7 Ide Bisnis Otomotif dan Tips Sukses Menjalankannya

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

hrd
Isi Artikel

Bisnis otomotif menjadi salah satu peluang bisnis yang tidak bisa Anda abaikan. Apalagi di Indonesia angka pemilik kendaraan terbilang tinggi. Artinya bisnis ini akan memiliki demand yang tinggi.

Selain menjanjikan keuntungan, bisnis ini pun memiliki risiko yang terbilang rendah. Berikut ini ide dan tips menjalankan usaha di bidang otomotif, mari disimak!

Ide Bisnis Otomotif

Peluang bisnis otomotif menjadi bisnis yang tidak pernah redup, apalagi saat ini kendaraan bermotor pun semakin inovatif. Membuat bisnis ini semakin menjanjikan dan patut Anda lirik.

Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis otomotif namun belum memiliki ide jenis bisnis apa yang perlu dipilih? Berikut ini beberapa ide usaha otomotif yang bisa dijadikan referensi!

1. Bisnis Jual Beli Kendaraan

Salah satu ide bisnis otomotif yang tiap tahun selalu menjanjikan adalah jual beli kendaraan baik baru dan bekas. 

Jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini, Anda harus siapkan modal usaha yang cukup besar.

Tapi, jika Anda belum memiliki modal yang besar Anda bisa memulai bisnis ini dengan menjadi seorang broker (makelar) yang menjadi penghubung antara calon konsumen dengan distributor kendaraan bermotor.

2. Penjualan Sparepart

Sparepart menjadi peluang bisnis otomotif yang sangat menjanjikan. Hal ini karena suku cadang menjadi bagian penting dari kendaraan bermotor.

Anda bisa menyediakan suku cadang dari berbagai merek dan model kendaraan. Bisnis ini bisa Anda jalankan secara online dengan membuka marketplace.

3. Aksesoris dan Modifikasi Kendaraan

Ide berikutnya adalah membuka bisnis aksesoris mobil. Bisnis ini bisa dibilang juga amat menjanjikan keuntungan yang besar, mengingat pecinta mobil biasanya akan melakukan modifikasi aksesoris kendaraan mereka, baik interior dan eksteriornya.

Anda bisa menyediakan berbagai pilihan aksesoris yang lengkap dengan jasa modifikasi.

4. Jasa Rental Mobil

Peluang bisnis jasa rental mobil bisa menjadi pilihan Anda bila ingin berkecimpung dalam bisnis otomotif. Namun, siapkan modal yang cukup besar untuk memulai bisnis ini karena Anda perlu membeli beberapa mobil untuk disewakan.

Demand bisnis ini biasanya akan meningkat di musim liburan dan mudik.

5. Jasa Cuci Kendaraan

Ide bisnis di bidang otomotif yang sederhana tapi juga menguntungkan adalah jasa cuci kendaraan baik motor dan mobil.

Dengan kesibukan para pemilik kendaraan, mereka cenderung lebih memilih mencuci kendaraan mereka di tempat pencucian kendaraan.

Semakin banyak juga orang yang merasa bahwa jasa cuci kendaraan benar-benar dapat menjamin kendaraan menjadi lebih bersih.

Saat Anda tertarik untuk membuka bisnis ini, usahakan untuk menggunakan sabun cuci berkualitas yang tidak merusak cat mobil.

6. Bengkel atau Perawatan Kendaraan

Bisnis otomotif lainnya yang bisa Anda coba jalankan berikutnya adalah bisnis bengkel. Beberapa jenis jasa perawatan kendaraan yang bisa ditawarkan antara lain ganti oli, cek radiator, tune up, periksa knalpot, dan lainnya.

Untuk menjalankan bisnis ini, pastikan Anda mempekerjakan mekanik yang profesional dan juga menyediakan sparepart yang original.

7. Stasiun Pengisian Listrik

Dengan semakin trennya kendaraan listrik, bisnis pengisian listrik jadi bisnis yang menjanjikan. Bisnis ini pun punya masa depan yang cerah dan demand juga akan akan semakin tinggi.

Tips Menjalankan Bisnis Otomotif

Dengan cerahnya peluang bisnis di bidang otomotif, apakah ini mendorong Anda untuk tertarik memulainya? Jika iya, kami memiliki beberapa tips yang bisa diaplikasikan agar bisa sukses. Berikut ini beberapa tipsnya.

1. Coba Buat Rencana Bisnis

Sebelum Anda memulai bisnis, pastikan susun rencana bisnis dengan baik.

Tentukan jenis bisnis otomotif apa yang dijalankan. Misalnya jual spare part, rental kendaraan, bengkel, atau jual beli kendaraan.

