3 Cara Membuat Laporan Penjualan Perusahaan, Jenis, dan Contohnya

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Laporan penjualan– Laporan penjualan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan para pengusaha. Hal ini bisa membantu Anda untuk mengambil keputusan yang tepat untuk strategi penjualan selanjutnya.

Laporan penjualan adalah salah satu bagian dari laporan keuangan. Melalui laporan penjualan, Anda bisa meningkatkan produktivitas bisnis, peningkatan kualitas dan kuantitas produk.

Pahami lebih lanjut terkait apa itu laporan penjualan, fungsinya, dan contoh laporan penjualan untuk bisnis Anda di bawah ini.

BACA JUGA: Contoh Laporan Neraca: Pengertian, Komponen, dan Cara Membuatnya

Apa itu Laporan Penjualan?

Apa itu laporan penjualan perusahaan

Apa itu laporan penjualan?

Secara definitif, pengertian laporan penjualan adalah kumpulan informasi penjualan yang disusun dan disajikan sebagai bahan pencatatan dan analisa penjualan.

Sederhananya, laporan penjualan adalah pencatatan seluruh kegiatan jual beli bisnis. Nantinya apa yang tercatat di dalam laporan penjualan bisa dijadikan sebagai tolak ukur pengambilan keputusan dan tindakan untuk bisnis Anda.

Selain itu, laporan penjualan juga bisa berperan sebagai media penyampaian informasi terkait perubahan yang terjadi dalam seluruh kegiatan penjualan. Sebab pada dasarnya, kegiatan penjualan merupakan ujung tombak bagi perusahaan yang bergerak di sektor perdagangan.

Laporan penjualan bisa membantu Anda mengambil keputusan dalam kegiatan pemasaran, penentuan harga, hingga strategi yang akan digunakan.

Fungsi Laporan Penjualan Perusahaan

Fungsi laporan penjualan perusahaan

Fungsi laporan penjualan yang paling utama adalah untuk meningkatkan produktivitas usaha Anda. Dari hasil laporan yang disusun, Anda bisa melihat aktivitas penjualan yang mengalami kenaikan atau penurunan sebagai perbandingan input dan output.

Berikut beberapa fungsi laporan penjualan bagi perusahaan yang perlu Anda tahu:

1. Menggambarkan Kondisi Bisnis Perusahaan

Hal pertama yang menjadi fungsi laporan penjualan adalah untuk menggambarkan kondisi bisnis perusahaan. Artinya, jika dari hasil laporan dinyatakan untung, maka kondisi bisnis perusahaan Anda dalam keadaan baik, dan berlaku sebaliknya.

2. Bahan Evaluasi

Fungsi laporan penjualan berikutnya adalah sebagai bahan evaluasi. Sebab, semua data yang ada di dalam laporan ini bersifat nyata untuk menggambarkan kondisi bisnis perusahaan. Termasuk kenaikan/penurunan terhadap kualitas dan kuantitas produk hingga kekurangan/kelebihan dari kegiatan penjualan tersebut.

3. Laporan Pertanggungjawaban

Salah satu fungsi laporan penjualan adalah sebagai laporan pertanggungjawaban kepada pihak-pihak yang bersangkutan di perusahaan. Maka dari itu, buatlah laporan penjualan dengan detail, jelas, lengkap, dan akurat. Jangan lupa untuk mencantumkan bukti transaksi yang bisa dipertanggungjawabkan.

4. Meningkatkan Produktivitas

Fungsi laporan penjualan selanjutnya adalah untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Sebab dari laporan ini akan terlihat berapa jumlah transaksi yang terjadi setiap harinya. Sehingga Anda bisa menentukan target penjualan ke depannya.

5. Acuan Pengambilan Keputusan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, laporan penjualan bisa dijadikan sebagai acuan saat pengambilan keputusan. Terutama untuk pemimpin perusahaan atau manajer produksi ketika ingin membuat strategi penjualan yang tepat.

6. Kredibilitas Perusahaan

Satu lagi fungsi laporan penjualan adalah untuk menunjukan kredibilitas perusahaan. Artinya, jika perusahaan Anda memiliki laporan penjualan dan laporan keuangan yang akurat dan baik, maka perusahaan Anda mampu dan sudah beroperasi dengan baik.

