Cara Laris Jualan di Shopee Food, Syarat, & Keuntungannya

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Shopee Food adalah salah satu fasilitator usaha paling membantu ekonomi, terutama di masa pandemi seperti ini. Selain berpotensi mendatangkan banyak omzet, cara jualan di Shopee Food juga tidak sulit, lho! Cukup memenuhi berbagai syarat dan mengisi formulir, Anda sudah bisa mulai membuka bisnis kuliner online.

Ingin tahu selengkapnya tentang cara daftar jualan di Shopee Food, syarat, sekaligus cara mendapat akses formulirnya? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini, ya!


Apa itu Shopee Food?

Mungkin beberapa dari Anda masih bertanya-tanya, “apa itu Shopee Food?”. Bukankah Shopee merupakan platform jual beli barang online? Mengapa sekarang ada cara jualan di Shopee Food?

Shopee Food adalah salah satu fitur layanan pesan antar makanan yang dipelopori oleh Shopee. Fitur teranyar dari aplikasi jual beli barang paling populer ini membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin menjadi partner.

Ketika Anda memutuskan untuk menjadi merchant partner, maka usaha kuliner Anda sudah langsung ada di aplikasi Shopee dan akan memiliki banyak konsumen. Cara jualan di Shopee Food pun sangat mudah.

Sama seperti platform lainnya yang menyediakan fitur serupa sebagai pemilik merchant, Anda hanya perlu menyiapkan makanan yang dipesan oleh konsumen melalui aplikasi Shopee.

Meski terhitung baru, fitur Shopee Food sudah memiliki banyak merchant partner dan driver yang siap mengantar makanan pesanan konsumen Anda. Sama seperti platform sejenis lainnya yang menawarkan fitur serupa, berjualan di Shopee Food juga dikenakan potongan komisi. Besaran yang akan dipotong adalah 20% dari setiap makanan yang terjual.

Baca juga: Mau Buat Bisnis Manager dengan Optimal? Simak Cara-caranya Di Sini!


Keuntungan Jualan di Shopee Food

Keuntungan berjualan di Shopee Food

Sebelum Anda mengetahui cara jualan di Shopee Food, sebaiknya Anda mengetahui beberapa alasan mengapa memilih Shopee Food sebagai partner jualan Anda. Berikut beberapa alasan yang bisa menjadi bahan pertimbangan. Di antaranya adalah:

1. Banyak yang Menggunakan Aplikasi Shopee

Salah satu keuntungan berjualan di Shopee Food adalah Anda berpotensi mendapatkan banyak pelanggan dalam waktu singkat. Sebab, saat ini Shopee adalah salah satu aplikasi e-commerce terlaris di Indonesia, dengan pengguna hampir mencapai 24 juta orang.

2. Usaha Kuliner Anda bisa Semakin Terkenal Luas

Melebarkan sayap usaha kuliner Anda ke ranah online, bisa membuat usaha Anda semakin terkenal luas. Selain itu, usaha kuliner Anda juga akan mendapatkan awareness dari orang-orang yang menggunakan aplikasi Shopee.

3. Banyak Promosi Diskon

Tidak hanya cara jualannya yang sangat mudah, Anda juga akan mendapatkan banyak diskon untuk mempromosikan usaha kuliner Anda. Seperti diskon pada waktu tertentu, diskon menarik untuk konsumen baru, dan diskon lainnya.

4. Menjangkau Pelanggan Setia

Salah satu kegiatan yang berubah selama pandemi adalah jual beli online. Salah satu alasan untuk mengetahui cara jualan di Shopee Food adalah Anda tetap bisa menjangkau pelanggan setia. Sebab kini, banyak orang-orang yang memilih untuk melakukan delivery order dibandingkan dine in.

5. Menggunakan Sistem Pembayaran ShopeePay

Selain memberikan kemudahan dalam cara jualan di Shopee Food, sistem pembayarannya pun juga mudah. Jika ada pelanggan yang memesan di toko Anda, maka saldo yang dibayarkan akan langsung masuk ke saldo ShopeePay. Bahkan proses pencairan dananya pun cukup mudah dan praktis.

6. Inklusif

Berjualan di Shopee Food terbuka bagi berbagai jenis usaha kuliner. Mulai dari brand ternama, brand baru, hingga pedagan kaki lima sekalipun bisa bergabung sebagai merchant partner. Jadi Anda tidak perlu ragu lagi untuk mendaftarkan usaha kuliner di Shopee Food.