Dengan memilih jenis bisnis yang akan dijalankan Anda dapat menyusun strategi dengan tepat. Mulai dari memperkirakan modal, lokasi bisnis, segmentasi pasar, sampai strategi pemasaran yang dibutuhkan.

Pastikan membuat rencana bisnis ini dengan rinci dan matang sehingga Anda benar-benar siap menjalankan bisnis yang dipilih.

2. Carilah Supplier Terpercaya

Di dalam sebuah bisnis, supplier akan sangat menentukan kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan. Ini tidak terkecuali saat Anda memulai bisnis otomotif.

Jika Anda menekuni bisnis jual aksesoris dan sparepart, pastikan memperhatikan kualitas produk dari supplier sehingga memberikan rasa puas kepada pelanggan.

Bagi Anda yang memilih bisnis jasa, seperti bengkel atau cuci kendaraan, pastikan produk penunjang yang Anda gunakan juga berkualitas.

3. Tentukan Harga yang Kompetitif

Tips berikutnya yang perlu Anda terapkan adalah pastikan Anda yang ditawarkan kompetitif dari para kompetitor di pasaran. Baik itu harga jual produk atau juga biaya jasa yang ditawarkan.

Untuk dapat menentukan harga yang kompetitif, tidak ada salahnya Anda melakukan riset pasar. Cobalah cari tahu kisaran harga jual produk dari beberapa kompetitor.

Lalu, untuk menentukan harga jasa, cobalah untuk menetapkan harga berdasarkan tingkat kesulitan dan jangka waktu.

4. Lakukan Promosi secara Online

Agar Anda bisa sukses dalam menjalankan bisnis otomotif di era digital ini, cobalah untuk merambah pemasaran secara online.

Anda bisa menggunakan kekuatan promosi memanfaatkan media sosial, membuka marketplace, atau juga membuat website bisnis pribadi. Dengan beberapa cara ini, kemungkinan bisnis untuk dikenal dan menjangkau pasar lebih luas pun terbuka lebar.

5. Buat Nama Usaha yang Unik

Nama usaha tidak bisa Anda abaikan jika ingin sukses dalam bisnis otomotif. Oleh karena itu, buatlah nama usaha yang unik, serta mudah diingat konsumen. Dengan begini usaha otomotif Anda mampu menarik minat konsumen.

Jenis Pekerjaan Karyawan yang Dibutuhkan Bisnis Otomotif

Saat memulai bisnis otomotif, tentu Anda tidak dapat mengerjakannya sendiri. Perlu tenaga kerja yang membantu bisnis Anda. Berikut jenis pekerjaan untuk Anda rekrut

Berikut adalah beberapa jenis karyawan yang umumnya terlibat dalam bisnis otomotif:

1. Teknisi Otomotif

Dalam tugasnya, Teknisi Otomotif melakukan perbaikan dan pemeliharaan kendaraan, mendiagnosis masalah mekanis, dan melakukan berbagai jenis pekerjaan teknis terkait dengan otomotif. Oleh karena itu, perlu pengetahuan mendalam tentang sistem otomotif, kemampuan mendiagnosis, dan keahlian teknis.

2. Sales Otomotif

Jika Anda memiliki layanan jual-beli kendaraan, Anda dapat merekrut Sales Otomotif untuk menjual kendaraan baru dan bekas kepada pelanggan, memberikan informasi tentang fitur dan spesifikasi kendaraan, serta menawarkan layanan keuangan dan asuransi. Dibutuhkan keahlian komunikasi, pengetahuan tentang produk otomotif, dan keterampilan negosiasi.

3. Admin Otomotif

Posisi ini akan memberikan dukungan pelanggan, menjawab pertanyaan, menangani keluhan, dan memastikan kepuasan pelanggan.Karyawan tersebut perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, berpengetahuan tentang berbagai macam perlengkapan kendaraan, kepribadian ramah, dan kemampuan menyelesaikan masalah.

5. Marketing Otomotif:

Untuk posisi ini, Marketing Otomotif akan merancang dan melaksanakan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan kendaraan atau layanan otomotif. Perlu pemahaman pasar otomotif, keterampilan pemasaran digital, dan analisis pasar.

Itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai bisnis otomotif serta bagaimana menjalankannya agar bisa sukses.

Salah satu yang tidak bisa diabaikan saat menjalankan bisnis adalah memastikan bisnis memiliki karyawan yang kompeten di bidangnya.

Dapatkan kesempatan untuk menemukan karyawan terbaik di berbagai posisi dengan pasang loker di KitaLulus. Tidak hanya menawarkan talenta terbaik, pasang loker di KitaLulus juga menawarkan kemudahan dan jangkauan yang luas.

Tim KitaLulus juga akan membantu Anda selama proses pemasangan loker. Ayo, daftarkan perusahaan atau bisnis Anda sekarang untuk pasang loker di KitaLulus!

cari karyawancari karyawan