BACA JUGA: Apa Itu Cashflow? Ini Pengertian, Cara Hitung, & Contoh Laporannya

Jenis-jenis Laporan Penjualan

Jenis laporan penjualan perusahaan

Pada dasarnya, ada jenis-jenis laporan penjualan yang umumnya digunakan oleh perusahaan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa, salah satu bagian dari laporan keuangan adalah laporan penjualan.

Berikut jenis-jenis laporan penjualan yang umumnya digunakan oleh perusahaan:

  • Laporan dan jurnal penjualan: berisikan informasi mengenai rincian dari keseluruhan transaksi penjualan
  • Penjualan rangkuman: berisikan informasi mengenai rangkuman penjualan dari seluruh pelanggan
  • Penjualan rincian: berisikan informasi terkait rincian penjualan dari seluruh pelanggan
  • Penjualan dederhana: berisikan informasi mengenai rangkuman penjualan dari seluruh pelanggan yang disederhanakan
  • Grafik laba rugi tahunan/bulanan: berisikan informasi tentang rincian dan grafik laba rugi bulanan atau tahunan
  • Laporan laba rugi anggaran: berisikan informasi mengenai laba rugi dan perbandingannya antara anggaran biaya dengan prakteknya
  • Laporan laba rugi tahunan: berisikan informasi mengenai laba rugi dan perbandingannya dari bulan ke bulan baik yang sebelumnya atau yang sedang berjalan

Cara Membuat Laporan Penjualan

Cara membuat laporan penjualan

Saat ini ada banyak situs atau aplikasi yang membuat dan memberikan template laporan penjualan untuk perusahaan. Jika Anda ingin yang praktis dan mudah, tidak ada salahnya menggunakan fitur yang disediakan ini.

Namun, bagi Anda yang masih ingin membuat sendiri, berikut beberapa cara membuat laporan penjualan yang perlu Anda ketahui:

1. Tetapkan Tujuan Laporan

Cara membuat laporan penjualan yang pertama adalah dengan menetapkan tujuan laporan itu sendiri. Hal ini meliputi, kepada siapa laporan ini ditujukan, laporan akan dibikin dalam bentuk harian, mingguan, bulanan, atau tahunan.

2. Kumpulkan Seluruh Bukti Transaksi

Berikutnya, cara membuat laporan penjualan adalah dengan mengumpulkan seluruh bukti transaksi jual beli yang pernah terjadi. Lebih baik lagi jika Anda menyusunnya secara berurutan untuk mempermudah dalam membuatnya.

3. Susun Laporan

Satu lagi cara membuat laporan penjualan adalah dengan menyusun laporan lainnya. Seperti laporan neraca, laporan arus kas, hingga laporan laba rugi yang nantinya akan menjadi bagian dari laporan keuangan perusahaan.

Contoh Laporan Penjualan Perusahaan

Berikut contoh laporan penjualan untuk perusahaan jika Anda memutuskan untuk membuatnya sendiri. Perlu diperhatikan, template laporan penjualan bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis perusahaan Anda.

Contoh Laporan Penjualan PT. KitaLulus Internasional

Contoh laporan penjualan dan templatenya

Demikianlah penjelasan terkait pengertian laporan penjualan, fungsi laporan penjualan, jenis-jenis laporan penjualan, hingga cara membuat laporan penjualan yang perlu Anda ketahui. Perlu diperhatikan bahwa laporan ini memiliki peran penting untuk kelengkapan laporan keuangan perusahan.

Jika Anda membutuhkan staf akuntansi untuk membuat laporan penjualan perusahaan, Anda bisa menaruh informasi lowongannya di KitaLulus. Terlebih lagi saat ini KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Medan, Semarang, dan Gowa.

Jangan lupa mendaftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan pekerjaan di KitaLulus. Dapatkan staf akuntansi berpotensi dan terbaik hanya dalam hitungan hari bersama KitaLulus dengan #LebihMudah mulai dari sekarang!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd