Pentingnya Briefing, Tujuan, Contoh, dan Cara Membuatnya

penulis
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Briefing adalah— Budaya perusahaan yang baik akan menentukan kebiasaan seluruh anggota perusahaan. Briefing adalah salah satu budaya perusahaan yang harus dipertahankan.

Tidak hanya sebagai bentuk komunikasi, tapi salah satu tujuan briefing adalah mengarahkan karyawan melakukan pekerjaannya. Selain itu, dengan melakukan briefing, produktivitas kerja juga ikut meningkat.

Pelajari lebih lanjut terkait manfaat briefing, kapan sebaiknya briefing dilakukan, dan cara membuat dokumennya dalam bahasan dari KitaLulus di bawah ini.

BACA JUGA: Mengenal Town Hall Meeting, Pertemuan Penting yang Membentuk Budaya dan Loyalitas

Pengertian Briefing

briefing adalah

Sebagian besar orang mengartikan briefing adalah sebagai rapat kecil yang dilakukan untuk memberikan pengarahan atau instruksi kepada satu atau lebih karyawan.

Menurut SmallBusiness, briefing adalah memberikan informasi atau instruksi kepada karyawan terkait kebijakan, tujuan, strategi, atau tugas baru pada saat mengadakan meeting.

Umumnya, yang menyampaikan briefing adalah para pemimpin atau manajer perusahaan. Biasanya hal ini dilakukan dengan menggunakan dokumen atau memo, yang disebut sebagai business brief.

Isinya adalah informasi mengenai apa yang akan dibahas ketika briefing bisnis diadakan nantinya. Lalu kapan briefing dilakukan? Sebenarnya, sampai saat ini tidak ada aturan khusus kapan sebaiknya briefing harus dilakukan.

Namun sebagian besar perusahaan umumnya melakukan briefing pada pagi hari sebelum memulai pekerjaan di hari itu. Tetapi ada juga yang melakukan briefing di siang, sore, atau malam hari atau disesuaikan dengan jam kerja yang berlaku. Bagaimana dengan perusahaan Anda? Kapan briefing dilakukan?

Manfaat Briefing

manfaat briefing dilakukan

Tidak banyak orang yang menyadari manfaat briefing untuk kelancaran bersama. Terutama untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan di perusahaan.

Berikut beberapa manfaat briefing bagi perusahaan dan tim di dalamnya:

1. Menyatukan Tujuan

Hal pertama yang menjadi manfaat briefing adalah untuk menyatukan tujuan. Artinya, semua karyawan perusahaan memiliki tujuan dan persepsi yang sama antara satu dan yang lainnya.

Anda bisa melakukan briefing secara terbuka dan transparan agar seluruh anggota perusahaan mengetahuinya. Selain itu, cara ini juga memungkinkan adanya diskusi terbuka untuk menghasilkan keputusan yang disepakati bersama.

2. Meningkatkan Komunikasi

Manfaat briefing selanjutnya adalah untuk meningkatkan komunikasi antar sesama karyawan. Sama seperti rapat besar, briefing memungkinkan karyawan dari beberapa divisi bertemu. Sehingga mereka bisa saling bertukar pendapat, memberikan saran, hingga menciptakan kolaborasi.

3. Menciptakan Budaya Berpikir Positif

Salah satu manfaat briefing adalah untuk menciptakan budaya berpikir positif. Artinya, briefing bisa meluruskan kesalahpahaman atau ketidakjelasan yang terjadi. Sehingga bisa mengembalikan keseragaman persepsi dan menghilangkan keraguan yang ada.

4. Memunculkan Ide Kreatif

Ketika briefing dilakukan, para anggota yang berkumpul akan saling bertukar pikiran. Hal ini bisa mendorong untuk memunculkan ide kreatif. Nantinya dari ide yang ada akan didiskusikan dan dipertimbangkan bersama.

5. Mengetahui Masalah yang Ada

Satu lagi manfaat dari briefing adalah Anda bisa mengetahui masalah yang ada. Artinya, ketika Anda melakukan briefing, ada kemungkinan karyawan yang menyampaikan keluhan atau masalah yang sedang terjadi. Setelah Anda mengetahuinya, jangan lupa untuk segera ditindaklanjuti agar tidak berlarut-larut.

BACA JUGA: 5 Contoh Surat Undangan Rapat dan Format Penulisannya

Cara Membuat Briefing yang Efektif

cara membuat business briefing

Jika Anda membuat briefing dengan baik, maka hal ini bisa memastikan seluruh anggota yang mendapatkan briefing tersebut bisa memahami apa yang Anda jelaskan.

Ingin membuat briefing untuk tim Anda? Cukup ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buat Kalimat Pembuka

Cara pertama membuat briefing adalah dengan membuat kalimat pembuka. Umumnya, isinya berupa ringkasan dan penjelasan singkat dari apa yang akan dilakukan pada saat briefing.

2. Tuliskan Tujuan Briefing

Setelah kalimat pembuka, hal yang tidak boleh dilupakan dari briefing adalah tujuannya. Anda dapat membuatnya dengan poin-poin singkat mengenai tujuan briefing yang akan dilakukan.

3. Cantumkan Informasi Singkat

Selain tujuan, Anda juga perlu mencantumkan beberapa informasi singkat. Bisa berupa apa yang mau dibahas di briefing, kondisi yang sedang terjadi di perusahaan, dan hal lainnya yang perlu dibahas. Dengan begitu, anggota yang akan mengikuti briefing bisa mengetahui apa yang akan dibahas dan menyiapkannya.

4. Cantumkan Waktu, Tanggal, dan Tempat

Cara terakhir membuat briefing adalah dengan memberikan keterangan waktu, tanggal, dan tempat diadakannya briefing tersebut. Sehingga anggota yang mengikuti bisa datang sesuai arahan dan instruksi yang diberikan.

Contoh Briefing

Jika Anda masih bingung, berikut KitaLulus berikan beberapa contoh briefing yang bisa Anda jadikan acuan untuk membuatnya:

Contoh briefing I:

contoh briefing bahasa inggris

Contoh briefing II:

contoh briefing rencana marketing

Contoh briefing III:

contoh briefing sederhana

Demikianlah penjelasan terkait pengertian briefing, manfaat, cara membuat, dan contohnya. Briefing adalah salah satu cara membentuk budaya perusahaan yang disiplin dan meningkatkan produktivitas karyawan. Meski sering diremehkan, teknik ini juga terbukti dapat meningkatkan loyalitas jika konsisten dilakukan.

Apakah perusahaan Anda sedang membutuhkan karyawan dalam waktu dekat ini? Anda bisa mendapatkannya dalam hitungan hari bersama KitaLulus. Sebagai komunitas pencari kerja terbesar, KitaLulus sudah menjangkau Jabodetabek, Bandung, Makassar, Medan, Semarang, Surabaya, dah Gowa.

Pastikan Anda sudah mendaftarkan diri untuk memasang iklan lowongan di KitaLulus secara gratis. Dapatkan karyawan berpotensi dan berkualitas bersama KitaLulus dengan #LebihMudah mulai dari sekarang!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd