Cara Daftar Shopee Affiliate Program, Komisi, dan Cara Kerjanya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

hrd
Isi Artikel

Menjadi salah satu e-commerce raksasa di beberapa negara, Shopee mulai memberikan program yang menguntungkan bagi pengguna aplikasinya. Program ini disebut sebagai Shopee affiliate. Cara daftar Shopee affiliate sangat mudah, Anda bisa menyimaknya di artikel ini.

Akan dijelaskan juga tentang syarat pendaftaran program afiliasi, tipe kemitraan yang ada, hingga pencairan komisinya. Jadi, simak penjelasannya hingga akhir, ya!

Apa Itu Shopee Affiliate Program?

Apa Itu Shopee Affiliate Program
Sumber: Shopee

Program marketing afiliasi adalah sebuah trik digital marketing untuk memperluas segmentasi pasar dengan cara promosi produk atau jasa. Promosi tersebut dilakukan oleh orang lain, bisa berupa customer atau bahkan influencer.

Nantinya, seseorang yang membantu promosi akan diberikan komisi dengan pembagian yang telah disetujui di awal kontrak.

Dulu, program afiliasi akan dibuat secara formal kepada pihak-pihak yang memang ditunjuk oleh brand secara langsung. Namun, dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, program afiliasi sudah dilakukan oleh berbagai e-commerce sehingga para brand akan mendapatkan keuntungan juga dari program tersebut.

Shopee affiliate adalah suatu program yang diinisiasi oleh Shopee di mana seseorang bisa mendapatkan komisi ketika mempromosikan produk tertentu. Ada dua program yang ditawarkan, yaitu Shopee Affiliates Program dan Program Afiliasi Penjual. 

Jadi, bagi pengguna yang merupakan customer biasa bisa mendapatkan komisi ketika bergabung dan melakukan promosi produk. Sementara untuk penjual juga dapat mendaftarkan diri untuk menjadi bagian dari program ini. Ketika produknya terjual melalui program afiliasi, dia akan mendapatkan komisi tambahan.

Baca Juga: Syarat dan Cara Daftar TikTok Affiliate Tanpa Minimal Followers

Tipe Kemitraan Shopee Affiliate

Cara menggunakan Shopee affiliate tergantung pada tipe kemitraan yang Anda pilih. Dalam program ini, Shopee menerapkan 6 tipe kemitraan.

Tipe kemitraan yang dimaksud adalah pilihan hubungan kerja sama yang nantinya akan Anda lakukan ketika mengikuti program afiliasi. Pilihan ini nanti berhubungan dengan bagaimana cara Anda melakukan promosi di media sosial yang Anda miliki.

Berikut penjelasan mengenai keenam tipe kemitraan Shopee.

1. Tipe Mitra Situs Cashback/Kupon

Apakah Anda pernah mendengar aplikasi bernama Shopback yang akan memberikan cashback ketika Anda berbelanja di berbagai e-commerce melalui aplikasi tersebut.

Nah, tipe kemitraan Shopee affiliate yang pertama bisa dipilih jika Anda memiliki situs khusus seperti Shopback. Nantinya, pengguna yang berbelanja dari link yang Anda bagikan juga akan mendapatkan cashback atau kupon sebagai imbalan.

2. Tipe Mitra Perbandingan Harga

Tipe kemitraan selanjutnya adalah perbandingan harga. Tipe ini juga cocok untuk Anda yang memiliki situs khusus yang akan menghimpun berbagai barang sebagai pembanding harga. Jadi, pengguna bisa dengan mudah memilih barang yang dimau dengan harga paling affordable

3. Tipe Mitra Network

Selanjutnya ada tipe kemitraan berbentuk jaringan. Bisa Anda pilih jika memang Anda memiliki semacam komunitas yang di dalamnya sudah ada banyak anggota, atau jika Anda memiliki akun media sosial khusus yang akan membagikan link Shopee. Contohnya adalah akun di Twitter @RacunShopee.

4. Tipe Mitra Blogger/Media Sosial

Nah, tipe kemitraan Shopee affiliate ini yang paling sering dipilih. Sebab, untuk melakukan promosi hanya perlu membagikan link dari barang yang akan dipromosikan ke akun media sosial. Bahkan, akun media sosial Anda juga tidak perlu minimal followers. Yang penting memenuhi syarat berikut:

  • Media sosial aktif digunakan
  • Tidak pernah membagikan link affiliate dari pengguna lain
  • Media sosial bisa berupa apa saja: Instagram, Twitter, Blog, Youtube, dan lainnya

5. Tipe Mitra Brand/Seller

Tipe kemitraan ini dikhususkan bagi Anda yang memiliki akun seller di Shopee. Jadi, Anda dapat melakukan promosi untuk brand Anda. Anda akan mendapatkan komisi sebagai afiliasi sekaligus keuntungan karena produk Anda terjual.

6. Tipe Mitra Lainnya

Tipe kemitraan lainnya bisa Anda pilih jika Anda tidak merasa relate dengan 5 tipe kemitraan sebelumnya. Namun, Anda tetap harus memiliki akun media sosial yang aktif untuk melakukan promosi.

Keuntungan Bergabung Shopee Affiliate Program

Keuntungan Bergabung Shopee Affiliate Program
Sumber: Shopee

Bagi Anda yang masih mempertimbangkan untuk bergabung dengan Shopee affiliate atau tidak, berikut penjelasan tentang keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

  1. Komisi tetap hingga 5% dari harga barang yang terjual dari tautan yang Anda bagikan. Batas komisi tetap per transaksi valid adalah Rp10.000.
  2. Komisi tambahan dari komisi XTRA.
  3. Jalur ekspres mendapatkan komisi 2x lipat dan produk gratis.
  4. Bonus 15% komisi dengan ajak teman bergabung
  5. Mendapatkan kelas pengenalan terbuka untuk umum sehingga dapat pengetahuan tentang Shopee affiliate dan mendapatkan jaringan baru.

Baca Juga: 6 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula, Coba Yuk!

Syarat dan Ketentuan Shopee Affiliate

Cara menjadi Shopee affiliate adalah pertama-tama Anda harus memenuhi beberapa persyaratan, di antaranya sebagai berikut.

1. Syarat tentang Akun Media Sosial yang Digunakan

  • Akun media sosial yang digunakan adalah akun pribadi, bukan akun yang terafiliasi ke brand tertentu
  • Akun aktif digunakan
  • Akun tidak di private
  • Membagikan konten yang orisinal

2. Syarat Umum Pendaftaran

Untuk syarat umum pendaftarannya bisa dipahami di penjelasan berikut:

  • Akun Shopee bukan termasuk akun seller
  • Akun sudah terverifikasi

3. Ketentuan Produk dan Konten yang Dilarang

Shopee juga menerapkan ketentuan produk yang bisa dipromosikan, termasuk jenis konten yang bisa dibuat. Selain produk harus berasal dari seller dengan logo Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star Seller, Star+, ada beberapa produk dan konten yang dilarang, seperti berikut ini.

  • Tidak boleh mempromosikan produk ataupun konten yang bersifat ilegal, seperti narkoba, obat terlarang, penipuan, terorisme, tindak kriminal, dan lainnya.
  • Produk yang berkaitan dengan tembakau, judi, dan senjata.
  • Produk dan konten yang bersifat cabul dan pornografi.
  • Produk dan konten yang bersifat kekerasan.
  • Produk dan konten yang mengandung ujaran kebencian, fitnah, mencemarkan nama baik, hingga diskriminatif.

Baca Juga: Cara Jualan di Shopee Food dan Syaratnya - KitaLulus

Cara Daftar Shopee Affiliate Program

Cara Daftar Shopee Affiliate Program
Sumber: Shopee

Cara kerja Shopee affiliate sangat sederhana. Anda cukup mendaftar untuk program ini. Jika Anda memenuhi syarat sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, Anda dapat menggunakan kode dari setiap produk yang Anda promosikan.

Jika tautan yang berisi kode tersebut diklik oleh orang lain hingga membelinya, Anda akan mendapatkan komisi.

Di bawah ini merupakan langkah untuk mendaftar program Shopee afiliasi.

  1. Anda dapat membuka tautan affiliate.shopee.co.id atau log in menggunakan akun Shopee pribadi Anda, lalu klik bagian profil dan pilih Shopee Affiliate di bagian bawah.
  2. Mengisi seluruh data di formulir pendaftaran. Terdapat 3 langkah, yaitu Informasi Akun, Informasi Media, dan Pemberitahuan Pendaftaran.
  3. Proses konfirmasi pendaftaran memerlukan waktu 3 hari kerja sehingga Anda cukup menunggu saja. Akan diberitahukan melalui email yang Anda daftarkan jika Anda lolos atau tidak dalam proses pendaftaran.
  4. Setelah dinyatakan lolos pendaftaran, Anda sudah bisa mulai melakukan promosi dengan menggunakan tautan-tautan produk Shopee yang memenuhi ketentuan.

Ketentuan Komisi Shopee Affiliate

Setelah Anda memahami cara daftar Shopee affiliate, Anda pasti ingin tahu mengenai berapa komisi yang bisa diperoleh. Ini penjelasannya.

  1. Afiliator akan mendapatkan komisi hingga 10% untuk pesanan dari toko yang dipromosikan.
  2. Minimal saldo akun afiliasi adalah Rp10.000 untuk bisa dicairkan menjadi Shopee Pay dalam waktu satu minggu sekali.
  3. Jika saat waktu pencairan dana saldo Anda belum memenuhi minimal saldo, maka saldo akan terakumulasi hingga periode pencairan berikutnya.
  4. Komisi yang didapat hanya dari produk seller yang berlogo Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star Seller, dan Star+.
  5. Transfer dana akan dilakukan melalui ShopeePay jika saldo maksimal Rp1.000.000. Di atas nominal tersebut bisa dicairkan ke rekening yang terdaftar.

Baca Juga: Apa Itu Engagement Media Sosial, Jenis, Cara Mengukurnya

Itulah penjelasan tentang cara daftar Shopee Affiliate. Ini bisa menjadi salah satu ide bisnis bagi pemula yang dapat dilakukan oleh siapa pun. Jadi, apakah Anda tertarik mencobanya?

Nah, jika sekarang Anda sudah memulai bisnis dan sedang mencari karyawan untuk membantu bisnis Anda yang sudah mulai berkembang, segera pasang info lowongan kerja di KitaLulus. Anda cukup mengisi formulir di website KitaLulus untuk memasang loker secara gratis.

Setiap bulannya, jutaan pelamar terproses di aplikasi KitaLulus. Perusahaan akan mendapatkan kandidat berkualitas sesuai dengan kebutuhan dengan mudah. Jadi, Anda tidak akan lagi kesusahan dalam menggaet kandidat untuk kemajuan bisnis Anda.

cari karyawancari karyawan