Baca Juga: Bisnis Model Canvas, Cara Memetakan Strategi Bisnis Kekinian


Syarat Jualan di Shopee Food untuk Individu dan Bisnis

Syarat jualan di Shopee Food

Setelah tahu keuntungan berjualan di Shopee Food, kali ini saatnya Anda tahu apa saja syarat jualan di aplikasi super laris ini, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Syarat Jualan di Shopee Food untuk Bisnis Kecil/Individu

  • Kartu identitas, KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau KITAS (Kartu Izin Menetap Sementara)
  • NPWPD (Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah)
  • SPPKP (Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak)
  • Foto buku tabungan pribadi

2. Syarat Jualan di Shopee Food untuk Bisnis Besar (Non-UKM)

  • Kartu identitas, KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau KITAS (Kartu Izin Menetap Sementara)
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • SIUP (Surat Izin Usaha Perusahaan) atau TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata)
  • TDP (Tanda Daftar Perusahaan) atau NB (Nota Bene)
  • Akta pendirian usaha
  • Surat keterangan domisili
  • Foto buku tabungan aktif
  • Foto bukti restoran atau outlet


Cara Daftar Jualan di Shopee Food Lengkap

Setelah melengkapi persyaratan di atas, tahapan selanjutnya adalah melakukan pendaftaran. Berikut 5 langkah yang harus Anda lakukan.

1. Unduh Aplikasi Shopee Partner

Setelah melengkapi segala persyaratan, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Shopee Partner di Play Store maupun App Store.

2. Membuat Akun

daftar jualan di shopee food
Sumber: Shopee

Setelah berhasil mengunduh aplikasi Shopee Partner, Anda dapat melakukan pendaftaran dengan memasukan nomor ponsel yang aktif dan melakukan konfirmasi nomor ponsel.

Selanjutnya Anda akan langsung diarahkan untuk membuat akun Shopee baru yang meminta Anda untuk mengisikan password. 

3. Pilih Jenis Usaha

pendaftaran shopee food
Sumber: Shopee

Jika sudah berhasil membuat akun Shopee Partner, Anda akan diarahkan ke menu Pendaftaran Layanan Partner. Pada menu ini terdapat dua pilihan usaha yaitu Usaha Pribadi dan Perusahaan. Anda tinggal memilih sesuai jenis usaha Anda.

Jika perorangan, Anda bisa pilih Mulai Aktivasi. Sedangkan apabila usaha Anda berbentuk PT atau CV, Anda dapat mengisi formulir yang sudah disediakan.

4. Lengkapi Dokumen Pendaftaran

Lengkapi data yang diperlukan, seperti informasi merchant, lokasi toko, foto outlet, dan sebagainya.

5. Konfirmasi Pendaftaran

Setelah selesai mengisi seluruh informasi dan dokumen yang diminta, Anda akan diarahkan untuk meninjau kembali data-data tersebut. Jika data sudah benar, maka Anda dapat langsung mengirimkan pendaftaran dengan klik “Kirim”.

Selanjutnya data Anda akan ditinjau pihak Shopee selama 1-5 hari kerja, atau paling lambat 14 hari setelah pendaftaran jika jumlah pendaftar sedang tinggi.


Tips Jualan di Shopee Food Agar Semakin Sukses

Cara jualan di Shopee Food agar sukses

Setelah Anda mengetahui cara jualan di Shopee Food, kini saatnya Anda mengetahui tips-tips untuk memaksimalkan promosi usaha kuliner Anda. Berikut tips yang bisa Anda ikuti:

1. Patuhi Aturan yang Berlaku

Sama seperti platform lainnya, Shopee Food juga memiliki beberapa kebijakan dan peraturan yang berlaku. Jika tidak, maka akun usaha kuliner Anda bisa diblokir dan akan pihak manajemen akan memberikan penilaian yang buruk untuk toko Anda.

2. Update Informasi

Tips agar jualan di Shopee Food Anda semakin laris berikutnya adalah selalu update informasi, mulai dari info pendaftaran partner sampai event-event khusus Shopee. Dengan demikian, Anda bisa selalu berpartisipasi dengan program Shopee dan bisa meningkatkan omzet bisnis.

3. Gunakan Kemasan Makanan yang Berkualitas

Salah satu masalah dari delivery order adalah kemasan makanan. Sebaiknya Anda menggunakan kemasan makanan food grade sebagai tips jualan di Shopee Food untuk menarik perhatian para pelanggan dan sebagai bentuk untuk memperhatikan kesehatan pelanggan.

Baca Juga: Cara Menerapkan Strategi Pemasaran untuk UMKM Anda

Demikianlah ulasan mengenai cara jualan di Shopee Food, sistem yang digunakan, serta tips-tips yang bisa Anda ikuti untuk memaksimalkan promosi usaha kuliner Anda.

Jika Anda membutuhkan seorang karyawan untuk membantu usaha kuliner, Anda bisa menaruh lowongan pekerjaan di KitaLulus, lho! Sebagai salah satu situs pencari kerja populer, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Semarang, Medan, dan Gowa. Jadi, di mana pun Anda butuh tim baru, KitaLulus bisa membantu Anda!

cari karyawan
Berlangganan informasi tentang rekrutmen dan dapatkan penawaran terbaik kami
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd