Apa Itu Headhunter? Ini Pengertian, Cara Kerja, dan Bedanya dengan HR

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Headhunter adalah– Sebagai pengusaha atau HR, tentu Anda tidak asing dengan istilah headhunter. Pada prakteknya, headhunter adalah sebuah perusahaan atau agen atau perorangan yang menyediakan jasa konsultasi dan memberikan jasa rekrutmen karyawan untuk perusahaan.

Biasanya rekrutmen yang dilakukan oleh headhunter adalah untuk peran strategis, manajerial, atau orang dengan pengalaman yang cocok di level C-suite. Dikarenakan itulah cara kerja headhunter juga berbeda dengan HR pada umumnya.

Penasaran selengkapnya tentang pengertian headhunter, cara kerja, dan perbedaannya dengan HR? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Apa Itu Staffing? Ini Pengertian, Proses, & Fungsinya dalam Manajemen

Apa Itu Headhunter?

Apa itu headhunter di dunia kerja

Di dunia perekrutan, headhunter adalah sebuah perusahaan atau agen atau perorangan yang menyediakan jasa konsultasi dan memberikan jasa rekrutmen karyawan untuk perusahaan.

Cara kerja headhunter adalah independen. Pada prakteknya, headhunter direkrut perusahaan guna mencari bakat dan menemukan seseorang yang memenuhi persyaratan untuk sebuah pekerjaan tertentu.

Singkatnya, headhunter adalah perekrut eksklusif. Orang-orang yang dicari bukanlah untuk ditempatkan di level junior. Melainkan untuk menempati posisi level senior ke atas. Jika biasanya HR perusahaan mengiklankan lowongan pekerjaan di berbagai situs pencari kerja, maka headhunter menggunakan cara sendiri.

Meskipun begitu, di satu sisi peran headhunter adalah untuk membantu peran HR untuk merekrut karyawan. Hanya saja cara dan orang yang dicari berbeda. Setelah headhunter berhasil menemukan kandidat yang tepat, maka proses wawancara dan kontrak kerja diserahkan kepada HR perusahaan.

Di zaman modern dan digital seperti saat ini, tugas headhunter menjadi lebih mudah untuk merekrut orang. Sebab sudah ada media sosial yang bisa melampirkan portofolio dan pengalaman kerja, salah satunya adalah LinkedIn.

BACA JUGA: Apa Itu Talent Pool? Ini Pengertian, Manfaat, & Penerapannya dalam Proses Rekrutmen

Cara Kerja Headhunter dan Bedanya dengan HR

Cara kerja headhunter dan perbedaannya dengan HR

Berbeda dengan HR, cara kerja headhunter lebih mirip shadow recruiting, yaitu teknik perekrutan dengan menghubungi langsung kandidat yang dianggap punya profil atau pengalaman sesuai kebutuhan perusahaan.

Jika umumnya HR mendapat karyawan dengan “menunggu bola”, cara kerja headhunter lebih proaktif menjemput bola.

Tidak hanya itu, yang menjadi pembeda antara HR dengan headhunter adalah perusahaan. HR merekrut karyawan atas nama perusahaan. Sedangkan headhunter bekerja secara independen, baik perseorangan atau di bawah nama perusahaan spesialisasi rekrutmen

Selengkapnya tentang cara kerja headhunter adalah sebagai berikut:

  • Menganalisis pasar kerja dengan mempelajari tren dan membuat daftar jenis pekerjaan yang paling dibutuhkan
  • Melakukan identifikasi kepada orang-orang yang memiliki kualifikasi tinggi dengan memanfaatkan berbagai sumber yang ada
  • Melakukan kurasi terhadap bakat-bakat yang dipilih berdasarkan kemampuan, keahlian, dan pengalaman seseorang. Lalu dibuat database yang berisikan profil kandidat berpotensial untuk direkrut perusahaan
  • Mendekati kandidat secara personal, melakukan komunikasi intensif, dan memberikan tawaran pekerjaan dari perusahaan yang bersangkutan
  • Melakukan negosiasi apabila kandidat yang dipilih masih bekerja di perusahaan lain
  • Mempertemukan kandidat dengan perusahaan yang bersangkutan untuk melakukan wawancara dan tawaran kerja

Gaji Headhunter dan Sistematika Pembayarannya

Ketika headhunter bisa memberikan kandidat sesuai dengan kualifikasi yang diminta oleh perusahaan, barulah perusahaan penyewa jasa headhunter perlu melakukan pembayaran. Biasanya fee yang diterima headhunter adalah sebesar 20%-30% dari besaran gaji kandidat selama satu tahun.

Demikianlah penjelasan terkait headhunter, perbedaannya dengan HR, dan cara kerjanya. Jika perusahaan Anda memutuskan untuk menggunakan jasa headhunter untuk mencari kandidat, maka proses rekrutmen menjadi semakin efektif.

Sebab tugas headhunter adalah mengkurasi kandidat-kandidat terpilih menjadi beberapa kandidat yang memang betul-betul memenuhi kualifikasi perusahaan. Selain menggunakan jasa headhunter, Anda juga bisa melakukan proses perekrutan dengan menggunakan platform KitaLulus.

Perlu diketahui, bahwa saat ini KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Medan, Semarang, Surabaya, dan Gowa. Daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan kerja di KitaLulus.

Tidak hanya mendapatkan kandidat yang berpotensial dan berkualitas, Anda juga akan merasakan pengalaman merekrut aman, nyaman, dan tentunya #LebihMudah!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd