Mau Buat Bisnis Manager dengan Optimal? Simak Cara-caranya Di Sini!

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

bisnis manager
Isi Artikel

Perubahan zaman dan perkembangan teknologi memang membuat segalanya menjadi mudah. Seperti yang kita ketahui, sosial media dan internet semakin berkembang. Banyak orang mempromosikan produknya melalui bisnis manager, seperti Google Business dan Facebook Business.

Baik Google Business dan Facebook Busines, keduanya sama-sama membantu pemilik usaha untuk mengoptimalkan produk atau usahanya dengan menggunakan fitur keunggulannya masing-masing. Kedua bisnis manager tersebut terbukti sangat membantu perusahaan untuk terus berkembang dan dikenal banyak orang.

Lalu, seperti apa penggunaan bisnis manager ini? Apa itu Google Business? Apa itu Facebook Business? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Bisnis Manager

Bisnis manager seperti Google Business dan Facebook Business merupakan sebuah fitur atau tool untuk membantu pengelolaan bisnis Anda dalam satu tempat sekaligus. Dengan menggunakan tool ini, pemilik bisnis memiliki akses penuh terhadap anggota tim berdasarkan peran mereka.

Hadirnya fitur bisnis manager juga bertujuan untuk mengelola ads atau iklan promosi dengan lebih praktis, mudah, dan sederhana. Selain itu di era digital seperti sekarang ini, menjangkau pelanggan atau calon pelanggan melalui internet lebih mudah dan sudah menjadi prioritas utama para pelaku bisnis.

Dengan berbagai fitur yang ada, pemilik usaha bisa menjangkau dan menarik banyak orang lewat informasi-informasi bisnis yang Anda berikan melalui bisnis manager. Lalu, seperti apa fitur yang diberikan oleh Google Business dan Facebook Business ini? Apa manfaatnya bagi perusahaan?

BACA JUGA: Mau Melamar Sebagai Social Media Specialist? Pahami Dulu Seluk Beluknya!

Apa itu Google Business?

Google business merupakan sebuah tool yang diberikan Google untuk mengelola tampilan bisnis di halaman pencarian Google dan Google Maps. Informasi yang diberikan seperti nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon, alamat email, jam operasional, website perusahaan, foto tempat usaha atau kantor, hingga review dari beberapa klien atau pelanggan.

Pada dasarnya, Google Business merupakan sebuah tool gratis yang bisa mempermudah pengusaha untuk mengembangkan bisnis atau usahanya melalui internet. Tujuan utama dari Google Business adalah untuk memberitahu kepada pelanggan atau orang banyak mengenai informasi bisnis Anda ketika mereka mencarinya lewat Google. Apa manfaat dari salah satu bisnis manager ini?

Manfaat Menggunakan Tool Google Business

Jika Anda mendaftarkan bisnis dengan Google Business, maka Anda akan mendapatkan beberapa manfaat. Di antaranya adalah:

1. Mempermudah Calon Pelanggan untuk Menemukan Bisnis Anda

Saat klien melakukan pencarian, sebagian besar mereka hanya mengenal nama dan jarang dari mereka yang langsung mengetahui website bisnis Anda. Oleh karena itu, ketika mereka mengetikan nama bisnis Anda di mesin pencarian Google, maka informasi perusahaan yang sudah dibuat dengan tool Google Business akan muncul.

Salah satu manfaat bisnis manager ini adalah mempermudah calon pelanggan untuk menemukan bisnis Anda. Calon pelanggan hanya tinggal mengetikan nama bisnis Anda, dan semua informasi sudah tersedia. Selain itu, dengan menggunakan Google Business, Anda juga bisa meningkatkan SEO perusahaan.

2. Sebagai Media Komunikasi

Tidak hanya mempermudah calon pelanggan, salah satu manfaat dengan menggunakan Google Business adalah bisa dijadikan sebagai media komunikasi. Salah satu fitur yang disediakan adalah “tanya jawab”.

Pada fitur ini, calon pelanggan bisa menanyakan berbagai hal mengenai informasi bisnis yang ingin diketahui. Selain itu, Anda sebagai pemilik bisnis juga bisa menjawab pertanyaan tersebut.

3. Bisa Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Selain memberikan informasi terkait perusahaan Anda, fitur Google Business membiarkan para pelanggan memberikan ulasan terkait produk atau bisnis Anda. Sehingga kepercayaan pelanggan bisa meningkat dengan melihat berbagai ulasan yang ada.

Menurut penelitian, 88% pelanggan mempercayai ulasan online. Nah, semakin banyak ulasan bagus tentang perusahaan Anda, maka semakin besar kesempatan untuk mengembangkan perusahaan di masa mendatang.

4. Memberikan Informasi Kepada Pelanggan

Tidak hanya ulasan, salah satu fitur unggul dari Google Business adalah bisa memberikan informasi kepada pelanggan terkait produk atau usaha yang Anda jalankan. Salah satu tool bisnis manager ini akan memberikan informasi detail seputar alamat, daftar produk yang dijual, harga, jam operasional, dan lain-lain. Sehingga pelanggan bisa mengetahui apakah usaha Anda memiliki produk atau jasa yang mereka butuhkan.

5. Menganalisis Pelanggan

Google Business memiliki fitur analytics yang bisa Anda gunakan untuk menganalisis pelanggan. Dengan fitur ini, Google Business akan menunjukkan performa bisnis atau usaha Anda dengan yang lainnya, jumlah pelanggan yang melakukan pencarian, hingga interaksi pelanggan dengan bisnis atau usaha Anda. Salah satu keunggulan fitur ini juga bisa memberikan informasi mengenai bagaimana pelanggan bisa menemukan usaha atau bisnis Anda. Sehingga Anda bisa memberikan kata kunci yang lebih tepat untuk mudah ditemukan.

Cara Membuat Akun Google Business

Tertarik untuk membuat Google Business untuk usaha Anda? Berikut cara-cara yang bisa Anda ikuti.

1. Buat Akun Google Business (Sign Up)

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun terlebih dahulu. Jika Anda sudah memiliki akun gmail, maka tinggal daftar menggunakan email tersebut. Jika belum, Anda bisa membuatnya terlebih dulu.

2. Masukan Nama Bisnis Anda

Setelah mengisi data dan berhasil masuk, tulis nama bisnis atau usaha yang ingin ditampilkan di halaman pencarian Google. Lalu pilih kategori bisnis atau usaha yang Anda jalankan.

3. Lokasi Usaha

Jangan lupa untuk menulis alamat lengkap bisnis atau usaha Anda. Nantinya alamat tersebut akan langsung terhubung dengan Google Maps untuk memudahkan pelanggan mencari lokasinya. Dan/atau di daerah mana Anda memberikan pelayanan.

4. Informasi Kontak

Langkah selanjutnya adalah mengisi informasi kontak usaha Anda. Masukan nomor telepon dan alamat website jika ada.

5. Verifikasi Email dan Kelola Bisnis Anda

Hal terakhir yang Anda lakukan adalah melakukan verifikasi email. Setelah sudah terverifikasi, maka akun Google Business Anda sudah jadi dan siap untuk dikelola.

BACA JUGA: Hal yang Perlu Anda Perhatikan Dalam Mengembangkan Usaha. Apa Saja?

Apa itu Facebook Business?

Jika Anda terjun di dunia digital marketing atau social media marketing, maka Anda harus mahir dalam menggunakan Facebook Business. Salah satu dari bisnis manager ini bisa mengelola iklan usaha atau bisnis Anda secara efektif.

Facebook Business diluncurkan dengan tujuan untuk mempermudah penggunanya mengelola akun iklan atau ads secara mudah, praktis, dan sederhana. Tool ini bahkan bisa membantu Anda dalam mengelola akun ads dan aplikasi Facebook lainnya dalam satu tempat secara bersamaan.

Anda juga bisa mengontrol dan membatasi informasi apa saja yang dapat diakses oleh social media manager atau orang yang mengelola akun ads tersebut. Dengan menggunakan Facebook Business, Anda bisa memberikan akses dan tugas kepada tim dengan bebas dan aman.

Tidak hanya itu, Facebook Business memberikan Anda kebebasan untuk mengatur sendiri iklan yang diinginkan. Lalu mengapa salah satu tool dari bisnis manager ini sangat penting untuk perusahaan? Apa saja manfaatnya?

Keunggulan Tool Facebook Business

Facebook merupakan salah satu dari sekian banyak media sosial yang banyak diakses. Oleh karena itu, banyak pengusaha atau pemilik bisnis untuk mempromosikan usahanya melalui Facebook. Tidak hanya itu, ada beberapa keunggulan yang bisa didapatkan dengan menggunakan tool bisnis manager ini. Di antaranya adalah:

1. Praktis Digunakan

Salah satu fitur unggulan dari Facebook Business adalah bisa memisahkan akun pribadi dan akun bisnis. Sehingga Anda bisa meminimalisir kebocoran data pribadi. Selain itu, risiko salah posting akun pribadi di akun bisnis dapat diturunkan atau dihilangkan.

2. Mudah untuk Dikelola

Dengan menggunakan Facebook Business, Anda bisa mengelola beberapa akun Facebook Ads dan Fanpage di satu tempat. Sehingga Anda bisa memantau performa iklan dan konten yang diunggah.

3. Memberikan Report Bisnis dengan Mudah

Manfaat selanjutnya dalam menggunakan Facebook Business adalah kemudahan dalam mengakses report performa iklan dan konten yang diunggah. Anda memiliki dashboard sendiri yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang diinginkan.

4. Lebih Aman Digunakan

Dalam dunia marketing, pergantian staf sampai melibatkan agensi untuk proyek yang berbeda wajar adanya. Tentunya hal ini akan meningkatkan risiko kebocoran data jika ada karyawan atau agensi sebelumnya masih memiliki akses. Akan tetapi Facebook Business memiliki autentikasi dua faktor yang akan disambungkan kepada yang bertugas saja. Sehingga bisa meminimalisir kebocoran data.

Manfaat Menggunakan Tool Facebook Business

1. Meningkatkan Brand Awareness

Di Indonesia, media sosial Facebook berada di posisi ke-4 dalam jumlah aktif pengguna terbanyak. Dengan pengguna yang sebanyak itu, maka Facebook bisa menjadi media yang cocok bagi Anda untuk mempromosikan usaha atau bisnis. Selain itu, juga bisa meningkatkan brand awareness dengan luas sehingga akan mendatangkan lebih banyak leads.

2. Iklan Bertarget

Salah satu keunggulan dari Facebook Business adalah Anda bisa mengatur kepada siapa iklan tersebut ditargetkan atau dituju. Anda bisa membuat kriterianya dengan detail, mulai dari umur, jenis kelamin, lokasi, hingga minat target pelanggan. Sehingga iklan Anda akan menjadi tepat sasaran.

3. Menyesuaikan Budget

Meskipun untuk memasang iklan menggunakan biaya, di Facebook Business Anda bisa menyesuaikan budget yang dimiliki. Hal ini sangat membantu bagi Anda yang baru saja merintis usaha atau bisnis. Penyesuaian budget juga berlaku untuk estimasi jangkauan iklan Anda.

4. Format Iklan yang Bervariasi

Tidak hanya dalam format foto atau gambar, tapi Anda juga bisa memasang iklan dengan format video. Selain itu ada juga format carousell yang memungkinkan Anda untuk memasang lebih dari satu konten iklan.

5. Membuat Pelanggan Ikut Terlibat

Biasanya pada saat memasang iklan, jangkauan yang didapatkan lebih luas dari yang ditentukan. Sehingga bisa mendatangkan target baru yang mungkin belum mengenal bisnis atau usaha Anda. Manfaat dengan menggunakan Facebook Business adalah target audience bisa memberikan komentar atau sekedar tombol suka pada konten iklan Anda.

Cara Membuat Facebook Business

Tertarik untuk membuat Facebook Business untuk usaha Anda? Berikut cara-cara yang bisa Anda ikuti.

1. Buat Akun Facebook Business

Jika Anda sudah memiliki akun Facebook, maka Anda bisa langsung mengunjungi website business.facebook.com kemudian klik “bikin akun” atau “create account” di pojok kanan atas.

2. Isi Data

Langkah selanjutnya adalah mengisi data-data yang diperlukan untuk membuat akun Facebook Business. Jika Anda sudah mengisi semua data yang diminta, klik “lanjutkan” atau “continue”.

3. Verifikasi Data

Langkah terakhir adalah verifikasi data. Isi nama dan alamat email Anda, kemudian klik “selesai” atau “finish”. Dan akun Facebook Business Anda siap untuk digunakan.

Itulah penjelasan mengenai tool bisnis manager yang bisa digunakan seperti Google Business dan Facebook Business untuk mengoptimalkan bisnis atau usaha Anda. Ada banyak manfaat dengan menggunakan tool bisnis manager seperti ini. Selain mempermudah pekerjaan, Anda juga tidak perlu repot-repot untuk mempromosikan usaha atau bisnis Anda. Cukup serahkan kepada social media manager untuk mengelola akun bisnis Anda.

Bagi Anda yang membutuhkan seorang social media manager, bisa menaruh lowongan pekerjaan di KitaLulus. Sebagai salah satu situs pencari kerja, KitaLulus beroperasi di kota-kota besar seperti, Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Medan, Semarang, dan Gowa.

Daftarkan diri Anda untuk memasang lowongan pekerjaan di KitaLulus. Dapatkan kandidat terbaik mulai dari sekarang!

Dapatkan konten Kitalulus

Terima Kasih telah berlanggan pada newsletter Kitalulus!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok