Pengusaha Wajib Tahu, Begini Cara Cek BPOM Melalui Online

Close Pop up
Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

cek bpom online
Isi Artikel

Produk makanan, kosmetik, dan obat-obatan yang diproduksi harus teregistrasi di BPOM. Artinya semua produk yang diproduksi dinyatakan aman dan bermutu. Tidak sedikit dari masyarakat yang kini mulai sadar dan selalu cek BPOM suatu produk.

Semakin canggihnya teknologi, kini cara cek BPOM bisa dilakukan melalui online dari website atau melalui aplikasi BPOM. Hal ini tentunya bertujuan agar masyarakat lebih berhati-hati dengan produk yang dibelinya.

Lalu bagaimana cara cek BPOM? Simak penjelasan lengkapnya yang sudah dirangkum, di bawah ini.

BACA JUGA: Cek Cara Daftar BPOM Untuk Usaha Anda! Jangan Sampai Tidak Daftar!

Mengenal Izin Edar BPOM

Izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM adalah perizinan berupa izin edar untuk produk pangan yang diproduksi oleh industri dalam negeri yang lebih besar dari skala rumah tangga, atau industri yang menghasilkan produk pangan yang wajib sertifikasi BPOM.

Aturan mengenai kewajiban izin edar terdapat dalam Peraturan Kepala Badan POM No. 27 Tahun 2017 tentang Pendaftaran Pangan Olahan. Aturan tersebut menyebutkan bahwa setiap produk pangan olahan baik yang diproduksi di dalam negeri atau yang diimpor untuk diperdagangkan dalam kemasan eceran wajib memiliki izin edar.

Kemudian menurut Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017 Pasal 2 menyebutkan bahwa, BPOM memiliki tugas untuk menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang pengawasan obat dan makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Makanan dan obat yang masuk dalam pengawasan dan harus cek BPOM adalah bahan obat, narkotika, psikotropika, prekursor, zat adiktif, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik, dan pangan olahan.

Cara Cek BPOM

Bagi pengusaha, produk yang diproduksi lolos dan mendapat izin edar dari BPOM merupakan sebuah kebanggaan dan sekaligus rasa tenang. Artinya produk tersebut bisa langsung dipasarkan ke masyarakat luas.

Biasanya, produk yang sudah memiliki logo BPOM artinya sudah aman untuk digunakan atau dikonsumsi. Namun, untuk beberapa produk yang tidak ada logo BPOM, sebaiknya dilakukan cek BPOM.

Cara cek BPOM pun bisa melalui website atau melalui aplikasi BPOM. Tujuannya adalah untuk melakukan cek produk BPOM dan cek nomor BPOM dari produk yang akan digunakan.

Fitur cek BPOM akan menampilkan nomor registrasi dari setiap kosmetik, obat, dan makanan yang berada dalam dan/atau sudah diawasi oleh BPOM. Pengawasan dari BPOM bertujuan agar setiap produk dapat diketahui bahan, manfaat, hingga dampak bagi kesehatan.

Berikut cara cek BPOM jika Anda ingin melakukan cek produk BPOM dan cek nomor BPOM yang sudah terdaftar melalui website:

  1. Kunjungi situs resmi BPOM di cekBPOM.pom.go.id
  2. Langkah selanjutnya adalah tinggal memasukkan nama merek, nama produk, atau kode registrasi pada kolom yang tersedia. Kemudian klik “CARI”
  3. Setelah itu, website akan memberikan hasil dari data produk yang Anda masukkan

Berikut cara cek BPOM jika Anda ingin melakukan cek produk BPOM dan cek nomor BPOM yang sudah terdaftar melalui aplikasi:

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi “Cek BPOM” di ponsel
  2. Kemudian buka aplikasinya dan masuk
  3. Pada halaman utama, Anda bisa klik “SEMUA PRODUK” dan bisa memilih produk teregistrasi, produk dibatalkan, atau public warning
  4. Kemudian pilih “NOMOR REGISTRASI” dan masukkan nomor registrasi produk
  5. Kemudian sistem akan menampilkan hasil informasi dari data yang Anda masukkan

BACA JUGA: Cara Mudah Cek NPWP Perusahaan Online, Cari Tahu Di Sini!

Tidak menutup kemungkinan jika ada produk yang ditarik dari pasaran karena masih diperiksa atau karena berbahaya. Jika Anda ingin cek produk BPOM dan cek nomor BPOM dari barang-barang tersebut, maka cara cek BPOM seperti di bawah ini:

  1. Kunjungi situs resmi dari BPOM pom.go.id
  2. Lalu klik “DAFTAR PRODUK”
  3. Lalu pilih “PRODUK DITARIK”
  4. Setelah masuk ke bagian produk ditarik, sistem akan menampilkan data bagian produk. Anda bisa memilih pencarian yang diinginkan. Mulai dari obat-obatan hingga makanan.
  5. Pada kolom pencarian, Anda bisa memilih untuk cek produk BPOM dan/atau cek nomor BPOM dengan menggunakan nomor registrasi, nama produk, nama merek, hingga NPWP pendaftar.
  6. Setelah Anda menentukan produk yang diinginkan, tinggal klik, dan sistem akan menampilkan nama produk-produk yang ditarik BPOM dan disertai alasan mengapa produk tersebut bisa ditarik dari edaran.

Cara Lapor BPOM

Tidak hanya sekedar untuk cek produk BPOM dan cek nomor BPOM saja, tapi Anda juga bisa melakukan pengaduan atas suatu produk.

Cara lapor BPOM adalah:

  1. Anda bisa mengunjungi situs resmi BPOM pom.go.id
  2. Klik “LAYANAN ONLINE”
  3. Kemudian klik “LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN”
  4. Setelah itu, akan muncul keterangan terkait layanan pengaduan konsumen dan selanjutnya tinggal mengikuti arahan.

Itulah penjelasan seputar cek BPOM yang perlu Anda ketahui. Jangan lupa untuk mendaftarkan produk yang Anda pasarkan ke BPOM untuk mendapatkan izin edar yang sah.

Apakah Anda sedang membutuhkan karyawan untuk membantu perkembangan usaha? Anda bisa memasang lowongan pekerjaan di KitaLulus dengan aman dan mudah.

Tidak hanya itu, kini KitaLulus sudah beroperasi di banyak kota seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Semarang, Medan, dan Gowa. Oleh karena itu, daftarkan diri Anda untuk memasang lowongan pekerjaan di KitaLulus.

Dapatkan karyawan baru yang berkualitas mulai dari sekarang bersama KitaLulus!

Dapatkan konten Kitalulus

Terima Kasih telah berlanggan pada newsletter Kitalulus!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok