulunya sudah ada.

Di mana pelanggan yang ingin menggunakan layanan diharuskan membayar biaya langganan untuk dapat menggunakan produk.

Ide Bisnis Digital

Seiring dengan kemajuan teknologi dan juga internet, bisnis digital akan terus hidup dan berkembang. Hal ini tentu menjadikan bisnis ini sangat menjanjikan.

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis digital atau menggeser bisnis Anda yang sebelumnya bergerak secara konvensional ke digital, berikut ini beberapa ide bisnis digital yang bisa dijalankan.

1. Content Creator

Ide bisnis digital pertama yang bisa Anda jalankan adalah menjadi content creator. Anda dapat membuat konten berupa video atau juga foto yang menarik dan mengunggahnya di media sosial seperti Instagram, Twitter, TikTok, atau juga Youtube.

Nantinya, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari iklan, sponsor, penjualan produk, atau bentuk kerja sama lainnya.

2. Afiliasi Marketing

Afilisasi marketing adalah kegiatan memasarkan produk orang lain dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang dihasilkan melalui afiliasi Anda.
Saat ini, sudah banyak perusahaan yang menjalankan program afiliasi. Nah, Anda bisa mendaftarkan diri untuk menjadi bagian dari itu, biasanya program ini dijalankan oleh marketplace.

3. e-Commerce Niche

Jika Anda adalah seorang produsen, Anda bisa mulai menjalankan bisnis ini. Namun, berbeda dari e-Commerce lainnya di sini Anda akan fokus pada produk atau layanan yang spesifik.

Keuntungan dari jenis bisnis digital ini adalah Anda dapat membangun audiens yang berdedikasi dan memenuhi pasar yang terabaikan.

4. Buka Kelas

Ide bisnis digital lainnya yang bisa Anda jalankan adalah membuka kelas online.
Pilihlah bidang yang Anda kuasai, susun metode dan materi belajar yang menarik. Anda bisa mendapatkan penghasilan dari biaya pendaftaran atau berlangganan.

5. Konsultasi Digital Marketing

Digital marketing semakin menjadi pilihan banyak pelaku bisnis untuk melakukan promosi. Nah, ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis.
Anda dapat membuka konsultasi digital marketing dengan menawarkan strategi pemasaran digital melalui SEO, content marketing, digital ads, dan lainnya.
Itulah dia hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai bisnis digital, dari pengertian, keuntungan, hingga ide menjalankannya.

Di dalam menjalankan digital business sendiri Anda membutuhkan talenta-talenta berbakat yang sudah akrab dengan teknologi digital. Temukan mereka dengan mudah dan cepat dengan pasang loker di KitaLulus.

Pasang loker di KitaLulus gratis dan full support, ayo daftar sekarang!

cari karyawancari karyawan