Cara Membuat Desain Kemasan Produk Makanan Kreatif, Tips, dan Contohnya

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Desain kemasan produk makanan– Percayakah Anda jika kemasan produk bisa menjadi first impression pembeli terhadap produk yang dijual? Terutama desain kemasan produk makanan.

Saat ini, pembeli lebih tertarik untuk membeli sebuah produk berdasarkan desain kemasan produk kreatif. Desain kemasan produk makanan menjadi salah satunya. Biasanya pembeli akan melihat dari kualitas desain yang digunakan untuk bungkus makanan.

Tidak hanya desain kemasan produk makanan berat, tetapi juga contoh desain kemasan produk makanan ringan. Cari tahu lebih lanjut pengertian dari kemasan produk hingga beberapa contoh bungkus makanan kekinian yang bisa menjadi referensi untuk bisnis Anda di bawah ini.

Apa Itu Desain Kemasan Produk?

Contoh desain kemasan produk makanan yang bagus

Pada dasarnya, kemasan produk adalah suatu wadah atau pembungkus yang berfungsi untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya kerusakan pada produk di dalamnya yang dikemas. Selain itu, kemasan produk juga dapat berfungsi sebagai bahan mempromosikan produk tersebut.

Sekarang ada banyak sekali perusahaan yang menggunakan desain kemasan produk kreatif untuk mempromosikan produknya. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian pembeli.

Hingga kini, masih banyak orang yang memutuskan untuk membeli produk atau tidak berdasarkan desain kemasannya. Jika bisnis Anda bergerak di bidang F&B, maka Anda harus membuat desain kemasan produk makanan yang menarik.

Jika Anda berhasil membuat desain kemasan produk kreatif yang menarik dan bagus, maka akan memberikan nilai tambah di mata pembeli. Sebab, manusia menggunakan sekitar 80% indera penglihatannya sebelum membuat keputusan pembelian.

Mengapa Desain Kemasan Produk itu Penting?

Pentingnya kemasan produk adalah

Seperti yang disebutkan sebelumnya jika manusia lebih banyak menggunakan indera penglihatannya. Maka dari itu, sebelum Anda memutuskan untuk membuat sketsa kemasan produk, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan jadi pertimbangan.

Seperti unsur grafis dari desain kemasan produk kreatif tersebut. Meliputi warna, bentuk, merek, ilustrasi, huruf, hingga tata letak visual di contoh kerangka kemasan produk tersebut.

Bagi Anda yang ingin membuat desain kemasan produk makanan, ada dua hal yang harus menjadi daya tarik dari bungkus makanan tersebut, yaitu daya tarik visual atau estetika, dan daya tarik praktis atau fungsional.

Kini hampir semua bungkus makanan kekinian menggabungkan dua unsur tersebut. Berikut beberapa fungsi penting dari desain kemasan produk kreatif:

  • Meningkatkan brand awareness dan kualitas produk baik dari pelanggan lama maupun pelanggan baru
  • Membantu strategi pemasaran karena berisikan informasi mengenai merek bisnis Anda, jenis produk, label produk, kandungan gizi, dan lainnya
  • Menjaga kualitas produk di dalamnya

Faktor yang Menentukan Desain Kemasan Produk Makanan

Faktor yang menentukan desain kemasan produk makanan

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum membuat desain kemasan produk makanan atau produk kreatif lainnya. Selengkapnya tentang faktor tersebut adalah sebagai berikut:

1. Faktor Pengaman dan Ekonomi

Faktor pertama adalah faktor pengaman dan ekonomi. Desain kemasan produk kreatif haruslah mampu melindungi isi atau produk di dalamnya dari berbagai kemungkinan kerusakan. Termasuk untuk desain kemasan produk makanan yang cenderung bisa mengalami kerusakan lebih cepat.

Selain itu, Anda juga perlu menghitung biaya produksi yang efektif untuk membuat desain kemasan produk makanan atau produk kreatif. Tujuannya adalah agar biaya yang dikeluarkan tidak melebihi proporsi manfaatnya.

2. Faktor Pendistribusian dan Komunikasi

Desain kemasan produk makanan atau produk kreatif yang baik adalah kemasan yang bisa dengan mudah didistribusikan. Artinya, ketika produk tersebut dikirim oleh pabrik atau produsen hingga sampai di tangan pelanggan, kemasan produk masih dalam keadaan baik.

Faktor komunikasi juga bisa menunjukkan bagaimana isi produk dan citra dari brand perusahaan yang bisa menarik perhatian pelanggan untuk membelinya. Desain kemasan produk makanan atau produk kreatif haruslah bisa mudah dilihat, dipahami, dan diingat untuk memberikan kesan kepada pelanggan.

3. Faktor Ergonomi dan Estetika

Faktor ergonomi dalam desain kemasan produk makanan atau produk kreatif juga harus diperhatikan. Artinya, kemasan produk bisa dengan mudah dibawa, dibuka, dan diambil oleh pelanggan.

Sedangkan faktor estetika pada desain kemasan produk makanan atau produk kreatif adalah sebagai daya tarik visual untuk menarik perhatian pelanggan secara efektif dan optimal.

4. Faktor Identitas dan Promosi

Selanjutnya ada faktor identitas dan promosi. Desain kemasan produk makanan atau produk kreatif haruslah menjadi identitas bisnis Anda. Hal ini juga bertujuan sebagai pembeda dari kemasan produk sejenis lainnya dan agar mudah dikenali oleh pelanggan.

Tidak hanya itu, desain kemasan produk makanan atau produk kreatif juga bisa memiliki peran penting dalam kegiatan promosi bisnis. Cara ini disebut dengan silent sales person.

Contoh kemasan produk makanan kreatif dan unik
Contoh desain kemasan produk teh yang dibentuk seperti gantungan baju (sumber: HangerTea)

5. Faktor Lingkungan

Satu lagi faktor yang harus Anda perhatikan adalah lingkungan. Anda harus memastikan bahwa desain kemasan produk makanan atau produk kreatif yang dibuat sudah ramah lingkungan, dapat didaur ulang, serta dapat digunakan kembali. Hal ini juga bertujuan untuk mengurangi pencemaran lingkungan akibat dari penumpukan sampah bungkus makanan kekinian.

Tips Membuat Desain Kemasan Produk Kreatif

Tips membuat kerangka desain kemasan produk

Setelah Anda memahami faktor yang bisa mempengaruhi pembuatan desain kemasan produk makanan atau produk kreatif, selanjutnya adalah mengetahui cara membuat desain kemasan produknya.

Jika Anda tidak ingin repot dan praktis untuk membuat desain kemasan produk makanan atau produk kreatif, Anda bisa mencari dan menggunakan template desain kemasan makanan yang ada di internet.

Berikut beberapa tips membuat desain kemasan produk makanan atau kreatif:

1. Desain yang Sederhana

Tips yang pertama adalah dengan menggunakan desain yang sederhana. Tidak selamanya kok desain kemasan produk makanan atau produk kreatif harus heboh atau penuh. Anda bisa membuat kemasan produk makanan dengan desain yang sederhana.

Buatlah sketsa kemasan produk dengan desain simpel namun tetap memiliki daya tarik visual. Meskipun contoh kerangka kemasan produk yang Anda buat memiliki desain sederhana, jangan melupakan konsep unik dari desain kemasan produk makanan atau produk kreatif itu sendiri.

2. Warna yang Cerah dan Beda

Selanjutnya adalah dengan menggunakan warna yang cerah dan beda. Tips kedua ini adalah untuk mendukung tips yang pertama. Jika Anda menginginkan desain kemasan produk makanan atau produk kreatif yang unik, maka gunakan warna cerah dan berbeda.

Anda bisa melakukan riset dengan membandingkan produk kompetitor untuk membuat kerangka kemasan produk. Mengapa memilih warna cerah? Sebab warna cerah yang ada di bungkus makanan diyakini bisa menarik perhatian pembeli ketika dipamerkan di etalase toko.

3. Gambar yang Menarik

Tahukah Anda bahwa, sebagian besar orang Indonesia lebih suka dengan gambar-gambar yang menarik? Maka dari itu, Anda bisa mencantumkan gambar yang menarik di desain kemasan produk makanan atau produk kreatif yang dipasarkan.

Gambar yang digunakan pada contoh desain kemasan tidak harus selalu berkaitan dengan produk. Anda bisa memilih gambar unik dan lucu lainnya agar tidak meninggalkan kesan kaku pada bungkus makanan kekinian.

4. Data Legalitas dari Pemerintah

Tips membuat desain kemasan produk makanan

Selanjutnya, pastikan Anda mencantumkan data legalitas dari pemerintah di desain kemasan produk makanan atau produk kreatif. Tujuannya adalah agar pembeli lebih percaya dengan produk yang Anda jual.

Cantumkan logo legalitas dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Dinas Kesehatan, hingga sertifikasi halal dari MUI di desain kemasan produk yang Anda buat. Hal ini juga menjadi bukti bahwa produk yang Anda jual aman untuk digunakan atau dikonsumsi.

5. Font yang Menarik

Jangan lupa untuk menggunakan font atau jenis huruf yang menarik untuk memberikan informasi pada desain kemasan produk makanan atau produk kreatif Anda. informasi terkait kandungan gizi, bahan yang digunakan, hingga tanggal kadaluarsa menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Anda bisa menggunakan font atau jenis huruf yang unik di sketsa kemasan produk yang Anda buat. Selain itu, cantumkan informasi yang singkat, jelas, dan padat dalam sketsa kemasan produk tersebut.

6. Bahan yang Terjangkau dan Berbeda

Satu lagi tips untuk membuat desain kemasan produk makanan atau produk kreatif adalah dengan menggunakan bahan yang terjangkau dan berbeda dari kompetitor Anda. Contohnya seperti menggunakan bahan yang mudah didaur ulang sebagai bungkus makanan kekinian.

Hal ini juga untuk menyatakan bahwa produk yang Anda jual merupakan produk yang ramah lingkungan. Selain itu, Anda juga bisa meminimalisir biaya produksi karena harga bahan baku yang cenderung lebih terjangkau.

Contoh Kemasan Produk Makanan Kreatif sebagai Referensi

Setelah tahu bagaimana tips membuat desain kemasan produk yang menarik, di bawah ini ada beberapa contoh kemasan produk makanan kreatif untuk Anda jadikan referensi. Silakan pilih sesuai jenis usaha Anda ya!

1. Contoh Kemasan Produk Makanan dari Kertas

Contoh kemasan produk makanan ringan dengan ziplock

2. Contoh Kemasan Produk Makanan Ringan dengan Zip Lock

3. Contoh Kemasan Produk Makanan dari Plastik

Contoh kemasan produk makanan unik

4. Contoh Kemasan Produk Makanan Ringan dari Kardus

Contoh kemasan produk makanan ringan dari kardus

5. Contoh Kemasan Produk Makanan untuk Anak-Anak

Contoh kemasan produk makanan untuk anak anak

6. Contoh Kemasan Produk Makanan Berat

Contoh kemasan produk makanan rice box

Itulah penjelasan terkait pengertian dari kemasan produk, pentingnya desain kemasan produk, faktor yang mempengaruhinya, hingga cara membuat desain kemasan produk makanan atau produk kreatif. Jadi, Anda pilih untuk membuat sendiri atau menggunakan template desain kemasan makanan yang sudah tersedia?

Anda membutuhkan seorang desain grafis untuk membuat desain kemasan produk makanan? Anda bisa menaruh informasi pekerjaannya di situs KitaLulus. Saat ini KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Semarang, Surabaya, Medan, dan Gowa.

Anda bisa mendaftarkan diri untuk memasang iklan lowongan kerja di KitaLulus. Dapatkan seorang desain grafis yang berpotensi dan kreatif untuk membuat bungkus makanan kekinian dari usaha Anda dalam hitungan hari bersama KitaLulus!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd